Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Mengatur Interior Rumah dengan Logika Fengshui (bagian-2)

    Mengatur Interior Rumah dengan Logika Fengshui
    Bentuk Dekorasi Rumah dan Aksen Warna Ruang
    Dekorasi Kamar Netral dan Tidak Netral
    Posisi Ranjang Ideal dan Tidak Ideal
    Tata Ranjang Ideal dan Tidak Ideal

    Pada aplikasi tata ruang, fengshui juga menyarankan untuk memasukan elemen-elemen alam yang berbeda untuk mencapai keseimbangan dalam rumah. Elemen tersebut adalah kayu, tanah, logam, api dan air. Menghadirkan elemen tersebut didalam rumah dapat diwakilkan dengan pemilihan dekorasi rumah yang mewakili secara tekstur atau warna. Secara pencapaian suasana ruang, elemen alam ini akan meningkatkan kenyamanan visual interior rumah karena elemen ini bersifat netral dan hangat.

    Bentuk dekorasi rumah yang dipilih dapat berupa lukisan, pajangan, vas, tanaman sintetis yang menempel di meja atau dinding. Pemilihan warna dekorasi yang tepat dapat membentuk mood ruang, sebagai contoh penggunaan aksen dekorasi bewarna merah atau oranye. Warna ini dalam fengshui mewakili api, pada dunia interior warna ini dapat menimbulkan mood semangat pada ruang. Warna aksen lain yang dapat digunakan adalah warna ungu dan hijau.

    Ruang utama di dalam rumah yang menjadi perhatian utama dalam penggunaan logika fengshui adalah kamar tidur utama. Pada ruang ini, pemilik rumah akan menghabiskan waktu untuk beristirahat dan mengisi energi ulang saat tidur sehingga tata ruang kamar menjadi sangat penting. Elemen kamar yang menjadi titik awal tata ruang adalah penempatan ranjang. Posisi ranjang menurut fengshui ditentukan dengan memilihat posisi pintu kamar yang harus diagonal satu sama lain.

    Posisi Ranjang diatas ideal karena berjauhan dengan pintu sehingga mengurangi dampak kaget saat ada penghuni yang membuka pintu tetapi posisi ranjang diagonal dengan pintu sehingga penghuni kamar merasa tenang karena memiliki merasa kontrol penuh terhadap ruang kamar. Posisi headboard ranjang berada pada sisi keras yaitu dinding masif, sehingga menambah rasa tenang dan nyaman penghuni kamar saat berstirahat. Material headboard yang ideal adalah perpaduan dari material keras (misal: kayu) dan material lembut (misal: bantalan sofa) karena material ini membantu penghuni kamar relaksasi saat duduk di atas ranjang sehingga energi baik dapat dirasakan di dalam ruang ini.

    Fengshui menekankan pada keseimbangan, termasuk tata dekorasi kamar dimana sebisa mungkin untuk menempatkan meja samping ranjang dan elemen lampu/ dekorasi secara berpasangan untuk menambah efek keseimbangan.

    Pada saat pemilihan dekorasi kamar diharapkan memilih bentuk yang netral misal abstrak alam, warna, tekstur dan menghindari bentuk benda hidup Karena berdampak pada psikologis ruang pengguna yang akan merasa di perhatikan oleh dekorasi tersebut. Pemilihan warna dinding dan lantai ditekankan pada sifat alami untuk membentuk suasana hangat pada ruang tidur.

    Posisi ranjang pada diagram diatas akan berdampak pada penghuni kamar yang merasa tidak tenang karena secara visual tidak dapat mengontrol keberadaan pintu kamar. Selain itu getaran pintu kamar akan lebih terasa oleh pengguna ranjang kamar. Hal lain yang harus diperhatikan juga adalah posisi jendela tidak boleh di belakang ranjang karena dapat menurunkan tingkat ketenangan tidur karena tingkat privasi yang berkurang. Amata Desain

    Amata Desain
    Jl. Jlagran Lor No. 5,
    Yogyakarta 55272
    Info : 081220950015
    Email : amatadesain@gmail.com
    website : www.amatadesain.com

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain