Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


KPR HITS, BUAT KITA MILENIAL Pembiayaan Ala BTN Syariah

    KPR HITS, Buat kita Milenial
    Tim KPR BTN Syariah Yogyakarta
    Slamet Wahyudi

    Memilih KPR lewat Bank Syariah adalah salah satu alternatif yang sering masyarakat gunakan selain mengajukan KPR di Bank konvensional. Umumnya, masyarakat lebih memilih KPR di Bank Syariah karena tidak ada sistem bunga yang dibebankan seperti di Bank konvensional. Dengan sistem KPR dari Bank Syariah, para Nasabah akan terhindar dari apa yang disebut riba. Keuntungan dengan menggunakan sistem KPR Syariah yakni adanya kepastian angsuran sejak awal hingga akhir angsuran.

    Hal penting lainya dalam pengajuan KPR lewat Bank Syariah adalah mengenai manfaat yang diperoleh di dalamnya. Bank Syariah tentunya menawarkan beragam keuntungan untuk Nasabah yang mengajukan KPR tersebut. Proses pengajuan yang tentunya cukup mudah, serta tenor waktu yang panjang adalah manfaat yang bisa Nasabah dapatkan bila memilih KPR lewat Bank Syariah. Selain itu Bank Syariah juga memberikan pilihan pembayaran cicilan yang mudah, serta uang DP yang ringan.

    Bank BTN Syariah adalah salah satu Bank Syariah yang memiliki berbagai jenis fasilitas pembiayaan perumahan, Bank BTN Syariah selalu bisa menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan Nasabahnya. Beberapa fasilitas pembiayaan untuk hunian yang ditawarkan di Bank BTN Syariah yakni KPR BTN Platinum iB, KPR BTN Indent iB, dan KPR BTN Sejahtera iB.

    Seperti disampaikan oleh Slamet Wahyudi, selaku Branch Manager BTN Kantor Cabang Syariah Yogyakarta saat ditemui di kantornya, Jalan Faridan Muridan Noto No. 10, Kotabaru, Yogyakarta bahwa BTN Syariah terhitung sejak pertengahan Februari 2019 lalu meluncurkan program baru dalam hal pembiayaan rumah Syariah. “Pembiayaan Properti BTN iB dengan nama KPR Hits ini diracik khusus bagi para milenial yang ingin melakukan resolusi 'hijrah'. Pembiayaan KPR Hits merupakan jenis KPR non subsidi yang menggunakan akad Musyarakah Mutanaqisah,” terangnya. Pembiayaan ini diperuntukkan untuk pembelian properti baru atau second serta refinancing atas properti yang dimiliki.

    Akad Musyarakah Mutanaqisah (MMQ) merupakan fitur baru KPR BTN Syariah yang selama ini menggunakan akad 'Murabahah' (jual beli) dan 'Istishna' (jual beli pesanan). Akad tersebut disesuaikan dengan pangsa pasar yang kami bidik,yaitu para milenial yang menginginkan tenor cicilan yang panjang, yaitu hingga 30 tahun namun dengan uang muka yang terjangkau dan ujroh atau uang sewa yang ringan,” imbuh Awalludin Kamil, selaku Mortgage and Consumer Financing Unit Head BTN Kantor Cabang Syariah Yogyakarta menjelaskan.

    Dengan potensi kota Jogja yang terkenal sebagai kota pendidikan, diyakini akan mampu menerima dan menyerap produk KPR Hits ini. Backlog atau selisih pasokan dan kebutuhan perumahan di Jogja tergolong masih cukup tinggi, artinya kebutuhan masyarakat akan rumah belum seluruhnya terfasilitasi. “Dengan jumlah penduduk milenial yang tinggi namun cerdas dalam merencanakan keuangannya demi masa depan termasuk memiliki rumah sendiri. Maka dengan KPR Hits, kami berusaha menarik generasi milenial memiliki rumah idamannya sehingga jumlah backlog dapat berkurang,” papar Slamet Wahyudi.

    Salah satu daya tarik KPR Hits menurutnya adalah jenis akad Musyarakah Mutanaqisah yang digunakan, dimana merupakan gabungan dari dua akad yaitu akad Musyarakah dan Ba'i yang artinya pembelian properti (rumah atau apartemen) yang menjadi agunan KPR merupakan aset bersama antara Bank dengan Nasabah dengan porsi kepemilikan yang telah disepakati pada saat awal akad. Bank dan Nasabah sepakat bahwa agunan KPR tersebut disewakan kepada Nasabah sehingga Nasabah memiliki kewajiban membayar angsuran sewa setiap bulannya. Pembayaran angsuran sewa yang dilakukan Nasabah secara otomatis menambah porsi kepemilikan Nasabah dan mengurangi porsi kepemilikan Bank sehingga pada saat pembiayaan lunas, porsi kepemilikan properti akan beralih sepenuhnya ke Nasabah. Slamet Wahyudi menambahkan, KPR Hits terbuka untuk semua kalangan yang membutuhkan pembiayaan rumah yang terjangkau sesuai kemampuan mereka.

    BTN Syariah juga menawarkan sejumlah keringanan yang lain bagi Nasabah KPR Hits, di antaranya uang muka ringan mulai 1%, angsuran yang terjangkau dengan dua pilihan skema. Pertama, dengan ujroh atau uang sewa (fee) sebesar 7,75% fixed selama 3 tahun pertama. Dan yang Kedua, dengan ujroh sebesar 8,25% fixed selama 5 tahun pertama selanjutnya berjenjang selama jangka waktu KPR sampai dengan 30 tahun. “Salah satu kelebihannya ialah konsep angsuran berjenjang. Kami rasa konsep ini membantu dari sisi financial Nasabah, yang nilai angsurannya bisa diatur sesuai planning keuangan Nasabah ke depannya. KPR Hits juga memberikan peluang pelunasan KPR tanpa biaya penalty,” tambah Kamil ,sapaan akrabnya.

    Adapun syarat-syarat mengajukan KPR Hits cukup mudah dengan proses yang relatif cepat. “Untuk bisa mengajukan KPR Hits, Nasabah berusia minimal 21 tahun, memiliki pekerjaan tetap dengan masa kerja minimal 1 tahun dan yang penting agunan yang digunakan adalah rumah atau apartemen yang ready stock, bukan yang belum dibangun atau berbentuk kavling tanah,” lanjutnya. Adapun unit ready stock yang dimaksud, menurut Awalludin Kamil, berbentuk properti baru maupun seken, dengan syarat memiliki dokumen legalitas properti yaitu SHM/SHGB dan IMB serta berada di lokasi yang marketable. Selain pembelian properti baru, KPR Hits juga dapat digunakan untuk take over dan top up (refinancing) .

    Selain area Jogja, BTN Syariah membawahi beberapa wilayah di sekitarnya seperti Magelang dan Purworejo. “Untuk pelayanan dan pembinaan kami melayani area yang terjangkau. Untuk persetujuan pengajuan KPR di Bank BTN Syariah sendiri terbilang cukup cepat, yakni 5 hari kerja dengan persyaratan data yang lengkap. “Selama legalitas dari pemohon lengkap dan syarat serta ketentuan terpenuhi, persetujuan akan lebih mudah dan cepat terlaksana,” pungkas Kamil menjelaskan. Wahyu Pras-red

    BTN Kantor Cabang Syariah Yogyakarta
    Jl. Faridan Muridan Noto No. 10
    Kota Baru, Yogyakarta

    Telp. (0274) 551055 (hunting)
    Fax. (0274) 551056
    www.btn.co.id
    HOTLINE MARKETING KPR :
    Kamil – 0878 5211 5500
    Rio – 08 999 6 88888
    Tyo – 0822 5409 8026
    Rizka – 0813 3035 0398

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain