Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Kreatif, Ekonomis & Inspiratif Olahan Jati Belanda

    Jual Jati Belanda
    Produk Olahan Jual Jati Belanda
    Produk Olahan Jual Jati Belanda
    Ribut Santoso Moklis
    Jual Jati Belanda

    Saat ini isu green building telah menjadi topik utama di bidang arsitektur. Hal ini tidak lepas dari semangat bersama untuk menyelamatkan bumi. Kerusakan lingkungan terutama banyaknya pohon-pohon hutan yang ditebang menyebabkan ketidak seimbangan ekosistem dan salah satu penyebab terjadinya pemanasan global. Dan ini telah menjadi permasalahan dunia yang harus segera ditangani oleh seluruh umat manusia di bumi. Di lain sisi, kebutuhan terhadap kayu sebagai bahan baku utama dari segala produk juga masih sangat tinggi. Sebagai contoh permintaan produk kayu untuk material bangunan seperti kusen, dinding, plafon, dan yang lainnya masih menjadi primadona bagi kalangan konstruksi.

    Memanfaatkan material bekas sebagai bahan bangunan merupakan alternatif yang baik. Dengan eksplorasi yang mendalam terhadap material bekas setidaknya akan menjawab permasalahan konsumtif kayu sebagai material bangunan, baik itu penggunaan untuk eksterior maupun interior. Konsep 3R (reduce, reuse, and recycle) sesungguhnya dapat diaplikasikan pada perancangan sebuah bangunan maupun perabot rumah tangga. Dalam hal ini, pilihan material kayu palet (jati belanda) atau kayu bekas peti kemas dapat menjadi pilihan tepat.

    Salah satu destinasi woodcraft workshop dan penyedia bahan baku jati belanda yang ada di Jogja adalah Jual Jati Belanda. “Kayu jati belanda adalah jenis kayu yang banyak di gunakan oleh perusahaan ekspor-impor barang dari luar negeri seperti perusahan otomotif, perusahaan elektronik dan perusahaan lain. Biasanya barang tersebut dipacking dengan peti atau palet kayu. Jenis kayu yang biasa digunakan untuk peti mesin tersebut adalah jenis kayu jati belanda”, papar Ribut Santoso Moklis.

    Berdiri sejak tahun 2015, Jual Jati Belanda berlokasi di Jalan Cepit-Tembi, Sewon, Bantul sebagai gudang dan penjualan bahan baku jati belanda, sedangkan untuk workshop berada di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 66 Yogyakarta. Jual Jati Belanda sendiri bekerja sama dengan setidaknya 6 perusahaan besar di Jakarta untuk memenuhi ketersediaan bahan baku kayunya. Dilihat dari tren yang berkembang di masyarakat saat ini menunjukkan bahwa bahan kayu palet cukup menjadi pilihan, baik digunakan sebagai dekorasi ruangan, furnitur, maupun pernak-pernik penghias rumah. Keunggulan material jati belanda selain dari kekuatannya terhadap cuaca karena sudah melalui proses heat treatment, juga dari segi corak yang ditampilkan oleh serat kayu ini yang sangat cocok diaplikasikan pada desain industrial maupun vintage.

    Dari beberapa proyek yang telah dikerjakan oleh Jual Jati Belanda sebagian besar memang mempunyain konsep desain industrial dan vintage. Namun tidak menutup kemungkinan apabila dari konsumen memiliki desain sendiri, maka workshop ini akan mewujudkan desain tersebut dengan baik sesuai dengan permintaan konsumen. Untuk waktu pengerjaan custom order sendiri memakan waktu kurang lebih 2 minggu sesuai dengan ukurang dan kerumitan desain. Pengerjaan custom order dilakukan oleh tenaga produksi yang terampil sehingga produk yang dihasilkan mempunyai kualitas yang bernilai tinggi.

    Sebelum masuk menuju proses produksi, kayu palet yang baru saja didatangkan akan terlebih dulu melalui proses serut agar palet kayu lebih halus dan motif dari serat kayu yang ada lebih terlihat. Workshop Jual Jati Belanda setidaknya mampu menyelesaikan proses serut 800-1000 batang palet per harinya. Dalam satu bulan tidak kurang 15 ribu batang kayu palet dihabiskan oleh Jual Jati Belanda untuk memenuhi permintaan bahan baku maupun untuk custom order. Untuk customer dari Jual Jati Belanda sendiri hingga saat ini kebanyakan berasal dari seputaran Jogja dan Jawa Tengah, namun ada juga beberapa pelanggan yang berasal dari luar Jawa, diantaranya Makassar, Lombok, Bali, Aceh, hingga Papua. “Kalau customer dari luar pulau Jawa memang kebanyakan melakukan pemesanan online. Untuk pembelian bahan saja bisa langsung packing dan kami kirim. Tapi untuk custom order furnitur dan benda pernak-pernik biasanya pemesan mengirim desain ke kami, setelah melakukan beberapa revisi apabila diperlukan lalu pesanan akan segera dikerjakan dan dikirim setelah jadi”, ujar Ribut, sapaan akrabnya.

    Harga yang dipatok untuk barang-barang custom order juga terbilang cukup terjangkau, sebanding dengan kualitas dan estetika produk yang dihasilkan. Untuk pengerjaan kitchen set dibanderol mulai dari harga Rp. 2,5 juta rupiah /m², lalu untuk pengerjaan dinding kayu ditawarkan mulai dari harga Rp. 450 ribu rupiah /m², dan pagar kayu minimalis mulai dari harga Rp. 250 ribu rupiah /m². Kemudian untuk harga produk-produk custom yang berukuran lebih kecil seperti hiasan dinding, kotak tisu, dan rak kayu dibanderol sesuai ukuran dan tingkat kerumitan produknya. “Harga yang kami tawarkan untuk kitchen set, dinding kayu, dan juga pagar sudah termasuk biaya pemasangan dan juga finishing ulang setelah pemasangan, tentu saja untuk customer yang berdomisili di wilayah kota Jogja”, tambah pria asli Grobogan tersebut.

    Sesuai namanya, Jual Jati Belanda juga menjual bahan baku mentah berupa papan kayu palet yang telah melalui proses serut dan siap digunakan bagi pelanggan yang ingin berkreasi sendiri menggunakan bahan jati belanda. Harga yang ditawarkan untuk bahan baku mentah yaitu Rp. 10.250 rupiah per batang papan dengan ukuran standar 110x2x10 cm. Selain papan, juga tersedia bahan baku balok jati belanda dengan ukuran 240x4x14 cm yang dibanderol dengan harga Rp. 80 ribu rupiah per batang. “Dengan semakin berkembangnya aplikasi kayu palet jati belanda pada produk-produk dekorasi ruangan maupun produk lain, saya sendiri optimis bisnis pada bidang ini cukup menjanjikan ke depannya. Hal tersebut tergambar dari permintaan pasar yang hingga saat ini masih sangat banyak dan belum dapat terpenuhi semua”, tutup Ribut.Farhan-red

    JualJatiBelanda
    Workshop :
    Jl. Cepit - Tembi Sewon Bantul Jogjakarta

    Showroom :
    Jl. Perintis Kemerdekaan No.66 Jogjakarta

    Hotline :
    0858 7874 5125 - 0813 7254 0588

    Instagram: jualjatibelanda
    www.jualjatibelanda.com

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain    Holcim Solusi Rumah