Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Atmosfer Eksotik Kampung Jawa Puri Agung Resort & Hotel Ungaran

    Puri Agung Resort & Hotel
    Joglo utama sebagai fasilitas resort bergaya tradisional
    Joglo Villa dengan nuansa natural nan kental
    Kamar tidur dengan fasilitas single bed
    View langsung ke kolam renang di depan villa

    Rekreasi dan wisata merupakan kebutuhan yang penting bagi setiap orang, terutama bagi mereka yang selalu disibukkan dengan bekerja dan kegiatan sehari-hari di kota besar. Kebanyakan dari masyarakat memilih wisata alam sebagai tempat rekreasi, refreshing, serta sarana untuk menyegarkan kembali jiwa dan pikiran. Daerah Ungaran dan Bandungan sendiri merupakan salah satu wisata favorit di Semarang yang selalu kebanjiran pengunjung. Terletak di dataran tinggi, Ungaran dan Bandungan menawarkan panorama alam yang indah dan udara segar yang siap memanjakan wisatawan. Selain hawanya yang sejuk, Bandungan memiliki banyak pilihan wisata populer yang instagenic dan menarik untuk dikunjungi seperti Umbul Sidomukti, Taman Bunga Celosia, Candi Gedong Songo, Waterboom, dan banyak yang lainnya. Oleh karena itu banyak sekali penginapan, hotel, villa, hingga resort yang menjamur di kawasan ini.

    Salah satu resort di kawasan Bandungan dengan konsep menarik dan sensasi menginap seperti di perkampungan Jawa jaman dahulu adalah Puri Agung Resort & Hotel. Nuansa tradisional Jawa begitu kental di resort ini, mulai dari bangunannya yang menggunakan joglo dengan ukiran khas Jawa. Ada juga koleksi barang-barang antik dan alat musik Gamelan yang akan membawa tamu serasa turn back time. Konsep tersebut dipilih karena awalnya owner yang hobi dengan budaya Jawa, termasuk barang serta pernak-pernik bernuansa Jawa kuno. “Dulu rencananya tempat ini hanya akan dibangun sebagai hunian pribadi saja. Karena owner memiliki 4 anak laki-laki, inginnya mereka tinggal dalam satu kawasan supaya dapat berkumpul sewaktu-waktu. Namun banyak rekan dan saudara yang menyarankan untuk dibuat resort karena lokasinya cukup strategis, akhirnya jadilah Puri Agung seperti sekarang ini,” ungkap Yunia Estisari, Manager Puri Agung Resort & Hotel.

    Resort yang mulai beroperasi pada November 2012 ini menawarkan sebuah konsep penginapan dengan kenyamanan dan ketenangan khas rumah Jawa kuno saat Anda menginap. Memiliki total 8 kamar hotel dan juga 8 villa, resort ini dibangun dari koleksi joglo-joglo lawasan yang asli dibangun pada puluhan tahun silam yang kemudian dipindahkan ke area Puri Agung. Bangunan-bangunan joglo tersebut berasal dari beberapa daerah di Jawa Tengah, seperti Pati, Jepara, Kudus, Solo, dan lainnya. Tata letak bangunan-bangunan joglo yang menyesuaikan dengan kontur tanah dan perbedaan ketinggian nampak begitu menarik dan menghadirkan keindahan tersendiri. Terletak di Jalan Raya Lemah Abang – Bandungan KM 3.5, Bergas, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Puri Agung Resort & Hotel berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 7600 m².

    Pada sisi depan setelah pintu masuk resort, terdapat sebuah bangunan dengan dominasi dinding batu bata ekspos sebagai lobby dan area resepsionis. Apabila diperhatikan lebih detail, bagian-bagian dari bangunan tersebut menampilkan ornamen-ornamen Jawa kuno yang begitu khas seperti pada bagian dinding gebyok, pintu, hingga jendelanya tidak luput dari seni ukiran. Bahkan pada bagian bawah rumah panggung tersebut terdapat sebuah tulisan aksara Jawa. Beberapa tanaman hias juga terdapat pada beberapa sudut depan bangunan yang memberikan sentuhan alami di area tersebut. Tepat pada sisi depan area lobby tersebut, juga terdapat sebuah pendopo lengkap dengan set alat musik Gamelan koleksi dari owner asli kota Semarang tersebut. “Pada pendopo depan ini terdapat satu set alat musik Gamelan koleksi dari owner. Gamelan tersebut juga biasanya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk berlatih bersama, seminggu sekali pasti ada latihan bareng. Selain untuk melestarikan kesenian daerah, hal tersebut tentu saja juga sebagai hiburan bagi tamu yang menginap di sini,” tambah Nia, sapaan akrabnya.

    Memasuki area resort lebih dalam, terdapat sebuah bangunan Joglo Utama yang digunakan sebagai ballroom area. Dengan bangunannya yang terbuka, Joglo Utama tersebut sering digunakan untuk acara-acara seperti pernikahan dan resepsi, gathering, dan lain sebagainya. Joglo Utama tersebut merupakan bangunan lawasan yang diperoleh dari daerah Kudus. Karena usianya yang cukup tua, bangunan tersebut mengalami restorasi terlebih dahulu dengan tetap mempertahankan bentuk aslinya, baru kemudian dipindah ke area Puri Agung Resort & Hotel. Selain ballroom, penginapan yang membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun dalam masa pembangunannya tersebut juga memiliki fasilitas lain berupa meeting room. Bangunan meeting room terletak tidak jauh dari Joglo Utama yang letaknya lebih tinggi dengan kesan yang megah dilengkapi dengan anak tangga di depannya.

    Untuk area villa dari Puri Agung Resort & Hotel tersebut, dibagi dalam 8 bangunan joglo. Villa tersebut juga terbagi atas tiga tipe yang dapat disesuaikan dengan jumlah tamu yang akan menginap, yaitu tipe satu kamar, dua kamar, dan tiga kamar. Letak villa yang berjajar dengan kemiringan tanah yang semakin ke dalam semakin menurun tersebut membuat nuansanya seperti berada dalam sebuah kampung Jawa. Terdapat 6 bangunan joglo yang berjajar, sementara 2 joglo lainnya terletak pada sisi bawah dekat dengan area kolam renang. Masing-masing bangunan joglo didominasi dengan aplikasi batu bata ekspos baik pada sisi luar maupun dalam ruangannya. Konsep yang disuguhkan layaknya berada pada rumah pribadi, dimana setiap bangunan joglo dibuat terpisah dan dilengkapi dengan tembok pagar bergaya klasik. Bagian dalam joglo dilengkapi beberapa ruang seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur dengan kamar mandi, hingga dapur yang dapat digunakan tamu yang menginap. Dekorasi ruangan yang sederhana khas rumah Jawa kuno menghadirkan kehangatannya tersendiri, ditambah dengan suasana lingkungan yang tenang menjadikan tamu betah untuk berlama-lama di tempat ini.

    Melangkah menuju area kolam renang, suasana yang lebih tenang ditambah dengan kesan natural yang begitu kental dapat dinikmati oleh tamu. Terdapat dua kolam utama yang terpisah, satu kolam untuk anak kecil dengan kedalaman tidak lebih dari satu meter, dan satu lagi kolam renang dewasa yang lebih dalam. Terdapat dua villa yang berada di sekitar area kolam renang tersebut dan cukup menjadi favorit tamu yang menginap karena letaknya yang lebih private, nuansa alam yang lebih kental, serta bagian depannya yang berada dekat dengan kolam renang.

    Untuk harga yang ditawarkan Puri Agung Resort & Resto yaitu harga flat untuk kamar hotel seharga 200 ribu per malam. Sedangkan untuk Villa dengan satu kamar ditawarkan seharga 500 ribu per malam, Villa dua kamar 700 ribu per malam, dan 850 ribu per malamnya untuk Villa dengan 3 kamar tidur. “Harga tersebut berlaku untuk regular season. Untuk waktu-waktu liburan maupun high season biasanya room rate akan naik juga karena memang okupansinya tinggi,” pungkas Nia. Farhan-red

    Puri Agung Resort & Hotel Ungaran
    Jalan Raya Lemah Abang – Bandungan
    KM 3.5, Bergas, Ungaran,
    Kabupaten Semarang,
    Jawa Tengah
    Telp.(0298) 526161

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain