Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


KONSEP HOMMY & COZY Homestay Griya Karangsuci Purwokerto

    Kehangatan ruang keluarga
    Fasad depan Griya Karangsuci Homestay
    Meja makan menjadi satu dengan area dapur minimalis
    Dekorasi simpel kamar tipe Superior Twin Bed Griya Karangsuci Homestay
    Kamar tipe deluxe dilengkapi sofa set Griya Karangsuci Homestay

    Baturraden termasuk lokasi wisata yang saat ini sedang naik daun. Kawasan yang masih berupa pegunungan ini mempunyai wisata alam yang benar-benar menarik untuk dikunjungi. Apabila Anda berencana pergi berwisata ke kawasan Baturraden, Anda bisa menyempatkan waktu untuk mengunjungi beberapa spot wisata yang unik. Misalnya saja ke Lokawisata Baturraden. Tempat ini sudah cukup tersohor di kalangan wisatawan karena memadukan konsep wisata alam dengan wisata modern. Lokasi yang terletak kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota Purwokerto ini menawarkan beberapa wahana rekreasi menarik seperti kolam renang, air terjun, pemandian air panas alami, dan masih banyak lagi. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi tempat wisata lain seperti Telaga Sunyi yang berjarak 2,8 kilometer dari Lokawisata Baturraden. Di lokasi ini wisatawan dapat melakukan aktivitas seperti snorkling sembari mengabadikan momen saat berada di dalam air karena air di telaga ini begitu jernih. Kemudian terdapat beberapa lokasi wisata lain dengan nuansa air, seperti Curug Telu dan Curug Bidadari. Nah, apabila wisatawan ingin menginap di kawasan wisata Baturraden, sudah tidak perlu khawatir karena banyak penginapan atau homestay yang dapat menjadi pilihan untuk beristirahat.

    Salah satu homestay yang dapat dijadikan pilihan untuk menginap yaitu Griya Karangsuci. Homestay Griya Karangsuci adalah sebuah penginapan yang letaknya tak jauh dari lokasi wisata Baturraden, yaitu ± 12 kilometer atau sekitar 20 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi. Homestay Griya Karangsuci mulai beroperasi pada akhir tahun 2016 yang lalu. Homestay yang terdapat di Jalan Letjen Pol. Soemarto, Karangsuci RT 06 RW 02, Purwokerto, Banyumas, ini memiliki tempat yang nyaman dan lingkungan yang cukup tenang. Lokasi homestay juga terbilang cukup strategis karena dekat dengan Stasiun Purwokerto, Pendopo Si Panji, Alun-Alun Purwokerto, dan GOR Satria. Sang owner pun menyuguhkan konsep kekeluargaan sehingga tamu merasa seperti berada di rumah sendiri. Suasana tenang, tempat yang nyaman dan bersih, serta pelayanan yang ramah membuat liburan Anda untuk menikmati alam Purwokerto dan sekitarnya semakin menyenangkan.

    Awal mula berdirinya Homestay Griya Karangsuci sendiri yaitu bangunan rumah pribadi keluarga. Karena masing-masing pemilik rumah telah berkeluarga dan tinggal di luar kota, rumah tersebut tidak ditempati. “Dulunya memang rumah ini adalah rumah pribadi. Karena semua penghuni rumah memutuskan untuk berkeluarga dan tinggal di kota lain, daripada rumah ini tidak di tempati akhirnya dijadikan homestay. Namun pada saat-saat tertentu, rumah ini masih sering dipakai untuk berkumpul keluarga besar. Kalau untuk nama Karangsuci sendiri karena lokasinya berada di kawasan Karangsuci, kebetulan juga dekat dengan pondok pesantren jadi ya dibuat dengan konsep syari'ah,” ujar Ramadhan Kusanto W. selaku operational manager Homestay Griya Karangsuci.

    Homestay yang berdiri di atas lahan seluas 5200 m² ini menyediakan 8 kamar, yaitu 2 tipe kamar Superior dan Deluxe dengan total kapasitas 16 orang. Rama menambahkan bahwa 8 kamar yang dimiliki homestay ini merupakan representasi dari jumlah anak dari keluarga pemilik. “Karena dulu memang rumah pribadi, punya 8 orang anak, jadi ya kamarnya berjumlah 8,” tambahnya. Tipe kamar yang disediakan menyesuaikan dengan kebutuhan tamu yang akan menginap dengan rate mulai dari Rp 250.000 untuk tipe kamar Superior, dan Rp 350.000 untuk tipe kamar Deluxe. Fasilitas kamar yang diberikan juga cukup lengkap diantaranya televisi layar datar dengan saluran berbayar, AC, shower, dan free wifi. Sedangkan untuk fasilitas di luar kamar berupa layanan kamar 24 jam, lounge dan dapur bersama, serta wifi di seluruh area homestay. Sekilas terlihat bangunan Homestay Griya Karangsuci tidak jauh berbeda dengan beberapa bangunan lain yang berada di kawasan tersebut. Penginapan ini mempunyai area parkir dapat menampung hingga 10 buah mobil pribadi sekaligus. Area parkir yang banyak ditanami pepohonan membuat kesan asri dan sejuk di tempat ini.

    Memasuki area dalam bangunan homestay, nuansa kenyamanan ala rumah pribadi nampak begitu terasa. Ruang tamu bernuansa putih dengan desain minimalis, lengkap dengan sofa set yang dapat digunakan tamu untuk bersantai sembari menikmati sajian televisi. Tidak jauh dari ruang tamu terdapat sebuah area dapur bersama dengan fasilitas cukup lengkap dan juga bersih. Dapur ini terletak menjadi satu area dengan ruang makan. Table set minimalis berbahan kayu dengan dominasi warna putih, nampak senada dengan konsep ruangan yang cukup terbuka. Pintu kaca berukuran besar pada sisi belakang, memungkinkan tamu dapat menikmati suasana backyard sembari bersantai di ruang tamu maupun menyantap hidangan di ruang makan. ”Memang konsep dari owner sendiri ingin rumah yang memaksimalkan sirkulasi cahaya alami. Maka dari itu pintu depan dan belakang memakai pintu kaca dan berukuran besar,” ujar Rama, sapaan akrabnya.

    Homestay Griya Karangsuci merupakan penginapan dengan bangunan 2 lantai, dimana terdapat 3 kamar di lantai bawah dan 5 kamar di lantai atasnya. Memasuki kamar tidur, dekorasi yang disuguhkan membuat tamu benar-benar merasa seperti berada di kamar tidurnya sendiri. Desain kamar yang simpel dan tidak banyak mengaplikasikan pernak-pernik membuatnya terlihat lebih lega. Sebuah tempat tidur bergaya minimalis modern nampak nyaman dengan paduan bed cover berwarna putih. Dua buah lampu hias yang berada di sisi kanan kiri tempat tidur dapat dijadikan sebagai lampu tidur dengan cahaya yang lebih redup. Pihak pengelola homestay memang sengaja tidak menyediakan almari pakaian bagi para tamu. “Memang kami sengaja tidak menyediakan almari pakaian di setiap kamar-kamar. Dari pengalaman yang sudah-sudah, biasanya tamu menginap hanya untuk transit dan waktunya juga relatif singkat. Biasanya mereka enggan untuk menata pakaiannya ke dalam almari dan lebih memilih membiarkannnya berada di dalam tas atau koper bawaannya. Jadi ya hanya kami sediakan gantungan baju saja,” ungkap Rama.

    Memasuki area kamar di lantai atas, terdapat sebuah lounge atau ruang bersantai seperti yang ada di lantai bawah. Nuansa yang sedikit berbeda nampak pada lounge lantai atas ini, dimana kesan santai lebih kental yang ditampilkan dari pemilihan sofa set dengan motif colorful. Jika diperhatikan ada hal menarik mengenai dekorasi ruang yang ada di homestay ini, yaitu beberapa lukisan karikatur bacaan surat-surat Al-Qur'an yang nampak menghiasi hampir di setiap sudut ruangan. “Kalau untuk karikatur yang ada di sini memang semuanya buatan owner, kebetulan beliau juga mempunyai basic arsitektur juga. Ya jadi sejalan dengan konsep homestay syari'ah yang kami usung juga,” papar Rama.

    Dengan fasilitas dan kenyamanan penginapan tersebut, harga yang dibanderol terbilang cukup terjangkau. Untuk kamar tipe Superior dihargai Rp. 250.000 per malam, kemudian untuk kamar tipe Deluxe ditawarkan mulai dari harga Rp. 350.000 per malam. Harga tersebut biasanya akan naik sebesar 50 ribu rupiah saat weekend maupun hari libur. Pihak Homestay Griya Karangsuci memberikan fasilitas berupa free antar jemput dari stasiun dan terminal Purwokerto. “Ke depannya kami sedang menggodok sebuah konsep garden party di Homestay Griya Karangsuci ini. Karena kebetulan kami punya halaman yang cukup luas dan juga asri serta banyak pohon perindang, jadi sepertinya akan cocok dengan rencana tersebut. Semoga saja bisa direalisasikan,” pungkas Rama mengakhiri perbincangan. Farhan-red

    Griya Karangsuci Homestay
    Jl. Letjend. Pol. Soemarto, Karangsuci
    RT. 06, RW 02, Purwokerto, Banyumas
    Telp. 085888999055

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain