Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Iconic Gelato & Bistro Wisata Kuliner di Markas Superhero

    Iconic Gelato & Bistro
    Konsep industrial pada interior main bistro
    Operational Manager dan Chef Iconic Gelato & Bistro
    Setting action figure layaknya scene dalam film aslinya
    Aneka Menu Iconic Gelato & Bistro

    Yogyakarta, sebuah kota budaya yang memiliki banyak sekolah dan universitas berkualitas. Tak mengherankan, kota ini juga sering dikenal dengan sebutan 'kota pelajar', karena didominasi oleh pelajar yang berasal dari berbagai kota untuk mengenyam pendidikan di kota ini. Kebiasaan nongkrong, mengerjakan tugas, dan belajar bersama dengan suasana nyaman menjadikan beberapa coffeeshop di Jogja ramai dikunjungi oleh para pelajar. Selain suasana nyaman, banyak pula yang senang mencari spot-spot menarik untuk berfoto ria, kemudian mengupload momen kebersamaan mereka di Instagram. Hal ini mendorong banyak peluang bagi bisnis kuliner, sehingga beberapa pengusaha di Jogja pun mulai berlomba-lomba untuk membuka kafe dengan konsep desain interior yang unik dan terlihat instagramable.

    Sebuah ikon baru telah lahir di kota Jogja pada tanggal 3 Februari 2018, ikon yang merepresentasikan kota Jogja yang akan memuaskan lidah penikmat kuliner sekaligus memanjakan mata kolektor dan pecinta action figure. Jika biasanya cafe yang lain menyuguhkan tempat untuk nongkrong bertema OOTD ala anak hits, Iconic Gelato & Bistro mencoba menawarkan sensasi nongkrong di markas superhero. Beralamat di Jalan Magelang Km. 5,8 (sebelah Selatan pintu masuk Jogja City Mall), Iconic Gelato & Bistro menyediakan berbagai sajian menu Western-Asian Fusion. “Ruang Rahasia” berupa action figure Museum atau Toys Gallery, tentunya tidak ingin anda lewatkan begitu saja. Sebuah connecting dengan desain interior ala Star Wars, membuat para pengunjung merasakan sensasi dimensi lain. Kira-kira itulah yang ingin diterjemahkan pemilik kafe bernama Sendy Susanto, yang merupakan penghobi action figure berbagai ukuran, utamanya 1:6 pabrikan Hot Toys dan Statues.

    Ada dua bagian di resto yang berdiri di atas lahan seluas 3000 m² ini, yakni bertema urban dengan suasana lebih santai serta satu ruangan tak biasa yang berisi ratusan koleksi action figure dari banyak serial komik dan film. Di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati menu-menu yang ditawarkan Iconic sembari menyaksikan koleksi mainan yang berasal dari berbagai belahan dunia. Operational manager Iconic, Teguh Apriyanto mengungkap ide awal owner memadukan konsep ruang makan, nongkrong, sekaligus toys gallery didapatkan setelah melihat suasana di Yogyakarta beberapa tahun terakhir. Menurut owner, belum ada tempat hangout yang menyuguhkan sesuatu hal ikonik dan mungkin hanya bisa ditemui saat berkunjung ke lokasi tersebut. “Tiga tahun terakhir beliau (owner –red) mulai mengumpulkan action figure dari banyak film dan komik seperi Starwars, Iron Man, Batman, Superman dan semua dari produsen Marvel dan DC bahkan beberapa figur di film Back To The Future juga ada. Owner memang penggemar action figure dan akhirnya koleksi itu coba dituangkan di Iconic ini sebagai salah satu ruang hangout,” ungkapnya.

    Tidak main-main memang, sang pemilik sengaja merancang total dengan membubuhkan adegan ikonik dalam masing-masing film seperti salah satunya saat robot-robot Tony Stark dalam film Iron Man bertempur melawan penjahat di pelabuhan peti kemas. Bagi penyuka mainan seperti ini mungkin akan sangat spesial dan membuat betah berlama-lama di ruangan yang pintu masuknya didesain mirip pesawat luar angkasa di film Starwars tersebut. “Kebetulan memang action figure ini didapatkan owner dari berbagai negara di dunia, jadi cukup beragam dan dapat dicustom sesuai scene dalam film aslinya. Mudah-mudahan suasananya dapat menghadirkan pengalaman baru untuk pengunjung yang datang,” sambung Teguh.

    Secara umum, Iconic Gelato & Bistro terbagi menjadi 3 area yaitu Main Bistro, Smoking Room, dan galeri. Smoking room terletak paling depan, tepatnya di luar dekat dengan area parkir depan. Beberapa table set bergaya industrial bernuansa hitam nampak tertata rapi sebagai tempat makan. Sisi dindingnya dihiasi dengan lukisan mural yang semakin menambah nuansa urban tempat ini. Tanaman hias yang mengelilingi pagar depan area smoking room memberikan sentuhan hijau di tengah dominasi material logam pada bangunan.

    Memasuki area main bistro, konsep dekorasi urban industrial nampak begitu kental dengan dominasi warna hitam pada table set dan beberapa sisi dinding yang dihiasi beberapa lukisan mural, serta instalasi pipa-pipa logam sebagai tempat lampu. Pada salah satu sisi, tempat makan menggunakan sofa sehingga kesan yang ditampilkan lebih santai. Berada di salah satu sudut, sebuah etalase sebagai gelato bar dimana terdapat 32 macam varian rasa gelato dengan berbagai warna yang menarik disajikan. Pengunjung dapat memilih beberapa rasa dengan dibantu oleh karyawan untuk menyajikannya di atas sebuah cone atau cup sesuai selera. Tepat di sebelah gelato bar, terdapat sebuah meja besar berbahan marmer yang digunakan sebagai drinks and coffee bar. Di sini pengunjung dapat melihat para bartender dan barista meracik berbagai menu minuman yang dipesan. Konsep industrial kembali dihadirkan dengan aplikasi instalasi pipa sebagai frame lampu yang berada tepat di atas bar table. Bersebelahan dengan drinks and coffee bar, terdapat sebuah area dapur dengan konsep open kitchen. Di sini pengunjung kembali dapat melihat sendiri proses memasak menu makanan yang dilakukan oleh chef yang dimiliki Iconic Gelato & Bistro.

    Sesuatu yang spesial nampaknya benar-benar disimpan untuk yang terakhir, seperti halnya yang ada pada resto dengan luas bangunan mencapai 750 m² tersebut. Dimulai dari sebuah ikon Infinity Gauntlet milik Thanos dan figur Darth Vader yang berada tepat di depan pintu masuk ala pesawat dalam film Starwars akan menyambut pengunjung saat memasuki area toys gallery. Deretan berbagai figur tokoh-tokoh super hero dalam berbagai film yang telah mendunia nampak tertata rapi di segala sudut ruangan. “Sesuatu yang spesial dari proses penataan koleksi action figure di toys gallery, owner mengajak teman-teman sesama kolektor dari Jakarta yang merupakan expert di bidangnya, yakni Edy Hardjo yang dikenal seluruh dunia melalui karya foto-foto action figure-nya, dan juga Rudi Lesmana yang sudah bertahun-tahun menggeluti dunia custom action figure 1:6 dan telah terkenal di mancanegara, serta didukung oleh teman-teman dari komunitas One Sixth Indonesia. Tak ketinggalan, tampilan mural karakter Super Heroes DC Comics dan Marvel karya seniman asli Jogja, Rosyid, terpampang di area toys gallery,” papar Teguh.

    Untuk urusan menu yang disajikan, rupanya Iconic Gelato & Bistro ini menyediakan menu western-asian yang diolah langsung oleh chef profesional sehingga original dan pastinya menggugah selera. Beberapa menu makanan favorit dari resto ini yang patut untuk dicoba, diantaranya Spaghetti Marinara, Dori Fish Salted Egg, dan Honey Soy Chicken Wings. Selain menu main course, Iconic juga menyediakan beberapa menu dessert serta snacks and beverages bagi pengunjung yang hanya ingin sekedar ngemil atau sebagai teman ngopi. Berbagai varian olahan kopi juga dapat ditemukan di daftar menu resto ini, baik manual brewing atau aneka olahan lain seperti cappucino hingga coffee latte.Layaknya yang terpampang pada nama resto ini, menu olahan gelato juga menjadi unggulan Iconic Gelato & Bistro. Mempunyai 32 macam varian rasa, resto tersebut berani mengklaim produk gelato miliknya sebagai yang terbaik saat ini. “Kami benar-benar memproduksi sendiri produk gelato di resto ini, sehingga bahan-bahan yang kami gunakan merupakan bahan terbaik dengan proses pembuatan yang higienis dan diawasi langsung oleh ahlinya,” ungkap Teguh.

    Teguh menambahkan, demi mengakomodasi antusias pengunjung yang datang ke Iconic Gelato & Bistro, saat ini sedang dilakukan pengembangan lokasi di area belakang. “Nantinya di area belakang akan dibangun lokasi lagi, dengan konsep kafe sepeda karena hobi dari owner memang bersepeda. Dengan berbagai konsep yang dihadirkan, kami berharap akan semakin banyak menyerap pengunjung untuk datang ke Iconic Gelato & Bistro,” pungkas Teguh. Farhan-red

    Iconic Gelato & Bistro
    Jl. Magelang Km. 5,8
    Yogyakarta
    Telp. 08112565600
    iconic_reservation@gmail.com

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain