Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Aplikasi Bata Ekspos & Roster Pada Fasad Bangunan

    Aplikasi Bata Ekspos & Roster, Pada Fasad Bangunan
    Contoh aplikasi bata merah ekspos
    Contoh aplikasi roster terakota persegi panjang
    Contoh aplikasi roster terakota persegi

    Fasad dalam bahasa Perancis (facade) adalah suatu sisi luar (eksterior) bangunan, umumnya yang dimaksud adalah bagian depan, tetapi kadang juga bagian samping dan belakang bangunan. Kata ini berasal dari bahasa Perancis yang secara harfiah berarti “depan” atau “muka”. Dalam arsitektur, fasad bangunan merupakan hal penting dari sudut pandang desain, karena dapat mempengaruhi suasana untuk bagian bangunan lainnya. Saat ini, muncul ragam jenis dan material untuk mempercantik fasad bangunan, diantaranya yang mudah didapatkan dan diaplikasikan adalah batu bata dan roster.

    1. Batu Bata
    Batu bata merupakan salah satu bahan material pembuat dinding yang sering digunakan masyarakat. Terbuat dari tanah liat yang dibakar sampai berwarna kemerah-merahan. Seiring perkembangan teknologi, ragam dan bentuk batu bata semakin berkembang. Berdasarkan jenisnya, batu bata dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:
    a. Batu Bata Tanah Liat, terbuat dari tanah liat dan dibedakan menjadi 2 kategori:
    a.1 Bata biasa, memiliki permukaan dan warna yang tidak menentu, bata ini digunakan untuk dinding dengan menggunakan morta (campuran semen) sebagai pengikat. Bata jenis ini sering disebut sebagai bata merah.
    a.2 Bata muka, memiliki permukaan yang baik dan licin dan mempunyai warna dan corak yang seragam. Disamping digunakan sebagai dinding juga digunakan sebagai penutup dinding dan sebagai dekorasi.
    b. Batu Bata Pasir - Kapur, sesuai dengan namanya batu bata ini dibuat dari campuran kapur dan pasir dengan perbandingan 1 : 8 serta air yang ditekankan ke dalam campuran sehingga membentuk batu bata.

    Pada aplikasi desain berikut, yang digunakan adalah jenis batu bata tanah liat, karena warnanya yang kemerahan membuat bata jenis ini sangat cocok untuk kombinasi material fasad bernuansa natural. Selain itu, penggunaan bata merah ini bisa disesuaikan dengan budget atau konsep bangunan itu sendiri. Jika menginginkan konsep rustic, maka bisa menggunakan bata merah biasa, tetapi jika ingin lebih eksklusif dan rapi, bisa menggunakan bata merah ekspos (muka).

    2. Roster
    Roster atau kebanyakan orang menyebutnya Ventilasi Udara, atau Loster, Angin - Angin, Kerawangan, adalah partisi khusus yang karakter khusus berupa Lubang atau Hollow sebagai Ventilasi. Dalam penyebutan di luar negeri adalah ventilation black. Material yang digunakan juga beragam jenis nya mulai dari tanah liat yang di bakar atau terakota, keramik berglazur, kayu, beton, GRC (Glassfibre Reinforced Cemen), logam besi tuang atau kuningan dan bahkan dari batu alam yang dipahat. Meski memiliki beragam cara penyebutannya tetap saja fungsinya sama, yaitu untuk sirkulasi udara atau tempat pertukaran udara dari dalam ruangan ke luar ruangan atau sebaliknya. Selain itu Roster dapat diaplikasikan sebagai pemanis bangunan agar bangunan terlihat lebih indah. Dalam perkembangannya, penggunaan roster kini tak hanya untuk luar ruangan, tapi merambah ke interior ruangan. Roster dapat digunakan sebagai pagar rumah, tempat menaruh pot, atau secondary skin untuk fasad rumah, dan ukurannya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Adapun beberapa contoh ragam jenis dan bentuk roster adalah:

    a. Roster Batako
    Roster ini mudah dijumpai di banyak hunian. Karena terbuat dari batako, biasanya memiliki warna abu-abu. Roster jenis ini lebih sering digunakan untuk di bagian luar rumah, harganya relatif murah dan tahan lama.

    b. Roster Keramik
    Roster jenis keramik memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan bahan material lainnya. Keunggulannya, material ini memiliki banyak pilihan motif, pola dan warna. Roster keramik dapat membuat tampilan rumah sangat cantik. Bisa diaplikasikan untuk partisi dalam rumah. Cocok untuk rumah bergaya klasik. Kekurangannya roster ini rentan pecah jika tersenggol.

    c. Roster Kayu
    Roster bermaterial kayu akan membuat tampilan rumah lebih modern dan minimalis. Roster kayu juga membuat suasana rumah lebih menyatu dengan alam dan sejuk. Roster jenis ini bisa Anda aplikasikan di dalam ruang sebagai partisi antarruang. Cocok untuk gaya rumah modern. Kekurangannya roster jenis ini rawan terserang rayap.

    d. Roster Tanah Liat (Terakota)
    Biasanya memiliki warna merah kecoklatan seperti batu bata pada umumnya. Bisa diaplikasikan di bagian luar rumah, seperti halaman depan, garasi untuk menambah kesan etnik pada bangunan.

    Pada aplikasi desain berikut, yang digunakan adalah roster terakota untuk mengambil warna merah bata yang member kesan natural dan sesuai dengan konsep bangunan tropis. ARCHIRA – Archsketch Cipta Inspira

    ARCHIRA – Archsketch Cipta Inspira
    Jl. Garuda 185B, RT 05/RW 30, Gejayan,
    Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283
    Telp. (0274) 882480 / 0821 3453 5876
    email. archsketchstudio@gmail.com
    www.arsitekarchira.com

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain