Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Korelasi Pertumbuhan Properti Jogja & Purwokerto-bagian 3

    Perspektif rumah tipe 40, Griya Satria Pesona Sumampir
    Perspektif rumah tipe 48, The Elanor
    Progress finishing rumah tipe 150 Graha Sudirman

    -PURWOKERTO-
    Griya Satria Pesona Sumampir Purwokerto merupakan salah satu perumahan kelas menengah, yang berada di tepi Jalan Raya Riyanto – Sumampir yang masuk di area Purwokerto Utara. Nyaman, terjangkau, dan strategis, inilah konsep kawasan perumahan Griya Satria Pesona Sumampir garapan PT. Bina Agung Damar Buana, developer berpengalaman sejak 1997. "Secara keseluruhan, kami akan buka kawasan hunian ini dengan total seluas 3 hektar. Namun pemasarannya kami buka secara secara bertahap. Untuk tahap I, sejak pertengahan tahun 2018 lalu kami tawarkan sebanyak 37 unit rumah tinggal dengan tipe standar 45 dengan luas kavling 90 m² serta tampilan atap model limasan,” terang Fahmi Algadri, selaku Area Manager Griya Satria Pesona Sumampir.

    Sukses dengan penjualan tahap I, menjadi alasan pihak developer tersebut membuka perluasan. “Respon pasar kelas menengah, tergolong antusias, terbukti di tahap I sudah terpesan 80%. Dan selanjutnya kami buka pengembangan tahap II, dengan total 126 unit rumah 1 lantai dengan varian tipe lebih beragam, yakni tipe 36/72 (Lily), tipe 40/90 (Lunaria), tipe 45/90 (Aster), dan tipe 54/108 (Orchid). Sampai pertengahan 2019 ini, unit rumah di tahap II ini sudah terpesan sekitar 45 unit,” lanjut Fahmi, sapaan akrabnya.

    Griya Satria Pesona Sumampir terletak di kawasan yang masih sejuk, asri, nyaman, dan bebas polusi. Tergolong mudah ditempuh dari pusat kota Purwokerto. Griya Satria Pesona Sumampir relatif dekat dengan kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Universitas Wijaya Kusuma (Unwiku), STMIK Amikom, BSI, SPN Purwokerto, dan berbagai fasilitas publik lainnya seperti 3 menit ke pasar Cerme, 7 menit ke Rumah sakit Wijaya Kusuma, 7 menit ke GOR Satria, 10 menit ke pusat kota, serta 15 menit menuju kawasan wisata alam Baturaden dan beberapa wisata baru seperti The Village, Caping Park, dan Small World Purwokerto.

    “Perumahan kami dilengkapi fasilitas main gate, one gate system with cctv, security 24 hours dan didukung jalan lingkungan yang lebar. Kami juga suguhkan konsep hunian modern di Griya Satria Pesona Sumampir, yakni konsep smart home dengan fasilitas IP Camera setiap rumah, sehingga konsumen akan dipermudah memonitor rumah via smartphone. Saat ini harga yang kami tawarkan mulai 365 jutaan, sudah termasuk Sertipikat, IMB, Pajak (PPN & BPHTB), AJB Notaris, dan instalasi jaringan PDAM + PLN. Dan untuk lebih menarik konsumen, kami juga akan segera hadirkan unit rumah contoh tipe 45,” di bulan Mei 2019 ini,”lanjutnya.

    Dengan bangunan yang berkelas, berarsitektur Classic Victorian, dan ditopang lokasi yang strategis, Griya Satria Pesona Sumampir menjadi pilihan investasi yang sangat menguntungkan. Pergerakan nilai investasi dalam perumahan Griya Satria Pesona Sumampir tergolong cukup tinggi. Adapun konsumen yang terserap tercatat cukup bervariasi. Menurut Fahmi konsumen banyak berasal dari Kabupaten Banyumas dan sekitarnya. “Sebagai gambaran, saat awal pemasaran, tipe 36 kami tawarkan dikisaran 300 jutaan, dan saat pertengahan 2019 ini sudah naik diangka 365 jutaan,” papar Fahmi menerangkan.

    Untuk cara pembayarannya, developer memberi beberapa opsi. “Untuk cash keras, kami berikan spesial diskon harga yang menarik, untuk cash bertahap diberikan opsi DP yang fleksibel dengan sisa pembayarannya bisa diangsur 8 kali tanpa bunga. Untuk KPR, kami berikan program DP suka-suka hasil kerjasama kami dengan beberapa perbankan nasional baik syariah (BSM, BNI Syariah, BTN Syariah) maupun konvensional (Mandiri, BRI, BNI dan BTN). Diberikan juga promo hasil kerjasama dengan Telkom berupa free IndiHome selama 1 tahun di semua model pembayaran,” pungkasnya.

    The Elanor Purwokerto merupakan kawasan hunian rancangan developer Capital Properties. Kawasan hunian seluas 8298 m² ini akan menghadirkan 48 unit rumah tinggal 1 lantai dengan nuansa minimalis tropis, berudara sejuk, nyaman, berkualitas, dan prestisius, khususnya di wilayah Timur Laut kota Purwokerto. Menurut Sofan Prayogo, selaku Direktur Keuangan Capital Properties, perumahan The Elanor ini merupakan produk perumahan ke-3 mereka. “Kami sebelumnya menghadirkan beberapa kawasan yang menyasar ke segmen menengah atas, yakni Grand Lavali dan Bonavida Residence”.

    Lokasi The Elanor sendiri berada di tepi Jalan Raya Karanggintung Sumbang Purwokerto Utara Banyumas, persis sebelah Utara Kampus Terpadu Universitas Jendral Soedirman Purwokerto, serta berada di jalur alternatif sisi Timur menuju kawasan wisata alam pegunungan Baturaden. “Lewat produk yang kami pasarkan sejak Agustus 2018 ini, mencoba menyasar segmen pasar kelas menengah Purwokerto dengan range harga 300 – 500 jutaan. Adapun pertimbangannya ialah mengoptimalkan keberadaan lokasi kami yang cukup dekat dengan kampus-kampus ternama Purwokerto, yakni kampus terpadu Unsoed atau UMP serta dekat dengan semua fasilitas sarana publik. Lokasi kami, juga berada di lingkungan yang masih asri dan sejuk dengan panorama alam lereng Gunung Slamet, sehingga masih sangat nyaman untuk digunakan sebagai tempat tinggal sekaligus berinvestasi,” papar Opan, sapaannya.

    “Konsumen kami yang sudah terserap cukup berimbang baik konsumen lokal maupun konsumen luar kota. Kedekatan dengan Unsoed sangat berpengaruh baik bagi penjualan. Ada konsumen yang membelikan anaknya yang sedang menempuh pendidikan di Purwokerto atau mereka yang pernah mengenyam pendidikan di Purwokerto dan membeli rumah untuk persiapan pensiun. Sampai pertengahan tahun 2019 ini, penjualan rumah kami sudah mencapai 30 unit rumah,” lanjutnya.

    Perumahan ini menawarkan 2 tipe rumah, yakni tipe 36 dan tipe 48 dengan luas lahan kavlingnya yang tersisa mulai 77 - 152 m². “Karena tipe 48 sudah sold out, saat ini kami tawarkan ke pasar 36 yang ditawarkan mulai kisaran 300 jutaan. Progress di lapangan, saat ini masih dalam tahap pengerjaan infrastruktur kawasan berupa tembok keliling, maingate, jalan lingkungan, dan tentu saja unit-unit rumah yang sudah terpesan konsumen. Untuk menunjang kenyaman penghuninya, The Elanor mempunyai fasilitas umum kawasan yang tergolong cukup lengkap. Konsep kawasan one gate system, security yang berjaga 24 jam, taman lingkungan, jalan lingkungan dengan lebar 12 meter, serta CCTV 24 jam,” terang Opan.

    Konsep kawasan dan bangunannya mengusung langgam arsitektur minimalis tropis serta disetting menjadi kawasan rumah tanpa pagar. Layout ruangnya mengoptimalkan sistem sirkulasi penghawan udara lebih lancar serta kecukupan pencahayaan disiang hari, sehingga akan menghemat energi untuk penggunaan lampu dan AC disiang hari. Untuk membangun kesan elegan dan estetik, lingkungan diberikan beberapa open space dengan taman kawasan dan maingate yang megah dengan icon patung kuda yang gagah.

    Opan mengungkapkan jika nilai pertumbuhan investasi daerah tersebut tergolong cukup baik dan terus tumbuh positif. “Kenaikan nilai investasi dalam satu tahun akan meningkat di angka 10 % “. Untuk pola pembayarannya, diberikan beberapa opsi standar, yakni KPR, cash bertahap, dan tunai keras. “Untuk KPR, konsumen bisa diberikan kemudahan hanya dengan DP 10 % saja sudah bisa akad kredit dengan perbankan. Menyambut Ramadhan dan Lebaran 2019 ini, kami juga memberikan promo spesial diskon, sedangkan untuk cash bertahap, bisa diangsur 6 X atau 12 X tanpa bunga dengan DP fleksibel,” pungkasnya.

    Graha Sudirman Purwokerto menunjukkan progress penjualan yang sangat signifikan. Nyaman dan berkelas, inilah konsep kawasan perumahan Graha Sudirman garapan PT. Patriot Indomitra Griya Sejahtera. Penyajian konsep tersebut sudah terlihat nyata pada pembangunan di unit rumah 1 lantai maupun 2 lantainya. Perumahan ini menawarkan berbagai tipe rumah. Untuk hunian 1 lantainya, diberikan pilihan tipe 58 dan tipe 70 dengan luas lahan kavlingnya 112 m² dan untuk rumah 2 lantainya, diberikan tipe 150 dengan luas tanahnya 135 m².

    Graha Sudirman terletak di lokasi yang sangat nyaman di jalur alternatif sisi Timur menuju wisata alam Gunung Slamet dan kawasan Baturraden. Udara sejuk dan pemandangan hijau terhampar di sekitar perumahan eksklusif ini. Berada di jalan raya di tepi Jalan Raya Karanggintung, persis sebelah utara Kampus Terpadu Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Graha Sudirman tergolong mudah ditempuh dari pusat kota Purwokerto. Tak jauh juga dari UMP serta dekat dengan Pasar Kedung Malang dan semua fasilitas sarana publik. Dikatakan Rundi Rantau, selaku owner, melihat respon dan minat pasar yang masih tinggi minatnya di lokasi sisi Utara ini, ke depan akan segera kami hadirkan lokasi seluas 2 hektar yang tak jauh dari Graha Sudirman” tuturnya semangat.

    Graha Sudirman mengusung langgam arsitektur minimalis tropis. Konsep kawasan dan bangunannya mengusung langgam arsitektur minimalis tropis serta disetting menjadi kawasan rumah tanpa pagar. Unsur tropisnya ditegaskan dengan penggunaan model atap limasan. Garis-garis tegas rumah terlihat nyata sebagai unsur minimalis yang kuat. Sentuhan ornamen di fasad rumah 2 lantainya memberikan kesan mewah dan modern yang bertujuan untuk memperkuat karakter bangunan. Warna fasad bangunan lebih soft, dan untuk membangun kesan elegan dan estetik, lingkungan huniannya split level bangunannya 1,5 meter lebih tinggi dari jalan lingkungan dan pedestrian kawasan,” imbuh pria yang akrab dipanggil Rundi ini.

    Konsep kawasan one gate system, security yang berjaga 24 jam, fasilitas peribadatan berupa Mushola, taman lingkungan, jalan lingkungan dengan lebar 9 meter, jogging track, serta pos security with CCTV 24 hours. Lebih lanjut, Rundi mengungkapkan dari total 42 unit, saat ini sudah terjual hampir 70 % dan sedang dalam proses bangun dan finishing. Beberapa bahkan sudah serah terima dan langsung dihuni. Dari data kami, sebagian besar akan digunakan sebagai tempat tinggal. “Banyak yang untuk tempat tinggal, namun ada beberapa yang ingin berinvestasi,”ucapnya singkat. Pergerakan nilai investasi Graha Sudirman tergolong cukup signifikan. Dengan bangunan yang berkelas, ditopang lokasi yang strategis, Graha Sudirman tak hanya menjadi hunian idaman namun juga bisa jadi investasi yang menguntungkan. “Tipe 70 pada awal pemasaran (awal 2018-red) ditawarkan pada kisaran harga 520 jutaan selang setahun dengan tipe yang sama, saat ini kami sudah tawarkan dikisaran harga 640 jutaan,” lanjut Rundi serius.

    Kenaikan nilai investasi dalam satu tahun akan meningkat di angka 15-20% “. Untuk pola pembayarannya, diberikan beberapa opsi standar, yakni KPR, cash bertahap, dan tunai keras. “Untuk KPR, konsumen bisa diberikan kemudahan hanya dengan DP 10 % saja sudah bisa akad kredit dengan perbankan. Sambut Ramadhan dan Lebaran 2019 ini, kami juga memberikan promo bonus tambahan, yakni free canopy untuk tiap rumahnya. Sedangkan untuk cash bertahap, bisa diangsur 12 X tanpa bunga dengan DP bisa hanya 5 % saja,” papar Rundi tegas. Wahyu Pras-red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain