Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Jogja Makin Ramai Konsep Rumah 2 Lantai-bagian 1

    Perspektif deretan rumah berkonsep tropis Hyarta Ecovillage
    Deretan kawasan rumah tipe New Jasmine, Laguna Spring Resort
    Unit ready stock (A-2) Pesona Residence

    Untuk memenuhi kebutuhan hunian di lokasi yang relatif lebih dekat dengan perkembangan arah perkotaan, kini di pasar properti Jogja semakin banyak variasi model bangunan rumah 2 lantai. Konsep ini dihadirkan untuk menyiasati semakin terbatasnya lahan, karena makin tingginya harga dasar tanah untuk dikemas pengembang menjadi hunian.

    Rumah 2 lantai dijadikan salah satu alternatif penghuni rumah menginginkan rumah berluasan bangunan besar tetapi berada di lahan kavling yang terbatas. Rumah 2 lantai juga merupakan pilihan hunian yang ideal untuk mereka yang memiliki jumlah keluarga banyak. Atau, mereka yang membutuhkan tempat ekstra untuk dijadikan tempat bekerja, tempat bermain anak, rumah berkonsep 2 lantai adalah pilihan yang sangat tepat dan cermat. Terdapat berbagai macam tipe rumah 2 lantai yang dapat dijadikan alternatif pilihan membangun rumah idaman. Luasan bangunan dari rumah minimalis 2 lantai dapat dibangun menyesuaikan budget dan kebutuhan.Konsep rumah 2 lantai mempunyai keunggulan, yakni terdapat lebih banyak variasi desain arsitektur yang lebih bisa ditampilkan dan ditonjolkan.

    Beberapa arsitek dan drafter sebuah pengembang semakin dituntut kreatif untuk bisa mendesain layout tata ruang maupun mendesain rupa fasad rumah yang berada di lahan yang tidak luas dan lebar tampak mukanya. Tantangan terletak dioptimalisasi sebuah lahan yang tidak besar, namun bisa menghadirkan sebuah hunian yang estetik dan fungsional. Berikut kami berikan informasi alternatif hunian 2 lantai, baik kawasan baru maupun pengembangan diberbagai kawasan perumahan di Jogja.

    Hyarta Ecovillage menjelma menjadi sebuah kawasan hunian kelas premium di lokasi strategis dalam ringroad kota Jogjakarta. Khalayak akan menjumpai sebuah kawasan dengan segala keunggulan melampaui hunian pada umumnya di kota pendidikan dan wisata ini. Hyarta Ecovillage dibangun bersama oleh tiga perusahaan properti ternama di Indonesia, yaitu Jakarta Setiabudi Internasional, Tokyu Land Indonesia, dan Karyadeka Alam Lestari dengan visi menjadikan mahakarya sebagai residensial terbaik yang pernah ada di Jogja. Rekam jejak ketiganya sebagai pengembang telah membuktikan komitmen dan reputasi mereka yang terpercaya.Sejumlah karya sukses yang telah mereka hadirkan adalah Grand Hyatt Bali, Hyatt Regency Yogyakarta, Hyarta Residences, Bali Collection, Setiabudi Skygarden, Puri Botanical, The Branz, dan BSB City Semarang.

    Kawasan ini berada di Jalan Laksda Adisucipto Km 8,5 membuat Hyarta Ecovillage menjadi perumahan yang sangat strategis. Hyarta Ecovillage berada di jantung kota namun tetap jauh dari hingar-bingar pusat keramaian menjadikannya sangat sempurna sebagai tempat tinggal. Berada dalam kawasan yang sudah komplit dari berbagai sarana penunjang kehidupan, membuat penghuninya akan dimanjakan dengan berbagai kemudahan untuk beraktivitas sehari-hari. Dari Transmart Carefour yang berjarak 800 meter dari Hyarta Ecovillage, menuju Ambarrukmo Plaza, Hartono Mall, serta rumah sakit Hermina dan JIH pun bisa ditempuh dalam jarak tidak lebih dari 4 km, serta hanya berjarak kurang 1 km dari Bandara Internasional Adisucipto, serta hanya 15 menit dari kawasan kampus pendidikan Jogja.

    Assistant Manager PT. Darsana Tempa Internasional, anak perusahaan PT. Jakarta Setiabudi selaku developer Hyarta Ecovillage, Monica Sunarto mengungkapkan kawasan hunian ini memiliki luasan keseluruhan mencapai 5 hektar yang mengusung green living concept. “Kita memiliki kewajiban baru untuk menjadikan ruang tersebut bermaanfaat bagi lingkungan di sekitar kita. Hyarta Ecovillage dibangun untuk menjadi bagian positif dari Jogja dengan mendedikasikan sebanyak 45% luas lahannya sebagai konservasi alam yang menjadi area hijau untuk membantu menurunkan suhu dan mengurangi polusi di kota ini. Selain akan berfungsi sebagai fasilitas untuk penghuni, lahan hijau ini menjadi standar bagi luxurious residential di Jogja, di mana kualitas kehidupan tak hanya ditentukan oleh estetika desain yang baik, tetapi juga konsep penataan dan pemeliharaan lingkungan yang baik. Hunian yang dibangun dengan konsep semacam ini kini tengah tumbuh. Namun, pengembang hunian ini tak hanya menghadirkan lingkungan asri di kawasan ini. Konsep hunian juga dikembangkan dengan menggunakan material ramah lingkungan, dengan meminimalisir penggunaan material berbahan kayu," papar Monica sapaan akrabnya.

    Hyarta Ecovillage ini telah mulai dipasarkan akhir tahun 2017 lalu dengan rencana menghadirkan total 88 unit, yang terbagi menjadi 79 unit residential dan 9 unit commercial area. “Kami saat ini sedang membuka pemasaran di tahap 1 dengan 21 unit rumah serta di tahap 2 sekarang ini, dengan 40 unit rumah. Respon pasar kelas premium Jogja cukup antusias, terbukti unit rumah kami telah laku 22 unit,” terang Monica. Hunian yang dipatok dengan kisaran harga 2,7 miliaran untuk segmen menengah atas ini, tak hanya diincar oleh masyarakat Jogja, akan tetapi konsumen perumahan dari luar Jogja hingga luar Pulau Jawa, rasionya 50 : 50. "Konsumen yang membeli, tak hanya untuk hunian. Ada yang untuk investasi, bahkan yang dari luar pulau, biasanya membeli untuk anaknya yang akan kuliah di Jogja. Dan 20% nya berasal dari konsumen kami di project sebelumnya, yakni Hyarta Residence," imbuh Monica.

    Rumah-rumah di Hyarta Ecovillage dirancang dengan memadukan unsur budaya Jawa dengan pendekatan desain urban modern. Atap unik Joglo yang menjadi ciri khas rumah Hyarta Residence sebelumnya tetap dipertahankan. Desain fasad barunya yang memikat terbuat dari kombinasi material kayu dan batu yang terlihat elegan dan tak lekang oleh waktu. Penataan layout interiornya dengan banyak ruang terbuka yang kental dengan budaya Jogja ini melebur dalam desain modern minimalis. “Untuk tipe rumahnya, kami berikan 3 opsi pilihan tipe standar, yakni tipe 147/128, tipe 160/120, dan tipe 255/200, dengan lebar depan mulai 8 – 10 meter,” lanjut Monica.

    Dengan konsep one gate system, yang terkontrol keamanannya, dengan mainroad kawasan yang lebar, bersih, asri, dan sejuk akan membuat suasana di perumahan ini lega, nyaman, dan leluasa. Dilengkapi CCTV diberbagai sudut kawasan serta acces card untuk menjaga keamanan dan ketenangan penghuninya selama 24 jam. Sebagai salah satu fasilitas terpenting yang akan akan dihadirkan dalam Hyarta Ecovillage, clubhouse bintang lima ini tersedia untuk mendukung gaya hidup sehat dan kenyamanan penghuni. Clubhouse dilengkapi dengan kolam renang keluarga, gym, lounge yang luas, serta restoran. Dan ke depan kami juga akan menyediakan Estate Management untuk me-maintenance seluruh kebutuhan penghuni serta pengelolaan lingkungannya,” terang Monica semangat.

    Saat ini progress di lapangan sudah dibangun beberapa unit pesanan konsumen serta beberapa infrastruktur, yakni jalan lingkungan serta taman kawasan. “Bahkan dalam waktu dekat kami juga akan bangun unit rumah contoh full furnished yang bertujuan memberikan gambaran lebih jelas tentang kualitas bangunan kami serta inspirasi desain interornya. Untuk cara bayarnya, diberikan beberapa metode, yakni untuk KPR, konsumen diberikan kemudahan dengan DP 20% serta DP tersebut yang bisa diangsur 6 X. Sedangkan untuk model installment (cash bertahap) diberikan opsi pembayaran bisa diangsur 12 X dan 24 X tanpa bunga. Terakhir dan yang paling penting, kelengkapan legalitas rumah di Hyarta Ecovillage sudah lengkap dan terjamin, yaitu sertipikat sudah pecah per kavling serta IMB nya pun sudah ready,” pungkas Monica saat ditemui di Marketing Gallery Jalan Laksda Adisucipto Km. 8,5 Sleman Jogjakarta.

    Laguna Spring Resort menunjukkan progress penjualan yang signifikan di tahun 2018 ini. Meski tergolong perumahan kelas premium, perumahan garapan PT. Sumber Baru Residence ini ternyata diminati para konsumen yang mendambakan kualitas hidup dan kenyamanan yang maksimal. Tercatat sejak dipasarkan akhir 2016 yang lalu, perumahan yang ditawarkan mulai kisaran 1,9 miliaran ini mendapat respon yang semakin positif dari pangsa pasar kelas premium Jogja. “Konsep yang kami tawarkan berupaya memenuhi harapan konsumen yang menginginkan hunian yang nyaman, aman, eksklusif dengan segala fasilitasnya, layaknya tinggal di sebuah resort hotel. Dari total 60 unit residential yang akan kita hadirkan, sampai saat ini kami sudah berhasil menjual 50 %-nya,” ungkap Melisa Kurniawan Putri, selaku Managing Director PT. Sumber Baru Residence.

    Desain rumah di Laguna Spring Resort ini mengangkat tema Tropical Home Resort hasil rancangan arsitek dan desain interior ternama Indonesia. Desain elegan,mampu menciptakan tata ruang yang luas, lega, dan fungsional. Kenyamanan tercipta dengan memperhatikan aliran angin dan posisi matahari untuk menjamin sirkulasi udara dan cahaya alami yang masuk di dalam rumah. Konsumen akan mendapati hunian mewah berpadu dengan kawasan taman hijau asri yang penuh ketenangan. Sangat cocok untuk konsumen yang mengutamakan privasi dan ketenangan.

    Perumahan kelas middle up ini, memiliki 3 tipe rumah eksklusifnya, yakni tipe New Casablanca dengan luas bangunan 130 m² dengan luas tanah variabel dari 125 – 134 m², tipe New Jasmine dengan luas bangunan 150 m² dengan pilihan kavling 120 m² dan 150 m², dan tipe terbarunya yakni Grand Casablanca dengan luas bangunan 185 m² dengan luasan tanahnya 160 m². Sebagai salah satu strategi pemasaran, pembuatan rumah contoh diharapkan mampu menarik minat calon konsumen yang sudah tertarik dengan lokasi kawasannya. “Untuk memberikan bukti kualitas huniannya, kami menghadirkan konsep show unit di semua tipenya dan lengkap beserta furnitur pendukungnya,” lanjut Melisa, sapaan akrabnya.

    Nilai artistik interior dari suatu bangunan dapat dilihat dan dirasakan dari pemilihan dan penataan hiasan maupun ornamen yang ditampilkan pada rumah contoh dengan tipe New Jasmine dan New Casablanca. Pemilihan benda-benda bernilai seni seperti lukisan, ornamen guci, vas bunga serta berbagai macam furnitur menyesuaikan dengan luasan suatu ruangan sehingga tetap memberikan kesan lega dan artistik. Dari layout bangunan tipe New Jasmine memiliki keunggulan lebar bagian depan hingga 10 meter, sehingga nampak lebih luas dan penataan penambahan taman mini yang terbuka menambah kesan luas ketika memasuki ruang utama. Sedangkan pada tipe New Casablanca, yang menjadi tipe terlarisnya, mempunyai lebar depan 8 meter namun memiliki kelebihan adanya taman belakang yang lebih luas serta terdapat private garden pada kamar utama yang terdapat di lantai 2.

    “Untuk show unit tipe premium dan terbaru kami yakni Grand Casablanca (185/173), saat ini kami membuka terbatas 6 unit saja, dan respon konsumen terhadap tipe terbaru kami cukup bagus,” papar Melisa. Konsumen akan mendapati rumah dengan fasilitas 2 master bedroom dengan private bathroom, 2 bedroom, 1 service bedroom, 2 bathroom, 2 living room di lantai 1 dan lantai 2, dining room, maid room, private garden di kamar lantai 2, serta menyediakan carport include kanopinya yang mampu menampung 2 mobil penghuni. “Tipe terbaru kami ini mempunyai keunggulan lainnya ialah custom interior design service, kami siap mengakomodir kebutuhan ruang konsumen, sesuai selera konsumen. Tak hanya itu, masih cukup luasnya halaman belakang rumah. Sehingga penghuni bisa mengoptimalkannya, misalnya untuk garden gazebo, outdoor dinning concept, bahkan kolam ikan,” imbuhnya.

    “Untuk fasilitas umumnya, kami akan hadirkan Tropical Club House meliputi swimming pool, children pool, children playground, barbeque area, function hall, botanic garden, internet hotspot, one gate system, panic button, underground electricity installation, dan security 24 hours with cctv,” imbuh Parastuti Widyaningsih, selaku Customer Relationship Manager menerangkan. Untuk lebih mendongkrak penjualan, developer memberikan program promo dan paket penjualan menarik.
    “Kami berikan promo diskon 5% dan bonus I Phone Xs. Dengan DP 30%, konsumen bisa memilih opsi pembayaran, baik secara tunai keras, kredit KPR, maupun cash bertahap. “Untuk cash bertahap kami berikan kemudahan dengan 12 X tanpa bunga, sesuai waktu pembangunan rumahnya. Untuk KPR, kami juga sudah PKS dengan berbagai perbankan nasional, yang akan memberikan tambahan bonus spesial lainnya. Dapatkan juga souvenir eksklusif bagi calon konsumen yang mengunjungi Show Unit kami,” imbuh Widya berpromosi.

    Lokasi Laguna Spring Resort ini terletak di lokasi yang strategis, tepatnya di poros Jalan Parangtritis Km. 5 Jogjakarta (1 Km dari simpang empat ringroad jalan Parangtritis), hanya 5 menit dari Malioboro, 8 menit dari UGM, dan 12 menit dari Bandara Internasional Adisucipto. “Bahkan dalam waktu dekat juga akan segera dibangun fasilitas kesehatan berupa Rumah Sakit Internasional yang berada di depan Kampus Terpadu ISI, hanya 3 menit dari lokasi kami ini.”

    Pesona Residence bisa dibilang menjadi salah satu kawasan hunian yang berada di wilayah perkotaan Jogjakarta yang sangat strategis dan terbukti diminati pasar menengah atas Jogja. Diungkapkan Asisten Manajer PT. Cahyo Griya Inti Santoso, Andri Kurniawan, bahwa lokasi menjadi hal terpenting dalam penjualan suatu perumahan. “Produk terbaru kami berada di tengah kota. Secara aksesibilitas jelas sangat mudah untuk menjangkau berbagai kebutuhan hidup. Namun, kendalanya adalah sulit untuk mendapat luas lahan yang luas, dan harga dasar tanahnya yang memang sudah cukup tinggi,” papar Andri. Pesona Residence menjadi pilihan bagi mereka yang mencari hunian dengan akses yang sangat baik. Lokasi perumahan berada di poros koneksi Jalan Magelang dengan Jalan AM. Sangaji, atau lebih tepatnya sebelah Barat Hotel Tentrem,yang tentu saja sangat prestisius dengan kelas hunian yang premium. “Lokasi yang kami hadirkan sangat strategis karena berada di tengah kota yang ditunjang dengan berbagai fasilitas, sarana dan prasarana umum sehingga memudahkan fleksibilitas dan aktifitas seluruh penghuninya,” terangnya.

    Saat menjelang akhir 2018 ini, Pesona Residence mempunyai progress penjualannya mencapai prosentase 75% nya. Proses bayarnya pun terbilang mudah, yaitu mulai dari cash bertahap hingga 12 kali angsuran atau sampai rumah selesai bangun tanpa adanya bunga dan cara bayar KPR dengan DP mulai dari 30%. Dengan kisaran harga mulai 1,95 miliran, sebanding dengan sebuah rumah tinggal yang berkelas dan berada di kawasan yang premium dengan jaminan kenaikan nilai investasi yang cukup signifikan. “Saat ini kami berikan promo bonus berupa free canopy carport dan teralis. Konsumen dapat melihat kenaikan investasi yang ada pada produk sebelumnya, dengan lokasi yang tak jauh berbeda, dalam waktu 2 tahun kenaikan harganya (dengan luasan bangunan dan tanah yang hampir sama) sudah naik dikisaran 30 % - 35 % dari saat pembelian awal. Banyak konsumen kami yang tak sedikit mengoptimalkan investasi properti di Pesona Residence ini, untuk dijadikan sebuah kontrakkan atau semacam homestay saat long weekend atau masa liburan sekolah,” terangnya semangat.

    Pesona Residence mengusung arsitektur bergaya modern minimalis, karena tren tersebut saat ini masih banyak diminati konsumen. “Untuk layout ruangannya, pembagian ruang yang kami tawarkan adalah untuk memenuhi kebutuhan ruang dengan pendekatan fungsional tanpa mengabaikan estetikanya. Untuk lantai 1, dalam denah standarnya, akan diberikan ruang tamu, ruang makan dengan view taman belakang yang terkoneksi dengan dapur, serta sebuah kamar tidur, kamar mandi, dan fasilitas carport. Naik ke lantai 2 nya, akan dijumpai 2 kamar tidur, ruang santai keluarga yang terkoneksi ke balkon depan, serta satu kamar mandi. Untuk menjaga estetika dan nilai investasi kawasannya, fasad bangunan kami harus sama. Sisa lahan yang ada di tiap kavling dapat dimaksimalkan sebagai taman. Kami memberikan struktur bangunan lurus, meminimalkan penggunaan kolom gantung, supaya struktur bangunan terjaga kualitasnya,” lanjut Andri Kurniawan.

    Pengembang tersebut menawarkan kawasan perumahan dengan unit terbatas di atas lahan seluas 5600 m². “Kami tawarkan dalam unit terbatas, hanya sekitar 25 unit saja dengan mengusung konsep bangunan dua lantai,” ujar Andri. Saat ini Pesona Residence masih menyisakan beberapa unit-unit terakhirnya, yakni tipe 111 dan tipe 125. “Kami juga sediakan rumah ready stock di kavling sisi depan dan menghadap Utara. Kami hadirkan landcape kawasan yang mewah. Fasilitas jalan yang lebar, serta penerapan Koefisien Dasar Bangunan (KDB) 50 : 50, yang artinya unit rumahnya memiliki ruang terbuka hijau yang optimal, selaras dengan green living concept. Tiap kavling akan memiliki sisa lahan yang luas sehingga memungkinkan bagi konsumen untuk melakukan pengembangan bangunan. Selain itu dengan lebar muka kavling di 9 meter, desain rumah kami sangat proporsional dan eksklusif,” terang Andri. Wahyu Pras-red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain