Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Inspirasi Guest House Impian

    Inspirasi Guest House
    Contoh visualisasi halaman parkir
    Contoh visualisasi taman
    Contoh visualisasi fasilitas warung makan
    Eye bird desain Guest House

    Guest house atau disebut juga dengan wisma tamu merupakan tempat sejenis penginapan yang digunakan untuk peristirahatan sementara. Di beberapa bagian dunia, seperti misalnya Karibia, guest house adalah penginapan dengan harga terjangkau. Namun, di lain daerah, guest house adalah rumah pribadi yang telah dikonversi untuk penggunaan akomodasi tamu secara eksklusif. Pemilik biasanya tinggal di tempat yang terpisah dari guest house, tersedia beberapa fasilitas seperti area pribadi yang mementingkan privasi tamu, dapur atau pantry pribadi yang dapat digunakan untuk mengolah makanan sendiri sehingga lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya, dan harga relatif terjangkau terutama jika tamu dalam jumlah lebih dari 4 orang. Perbedaan guest house dengan hotel adalah di fasilitas pelayanan yang lebih sederhana dan dengan waktu terbatas (jam kerja stafnya).

    Untuk guest house, dari sisi kamar, disediakan beberapa pilihan. Ada pilihan single room dengan satu tempat tidur untuk 1 orang, double room, triple, dan tentunya dormitory room. Adapun dormitory room sebuah ruang/kamar yang bisa digunakan beramai-ramai. Biasanya, diisi 4 - 10 orang dalam satu ruangan. Tempat tidurnya adalah model bunk bed (2 atau 3 tingkat tempat tidur) serta ada juga single. Sesuai namanya, guest house dirancang sedemikian hommy. Jadi, semacam berkunjung ke rumah orang dan menumpang menginap di kamar. Fasilitas seperti televisi, dapur, dan ruang tamu merupakan fasilitas umum dari guest house.

    Jika Anda memiliki tanah yang cukup luas, tetapi tidak cukup strategis untuk dijadikan sebuah kost atau tidak cukup memiliki dana untuk membuat budget hotel, memiliki guest house merupakan pilihan menarik sebagai peluang usaha untuk dijalankan. Beberapa tips berikut akan membantu Anda untuk memiliki guest house pribadi sesuai impian:

    1. Lokasi
    Meskipun lokasi strategis sangat penting, tetapi tidak menutup kemungkinan dengan bantuan kecanggihan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan sebagai media pendukung bisnis penginapan ini, yang terpenting adalah kemudahan akses untuk dilalui mobil dan terdapat di daerah yang aman.

    2. Jenis Properti dan Desain
    Jika properti yang dimiliki berupa tanah, maka rencanakan desain bangunan menggunakan arsitek agar lebih efektif dan efisien. Ada baiknya terlebih dahulu menentukan target pasar yang akan dituju, misal jika targetnya wisatawan mancanegara, mungkin konsep tradisional dapat menjadi nilai lebih untuk menarik tamu. Tetapi jika sudah dalam bentuk bangunan, maka perlu review kelayakan bangunan dan diskusilah dengan rekan arsitek untuk melihat apa saja yang perlu diperbaiki atau dikembangkan secara fisik.

    3. Jumlah Kamar
    Sediakan kamar yang cukup banyak menampung tamu dengan berbagai pilihan ukuran untuk memadahi kebutuhan tamu. Jagalah selalu kebersihan kamar dan kamar mandi, karena hal ini merupakan salah satu penentu tamu tertarik untuk kembali menginap.

    4. Halaman Luas dan Parkir
    Selain berfungsi sebagai area penghijauan dan fasilitas view untuk memanjakan tamu, halaman juga dapat digunakan sebagai area parkir kendaraan. Jika kamar yang disediakan cukup banyak, maka halaman parkir juga diusahakan memadai kapasitas tamu. Hal ini cukup menjadi pertimbangan bagi tamu saat mencari sebuah penginapan, karena menyangkut kenyamanan dan keamanan akses. Jika halaman di dalam area guest house cukup luas, tambahkan fasilitas taman bermain anak, kolam, atau beberapa gazebo untuk bersantai, elemen waterfall mini atau water fountain juga mampu memberikan suasana rileks bagi para tamu, sehingga menambah kepuasan saat berkunjung.

    5. Fasilitas Hiburan
    Selain untuk beristirahat, guest housejuga berfungsi sebagai tempat refreshing bagi tamu untuk melepas penat setelah aktivitas rutin yang melelahkan pikiran dan raga. Sehingga, perlu adanya tambahan fasilitas tambahan yang dapat menghibur para tamu. Sebagai contoh, tersedia jaringan wifi, home theater, permainan sederhana yang dapat dilakukan berkelompok seperti billyard, poker, dan lain sebagainya. Jika memungkinkan secara ruang dan budget, sediakan resto atau tempat ngopi yang nyaman untuk sekedar ngobrol bersama.

    6. Tim dan Manajemen Promosi
    Hal yang tidak kalah penting dalam bisnis penginapan adalah memiliki tim pengelola yang berdedikasi dan dapat dipercaya. Selain itu, sistem promosi juga sangat mempengaruhi penjualan. Tidak ada salahnya bekerja sama dengan pihak lain untuk mengisi ruang-ruang fasilitas seperti café, karaoke, resto, dan lain sebagainya. Menjalin kerja sama dengan penyedia iklan elektronik juga cukup menjanjikan untuk mendongkrak penjualan.

    Selamat mencoba! ARCHIRA – Archsketch Cipta Inspira
    ARCHIRA – Archsketch Cipta Inspira
    Jl. Garuda 185 B, RT 05/RW 30,
    Gejayan, Condongcatur, Depok, Sleman,
    Yogyakarta 55283
    Telp. (0274) 882480 / 0821 3453 5876
    Email : arsitekarchira@gmail.com
    www.arsitekarchira.com

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain    Holcim Solusi Rumah