Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Korelasi Potensi Properti Jogjakarta & Purwokerto - bagian 2

    Graha Timur tahap 2 Purwokerto
    Graha Sudirman Purwokerto
    Sapphire Mansion Purwokerto

    Graha Timur Commercials & Residence Purwokerto merupakan sebuah kawasan hunian yang berada di area Purwokerto Timur. Perumahan ini menjelma menjadi salah satu kawasan hunian terbesar dan terlengkap di kota Purwokerto, yakni berada di atas lahan keseluruhan seluas 25 hektar, yang terbagi dalam wujud berupa commercial area (12 hektar) dan kawasan residential (13 hektar). Kawasan ini digarap oleh developer berpengalaman yang merintis bisnis properti di kota Purwokerto sejak 1993, yakni PT. PUMAS Basata (singkatan dari Putra Banyumas, Bangun Sarana Kota-red). Dengan pengalaman membangun berbagai perumahan besar dan ternama di kota Purwokerto, seperti Permata Hijau, Taman Anggrek, Puri Hijau, Puri Indah Purwokencana, Perumahan Wangon, Bumi Arca Indah, Griya Karang Indah, dan Pondok Kencana.

    Tepatnya ditahun 2011, telah merintis membuka dengan kawasan Graha Timur tahap 1 yang berhasil menghadirkan 198 unit rumah tinggal yang lokasinya berada di Jalan Supriyadi (Mersi), Kelurahan Purwokerto Wetan, Kecamatan Purwokerto Timur. Seperti diungkapkan Eko Setyaningsih, SE, selaku Marketing Manager PT. PUMAS Basata, bahwa setelah sukses dipenjualan Graha Timur tahap 1 tersebut, selanjutnya di tahun 2014 kami menghadirkan kawasan pengembangannya, yakni Graha Timur tahap 2 ini.

    Secara lokasi, Graha Timur berada di lokasi yang tergolong masuk area perkotaan dan didukung semua fasilitas pembangkit lingkungan. “Lokasi perumahan kami berada tak jauh dari pusat kota dan di apit dua kampus terpadu yang cukup ternama, yakni kampus Unsoed dan kampus UMP. “Akses kami berada satu garis dengan daerah wisata Baturraden dan alun-alun Purwokerto, di mana sepanjang jalan tersebut banyak tersedia berbagai fasilitas pemenuhan kehidupan sehari-hari. Hanya 5 menit dari Kampus Unsoed, UMP, serta Alun-alun kota dan berbagai pusat bisnis dan perkantoran, berbagai fasilitas kesehatan, dan berbagai sarana umum tersedia,” ujar wanita yang akrab dipanggil Nining ini.

    Kawasan Graha Timur tahap 2 ini mempunyai luas kawasan 9 hektar dengan rencana menghadirkan 456 unit hunian residensial serta akan didukung dengan kehadiran commercial area,supermarket, dan club house. Beberapa fasilitas pendukung kawasan akan dihadirkan untuk kenyamanan penghuni, antara lain, mainroad 15 meter (ROW), jalan lingkungan dengan paving selebar 6 meter, taman tematik di beberapa sudut kawasan, keamanan 24 jam dengan pos satpam dengan kamera CCTV, acces card bagi penghuni, dan akan segera dikembangkan hunian berkonsep smart home.

    Bahkan untuk Graha Timur tahap 2 ini, akan kami berikan akses maingate dengan lebar 50 meter yang akan terhubung dengan poros jalan Martadireja 1. Dan ke depannya, akan segera kita hadirkan kawasan commercial area (ruko dan rukan), supermarket, dan clubhouse sebagai sarana pendukung kebutuhan seluruh warga penghuni Graha Timur ini. Bahkan untuk fasilitas Clubhouse-nya yang dibangun di atas lahan 7000 m² ini, sekarang sudah dalam proses pembangunan dengan progress 75%. Clubhouse ini akan kami lengkapi dengan fasilitas pendukung yang komplit, mulai dari swimming pool,function hall, gym, playground, dan garden”, imbuh Prapto Prayitno, ST selaku Manajer Tekniknya.

    Konsep hunian yang dihadirkan ialah konsep customize home, sesuai request konsumen. “Berdasarkan pengalaman, konsumen kami kebanyakan melakukan penambahan luasan dan mempunyai permintaan desain khusus dalam membangun hunian sesuai selera mereka. Namun, kami juga mempunyai standar unit rumah yang mengusung konsep arsitektur modern minimalis, yakni mulai dari tipe 36, tipe 50, tipe 54, tipe 70, dan tipe 110 (rumah 2 lantai), dengan pilihan luasan tanah variabel dari 78 m² sampai180 m². Bahkan kami sekarang juga sediakan beberapa unit rumah ready stock,dengan pilihan tipe 70, tipe 77, dan tipe 90. Hal ini untuk memberikan alternatif sekaligus pilihan bagi konsumen yang ingin segera menempati rumah di Graha Timur ini,” lanjut Prapto, sapaan akrabnya.

    Perumahan kami mempunyai prospek pasar yang tergolong cukup baik. “Dengan harga jual mulai kisaran 400 jutaan (include PPN), kami optimis pasar properti di kota Purwokerto masih bagus. Hal ini terbukti dari penjualan kami, Graha Timur tahap 2 sampai medio pertengahan 2018 ini sudah terjual 80% unit rumahnya dari total 456 unit rumahnya.Konsumen kami beragam mulai dari konsumen lokal bahkan tak sedikit yang berasal dari luar kota, yakni Jakarta, Bandung, Bumiayu, Cilacap, dan banyak juga konsumen yang berasal dari konsumen lama perumahan terdahulu kami, yang melakukan repeat order di Graha Timur tahap 2 ini,” lanjut Nining.

    Graha Timur tahap 2 memberikan kemudahan cara bayar cash bertahap, yakni dengan DP 30 %, selanjutnya konsumen bisa mengangsur sisanya hingga 12 bulan tanpa bunga. Sedangkan untuk KPR, dengan uang muka 30% yang bisa dicicil selama 6 X atau disesuaikan dengan masa pembangunan rumah tipe standar developer. Graha Timur tahap 2 juga didukung legalitas dan perijinan yang sudah siap sampai dengan pecah sertipikat, pajak PBB, dan IMB sudah ready per kavling.

    Selain faktor kedekatan dengan kota dan kampus, mereka mencari rumah yang nyaman dan menarik untuk investasi. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki Graha Timur tahap 2, Nining meyakini kawasan perumahan tersebut akan memiliki perkembangan nilai investasi yang cukup prospektif. “Kenaikan nilai investasi selama setahun bisa mencapai 15-20 %. Menyambut Ramadhan dan Lebaran 2018 ini, kami berikan program promo angsuran lunak 24 bulan tanpa bunga, dengan DP 30% nya pun bisa dicicil 4 bulan. Dan kami punya promo reguler, yakni konsumen akan mendapatkan hadiah langsung perlengkapan isi dapur saat konsumen membayar booking fee,”, pungkasnya.

    Graha Sudirman Purwokerto oleh pengembang PT. Patriot Indomitra Griya Sejahtera akan dikonsep menjadi kawasan perumahan yang eksklusif, nyaman, berkualitas, dan prestisius, khususnya di wilayah Purwokerto Timur. Menurut Rundi Rantau, selaku Direktur sekaligus owner, perumahan Graha Sudirman ini merupakan produk perumahan ke-7 mereka. “Kami sebelumnya mengampu beberapa proyek yang menyasar ke segmen menengah ke bawah, yakni penyediaan kawasan rumah bersubsidi dan rumah murah terjangkau”.

    Lokasi Graha Sudirman sendiri berada di tepi Jalan Raya Karanggintung, persis sebelah utara Kampus Terpadu Universitas Jendral Soedirman Purwokerto, serta berada di jalur alternatif sisi Timur menuju kawasan wisata alam pegunungan Baturaden. “Lewat produk Graha Sudirman ini yang kami pasarkan sejak awal 2018 ini, ialah mencoba menyasar segmen pasar kelas menengah Purwokerto dengan range harga di bawah 500 jutaan. Adapun pertimbangannya ialah mengoptimalkan keberadaan lokasi kami yang cukup dekat dengan kampus-kampus ternama Purwokerto, yakni kampus terpadu Unsoed, tak jauh juga dari UMP serta dekat dengan Pasar Kedung Malang dan semua fasilitas sarana publik. Lokasi kami, juga berada di lingkungan yang masih asri dan sejuk, sehingga masih sangat nyaman untuk digunakan sebagai tempat tinggal maupun berinvestasi properti, misalnya untuk dikontrakkan atau dikemas dalam bisnis kost-kostan,” papar Rundi.

    “Konsumen kami yang sudah terserap cukup berimbang baik konsumen lokal maupun konsumen luar kota. Kedekatan dengan Unsoed sangat berpengaruh baik bagi penjualan. Ada konsumen yang membelikan anaknya yang sedang menempuh pendidikan di Purwokerto atau mereka yang pernah mengenyam pendidikan di Purwokerto dan membeli rumah untuk persiapan pensiun. Sampai pertengahan tahun 2018 ini, dari total 45 unit rumah, penjualan rumah kami sudah mencapai 19 unit rumah,” lanjutnya. Fakta Ini membuktikan bahwa pemilihan lokasi yang prospektif menjadi faktor terpenting, guna menunjang percepatan penjualan sebuah produk properti. Perumahan ini menawarkan berbagai tipe rumah, baik rumah 1 lantai maupun rumah 2 lantai. Untuk hunian 1 lantainya, diberikan pilihan tipe 58 dan tipe 70 dengan luas lahan kavlingnya 112 m². Sedangkan untuk rumah 2 lantainya, kami tawarkan tipe 150 dengan luas tanahnya berukuran 135 m². “Saat ini kami tawarkan ke pasar, unit rumah kami mulai kisaran 400 jutaan.

    Graha Sudirman saat ini masih dalam tahap pengerjaan infrastruktur kawasan berupa tembok keliling, maingate, jalan lingkungan, dan tentu saja unit-unit rumah yang sudah terpesan konsumen. Untuk menunjang kenyaman penghuninya, Graha Sudirman mempunyai fasilitas umum kawasan yang tergolong cukup lengkap. Konsep kawasan one gate system, security yang berjaga 24 jam, fasilitas peribadatan berupa Mushola, taman lingkungan, jalan lingkungan dengan lebar 9 meter, jogging track, serta CCTV untuk mengontrol keamanan sekaligus menunjang privasi seluruh penghuni Graha Sudirman ke depannya.

    Konsep kawasan dan bangunannya mengusung langgam arsitektur minimalis tropis serta disetting menjadi kawasan rumah tanpa pagar. Garis-garis tegas rumah terlihat nyata sebagai unsur minimalis yang kuat. Sedangkan konsep tropisnya ditegaskan dengan penggunaan model atap limasan, yang mengoptimalkan sistem sirkulasi penghawan udara lebih lancar serta kecukupan pencahayaan disiang hari, sehingga akan menghemat energi untuk penggunaan lampu dan AC disiang hari. Untuk membangun kesan elegan dan estetik, lingkungan huniannya split level bangunannya 1,5 meter lebih tinggi dari jalan lingkungan dan pedestrian kawasan,” imbuh Rundi menerangkan.

    Soal investasi, Rundi mengungkapkan jika nilai pertumbuhan investasi daerah tersebut tergolong cukup baik dan terus tumbuh positif. “Kenaikan nilai investasi dalam satu tahun akan meningkat di angka 15-20% “. Untuk pola pembayarannya, diberikan beberapa opsi standar, yakni KPR, cash bertahap, dan tunai keras. “Untuk KPR, konsumen bisa diberikan kemudahan hanya dengan DP 10 % saja sudah bisa akad kredit dengan perbankan. Menyambut Lebaran 2018 ini, kami juga memberikan promo bonus tambahan, yakni free CCTV serta bonus 2 buah AC untuk tiap rumahnya. Sedangkan untuk cash bertahap, bisa diangsur 12 X tanpa bunga dengan DP 30%,” papar Rundi Rantau tegas.

    Sapphire Mansion Purwokerto menjelma menjadi sebuah kawasan yang terintegrasi dengan daya dukung fasilitas terbaik dan lokasi strategis yang berkembang sekaligus menjadi piranti investasi yang selaras dengan gaya hidup masyarakat modern. Kawasan tersebut persembahan dari Sapphire Group, yang sejak 2007 telah berhasil menghadirkan lebih dari 1000 unit rumah, dengan sebaran semua segmen yang berada di seluruh penjuru area kota Purwokerto.

    “Nyaman dan prestisius, inilah konsep kawasan perumahan Sapphire Mansion, sebuah mahakarya karya hunian dalam kawasan terpadu dan modern garapan Sapphire Group. Penyajian konsep tersebut sudah terlihat nyata pada masterplan kawasan yang berdiri di atas lahan 9 hektar ini dengan menghadirkan total 410 unit rumah dan 40 unit ruko. Kawasan terpadu ini resmi kami buka dan pasarkan sejak awal 2018 ini. Saat ini, kami sedang kerjakan pembangunan infrastruktur berupa tembok keliling dan jalan lingkungan yang bertujuan memberikan kemudahan kepada calon konsumen untuk melihat lokasi serta kami juga akan segera bangun beberapa unit rumah contoh sebagai show unit serta beberapa blok kawasan rukonya,” terang Ari Kurniati,SE Marketing Manager Sapphire Group selaku developernya.

    Secara lokasi, kawasan perumahan ini berada ditepian Jalan Sunan Giri, yang berada di daerah pintu masuk kota Purwokerto dari arah Sokaraja, yang bisa dikatakan masuk area Purwokerto Tengah sisi Selatan. Sapphire Mansion tergolong mudah ditempuh dari pusat kota Purwokerto serta tak jauh dari berbagai kampus ternama Purwokerto, yakni kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan berbagai fasilitas umum, baik pusat perbelanjaan, fasilitas bisnis dan perkantoran, serta fasilitas kesehatan.

    Kawasan Sapphire Mansion ini kawasannya akan dikonsep menjadi beberapa sub cluster, sehingga akan memberikan privasi lebih terhadap para penghuninya. “Di tahap awal ini, akan kami buka beberapa tipe rumah, mulai tipe 48/91, tipe 54/105, tipe 60/120, tipe 69/132, dan tipe 175/190 untuk pilihan rumah 2 lantainya. Rencana pada tahap awal akan kami buka mulai kisaran harga 400 jutaan. Kami juga sediakan tipe untuk kawasan commercial area kami yakni tipe ruko dengan total 40 unit ruko eksklusif. Kawasan bisnis tersebut dirancang sebagai ruang publik sekaligus pembangkit naiknya nilai investasi properti di kawasan terbaru kami,” terang Ari, sapaan wanita berhijab ini.

    Minat pasar yang masih tinggi dan menyajikan tampilan rumah yang eksklusif dan berkelas menjadi alasannya. “Hunian di Sapphire Mansion berkonsep rumah tanpa pagar yang menyajikan hunian bergaya minimalis tropis dengan balutan unsur klasik khas Timur Tengah. Dengan aksen lengkungan dan permainan ornamen memberi corak klasik pada fasadnya makin memperkuat karakter bangunan, yang menjadi ciri bangunan garapan Sapphire Group. Warna fasad bangunan lebih soft, sehingga makin memberi kesan elegan,” lanjut Ari. Konsumen yang terserap tercatat cukup bervariasi. Menurut Ari konsumen banyak berasal dari Kabupaten Banyumas dan sekitarnya. “Alasan konsumen beragam, untuk masyarakat lokal ada yang membeli untuk rumah tinggal, sedangkan konsumen yang berasal dari luar kota rata-rata mempunyai alasan untuk digunakan sebagai rumah saat sudah pensiun dan pertimbangan investasi. Sampai pertengahan tahun 2018, Sapphire Mansion sudah terjual sekitar 20 unit dari penjualan tahap awal ini, yang kebanyakan konsumen mengambil tipe 60,” tuturnya.

    Untuk menambah kenyamanan dalam kawasan perumahan, Sapphire Mansion akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti one gate system, security 24 hours with CCTV, pos keamanan di tiap gerbang sub cluster-nya, sarana olahraga, tempat ibadah Masjid, serta gedung serbaguna Islamic Center, taman, dan play ground. Untuk menunjang kenyamanan mobilitas penghuni, kawasan desain jalan lingkungannya selebar 7-10 meter serta mainroad 14 meter yang akan membuat kawasan makin terlihat nyaman dan lega,” terang Ari.

    Sapphire Mansion mempunyai penawaran program promo yang diharapkan makin menggenjot penjualan. “Terdapat program cashback dan DP suka-suka sesuai kemampuan calon konsumen. Sedangkan untuk pembayaran dengan metode cash bertahap, kami berikan beberapa alternatif pilihan DP-nya, yakni opsi DP 5%, 40%, atau 50%,” tutup Ari. Wahyu pras – red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain