Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Inspirasi Design Floating Cafe (The Carpenter)

    Inspirasi Design Floating Cafe (The Carpenter)#1
    Inspirasi Design Floating Cafe (The Carpenter)#2
    Inspirasi Design Floating Cafe (The Carpenter)#3
    Inspirasi Design Floating Cafe (The Carpenter)#3
    Inspirasi Design Floating Cafe (The Carpenter)#3

    Kondisi tapak berada di sebelah persis Sungai Bedog, memiliki kontur yang naik turun dengan permainan level yang setara dengan ketinggian bangunan 3 lantai. Kondisi saat ini lokasi masih digunakan oleh segowiwit untuk kegiatan kuliner, namun di bulan Juni 2019 besok setelah masa kontrak nya berakhir owner selaku pemilik site hendak melakukan perencanaan masterplan outdoor café. Kondisi site yang berada di daerah lereng ini dipenuhi dengan berbagai macam vegetasi lokal, suasananya sangat rindang dan klien berharap nantinya pengolahan landscape kawasan dapat menyatu dengan desain bangunan yang direncanakan.

    Keinginan klien yang terdiri dari bapak dan anak ini menghendaki kegiatan café outdoor yang dapat menarik banyak pengunjung dalam skala middle. Kegiatan kuliner, sewa area pernikahan, little cottage, dan area swimming pool yang mampu menghadirkan kekhasan di lokasi ini. Secara konstruksi juga karena berada di daerah berkontur maka klien mengharapkan adanya penataan yang bersifat relevant, praktis dan mampu dilakukan dalam waktu cepat. Oleh karena itu pemilihan kombinasi material baja dan beton menjadi salah satu alternatif dalam perencanaan masterplan ini.

    Konsep desain yang kami usulkan adalah floating café, atau dalam Bahasa Indonesia nya adalah café melayang. Hal ini kami usulkan untuk mengoptimalkan yang pertama adalah view terhadap keseluruhan kawasan, sehingga pengunjung yang datang dapat menikmati sekuen dan best view yang kami tawarkan. Yang kedua adalah integrating green and blue. Kita ketahui bahwa lokasi berada di daerah dekat Sungai Bedog, namun ternyata pada area ini juga memiliki tuk (mata air) yang dapat kami manfaatkan untuk pembuatan infinity swimmingpool.

    Kemudian integrase terhadap area hijau adalah dengan penataan konstruksi yang selaras dengan vegetasi eksisting. Sehingga meminimalisir terjadinya penebangan pohon dalam jumlah massif. Yang ketiga adalah transparansi dan modernity. Konsep ini juga dipilih untuk memberikan nuansa modern di tengah kawasan pepohonan yang lebat. Pengunjung serasa berada di ketinggian level pohon. Sensasi yang kami harapkan adalah adanya optimasi view yang tidak terhalang dari satu masa ke masa yang lain.

    Yang ingin kami tonjolkan pada penataan masterplan ini adalah bagaimana kami melakukan perencanaan di daerah berkontur dan melakukan pengolahan lokasi untuk menciptakan sekuen view (merasakan nuansa perjalanan dari satu tempat ke tempat lain) dan memberikan nuansa alam yang natural tetapi bernuansa kekinian. Kekuatan desain yang kami tawarkan adalah banyaknya open space dan area terbuka yang dapat digunakan untuk area bersantai dan bercengkerama.

    Fasiltas yang ditawarkan di floating café ini adalah kuliner dengan cita rasa western, taman bunga, little cottage, swimming pool, chapel, open stage, round parking, dan beberapa fasilitas penginapan bagi keluarga.

    Proyek ini adalah gambaran keinginan klien dalam waktu jangka panjang, mengingat dengan luasan yang hampir mencapai 3 hektar memang bisa di pastikan untuk proses pembangunan nantinya dilakukan dalam fase pentahapan. Diawal perencanaan ini yang dapat kami lakukan adalah membantu merencanakan konsep desain dan gagasan agar pembangunan yang bertahap ini tidak keluar dari koridor perencanaan.

    Dari sisi desain, tantangan terbesar mendesain floating café ini adalah lokasi yang berkontur. Lokasi ini memberikan tantangan dalam mengidentifikasi desain yang akan kita gunakan. Seperti penggunaan pondasi titik agar tidak merusak kawasan, penggunaan bronjong pengaman pada beberapa area, dan penempatan massa bangunan yang berdampingan dengan vegetasi eksisting. Team A + A Studio : Ardhyasa Fabrian Gusma. ST, M.sc & Aziz Septian, ST. A+A Studio, Yogyakarta, Indonesia

    A+A Studio, Yogyakarta, Indonesia
    Architects, Interior & Urban Design

    Phone : 0856 4002 5773
    Email: aa.studio.indonesia@gmail.com
    Project Name : Floating Café (The Carpenter) - Site Area : 3 Ha
    Location : Ring Road Barat, Nambongan, Tlogodadi, Area Sawah,
    Tlogoadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55286

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain