Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Bentuk Rumah Yang Mengikuti Fungsi Karya Ir. Sugiarto Gunawan

    Ir. Sugiarto Gunawan
    Area teras rumah dengan unsur kayu & batu alam yang mendominasi
    Ruang keluarga bergaya modern nan elegan
    Area dapur minimalis dan Ruang makan
    Kamar tidur utama dan Bathroom

    Rumah berkualitas adalah sebuah hunian yang mampu menampung keinginan dan mengekspresikan sang pemilik rumah dalam setiap tubuh rumah. Mereka yang peduli akan kenyamanan saat berada di dalam rumah akan begitu teliti membangun setiap detail sudut rumah. Rumah dianggapnya tak sekedar sebagai tempat berteduh dari hujan dan panas, lebih dari itu. Rumah yang berkualitas akan memiliki nyawa, sehingga mereka yang tinggal di dalamnya akan betah berlama-lama untuk berinteraksi di dalamnya. Hal tersebutlah yang berhasil disajikan oleh seorang Ir. Sugiarto Gunawan dalam menterjemahkan hidupnya dalam sebuah landscape rumahnya.

    Rumah yang terletak di Jalan Ovensari Raya, Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah tersebut sedari fasad depan sudah menunjukkan kombinasi dua konsep yang begitu kuat, yaitu konsep tropis dan rumah modern dengan sisi fungsionalnya yang begitu diutamakan. Diceritakan oleh pria yang juga berprofesi sebagai arsitek tersebut, bahwa terdapat cerita menarik dibalik pembangunan rumahnya saat ini. “Jadi dulunya kami sekeluarga tinggal di daerah Solo Baru. Kebetulan anggota keluarga yang tinggal di rumah hanya bertiga dengan istri dan anak saya yang paling kecil karena yang lain sudah tinggal sendiri-sendiri. Saya kemudian berpikir kok rasanya rumah itu terlalu besar, repot juga merawatnya. Kemudian ada kerabat yang datang ke rumah dan tidak saya sangka ternyata berminat untuk membeli rumah tersebut, padahal saat itu saya tidak berencana untuk menjual rumah tersebut. Akhirnya ya saya setujui saja untuk menjual rumah tersebut kepadanya dan membangun rumah yang sekarang ini,” papar Gunawan, sapaan akrabnya.

    Pria kelahiran Madura yang memiliki usaha di bidang penginapan dan jasa desain arsitektur tersebut berpengaruh besar dalam mengkonsep rumahnya. Diungkapkannya jika bisnis yang dijalaninya merupakan investasi pikiran, maka tempat tinggal harus mendukungnya. “Kalau dari bahasa arsitek bangunan ini istilahnya benar-benar menerapkan form follow function dalam pembangunannya. Namun karena bisnis saya adalah investasi pikiran, maka rumah yang saya bangun ini harus senyaman mungkin. Setelah sibuk bekerja, saya ingin memasuki rumah ini menemukan relaksasi. Nyaman dan dapat lebih fokus bersama keluarga,” tambah Gunawan.

    Selain kenyamanan, faktor fungsional dari bangunan juga menjadi perhatian utama dalam pembangunan rumah seluas 250 m² tersebut. Maka dari itu, konsep rumah modern minimalis menjadi pilihan utama. Dampak pemilihan konsep rumah tersebut, jika dilihat dari bentuk bangunan dua lantai tersebut cenderung menjadi persegi dan terkesan kaku. Oleh karenanya, sentuhan tropis turut dihadirkan pada sisi halaman depan dan teras rumah. Pada bagian halaman rumah diberikan taman hijau untuk memberikan nuansa alam nan sejuk. Selain sebagai carport, area halaman juga dapat digunakan untuk beraktifitas seperti basket maupun olahraga lain karena areanya yang cukup luas. Sementara bagian teras rumah dibangun dengan sentuhan kayu dan batu alam untuk menetralisir kesan kaku pada bangunan utama. “Karena memang konsep awal bangunan adalah minimalis modern, jadi kesannya kaku, dingin, dan kurang hommy. Makanya area halaman dan teras rumah dibuat dengan sentuhan kayu dan batuan alam. Ya bisa dibilang sebagai balancer agar kesan rumah ini menjadi lebih hangat dan friendly. Dari awal manajemen pembangunan rumah langsung saya tangani sendiri, sehingga hasilnya sesuai dengan apa yang menjadi keinginan saya, dan saya merasa cukup puas dengan hasil yang ada,” papar Gunawan.

    Memasuki area rumah yang masih berada di kawasan belakang dari Warisan Heritage Resort & Resto tersebut terdapat teras dengan unsur kayu yang mendominasi. Material kayu pada pagar dan pilar teras, serta aplikasi atap rendah memberikan kesan hangat dan luwes,kontras dengan bagian dalam rumah yang lebih bernuansa modern. Sentuhan unsur batu alam pada sisi lantai dan dinding area teras juga turut menampilkan sisi alami pada teras rumah. Pada dinding bangunan menggunakan material kaca dengan ukuran yang cukup besar, sehingga area ruang utama tidak terkesan sempit ketika berada di dalamnya. Pada sisi dinding teras yang berada tepat di depan pintu utama sengaja dibuat sebuah cekungan tempat menaruh beberapa hiasan dari bekas karung goni berbentuk petani yang sedang beraktifitas di sawah, lengkap dengan lighting menawan yang mempercantik dekorasinya.

    Melangkah lebih ke dalam area rumah, nuansa berbeda langsung tersaji pada ruang utama yang juga difungsikan sebagai ruang keluarga. Sofa set berbahan kulit nampak tertata rapi tepat di tengah ruangan dengan warna kecoklatan yang memberikan kesan hangat. Televisi layar datar diset pada salah satu dinding ruangan sebagai entertainment di ruang keluarga. Salah satu sisi dinding yang mengaplikasikan motif batu alam menampilkan kesan natural dan tidak monoton. Sebuah alat musik piano bergaya klasik nampak menghiasi sudut ruangan utama yang sering dimainkan ketika berkumpul bersama anggota keluarga. Tepat pada sisi atas piano, terdapat sebuah hiasan dinding berupa lukisan berbentuk tangan yang sedang memainkan tuts piano, seakan menjadi pelengkap dekorasi yang memberi kesan artistik. Pada sisi dinding bagian dalam dari ruang utama juga nampak mengaplikasikan dinding kaca dengan view taman belakang berkonsep semi outdoor dengan sentuhan natural dari batu alam dan beberapa tanaman hias yang tumbuh subur. “Sebenarnya ruang utama ini kan luasnya tidak begitu besar, makanya saya sengaja menggunakan dinding kaca berukuran lebar pada dinding depan dan belakang yang terhubung dengan area backyard. Dengan begitu kesan yang dihasilkan dari menjadi lebih lapang dan sirkulasi udara juga lancar. Untuk bukaan ruang juga dibuat di sisi Selatan dan Utara. Hal itu agar pada saat siang hari cahaya matahari tidak langsung masuk ke dalam ruangan, sehingga suhu ruangan juga lebih sejuk,” tambah Gunawan.

    Pada sudut lain dari area lantai bawah, terdapat sebuah ruang makan dan area dapur bersih dengan konsep minimalis modern. Table set bergaya modern dengan nuansa cream, bersanding dengan meja makan berbahan marmer yang semakin mempercantik dekorasi ruang makan. Penerangan pada meja makan memanfaatkan lampu gantung dengan cover berbentuk layaknya sebuah keranjang dari anyaman bambu yang memberikan kesan unik. Dekorasi ruang makan dipercantik dengan hiasan dinding berupa lukisan berukuran cukup besar yang menampilkan sisi artistik di dalamnya. Pada sisi dapur mengaplikasikan kitchen set minimalis modern yang simpel sehingga terlihat lebih rapi dan bersih. Pada sudut lain, terdapat sebuah ruangan kecil yang digunakan sebagai ruang kerja pemilik rumah. Konsepnya lebih simpel dan tidak banyak dekorasi dan pernak-pernik. Hanya sebuah meja kerja dan rak minimalis dengan tatanan buku-buku serta sebuah meja gambar yang mendukung pekerjaannya sebagai arsitek pada sudut ruangan yang mempunyai view taman depan lewat aplikasi bukaan kaca dengan ukuran yang cukup besar.

    Beranjak dari area lantai bawah sebagai ruang aktifitas, terdapat sebuah tangga penghubung untuk menuju ke lantai atas yang nampak tersembunyi di balik dinding ruang keluarga. Pada area lantai atas rumah yang memakan waktu 4 bulan dalam masa pembangunannya tersebut lebih difungsikan sebagai area beristirahat dimana terdapat kamar tidur utama. Memasuki kamar tidur utama, perpaduan konsep klasik dan modern menghasilkan dekorasi kamar tidur yang terkesan nyaman dan mewah. Sebuah ranjang tidur bergaya klasik berpadu dengan furnitur lain bergaya modern seperti rak pernak-pernik dan cabinet televisi yang terkesan simpel. Bukaan kamar yang lebar dengan material kaca memberikan view langsung menuju area halaman depan yang cantik. Kamar tidur utama tersebut juga dilengkapi bathroom dengan fasilitas modern sebagai penunjang kenyamanan di dalamnya. “Kalau lantai atas ini sebenarnya lebih private karena difungsikan sebagai area kamar tidur. Maksudnya agar suasananya lebih tenang karena aktifitas difokuskan di lantai bawah. Ya karena kamar tidur ini sebagai tempat beristirahat, jadi saya buat senyaman mungkin. Kalau di hotel berbintang mungkin setara dengan tipe president suite lah,” kekeh Gunawan sembari mengakhiri perbincangan. Farhan – red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain