Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Atmosfer Klasik Nan Unik Tegel Motif Panjen

    Aplikasi tegel motif sebagai home decor
    Beberapa pilihan motif Tegel Panjen
    Beberapa tegel motif ready stock & aplikasi tegel polos
    Sigit Indra Sulistiawan, Owner Tegel Motif Panjen
    Proses pemolesan tegel

    Tren bangunan dan rumah dengan dengan nuansa retro memang sedang diminati masyarakat saat ini, karena selain mempercantik tampilan rumah juga memberikan kesan tersendiri. Tren yang kembali pada era klasik juga terjadi dalam hal pemasangan lantai. Beberapa orang yang ingin menghadirkan nuansa vintage di ruangan rumahnya memilih untuk mengaplikasikan tegel klasik pada sisi lantainya. Tegel biasanya banyak digunakan untuk berbagai macam lantai bangunan seperti, keraton, rumah adat, padepokan, pendopo, rumah Bali, maupun rumah mewah. Banyak orang yang ingin menggunakannya karena tegel tidak akan membuat lantai licin, namun tetap mengkilap, kokoh, dan indah. Karena keunikan dan motifnya yang yang dimiliki sangat khas, sehingga membuat tegel banyak diminati.

    Teknik pembuatan tegel di Jogjakarta diperkenalkan oleh bangsa Belanda pada awal abad ke 20. Hingga saat ini teknik pembuatan tegel juga tidak banyak mengalami perubahan, karena pembuatan tegel hanya menggunakan mesin sederhana dan yang pasti selalu mengandalkan keahlian pembuatnya. Tegel memiliki banyak sekali motif seperti, batik, bunga, bentuk geometris, bunga, kincir angin, buah-buahan, dedaunan, dan lain-lain. Namun tegel juga ada yang dijual polos atau tanpa motifnya. Tegel sudah banyak dijual dibeberapa daerah, dan Jogja mempunyai beberapa produsen yang mempunyai pabrik khusus pembuatan tegel. Salah satu pabrik tegel yang masih mempertahankan eksistensinya di Jogjakarta adalah Tegel Motif Panjen yang mempunyai showroom di Jalan Ringroad Timur No. 374, Kepanjen, Banguntapan, Bantul.

    Di area pabrik yang berlokasi di daerah Kalasan tersebut, kita dapat melihat proses produksi tegel yang dikerjakan dengan mesin hidrolik untuk proses press, jadi untuk proses pembuatannya benar-benar mengandalkan keahlian pembuatnya. Secara umum tahapan yang dilakukan dalam pembuatan tegel adalah proses pengoplosan warna sesuai pesanan dari konsumen. Proses ini dikerjakan pada ruangan terpisah dan dilakukan oleh beberapa tenaga ahli di bidang perwarnaan. “Untuk material pewarna tegelnya kami import bahan langsung dari Jerman dan Belanda sehingga dari segi kualitasnya terjamin. Di Indonesia sendiri memang masih sulit untuk memperoleh material pewarnaannya, jadi mau tidak mau kami harus import”, ungkap Sigit Indra Sulistiawan selaku owner dari Tegel Motif Panjen.

    Kemudian proses dilanjutkan dengan pengayakan bahan yang bertujuan untuk memisahkan kotoran-kotoran dan material yang berukuran besar sehingga permukaan tegel yang dihasilkan setelah proses press semakin halus dan maksimal. Masuk pada proses selanjutnya yaitu proses pencetakan dan penyablonan. Dalam pembuatan tegel dibuat dalam 4 lapisan yakni matras, kalungan, kancingan dan stempel. Setiap lapisan harus menggunakan formula yang berbeda-beda, bahkan untuk yang bermotif harus membuat pola dari lempengan besi terlebih dahulu.

    Kemudian ke proses selanjutnya yakni pengeringan awal setelah proses pencetakan dan pewarnaan. Tegel yang telah dicetak kemudian ditata pada rak pengeringan untuk dikeringkan dengan diangin-anginkan. Di salah satu sisi terdapat sebuah bak perendaman untuk proses selanjutnya yang berfungsi untuk merapatkan pori pori dan memperkuat struktur agar tegel tidak mudah pecah. Pada proses ini memerlukan waktu kurang lebih 24 jam perendaman. Setelah itu tegel dilakukan pengeringan akhir yang berada tidak jauh dari bak perendaman, pada proses pengeringan akhir ini membutuhkan waktu sekitar 4 - 5 hari. Untuk lama pembuatan tegel dari awal hingga siap dikirim pada konsumen yaitu 10 hingga 14 hari.

    Setiap hari, menurut Sigit, untuk tegel polos, pabrik Tegel Motif Panjen mampu menghasilkan hingga 500 tegel. Sementara, untuk tegel bermotif dalam sehari maksimal hanya bisa menghasilkan 150 tegel. Untuk motif yang lebih rumit, dalam sehari hanya bisa dihasilkan 100 tegel. Karena dikerjakan murni oleh tenaga manusia, proses pengerjaan tegel memakan waktu yang lama. Bahkan, pelanggan bisa masuk daftar tunggu hingga 6 minggu. Misal pembeli pesan saat ini, tegel tersebut baru siap dua bulan kemudian. “Kalau kapasitas produksi kami per bulan sekitar 1500 meter persegi atau kurang lebih 40 ribu keping. Kendalanya memang dari sisi waktu pengerjaan. Tidak bisa cepat karena prosesnya lama. Tapi, rata-rata para pembeli mau mengerti,” ungkap Sigit.

    Untuk harga tegel yang ditawarkan pabrik yang berdiri sejak tahun 2013 tersebut cukup bersaing, tergantung dari ukuran, motif, serta kepekatan warna. Untuk tegel polos ukuran 20 x 20 cm harga dipatok mulai dari Rp 140.000 hingga Rp 195.000 per meter persegi (25 keping). Sementara untuk tegel motif harganya antara Rp 235.000 hingga Rp 320.000, dan tegel marblon (marble) antara Rp 270.000 hingga Rp 310.000 per meter perseginya.

    Selain menyediakan lebih dari 300 jenis motif yang dapat dipilih oleh customer, Tegel Motif Panjen juga dapat mengakomodasi keinginan pelanggan yang memiliki desain sendiri untuk tegel pesanannya. Tidak ada biaya tambahan untuk custom order, namun pemesanan minimal harus 25 meter persegi. “Untuk mengakomodasi keinginan pelanggan, kami juga menerima custom order motif sesuai dengan keinginan mereka. Tidak ada biaya tambahan untuk pemesanan di atas 25 meter persegi. Untuk pemesanan dibawah 25 meter persegi tetap dapat kami akomodasi, namun ada biaya tambahannya,” tambah Sigit.

    Hingga saat ini, penjualan yang dilakukan oleh workshop Tegel Motif Panjen telah merambah hingga kota-kota besar seperti Jabodetabek, Surabaya, hingga Bali. Hal tersebut tidak terlepas dari strategi online marketing yang telah dilakukan Sigit dan timnya selama ini. “Untuk mengakomodir konsumen di daerah Jabodetabek yang cukup banyak, kami juga membuka cabang outlet di kawasan Kota Wisata Cibubur. Namun untuk proses produksi tetap kami pusatkan di Jogja saja,” pungkas Sigit mengakhiri perbincangan. Farhan-red

    Tegel Motif Panjen
    Jl. Ringroad Timur, Pelem Mulong,
    Banguntapan, Bantul, DIY 55198.

    Hotline :
    0813-9008-9970 (Jogja)
    0811 818 077 (Cibubur)

    Email : tegelpanjen@gmail.com
    www.tegelpanjen.com
    Instagram : @TEGEL MOTIF PANJEN

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain