Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Lengkapi Koleksi Seni Porcelain Motif dari ZEN Tableware

    Seni Porcelain Motif dari ZEN Tableware
    Seni Porcelain Motif dari ZEN Tableware
    Seni Porcelain Motif dari ZEN Tableware
    Seni Porcelain Motif dari ZEN Tableware
    Seni Porcelain Motif dari ZEN Tableware

    Bahkan seni dan fashion dapat tertuang pada sebuah peralatan makan. Memang bukan hal baru, karena fashion house ternama lain seperti Hermes dan Gucci sudah memiliki koleksi tableware dengan ciri khasnya masing-masing. Prinsipnya, bukan hanya sekadar peralatan makan saja, karena ada kesan prestisius yang pastinya dicari oleh masyarakat yang mendambakan momen premium saat menikmati sajian di meja makan. Terlebih, sudah sangat awam tableware dijadikan dekorasi ruangan karena bentuk serta motifnya yang tidak biasa. Ditambah lagi, seiring pertumbuhan hotel, restoran, dan kafe baru di belahan kota di Indonesia, permintaan porselen untuk kebutuhan peralatan makan terus meningkat. Peluang tersebut ditangkap oleh Indo Porcelain, yang merupakan anak perusahaan dari Gunung Sewu Group.

    PT. Indo Porcelain sendiri hadir di Yogyakarta sejak Mei 2016 silam untuk lebih memperlebar pemasaran khususnya di daerah Jogja dan Jawa Tengah. Berfokus pada produksi tableware berbahan porselen, perusahaan yang sudah eksis sejak 1979 tersebut membidik segmen pasar middle up dengan berbagai produk kebutuhan dapur yang dibutuhkan konsumen dengan brand product ZEN. “Untuk merk ZEN sendiri sebenarnya adalah produk yang dirintis Indo Porcelain sejak tahun 1996 yang lalu. Namun melihat perkembangan pasar dan permintaan yang semakin tinggi, baru sekitar 7 tahun belakangan kami mulai gencar memasarkan ZEN,” papar Nur Rahmi, Jr. Regional Sales Manager PT. Indo Porcelain cabang Yogyakarta.

    Produsen yang memiliki showroom di Ruko SBS II, Jalan Ring Road Utara Kav. M, Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, tersebut memiliki keunggulan produk dari segi bahan baku serta proses produksi dengan teknologi modern sehingga menghasilkan berbagai macam tableware berkualitas. Bahan baku utama menggunakan porselen murni yang melalui proses perapian dengan suhu 1300 derajat Celcius selama 24 jam, sehingga menghasilkan produk anti gores, artinya tidak mudah tergores saat bergesekan dengan pisau. Selain itu, beberapa varian produk ZEN juga tahan panas dan dapat digunakan untuk memasak dengan microwave bahkan kompor. Dengan penggunaan material porselen murni, warna yang dihasilkan pun lebih putih dan tidak akan luntur serta aman karena memiliki standart food grade. “Persaingan porselen di pasar retail lumayan ketat. Namun selain kualitasnya, produk Indo Porcelain punya keunggulan lain, yaitu memiliki jajaran produk yang lengkap, baik dalam bentuk, ukuran, dan desain, seperti piring ber-rim atau coupe, aneka mangkuk, cangkir tinggi, cangkir espresso, dan cangkir teh,” tambah Amy, sapaan akrabnya.

    Dengan semakin berkarakternya fungsi peralatan makan, tidak heran mengapa tableware yang sarat seni dengan pendekatan fashion mulai berkembang di negeri sendiri. Improvisasi produk kebutuhan dapur sebagai dekorasi penghias ruangan rumah semakin banyak diaplikasikan oleh masyarakat, terlebih saat ini banyak produk tableware dengan nilai dan eksklusifitas tinggi. Celah tersebut rupanya yang dimanfaatkan Indo Porcelain untuk meningkatkan nilai jual produknya. Hal ini dibuktikan dengan adanya kolaborasi antara ZEN Fine Porcelain Tableware dan Sebastian Gunawan. Kolaborasi ini merupakan kali kedua ZEN menggandeng desainer fashion, dimana sebelumnya mereka berkolaborasi dengan Ghea Panggabean.

    Koleksi yang dirilis pada akhir tahun 2017 lalu tersebut dinamakan Blue Moon atau Bulan Baru ini terdiri dari 13 variasi produk full dinner set, antara lain piring makan, piring salad, mangkuk dengan beragam ukuran, teko, sampai tempat saus. Dengan keahliannya merancang, Sebastian Gunawan yang akrab disapa Seba, membuat permukaan setiap peranti makan yang terbuat dari keramik itu berhias batik Buketan yang terinsipirasi dari budaya Indonesia dan unsur Eropa. Kemewahan dan keanggunan menjadi ciri khas batik Buketan yang banyak menampilkan tanaman bunga, buket bunga, dan juga burung-burung kecil. Estetika perpaduan biru dan putih menciptakan atmosfir sempurna sebagai sebuah simbol kesatuan. Tidak setiap desain yang diterapkan di setiap tableware sama, masing-masing memiliki variasi. Jika dicermati dengan baik, setiap detail para peranti saji ini seperti dilukis dengan tangan. “Untuk motif batiknya sendiri terinspirasi dari motif batik Pekalongan yang cantik dengan motif identik seperti bunga-bunga dan kupu-kupu. Warna biru sendiri dipilih karena menggambarkan ekspresi inspiratif, sedangkan warna putih melambangkan simbol kemurnian. Kedua warna tersebut dipandang cocok untuk mewakili visi yang ingin disematkan dalam koleksi terbarunya dan sesuai dengan pasar yang menyasar pasar Indonesia hingga Eropa,” ungkap Amy.

    Selain berkolaborasi dengan beberapa desainer ternama tanah air, mulai tahun 2017 lalu Indo Porcelain juga menggandeng William Wongso, seorang Konsultan Kuliner yang telah mempunyai reputasi di dunia kuliner tanah air sebagai brand ambassador ZEN. Perusahaan yang memiliki pabrik di kawasan Tangerang tersebut juga sering mengikuti pameran-pameran berskala nasional maupun internasional untuk memperkenalkan produknya. Dengan strategi tersebut terbukti ZEN semakin dikenal luas oleh masyarakat yang berimbas pada meningkatnya permintaan pasar terhadap produk dari Indo Porcelain. Amy menambahkan, selain pasar lokal, Indo Porcelain juga telah merambah pasar ekspor hingga Amerika, Eropa, Inggris, Jerman, serta negara-negara Scandinavia. “Saat ini, 60% produksi ditujukan untuk pasar ekspor, sedangkan 40% untuk pasar domestik. untuk pasar Amerika dan Eropa, pelanggannya didominasi para pengecer dengan skema Original Equipment Manufacturers (OEM). Di Indonesia sendiri, Indo Porcelain memiliki dua divisi bisnis, yaitu bussiness to bussiness dengan para pemilik hotel, restoran, dan kafe (horeka), maupun menjual ke pasar retail lewat merk ZEN,” tambahnya.

    Hingga saat ini, beberapa perusahaan ternama sudah menjadi customer Indo Porcelain untuk memasok kebutuhan tableware-nya. Mulai dari gerai kafe dan resto seperti J.Co, KFC, Pizza Hut, Sushi Tei, hingga beberapa hotel berbintang seperti Neo, Horizon, Haris, dan POP!. Dengan kualitas serta eksklusifitas produk Indo Porcelain yang bernilai tinggi, harga yang ditawarkan untuk produknya pun juga sebanding. “Kalau berbicara masalah harga, mahal atau tidak sebenarnya relatif ya. Konsumen dapat membandingkan harga dengan kualitas serta nilai eksklusiftitas dari produk kami. Yang jelas produk kami tidak akan mengecewakan konsumen,” pungkas Amy. Farhan-red

    ZEN Tableware
    Ruko SBS Jl. Ringroad Utara Kav. M,
    Sleman, Jogja
    Telp. +62 274 2880296
    www.indo-porcelain.com

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain