Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Langgam Minimalis Kontemporer Ruang Tinggal Andra Fahreza Ardans

    Andra Fahreza Ardans bersama istri
    Ruang tamu dengan sofa set bergaya Mediteran
    Ruang display produk bernuansa modern klasik
    Area ruang kerja dengan dekorasi berbau otomotif
    Area dapur & meja makan dengan konsep modern

    Rumah sebagai cerminan sang pemilik tidak hanya sebagai gambaran jerih payah penghuninya, namun juga bagaimana rumah tersebut akhirnya menjadi surga dan inspirasi bagi siapapun yang melihatnya. Andra Fahreza Ardans merupakan salah seorang yang berhasil menciptakan suasana tersebut ke dalam hunian pribadinya. Andra yang pernah berkecimpung di dunia balap rally Indonesia di tahun 90an tersebut telah berhasil membangun sebuah hunian bergaya minimalis kontemporer dengan gagah dan berkelas. Kecintaannya pada dunia otomotif dan olahraga sepeda hanyalah sebagian kecil dari hobi beliau yang ditorehkan di beberapa sudut hunian.

    Pria asal Samarinda tersebut menuturkan jika konsep bangunan yang didirikannya merupakan sesuatu yang simple dan terbuka. Rumah yang berada di kawasan perumahan Taman Griya Indah II No. F181 Yogyakarta ini mulai direnovasi pada akhir tahun 2016. “Dari bangunan asli yang awalnya sudah ada, hampir seluruhnya saya rubah. Untuk konsep awalnya memang dari saya, kemudian dibantu oleh rekan yang kebetulan memang ahli di bidang desain arsitektur yaitu Ismail Yakub, desainer bangunan kafe Swasana,” ujar Andra.

    Nampak dari fasad rumah yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 200 m² tersebut, bangunan utama terlihat menarik dengan aplikasi roster dan bentuknya yang menjulang tinggi. Rumah tersebut tampil terang dan lapang dengan nuansa putih berpadu unsur ekspos pada aplikasi roster. Hunian tersebut memiliki sebuah carport yang letaknya agak ke bawah layaknya sebuah basement. Pada area tersebut juga terdapat sebuah ruangan kaca yang difungsikan sebagai ruang kerja istri. “Kebetulan istri saya punya usaha stockiest produk-produk MCI. Jadi di basement saya buatkan satu ruangan tempat display sekaligus gudang produk tersebut,” imbuhnya. Masuk ke dalam rumah yang masih berada di area lantai bawah, terdapat sebuah ruang tamu bernuansa modern dengan sentuhan dekorasi ala Mediteran. Sofa set berwarna biru berpadu serasi dengan dinding putih dan karpet bulu berwarna grey. Beberapa aksen dekorasi ala Mediteran pada sisi dinding semakin menambah kesan mewah di dalamnya. Ruangan ini memang diperuntukkan bagi tamu yang berjumlah sedikit dan biasanya hanya singgah dalam waktu yang singkat, karena memang desain ruangan yang tidak terlalu luas. Untuk mempercantik ruangan ini, Andra juga menambahkan beberapa pernak-pernik yang dapat menambah hidup suasana ruang tamu.

    Beralih menuju lantai 1 dari rumah yang memiliki luas bangunan 520 m² tersebut, terdapat sebuah area ruangan yang difungsikan sebagai ruang keluarga dengan masih mengusung gaya minimalis. Sofa kulit berwarna coklat nampak serasi dengan beberapa furnitur kayu dan sebuah meja kaca yang memberikan suasana nyaman dalam menikmati waktu bersama keluarga. Pemilihan warna natural kayu pada furnitur beraksen klasik, dengan beberapa pernik hiasan dan televisi layar datar sebagai sarana entertainment pada ruangan tersebut.

    Bersanding dengan ruang keluarga juga terdapat sebuah ruangan yang difungsikan sebagai ruang makan. Sebuah meja kaca memanjang dengan dikelilingi beberapa kursi makan bergaya simpel semakin menjadikan saat makan bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan. Sebuah lampu gantung di sisi atas meja makan menjadi pencahayaan sekaligus mempercantik meja makan. Di samping ruang makan juga terdapat sebuah dapur yang bergaya lebih minimalis. Kitchen set modern berwarna putih dan hitam nampak bersanding serasi dengan aksen tegel bermotif pada dinding dapur memberikan kesan klasik area tersebut. Ruangan lantai 1 tersebut memiliki akses menuju area teras terbuka yang biasa digunakan sebagai tempat bersantai dengan beberapa tanaman hias milik sang istri.

    Masih di area lantai 1, terdapat dua kamar yang difungsikan sebagai kamar tidur tamu dan kamar tidur utama. Masuk ke dalam kamar tidur tamu, nuansa simpel ditampilkan lewat aplikasi furnitur yang tidak terlalu ramai, namun begitu nyaman sebagai tempat beristirahat bagi tamu yang datang menginap. Sebuah single bed besi bergaya vintage menjadi fasilitas utama di kamar tamu tersebut. “Untuk area lantai 1 ini memang lebih banyak digunakan aktifitas sehari-hari. Kalau lantai 2 dan 3 sengaja saya desain lebih private. Kamar tidur kedua anak dan ruang hobi saya ada di lantai 2, sedangkan lantai 3 saya gunakan untuk ruang olahraga dan meeting room keperluan istri saya ketika melakukan presentasi,” papar pria yang memiliki garis keturunan dari Sultan Kutai tersebut.

    Menuju lantai kedua, terdapat sebuah tangga dengan desain bergaya minimalis berpadu dengan pegangan railing dan anak tangga berbahan kayu berwarna coklat tua. Pada lantai kedua tersebut terdapat 2 kamar tidur anak. Kamar tidur tersebut memiliki dekorasi interior yang juga mewakili dari pemilik kamar, yaitu kamar tidur anak cowok dan kamar tidur anak cewek namun dengan gaya minimalis yang senada. Sebuah ruangan yang cukup menarik juga terdapat di area lantai 2 rumah tersebut dengan konsep hidden. Ruangan tersebut merupakan ruang hobi milik Andra dimana dari depan tidak nampak pintu masuknya karena menyatu dengan aksen dekorasi kayu dari dinding ruangan. Untuk masuk ke dalam ruangan tersebut juga harus menggunakan kode nomor rahasia untuk membuka kuncinya. Nuansa biru nampak mendominasi suluruh isi ruangan dengan dekorasi bernuansa otomotif yang begitu kental. “Ruangan ini bisa dibilang sebagai ruang hobi saya. Hal-hal berbau otomotif saya masukkan di ruangan ini seperti koleksi diecast hingga driving simulator yang dapat digunakan untuk bermain game balap. Di ruangan kedap suara ini juga dilengkapi dengan DJ table dan sound system sebagai fasilitas entertainment. Jadi biasanya ketika ada teman dekat yang datang ke rumah, biasanya mereka lebih memilih di ruangan ini. Istilahnya boys room gitu lah,” kekeh Andra.

    Menuju area lantai 3 rumah, terdapat sebuah ruangan kecil dengan bike trainer sebagai ruang berolahraga pria yang juga hobi bersepeda tersebut. Tepat di samping ruang olahraga, terdapat sebuah ruangan dengan konsep meeting room dengan bukaan kaca berukuran besar. Ruangan tersebut biasa digunakan sang istri untuk presentasi produk-produknya atau sekedar bersantai menikmati suasana dari ketinggian. Berbagai fasilitas layaknya sebuah meeting room juga terdapat di ruangan tersebut, seperti LCD, proyektor, hingga instalasi sound system yang cukup proper. Farhan-red

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain