Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Le Homi Apartment Cara Efektif Renovasi Apartment dengan Dana Terbatas (Bagian 2)

    Le Homi Apartment Cara Efektif Renovasi Apartment dengan Dana Terbatas
    Beberapa Futniture Eksisting
    Beberapa Futniture Eksisting#2
    Pendant Lamp untuk Ruang Tamu dan Pendant Lamp untuk Ruang Makan
    Set-Up Watafel dengan jalur ME Eksising dan Penerapan Backdrop Storage  sebagai

    Selain memperhatikan estetika, renovasi harus menekankan pada efektivitas budget. Keterbatasan dana seharusnya bukan menjadi keterbatasan desain dalam merenovasi apartment. Jangan khawatir, selama kita memiliki desain yang terkonsep dengan baik, permasalahan budget pasti bisa diatasi karena semua hal yang diperlukan/tidak bisa diperkirakan akan dihitung dari awal. Selain itu kita juga bisa memaksimalkan eksisting bangunan yang sudah ada seperti set furniture lama, Lantai, Wallpaper ataupun instalasi lampu dan air yang tersedia. Berikut beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk mengefektifkan proyek renovasi apartment :

    1.Modifikasi Furnitur Eksisting
    Beberapa apartment biasanya ada yang sudah dilengkapi dengan build in furniture standart dari operator/developer apartment. Furniture eksisting bisa menjadi potensi dalam merencanakan renovasi, furniture ini bisa dimodifikasi menjadi furniture penunjang sesuai konsep. Build In furniture bawaan yang terbuat dari plywood masih bisa dimodifikasi/diganti warna sesuai dengan konsep ruang. Jika dihitung dari segi budget, modifikasi furnitur awal bisa memangkas budget hingga 50%.

    Pada Project Le Homi Apartment kami memanfaatkan 100% furnitur eksiting. Beberapa furnitur bawaan dengan warna coklat tua kami ganti ke warna lebih muda dengan beberapa penyesuaian sesuai dengan fungsi dan desain. Modifikasi furnitur eksiting harus ditunjang dengan kemampuan tukang yang baik karena akan lebih sulit saat pengerjaan. Furnitur bawaan akan lebih sulit difinishing ulang karena sudah mengandung lem dari furnitur sebelumnya, masalah ini bisa disiasati dengan pembersihan dan pengelupasan lem awal hingga bersih sehingga lem untuk furniture baru bisa menempel kuat pada HPL. Jika salah penanganan furnitur baru akan bergelombang karena ada rongga udara karena lem furnitur eksisting di dalam kayu.

    2.Usahakan tidak melakukan perubahan jalur mekanikal apartment
    Apartment memiliki jalur mekanikal yang sudah diatur sesuai standart keamanan gedung. Jika terdapat sebuah perubahan mekanikal pada setiap unitnya pasti akan berpengaruh pada sistem bangunan secara keseluruhan oleh karena itu perubahan jalur mekanikal/elektrikal pada unit apartment bisa menghabiskan biaya pengerjaan yang lumayan besar dari budget renovasi karena harus menyesuaikan standart yang diharuskan dari operator apartment. Sebisa mungkin renovasi yang dilakukan tidak banyak merubah jalur mekanikal/elektrikal, jikapun ada penambahan/pengurangan masih dilakukan dari jalur utama sehingga tidak terlalu berpengaruh banyak pada jaringan umum.

    Penanganan jalur renovasi pada Le Homi Apartment sudah di desain sejak awal sehingga tarikan kabel/listrik baru tidak akan terlalu banyak dan lebih mudah dilakukan. Setiap penambahan titik lampu/jalur listrik baru dilakukan secara paralel dari jalur mekanikal awal. Sedangkan untuk jalur air kami tetap pertahankan jalur eksisting hanya pengaturan panjang pipa pada wastafel dan sink yang harus disesuaikan kembali dengan model kitchen set yang baru.

    3. Hindari penggantian material yang Major
    Dalam melakukan sebuah renovasi, material pasti mejadi salah satu fokus yang akan mengalami perubahan. Pemilihan material-material dengan pemasangan berat akan mempengaruhi biaya pembangunan menjadi semakin mahal. Sebagai contoh penggantian material lantai, dinding dan ceiling. Material primer yang akan diganti haruslah dibongkar terlebih dahulu sebelum dilakukan penggantian. Biaya pembongkaran akan cenderung berlipat karena ada biaya untuk mobilisasi material ke lantai atas dsb.

    Solusinya bisa dipilih untuk tidak melakukan pembongkaran berat. Membongkar sebagian yang memang diperlukan atau opsi lain yaitu dengan menggunakan material dengan pemasangan yang lebih sederhana seperti material vynil untuk lantai, wallpaper untuk dinding dsb. Pemilihan material yang mudah dipasang akan memangkas biaya cukup besar sekaligus mempercepat waktu renovasi.

    Untuk penggantian material pada Le Homi Apartment kami lakukan penambahan beberapa vynil motif kayu untuk ruang tidur untuk mendapatkan kesan hangat dan nyaman. Sedangkan untuk area publik material marble eksisting tetap dipertahankan hanya dilakukan perubahan finishing dari doff ke arah glossy. Untuk bagian dinding kami mengkombinasikan beberapa pilihan wallpaper untuk memberi batasan ruang yang berbeda fungsi. Hal ini cukup menjadi alternatif penghematan budget karena tidak ada biaya pembongkaran hanya plug and play pada bagian-bagian tertentu.

    4.Maksimalkan titik lampu sesuai fungsi ruang
    Jumlah instalasi titik lampu dan listrik juga memiliki andil dalam mengefektifkan biaya renovasi sebuah apartment. Rencana titik lampu harus disesuaikan dengan jenis aktivitas yang akan terjadi disetiap ruang. Misal untuk area kamar mandi, bisa dipilih jenis lampu ambience/pinhole yang mengcover area utama diatas toilet/wastafel. Sedangkan untuk meja makan/bar cukup dengan menempatkan sebuah pendant lamp untuk menerangkan satu area ini.

    Jenis dan besar daya lampu sebaiknya juga dipertimbangkan sesuai jumlah pengguna dan luas ruangan, sehingga bisa lebih pas sesuai dengan kebutuhan. Lampu-lampu ambience bisa ditambahkan sebagai alternatif dari pada menyalakan lampu general yang akan relatif memiliki daya lebih besar dari lampu ambience.

    5.Perencanaan ruang multi fungsi
    Keterbatasan ruang pada area apartment menjadikan kita untuk lebih bijak memanfaatkan ruang. Sebuah ruang bisa digunakan untuk sharing activities dengan pengaturan furnitur yang multi fungsi juga. Sebagai contoh ruang keluarga pada sebuah rumah pada kondisi darurat bisa juga diconvert sebagai ruang tidur atau sebagai ruang bermain anak. Hal-hal ini bisa dikonsepkan sejak awal sehingga perencanaan furnitur bisa menyesuaikan kebutuhan.

    Beberapa cara diatas bisa menjadi pedoman dalam melakukan renovasi apartment. Keterbatasan budget bisa mendorong kita semakin kreatif dalam membuat sebuah desain yang sesuai dengan kebutuhan dan fungsi. Efisiensi tersebut bisa juga berjalan dengan desain yang baik dan benar sehingga tanpa mengorbankan estetika, project renovasi masih bisa berjalan sesuai dengan rencana. Fokus utamanya adalah pada saat perencanaan proyek, owner bisa dibantu oleh arsitek/interior desainer untuk merencanakan segala hal terkait hal tersebut sehingga alokasi budget yang kurang diperlukan bisa di kurangi. Sedangkan dari prinsip metode pembangunan desainer akan membantu owner juga agar tidak ada proses yang berulang sehingga menghemat waktu renovasi. Selamat Mencoba! - Sesami Architects

    Sesami Architects
    Gg. Dahlia No.63, Kayen, Condongcatur, Depok,
    Sleman, DIY 55281 ( Yogyakarta Office )

    Phone : +62856 4239 2447
    Email : kontaksesami@gmail.com
    Instagram : @sesami.id

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain