Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Kuat, Lentur & Estetik Olahan Rotan Galeri Sulthan

    Kuat, Lentur & Estetik Olahan Rotan Galeri Sulthan
    Sulthan galeri dengan kreasi produk bernuansa bohemian
    Kreasi cover lampu olahan material bambu
    Produk lampu gantung berbahan logam
    Lampu shade model tempel dan Lampu shade gantung industrial

    Salah satu tanaman alam yang tidak asing lagi di dunia furnitur dan kerajinan tangan, rotan adalah jenis tanaman yang tumbuh subur di kawasan Asia termasuk Indonesia. Sering ditemukan sebagai kreasi anyaman pada furniture, material ini terkenal dengan kesan tradisional yang dibawanya. Dengan kelenturan dan warna yang indah, rotan menjadi material favorit untuk pembuatan berbagai hasil karya yang luar biasa indahnya.

    Kehebatan rotan bukan hanya terletak dari sifat-sifatnya yang lentur, kuat, dan mudah dibentuk. Material ini juga tergolong sebagai bahan dasar yang cukup murah dengan estetika ala tropis yang menggoda. Produk dari material ini mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, sehingga menjadikannya mudah diaplikasikan baik di bagian outdoor ataupun indoor rumah. Beberapa produk furnitur berbahan rotan antara lain sofa, kursi, meja, alas meja, tempat tidur, dan cover lampu gantung. Lampu gantung adalah elemen dekoratif yang dapat memperindah ruang di dalam rumah. Penggunaan lampu gantung berbahan rotan sendiri dapat menciptakan suasana natural dengan sentuhan tropis nan unik di dalam hunian.

    Salah satu galeri yang menyediakan berbagai jenis lampu gantung rotan dengan kualitas terbaik yaitu Sulthan Natural Home Living. Selain lampu gantung rotan, galeri yang terletak di Jalan Kasongan No. 20A, Kasihan, Bantul, Jogjakarta tersebut juga menyediakan berbagai macam handycraft dan produk home decor bertema tropical bohemian nan kental. “Kalau saya pribadi sudah kurang lebih 12 tahun berkecimpung dalam dunia produksi lampu rotan di Bali. Kemudian mulai mendirikan galeri di Jogja ini kurang lebih sejak 1,5 tahun yang lalu dengan alasan membuatkan suatu usaha untuk putra saya. Maka dari itu galeri ini diberi nama Sulthan yang diambil dari nama anak laki-laki saya,” papar Indrianto Pandu Priyantoro, owner Sulthan Natural Home Living.

    Melihat tren desain interior saat ini yang banyak menganut gaya scandinavian maupun shabby chic bernuansa tropis, workshop ini berusaha untuk melakukan inovasi dalam desain produk-produknya. Rotan yang dahulu cenderung dibuat furnitur dengan desain natural dan mempertahankan warna aslinya, kini dibuat dengan lebih menarik. Lampu gantung yang dipadukan dengan furnitur berbahan material kayu mahoni dan juga warna-warni pastel khas vintage sebagai dekorasi pelengkap rumah dengan desain kekinian. Dengan sistem custom order, Sulthan Natural Home Living dapat mengakomodasi hampir segala model bentuk hingga ukuran lampu gantung rotan sesuai keinginan konsumen.

    Sejauh ini material kayu rotan untuk memenuhi kebutuhan produksi workshop yang berlokasi di daerah Tegal Alang, Bali tersebut diperoleh dari kawasan Bali dan sekitarnya. “Daerah Bali sendiri untuk bahan baku rotannya masih sangat melimpah ketersediaannya, didukung juga kualitasnya yang cukup baik dan faktor lokasi dari workshop kami yang berada di Bali sehingga lebih mudah dalam hal distribusi bahan bakunya,” papar Pandu, sapaan akrabnya.

    Sebelum diproduksi menjadi berbagai macam produk, bahan baku rotan akan diolah terlebih dahulu menjadi produk setengah jadi yang kemudian dianyam oleh tangan-tangan terampil pengerajin. Anyaman rotan inilah yang nantinya dikombinasikan dengan material besi yang difungsikan sebagai rangka lampu sesuai dengan bentuk dan ukuran yang telah ditentukan. Setelah selesai proses pembentukan dan perakitan, kemudian produk setengah jadi akan melalui proses finishing. “Untuk produksi produk custom order sendiri memakan waktu satu hingga 2 minggu sesuai dengan jumlah dan tingkat kerumitannya.

    Semua produksi lampu gantung memang kami pusatkan di Bali. Jadi untuk pengiriman ke galeri Sulthan ini dikirim dalam bentuk unfinished. Setelah sampai di Jogja baru akan melalui proses finishing. Dari segi produk, kualitas dari lampu gantung rotan produksi workshop kami benar-benar terjamin. Untuk quality control benar-benar saya awasi sendiri. Dengan pengalaman kurang lebih 12 tahun memproduksi lampu gantung, tentunya kepuasan dan kepercayaan konsumen adalah hal yang benar-benar kami jaga,” ujar pria lulusan sarjana psikologi UGM tersebut.

    Di galeri Sulthan Natural Home Living juga memajang berbagai jenis home decor selain lampu gantung yang bekerja sama dengan beberapa pengrajin di kawasan Kulon Progo dan Bantul. Mengenai harga yang ditawarkan untuk produk-produk dari Sulthan Natural Home Living terbilang cukup terjangkau mengingat kualitas yang dihasilkan, mulai dari 150 ribu hingga 500 ribuan tergantung ukuran dan tingkat kerumitannya. Hingga saat ini customer dari galeri tersebut telah merambah hingga ke luar kota Jogja, dimana lebih banyak didominasi oleh pemesan dari kalangan perusahaan, kafe, dan bisnis hospitality. “Kebanyakan pesanan justru datang dari kota-kota besar di daerah Jabodetabek, Semarang, Bandung, maupun wilayah Jogjakarta. Untuk konsumen pribadi kebanyakan mereka langsung datang ke galeri,” pungkas Pandu menutup perbincangan.Farhan-red

    SULTHAN NATURAL HOME LIVING
    Jalan Kasongan No. 20A,
    Kasihan, Bantul, Jogjakarta
    Telp. 081934923879
    Ig. @lampurotanjogja

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain