Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Cita Rasa Hommy Dan Cozy Racikan Simetri Coffee Roasters

    Simetri Coffee Roasters
    Area Living room dengan sentuhan klasik industrial
    Ruang tengah sebagai area bar
    Study room
    Aneka menu Simetri Coffee Roasters

    Bisnis kuliner di kawasan Yogyakarta semakin semarak dengan hadirnya berbagai macam resto maupun kafe yang menawarkan berbagai variasi konsep bangunan maupun menu hidangan yang menarik. Persaingan di dunia kuliner khususnya di kota Jogja menuntut inovasi para pelakunya untuk menghadirkan konsep yang berbeda, unik, serta segar untuk dapat diterima oleh berbagai kalangan terutama segmen anak muda yang menjadi salah satu segmentasi pasar paling potensial saat ini. Tak hanya menu yang menarik, namun penataan interior yang nyaman untuk bersantap dan berinteraksi saat ini menjadi hal yang dicari oleh penikmat kuliner di Jogja.

    Salah satu resto yang menawarkan konsep tata interior menarik dan nyaman adalah Simetri Coffee Roasters. Resto & Coffee yang beralamat di Jalan Sabirin No. 20, Kotabaru, Yogyakarta mencoba mengusung konsep klasik minimalis dengan sentuhan industrial yang juga nampak pada pemilihan furniturnya. “Di Simetri sendiri sebenarnya yang ingin kita kedepankan yaitu pengunjung dapat menikmati sajian di sini terutama kopi, dengan kenyamanan layaknya berada di rumah sendiri. Dengan perpaduan bangunan kuno dengan konsep interior yang modern, diharapkan dapat menghadirkan suasana yang membuat pengunjung betah untuk berlama-lama,” ungkap Rendi, Operational Manager Simetri Coffee Roasters. Dikatakannya lebih lanjut, nama Simetri sendiri mempunyai arti sebuah bangun datar (hexagon) yang memiliki sisi yang sama persis. Hal tersebut berarti bahwa resto ini senantiasa menjaga kualitas serta cita rasa hidangan menunya akan sama persis antara satu cabang dengan cabang lainnya. “Awal berdirinya Simetri sebenarnya adalah berada di daerah Jakarta sekitar setahun yang lalu. Kemudian berlanjut di Jogja ini 4 bulan setelahnya,” tambah Rendi.

    Resto yang mulai beroperasi sejak bulan April 2017 ini memiliki fasad depan layaknya bangunan rumah pada zaman kolonial Belanda yang sengaja dipertahankan oleh owner. Hal tersebut juga didasari oleh peraturan pemerintah daerah yang melarang adanya perubahan bentuk bangunan yang terdaftar sebagai bangunan cagar budaya daerah kota Jogja. “Bangunan Simetri ini kebetulan masuk dalam salah satu bangunan cagar budaya kota Jogja, dimana dalam peraturannya pengelola bangunan dilarang untuk mengubah bentuk asli dari bangunan tersebut. Oleh karena itu, hanya sisi interior dan furnitur yang kita maksimalkan dalam penataannya. Lagi pula fasad bangunan juga masih masuk dalam konsep awal kami yang ingin menciptakan kafe dengan nuansa layaknya berada di rumah sendiri,” lanjut Rendi.

    Terdapat 7 ruangan yang ada di area Simetri Coffee Roasters yang tentunya mempunyai karakteristik desain interiornya masing-masing. Ruangan pertama adalah ruang depan yang aslinya merupakan ruang tamu. Kombinasi nuansa putih pada dinding ruangan yang dipadukan dengan kesan hangat yang ditampilkan oleh aksen kayu pada lantai dan beberapa furniturnya membuat siapa saja yang berada di dalamnya akan merasa nyaman. Sebuah meja kayu klasik berukuran depan yang berada tepat di tengah ruangan, dan beberapa sofa santai yang tertata rapi di semua sisi ruangan dapat dipilih pengunjung untuk menikmati hidangan sembari mengobrol dengan teman. Pernak-pernik vintage seperti televisi kuno, beberapa miniatur yang tertata rapi pada sebuah rak bergaya industrial, dan sebuah lampu gantung klasik semakin memperkuat konsep hommy yang diusung.

    Ruang tengah yang merupakan ruang utama di area Simetri Coffee Roaster digunakan sebagai area bar dimana para barista meracik kopi spesial yang telah dipesan pengunjung. Keramahan para barista yang menyambut tamu yang datang dan bahkan tidak sungkan untuk menjelaskan tentang beberapa jenis kopi yang ada di resto ini menjadi sesuatu yang cukup membedakannya dengan kafe-kafe lain. Konsep open bar membuat pengunjung juga leluasa melihat proses meracik kopi yang dipesan.

    Ruangan selanjutnya dengan konsep living room menawarkan suatu kondisi ruang yang santai dan tenang. Masih dengan nuansa modern dengan sofa-sofa santai ditambah dengan sentuhan industrial pada sisi lampu-lampu yang ditopang oleh frame layaknya sebuah instalasi pipa-pipa. Beberapa wall art pada sisi dinding menjadi pelengkap dekorasi ruangan living room. Berada tidak jauh dari living room, terdapat sebuah ruangan dengan konsep meeting room. Ruangan yang biasanya dipesan khusus untuk birthday party, arisan, maupun rapat tersebut dilengkapi meja memanjang yang berada tepat di tengah dengan beberapa kursi yang berjajar rapi mengelilingi meja. Desain interiornya juga tetap mempertahankan nuansa seperti pada ruangan sebelumnya.

    Segmentasi Simetri Coffee Roaster yang kebanyakan dari kalangan mahasiswa membuat pengelola menyediakan ruangan yang mendukung untuk mengerjakan tugas kuliah mereka di tempat ini. Study room memiliki dekorasi ruangan layaknya ruang belajar mereka di rumah, lengkap dengan meja belajar dengan spot lamp serta suasana ruangan yang tenang dan jauh dari kebisingan. Didukung dengan koneksi wifi yang mumpuni menjadikan resto ini pilihan tepat bagi kalangan pelajar untuk bersantap sekaligus mengerjakan tugas kuliah. Bagi pengunjung yang bosan dengan suasana dalam ruangan, Simetri Coffee Roaster juga menyediakan area outdoor & smoking room yang berada sedikit terpisah dengan ruang utama.

    Selain menu kopi yang tentu saja menjadi andalan, resto ini juga memiliki menu makanan yang patut untuk dicoba. Chicken with Sambal Matah adalah salah satu menu Asia yang ada di resto ini. Nasi putih dengan potongan ayam panggang, dipadu dengan taburan sambal matah yang fresh dan eggs di atasnya yang menggugah selera. Bagi penyuka menu western dapat memilih Oz Grilled Burger. Menu burger dengan lapisan grilled oz beef patty, eggs, lembaran keju, dan juga kentang goreng di dalamnya, lengkap dengan saus sambal dan mayonaise. Bagi pengunjung yang hanya ingin menikmati makanan ringan, dapat memilih menu Chicken Wings. Dengan bumbu saus pedas menjadikan menu ini cukup favorit bagi kalangan anak muda.

    Dari sekian banyak jenis menu kopi yang ada di Simetri Coffee Roaster, metode penyajian Latte dan Cappucino menjadi favorit pengunjung terutama mereka yang tidak begitu menyukai sajian kopi hitam. Salah satu menu kopi modifikasi yang patut untuk dicoba yaitu Fat Lime Americano. Menu minuman kopi espresso yang dicampur dengan soda dan juga lemon water disajikan dalam keadaan dingin. Sensasi kopi dan soda yang unik akan berpadu dengan kesegaran air lemon yang sangat cocok dinikmati saat siang hari. “Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai pukul 12 malam. Jadi bagi pengunjung yang sekedar ingin hangout dan ngopi maupun menikmati hidangan lezat, Simetri Coffee Roaster dapat menjadi pilihan yang tepat karena semuanya tersedia dalam satu tempat,” pungkas Rendi. Farhan-red

    SIMETRI COFFE ROASTER
    Jl. Sabirin No. 20, Kotabaru, Yogyakarta
    Telp : (0274) 5012968
    www.simetricoffee.com
    Instagram : simetricoffeeroasters

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain    Holcim Solusi Rumah