Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Harapan Terang Properti Magelang Tahun 2020 – bagian 2

    Perspektif tipe Diamond tipe 45 The Wangsa Hutama Magelang
    Perspektif tipe 45, Sultan Regency Temanggung
    Hunian  tipe 30 Marison Regency Windusari Magelang

    The Wangsa Hutama Magelang merupakan kawasan hunian yang dikelilingi nuansa alam yang asri garapan Arneyva Land di bawah developer PT Prasada Hutama Realty yang sudah berpengalaman di bisnis properti sejak 2015. Merupakan project kedua Arneyva Land, sebelumnya berhasil menghadirkan The Hutama Village (4000 m2) di Tapen Tuntang Kabupaten Semarang, Wangsa Arneyva Resort (1 hektar) di Pacitan, serta yang terbaru Wangsa Arneyva Residence (2 hektar) di Tuntang Kabupaten Semarang.

    Disampaikan Budi Haryono, selaku Project Manager The Wangsa Hutama Magelang, “Lokasi perumahan di Magelang ini kami mulai sejak Agustus 2019 ini berada di atas lahan total 1,2 hektar ini. Dengan konsep cluster, Pertimbangan utamanya ialah memberikan sebuah hunian dengan harga terjangkau yang berfasilitas lengkap, prestisius, dan berkarakter bagi pasar properti Magelang. Dengan lokasi yang prospektif serta kondisi geografis masih alami dan asri, kami yakini The Wangsa Hutama Magelang akan mempunyai nilai investasi yang sangat menguntungkan bagi penghuninya kelak.”

    Berada di jalan Pakis Teji Mungkidan Danurejo Mertoyudan yang terhubung langsung dengan poros Jalan Provinsi Magelang – Jogja km. 6, atau tepatnya di belakang area RSUD Kabupaten Magelang. Dengan aksesibilitas yang strategis, The Wangsa Hutama sangat dekat dengan berbagai fasilitas umum pendukung kebutuhan hidup. Hanya 5 menit menuju Artos Mall dan kampus 2 Universitas Muhammadiyah Magelang, 20 menit menuju kawasan wisata Candi Borobudur, 30 menit saja menuju kota Jogjakarta, serta ke depan tak jauh dari pintu tol Blondo yang menjadi bagian tol trans jawa, trase tol Bawen – Jogja.

    The Wangsa Hutama Magelang total keseluruhan akan menghadirkan 82 unit hunian dengan pilihan rumah 1 lantai dan 2 lantai. Diberikan beberapa tipe pilihan, yakni tipe 30, tipe 32, dan tipe 36 untuk hunian 1 lantainya serta tipe 45 dan tipe 72 untuk hunian berkonsep 2 lantainya. Dengan luasan tanah kavlingnya variabel mulai luas 30 – 126 m². “Sampai September 2020, respon pasar properti Magelang terbilang cukup antusias walaupun harus terkendala dengan adanya pandemi covid-19 ini, namun kami masih bisa melakukan transaksi. Terbukti kami mampu menjual lebih 50 % atau 46 unit hunian telah terjual. Konsumen dominan mempunyai motivasi untuk dijadikan rumah tinggal,” papar Budi Haryono. Untuk konsep 2 lantainya, diberikan opsi yang cukup menarik, yakni untuk tipe 72 diberikan opsi adanya private pool dan program buyback guarantie 1 tahun, uang kembali + 20 %.

    The Wangsa Hutama akan didukung kelengkapan fasilitas kawasan yang cukup lengkap dan modern. Konsep one gate system, security & CCTV 24 jam, jalan lingkungan lebar 7 meter, serta fasilitas kolam renang. “Untuk kisaran harganya, sekarang kami tawarkan mulai 342 jutaan sampai 500 jutaan, harga sudah termasuk PPN, BPHTB, BBN, dan biaya Notaris. Untuk lebih menggenjot penjualan, diberikan promo PSBB yakni free playground dan canopy. Untuk pembayaran cash keras, diberikan discount special 75 juta, dan cash bertahap dengan DP bebas besarannya, angsurannya bisa dibagi selama 36 bulan tanpa bunga. Untuk cara KPR, dengan DP 15% saja, dan besar DP bisa diangsur maksimal 10 bulan. Saat ini kami sudah PKS dengan bank BTN untuk layanan kreditnya,” lanjutnya.

    “Akan disediakan Management Estate untuk mengelola kawasan secara continue. Saat ini kami sedang kerjakan pembangunan infrastruktur kawasan dan unit yang sudah terpesan, dan kami targetkan awal 2021 nanti bisa serah terima ke konsumen awal kami,” pungkas Budi.

    Sultan Regency Temanggung menjadi alternatif kawasan hunian terbaru di area Temanggung Jawa Tengah. Secara umum kabupaten Temanggung kembali naik daun. Letaknya yang cukup strategis membuat banyak pengembang perumahan mulai melirik Temanggung sebagai tempat investasi, khususnya di bidang properti. Salah satu pengembang yang telah memarkirkan produknya di lokasi strategis di kabupaten penghasil tembakau ini ialah PT Iza Putra Adika.

    Mengusung konsep yang tergolong fresh dan berkarakter unik, kawasan seluas 8600 m² persembahan developer yang termasuk dalam ACK Group. “Kami hadirkan kawasan Sultan Regency ini untuk menawarkan sebuah konsep perumahan yang menggabungkan konsep klasik jawa dalam wujud bangunan modern yang berkarakter yang menjanjikan kenyamanan sekaligus memberikan prestise tersendiri bagi konsumen yang tinggal di dalamnya,” ungkap Zudianto, SE., selaku Direktur-nya.

    Aksesibilitas perumahan yang tengah kami bangun ini sangatlah prospektif untuk hunian, bisnis maupun investasi, serta kedekatan dengan sarana pembangkit lingkungan di sekitarnya. “Konsep klasik Jawa, cantik, dan prospektif untuk investasi kita yakini akan sangat melekat di Sultan Regency ini. Lokasinya strategis, tepatnya di dusun Getas kelurahan Purworejo kecamatan Temanggung. Hanya 5 menit dari Alun-Alun Pusat Kota Temanggung, tak jauh dari dari Wahana wisata air Pikatan Waterpark dan tepat di pinggir jalan Pahlawan – Tlilir Temanggung yang merupakan alternatif menuju kota Magelang. Semakin terdukung dengan kondisi alam dan pemandangan 2 pegunungan yakni Sindoro dan Sumbing.

    Kawasan yang di pasarkan sejak Februari 2020 ini, di tahap awal ini rencana akan menghadirkan 61 unit hunian dan 60 unit lagi di tahap berikutnya. Saat ini pembangunan unit rumah terjual dan fasilitas kawasan terus dikerjakan. Sultan Regency akan menghadirkan beberapa fasilitas umum dan fasilitas sosial, seperti konsep one gate system, security 24 hours with CCTV, jalan lingkungan yang lebar, fasilitas ibadah berupa Masjid, serta balai pertemuan berkonsep Joglo Limasan yang eksklusif.

    “Konsep klasik Jawa dan modern tropis kami pilih, untuk menyelaraskan dengan alam sekitarnya yang masih asri dengan udara yang segar sekaligus menghadirkan nostalgia bangunan berkarakter Jawa yang identik beratap limasan yang disesuaikan dengan masyarakat modern yang dinamis. Di tahap 1 ini, kami berikan 3 tipe rumah, yakni tipe 29, tipe 36, dan tipe 45 dengan luasan kavlingnya variabel mulai 72 – 103 m². Saat ini kami tawarkan dikisaran harga mulai 190 jutaan. Konsumen juga kami layani konsep customize di organisasi ruangnya, sesuai selera para konsumen,” lanjut Zudianto.

    “Kami komitmen untuk memberikan bangunan yang prima dan berkarakter dengan harga terjangkau. Dan terbukti, respon pasar tergolong antusias dengan kehadiran Sultan Regency. Terbukti sampai September 2020 ini, kami sudah berhasil menjual 15 unit rumah, walaupun kondisi pasar cukup lesu karena dampak pandemi ini. Untuk itu, kami berikan promo untuk menggenjot lagi penjualan. Sampai bulan Oktober 2020 ini, diberikan Promo Rumah Ceria, program khusus untuk TNI, Polri, ASN/PNS diberikan promo opsi DP 0 % atau 10 % dengan kemudahan angsuran KPR in house, mudah cepat langsung approval, tanpa riba dan ribet, tanpa BI checking, angsuran mulai 100 ribu per hari langsung dapat rumah, serta mendapat kesempatan mendapatkan bonus hadiah langsung unit Yamaha NMax,” tutur Zudi.

    Marison Regency Windusari Magelang merupakan kawasan hunian yang diperuntukkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Kawasan perumahan seluas 1,9 hektar ini merupakan garapan developer berpengalaman di Magelang, yakni PT Maris Bangun Nusantara. Berpengalaman sejak 2011 total telah menghadirkan 11 property project yang tersebar di beberapa kota besar dipulau Jawa, yakni Bandung, Solo, Madiun, dan Magelang.

    “Setelah sukses menghadirkan kawasan Maris Land yang menyasar pasar rumah murah komersil di Magelang, yang tinggal unit-unit terakhirnya saja. Mulai awal tahun, tepatnya Februari 2020 lalu kami hadirkan kawasan Marison Regency Windusari ini sebagai bukti komitmen kami mendukung program nasional yakni penyediaan rumah murah bersubsidi yang diperuntukkan bagi pasar lokal Magelang, terkhusus bagi masyarakat MBR. Ini menjadi project ke 8 kami di wilayah Magelang,” terang Erwin Christianto, selaku Staff Marketing.

    Secara lokasi, Marison Regency Windusari berada di wilayah sisi Utara kota Magelang, tepatnya berada di tepi jalan Payaman – Windusari Kabupaten Magelang atau di depan SMK Windusari Magelang. “Lokasi kami dekat berbagai fasilitas pendukung kebutuhan hidup, seperti fasilitas puskesmas, pasar serta minimarket, dan kantor pemerintahan desa maupun kecamatan dengan dukungan kondisi geografis alam yang masih sangat sejuk. Akses menuju lokasi perumahan sangat mudah dijangkau dari segala arah, bahkan menuju jalur alternatif ke Temanggung. Untuk menuju ke Artos hanya kurang dari dari 10 menit, dan berjarak 5 menit dari kawasan SMA Taruna Nusantara, dan mempunyai waktu tempuh 15 menit menuju Alun-alun kotamadya Magelang".

    "Rencana akan kami hadirkan total 193 unit hunian murah dengan tipe bangunan standar luas 30 m² dengan luasan kavling 60 m², sesuai dengan aturan Kemenpera untuk penyediaan rumah murah bersubsidi dengan harga 150,5 juta saja yang include IMB per unit dan Sertipikat HGB atas nama pembeli,” lanjut Erwin, sapaan akrabnya. Program penyediaan rumah murah subsidi, salah satunya adalah dengan memanfaatkan fasilitas program yang terbaru akan ada tambahan kuota rumah subsidi ini pemerintah akan menggunakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan program Subsidi Selisih Bunga (SSB).

    Konsumen yang mengambil Marison Regency Windusari pun beragam, keluarga muda yang baru pertama kali memiliki rumah dengan latar belakang pekerjaan yang beragam, baik PNS maupun pegawai swasta serta wiraswasta. “Bagi yang berminat, konsumen bisa menyiapkan DP 5% saja atau sekitar 6 juta saja dan bisa dicicil sampai 6 X. Angsuran 30 ribuan per hari. Dan kami berkomitmen untuk hal tersebut, dengan bekerjasama dengan perbankan nasional yang sudah berpengalaman memfasilitasi KPR Subsidi, yakni bank BTN, BTN Syariah, dan bank Mandiri. Untuk BTN memakai metode yang SSB (Subsidi Suku Bunga), BTN Syariah SSM (Subsidi Suku Margin), dan bank Mandiri serta bank BNI memakai metode program FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan), jadi masyarakat tidak usah khawatir dengan status legalitas perumahan kami. Adapun syarat umumnya ialah konsumen memiliki E-KTP Magelang dan atau domisili pekerjaan di wilayah Magelang. Cukup dengan 500 ribu, konsumen bisa memilih kavling,” lanjutnya.

    Walaupun Marison Regency Windusari merupakan kawasan rumah murah bersubsidi, namun konsumen akan mendapatkan spesifikasi bangunan yang relatif hampir sama dengan Maris Land. Tak hanya spesifikasi yang berkualitas, kawasan juga akan dilengkapi fasilitas pendukung seperti tempat ibadah seperti Musholla, Pos keamanan 24 jam, akses kawasan one gate system, lapangan badminton dan basket, area fitness, garden area, serta area wifi corner di beberapa titik kawasan.

    Progress penjualan cukup positif, sampai saat September 2020 kami sudah berhasil melakukan penjualan 60 unit rumah. Harus diakui, selama pandemi memang menurun konsumen masih cenderung wait and see, namun di semester 2 tahun 2020 ini sudah ada kegairahan lagi, dan optimis pasar akan membaik lagi. Untuk pembangunan di jalankan secara bertahap per 20 unit rumah. Kami optimis November 2020 nanti, sudah bisa proses serah terima ke konsumen gelombang I,” pungkas Erwin Christianto. Wahyu Pras – red

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain