Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Lampu Unik Ala Sonja lamp Pendukung Konsep Vintage

    Sonja Lamp Decorative & Unique
    Light Box
    Lampu unik karya Sonja Lamp
    Telephone Box Lamp
    Aditya Hasfar Surya Pradana

    Beberapa orang menyukai gaya rumah yang bermacam-macam, mulai dari gaya minimalis, shabby chic, kontemporer, tradisional, vintage, dan sebagainya. Akhir-akhir ini, sebagian besar orang mulai mengikuti gaya rumah vintage yang teduh dan nyaman. Selain itu, rumah bergaya vintage juga membawa kita untuk mengingat keadaan masa lalu yang damai dan membekas di hati.

    Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghadirkan nuansa vintage ke dalam rumah yaitu dengan mengaplikasikan pernak-pernik yang unik dan lain dari yang lain. Bagaimana dengan sebuah kaleng kerupuk? Jangan bersalah sangka dulu, kaleng kerupuk ini bukan kaleng kerupuk biasa. Sonja Lamp, adalah nama sebuah brand yang memproduksi unique lamp, dimulai sekitar tahun 2014 oleh Aditya Hasfar Surya Pradana. Lampu yang diproduksi oleh Sonja Lamp ini cukup berbeda dari lampu hias lainnya, karena berbahan dasar dari kaleng kerupuk. Pada awalnya sang owner suka mengoleksi barang-barang jadul, dan salah satu koleksinya adalah kaleng kerupuk. Kemudian sang owner berpikir untuk bisa memanfaatkan barang tersebut. Pada akhirnya sang owner pun mengutak-atik kaleng kerupuk tersebut, dan mengalami banyak hambatan. “Saat itu entah kenapa jadi tertarik saat melihat kaleng kerupuk dan pop up. Awalnya hanya berfikir bagaimana caranya pop up art bisa masuk ke dalam kaleng kerupuk. Nah, saat mengotak-atik lagi kok malah nemu ide unik untuk nambahin lampu di dalamnya,” kenang Adit.

    Hasil karya pertama Adit saat itu yang berbentuk Pop In Lamp pun langsung dijadikan bingkisan kado ulang tahun untuk sahabat dekatnya. Kemudian tanpa disengaja, hasil karyanya tersebut difoto dan diunggah ke media sosial milik sahabatnya tersebut dan mendapat respon positif. “Sebenarnya tidak ada niatan akan mendapat respon positif dari orang lain, lha kok malah jadi viral dan masuk lahan bisnis kreatif. Intinya hanya sekedar iseng, tapi malah keterusan hingga sekarang,” imbuh pria berambut ikal tersebut.

    Mengusung gaya decorative and unique lamp dengan label Sonja Lamp, membuat adit semakin yakin untuk menjalankan bisnis tersebut secara serius. Kini Sonja Lamp memiliki 3 orang tenaga produksi yang bekerja untuk memenuhi puluhan order setiap bulannya. Bahkan yang awalnya hanya berupa Pop In Lamp, muncul inovasi baru yang tidak kalah unik dan keren, seperti Telephone Box Lamp, Silhouette Lamp, Jar Lamp, Marquee Lamp, hingga Light Box.

    Seluruh proses produksi Sonja Lamp dilakukan secara rumahan yang terletak di Jalan Kebonagung, Getas Kalangan RT 07 RW 14, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Untuk lampu jenis Pop in Lamp, Telephone Box Lamp, dan Silhouette Lamp yang berbahan dasar kaleng kerupuk, workshop tersebut memperoleh bahan baku dari supplier di salah satu daerah di Jogja. Bahan baku berupa kaleng kerupuk berukuran mini kemudian melalui proses pengecatan agar tampilannya lebih menarik. Setelah melalui proses pengecatan, selanjutnya kaleng krupuk akan melalui proses penambahan ornamen-ornamen seperti stiker, lembar gambar pop up, dan juga lampu sesuai dengan desain yang telah dipesan oleh customer. Di dalam lampu ini dihiasi semacam scrapbook, seperti tumpukan foto yang tampak timbul. Sonja Lamp juga menggunakan konsep custom lamp, sehingga para customer atau pelanggan dapat memilih sendiri desain lampu yang mereka inginkan. Untuk proses pembuatan custom lamp berkisar 7 sampai 14 hari. Semua bahan-bahan yang digunakan Sonja Lamp adalah barang baru, bukan barang bekas. Selain lampu berbahan dasar kaleng kerupuk, Sonja Lamp juga memiliki koleksi lain, yaitu Jar Lamp. Sebuah kaleng kaca yang dapat menyala, sekaligus menghiasi sudut ruangan anda agar tampak cantik.

    Untuk harga yang ditawarkan Sonja Lamp terhadap produknya terbilang cukup terjangkau, mengingat keunikan dan eksklusifitas yang dihasilkan. Harga untuk jenis Pop in Lamp dibanderol mulai dari harga Rp 195.000 dengan warna polos dan Rp 220.000 dengan motif, lalu jenis Silhouette Lamp dihargai mulai dari Rp 185.000, untuk jenis Telephone Box Lamp mulai harga Rp 250.000, jenis Marquee Lamp di harga Rp 165.000 hingga Rp 215.000, jenis Light Box ditawarkan mulai dari harga Rp 415.000, dan yang paling terjangkau yaitu jenis Jar Lamp yang dibanderol dengan harga Rp 135.000. Harga-harga tersebut dapat berubah sesuai dengan ukuran dan tingkat kerumitan desain yang dipesan customer, terutama untuk jenis Light Box dan Marquee Lamp.

    Dalam urusan kualitas produknya, dapat dikatakan semua produk Sonja Lamp dikerjakan secara profesional sekalipun workshop tersebut masih tergolong dalam bisnis rumahan. Ada tiga prinsip quality control yang selalu dijadikan pedoman, yaitu shock test, electrical test, dan details test demi menjamin kualitas produk yang dihasilkan. “Bagi saya, quality control adalah tahapan yang sangat penting untuk menjaga kualitas produk supaya tidak ada cacat ketika dikirim maupun setelah sampai di tangan customer. Hal tersebut juga untuk menjaga kepercayaan konsumen yang telah percaya untuk memesan produk kepada kita,” ujar pria asli Wonosobo tersebut.

    Saat ini pemasaran produk dari Sonja Lamp telah merambah hingga ke luar Jogja, seperti Jakarta, Bandung, Bekasi, Bogor, dan banyak kota-kota lainnya. Setiap bulannya tidak kurang 30-50 produk dapat dihasilkan oleh workshop tersebut. Konsumen lebih banyak didominasi oleh customer pribadi sebagai kado atau juga sebagai dekorasi rumahnya. “Untuk urusan marketing Sonja Lamp sendiri selain aktif mengikuti pameran, juga banyak melakukan promo di media sosial. Ada juga beberapa produk kita yang dijual oleh offline store seperti Kado Kita dan home living di Indische Koffie Benteng Vredeburg Yogyakarta. Sampai saat ini kami masih terus mengembangkan jejaring dan beragam strategi pemasaran yang pas. Harapannya agar produk Sonja Lamp lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas,” pungkas Adit. Farhan-red

    Sonja Lamp
    Jl. Kebonagung,Getas Kalongan,
    RT. 7, RW. 14,Tlogoadi, Mlati,
    Sleman, 55286, Yogyakarta
    Phone: 0838 6907 2015
    Instagram : sonjalamp
    Tweeter : @sonjalamp

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain    Holcim Solusi Rumah