Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Dispensasi Pelayanan IMB Kabupaten Sleman

    DPMPPT Kabupaten Sleman
    Loket pelayanan dispensasi IMB di Kabupaten Sleman
    Riyanto, ST. M.Si

    Izin Mendirikan Bangunan yang selanjutnya disebut IMB adalah perizinan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administrasi dan teknis yang berlaku. Dispensasi IMB sedang dilaksanakan untuk seluruh bangunan yang berada di wilayah administratif Kabupaten Sleman yang diperuntukkan sebagai rumah tinggal, dengan pemberian kemudahan dalam pembuatan IMB.

    Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPPT) Kabupaten Sleman saat ini sedang gencar melaksanakan sosialisasi Peraturan Bupati Sleman Nomor 14.2 Tentang Dispensasi Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan, yang mulai diundangkan dan mulai berlaku per tanggal 3 Mei 2018. Seperti diungkapkan Riyanto, ST. M.Si selaku Kepala Bidang Ijin Pemanfaatan Ruang DPMPPT Sleman, bahwa sosialisasi tersebut secara perdana dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2018 bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Sleman.

    “Pelaksanaan sosialisasi ini bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai peraturan bupati nomor 14.2 serta prosedur pendaftaran dispensasi pelayanan Izin Mendirikan Bangunan di Kabupaten Sleman. Sosialisasi ini dihadiri oleh pegawai kecamatan dan perangkat desa di wilayah kecamatan Gamping, Godean, Moyudan, Minggir, Seyegan, Mlati, Sleman, Tempel, dan Turi. Acara sosialisasi dibuka secara resmi oleh Bapak Sutadi Gunarto, S. H., M. Hum. Kepala DPMPPT Sleman, kemudian dilanjutkan acara pemaparan materi dan tanya jawab. Adapun pemateri acara ini adalah Ibu Dra. Emmy Retnosasi, Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah, Ibu Triana Wahyuningsih, S.Si, MT Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu, serta saya sendiri. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mengurus dispensasi IMB serta telah mengetahui prosedur dispensasi IMB,” papar Riyanto.

    Menurut data yang dihimpun dari Dinas Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat Sleman, bahwa per akhir 2017, bahwa bangunan rumah tinggal di Kabupaten Sleman mencapai 300.000 unit, namun yang sudah ber-IMB baru mencapai 116.978 unit hunian. “Diharapkan dengan program Dispensasi IMB ini, kami mampu memenuhi target yang dicanangkan yakni 50% dari 300.000 hunian, sehingga masih kurang 33.000 penerbitan IMB. Program Dispensasi IMB ini dilakukan untuk memenuhi target 50% dari 300.000 rumah tinggal tersebut bisa memiliki IMB.

    Sampai pertengahan tahun 2018 ini, kami baru mencapai 39,4% atau diangka 117.978 hunian ber-IMB. DPMPPT per 1 Oktober 2018 yang lalu, sudah melayani Dispensasi IMB ini, kami buka layanan di hari dan jam kerja DPMPPT Sleman yang bertempat di lantai 3. DPPMPT sendiri diberikan target untuk memenuhi penerbitan 5000 IMB sampai akhir tahun 2018 ini. Selanjutnya ditahun 2019 ditargetkan 14.000 IMB, dan tahun 2020 juga 14.000 IMB.

    Adapun ketentuan bangunan rumah tinggal yang berhak mendapatkan Dispensasi IMB ini adalah :
    1. Bangunan rumah tinggal yang dibangun sampai 31 Desember 2010.
    2. Bangunan rumah tinggal tunggal dan tidak bertingkat.
    3. Luas total lantai bangunan maksimal 300 m².
    4. Nilai bangunan berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak Bumi dan Bangunan di bawah Rp. 2.000.000,- / m².
    5. Lokasi bangunan sesuai tata ruang Sleman.
    6. Status tanah pekarangan.
    7. Memiliki bukti kepemilikan tanah.
    8. Bangunan yang berdiri pada lahan yang berbatasan dengan saluran irigasi, drainase, atau ingang tidak memerlukan izin atau rekomendasi dari instansi yang berwenang.
    9. Bangunan yang berdiri tidak memerlukan penelitian kelayakan bangunan gedung dari instansi yang berwenang.

    Untuk Dispensasi IMB ini tidak akan diberikan, apabila :
    1. Berada di kawasan rawan bencana.
    2. Bangunan dan tanah sedang dalam sengketa.
    3. Keberadaan bangunan dan tanah dapat menimbulkan gangguan keamanan lalu lintas, rawan konflik sosial dan pencemaran lingkungan.

    Riyanto mengatakan dispensasi ini, bagi masyarakat miskin yang tidak dipungut biaya atau gratis, sedangkan masyarakat non miskin mendapat potongan 50 %. "Warga yang ingin mengurus IMB tinggal datang ke Kantor DPMPPT Sleman untuk mengisi formulir dan membawa sejumlah dokumen yang diperlukan, sehingga warga miskin pun tetap mendapat jaminan dan legalitas kepemilikan tanah serta bangunannya secara hukum. Syarat lainnya adalah bangunan tersebut dibangun sebelum 2011 namun belum memiliki IMB. Nanti tinggal diurus ke Kantor DPMPPT dan kami pastikan jadi dalam waktu 10 hari," papar Riyanto.

    Adapun pembebasan dan pengurangan pembayaran retribusi dan denda akan diberikan kepada :
    1. Keluarga miskin dibebaskan dari retribusi dan denda dalam penerbitan IMB.
    2. Selain keluarga miskin, dikenakan retribusi 50% dan dibebaskan dari denda dalam penerbitan IMB.
    3. Pembebasan dan pengurangan retribusi dan denda dilakukan tanpa permohonan.

    Adapun Prosedur Dispensasi IMB :
    1. Permohonan dispensasi pelayanan pemberian IMB disampaikan secara tertulis dengan mengisi formulir kepada Bupati melalui Kepala DPMPPT dengan disertai persyaratan administrasi dan persyaratan teknis.
    2. Permohonan dispensasi pelayanan pemberian IMB dilaksanakan bersama dengan permohonan Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah Non Usaha.
    3. Bentuk dan isi formulir permohonan dispensasi pelayanan pemberian IMB diatur oleh Kepala DPMPPT.

    Dispensasi diberikan untuk rumah yang dibangun sebelum 2011 karena Peraturan Daerah (Perda) Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Sleman disahkan pada 2011. Ia pun berpesan pada warga agar kebijakan ini dijadikan momentum untuk mendapatkan jaminan dan legalitas hukum kepemilikan bangunan. Kami juga memberikan kemudahan di mana gambar denah rumah tidak harus gambar teknik, namun bisa berupa gambar sederhana yang digambar tangan dan bukti kepemilikan tanah tidak harus berupa sertifikat tanah namun bisa berupa letter C maupun keterangan lain yang dikuatkan dengan keterangan pemerintah desa.

    Beberapa persyaratan pengajuan permohonan Dispensasi IMB, sebagai berikut :
    1. Persyaratan Administrasi.
    a. Fotokopi E-KTP pemohon.
    b. Surat kuasa dan foto kopi E-KTP penerima kuasa, apabila dikuasakan.
    c. Fotokopi bukti kepemilikan tanah
    dengan status pekarangan berupa sertipikat, surat kekancingan, letter C disertai gambar situasi tanah yang diakui oleh Desa atau Model D/E Desa disertai surat keterangan tanah dari Kepala Desa dan diketahui Camat.
    d. Fotokopi SPT Pajak Bumi dan Bangunan.
    e. Fotokopi kartu keluarga miskin atau surat keterangan bagi keluarga miskin dari Dinas Sosial.
    f. Apabila tanah dan bangunan berbatasan dengan sungai makan harus memiliki rekomendasi dari BBWSO (Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak).
    g. Apabila tanah dan bangunan dalam kawasan cagar budaya harus memilki rekomendasi dari Balai Peninggalan Cagar Budaya.
    h. Bangunan yang berdiri di bawah SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) harus mendapat rekomendasi dari instansi terkait.
    i. Surat perjanjian sewa atau pernyataan tidak keberatan dari pemilik tanah apabila tanah tersebut bukan hak milik pemohon, dan dilengkapi E-KTP pemilik tanah.
    j. Surat pernyataan bangunan dibangun sebelum tahun 2012 dan diketahui Ketua RT setempat dan bermaterai cukup.
    k. Surat pernyataan kelayakan bangunan, surat kesediaan membongkar bangunan yang melanggar sempadan, dan surat pernyataan kebenaran dokumen, dan tanah beserta bangunannya tidak dalam sengketa yang dilengkapi maerai secukupnya.

    2. Persyaratan Teknis.
    a. Gambar denah bangunan.
    b. Gambar lokasi bangunan.
    c. Foto bangunan tampak depan dan tampak samping kanan dan kiri ukuran 3R masing-masing 1 lembar. Wahyu Pras – red

    Dinas Penanaman Modal Dan
    Pelayanan Perizinan Terpadu
    (DPMPPT)
    Kab. Sleman

    Jalan Magelang, Beran Lor,Tridadi, Sleman
    Yogyakarta 55511

    Telp (0274) 865473, 868405 PST 1175
    Fax (0274) 868945

    www.dpmppt.slemankab.go.id

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain