Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Adaptasi Baru Pelayanan DPMPT BANTUL

    Ir. Sri Muryuwantini, MM.
    Protokol kesehatan Pelayanan DPMPT Bantul#2
    Prosedur Pendampingan Via Cloud Meeting
    Ir. Sri Muryuwantini, MM.

    Pandemi covid-19 menyebabkan berbagai fungsi pelayanan kepada masyarakat menjadi terkendala. Kondisi psikologis seluruh lapisan masyarakat dan berbagai sektor pelayanan dari pemerintah daerah juga sempat mengalami lockdown dalam waktu tertentu. Banyak kedinasan melakukan work from home dengan sistem online atau daring.

    Masyarakat atau pemohon izin disarankan supaya memaksimalkan pelayanan online dengan mengakses OSS (http://oss.go.id) dan Perizinan Online (http://izinonline.bantulkab.go.id). Seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu kabupaten Bantul, Ir. Sri Muryuwantini, MM bahwa “Atas perintah dari Bapak Gubernur, Bupati, dan Gugus Tugas Covid DIY, sejak pertengahan Maret 2020 lalu, kami memang untuk sementara waktu tidak melayani pelayanan tatap muka, namun kami masih melayani secara online baik itu melalui email maupun konsultasi dengan komunikasi Whatsapp (WA) dengan petugas kami.”

    Data-data pengajuan ijin-ijin, misalnya seperti IMB juga masih diterima berkas pengajuannya lewat aplikasi OSS, namun untuk penerbitannya sejak Pandemi Covid-19 melanda DIY, terpaksa dihentikan sesaat dahulu. “IMB juga sempat kami hentikan, namun pengajuannya tetap kami terima, namun untuk penerbitan terpaksa kami tahan dahulu, karena kami harus melakukan survey langsung di lapangan. Sebagai antisipasi supaya benar-benar terverifikasi oleh petugas kami kebenarannya sesuai data yang kami terima sebelumnya. Dan itupun kami saat ini masih membatasi jumlah titik survey dalam suatu wilayah serta pemohon yang akan disurvey diwajibkan memakai masker sebagai protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19,” paparnya.

    Mulai hari Rabu, 01 Juli 2020, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu sudah membuka pelayanan langsung di Kantor DPMPT Kab. Bantul. Pelayanan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19. Setelah proses adaptasi terhadap pencegahan penyebaran covid-19, DPMPT secara resmi sudah membuka kembali kantor pelayanannya. “Mulai 1 Juli 2020 kami sudah membuka kran pelayanan langsung, yakni untuk konsultasi, pendampingan, dan pengambilan plat IMB,” paparnya.

    “Konsultasi perijinan bisa langsung hadir ke kantor, namun dibatasi maksimal sehari 6 orang. Pemohon/masyarakat sebelum masuk ke DPMPT, mencuci tangan dengan sabun dan air yang telah tersedia, kemudian akan diperiksa suhu tubuh oleh petugas selanjutnya petugas mengambilkan nomor antrian, selanjutnya pemohon mendapatkan pelayanan pendampingan melalui media online.

    Untuk pendampingan pemohon harus melalui whatsapp melakukan daftar terlebih dahulu sehari sebelumnya. Dan pendampingan konsultasi tersebut maksimal diberi batasan waktu maksimal 30 menit per pemohon. Dan pendampingan pun kami lakukan dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19, kami lakukan jarak jauh (social distancing).

    Untuk menunjang pelayanan perizinan dalam masa pandemi ini, DPMPT menambah satu jenis kemudahan layanan perizinan bagi masyarakat. yaitu Pendampingan Pelayanan Perizinan secara online menggunakan Media Video Conference. Dengan adanya jenis layanan baru ini, diharapkan DPMPT dapat melayani masyarakat tanpa harus datang ke kantor DPMPT karena penampingan dapat dilakukan secara online.

    Dalam mengurus permohonan izin di DPMPT Kabupaten Bantul, ada beberapa izin yang memiliki retribusi yang harus dibayar oleh pemohon izin untuk mendapatkan surat izinnya. Salah satu contoh yang saat ini banyak dimohonkan oleh masyarakat adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Untuk lebih memudahkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pemohon izin yang akan melakukan pembayaran retribusi, BPD menambah jenis layanan pembayaran melalui M-Banking dan aplikasi Gopay. Dengan adanya tambahan pelayanan pembayaran retribusi ini, maka masyarakat pemohon ijin memiliki 4 pilihan pembayaran retribusi yaitu melalui teller di Kantor BPD, ATM, M-Banking dan Gopay.

    “Dan untuk pengambilan plat IMB, sementara masih dibatasi 10 penerbitan plat IMB per hari saja dan masyarakat sebelumnya akan kami informasikan melalui SMS lebih dahulu. Dan sementara OPD Teknis, memang belum berkantor di ruang pelayanan kedinasan kami. Secara bertahap dan melihat situasi sambil beradaptasi mencari solusi terbaik untuk melayani kebutuhan masyarakat Bantul,” pungkas Sri Muryuwantini menutup perbincangan.

    Untuk Pengajuan Permohonan Perizinan OSS, simulasi dan petunjuk pengajuan pemohonan melalui OSS, melalui LINK OSS (oss.go.id), pada menu INFORMASI. Sedangkan Pengajuan Permohonan Perizinan Daerah dapat diakses melalui link : IZIN ONLINE DPMPT atau lewat https://dpmpt.bantulkab.go.id/ pada menu PERIZINAN BANTUL.

    Untuk panduan mengajukan permohonan melalui Izin Online dapat dilihat melalui : izinonline.bantulkab.go.id, kemudian klik tombol BANTUAN atau DOWNLOAD. Sedangkan untuk pendaftaran konsultasi daring via Video Conference dapat menghubungi No HP : 0811-2503-088 via Whatsapp (WA). Wahyu Pras – red

    DINAS PENANAMAN MODAL DAN PERIJINAN TERPADU
    Komplek Perkantoran II Pemkab Bantul,
    Jl. Lingkar Timur Trirenggo Bantul
    Telp (0274) 367867 Fax : (0274) 367866
    Email : perijinan@bantulkab.go.id
    Website : http://perijinan.bantulkab.go.id

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain