Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Model & Konsep Rumah 2 Lantai Perumahan Jogja – bagian 1

    Perspektif tipe 90, Hara Residence
    Perspektif tipe 125-hook, Pondok Permai Bandara
    Deretan rumah tipe Siena, Vasana Residence
    Perspektif tipe 84, Tjokro Heritage

    Jogjakarta makin padat penduduknya. Namun permintaan akan hunian di kota pendidikan dan wisata budaya ini semakin tinggi. Jogja masih menjadi primadona juga bagi para investor properti. Ketersediaan lahan semakin hari semakin terbatas peruntukkannya untuk bisa di kembangkan menjadi kawasan hunian. Belum lagi faktor regulasi perihal minimal luasan kavling dari masing-masing pemerintah daerah menjadi tantangan tersendiri bagi para pengembang.

    Fenomena ini membuat para pengembang mensiasatinya dengan membuat konsep rumah-rumah komersialnya dengan opsi 2 lantai. Secara estetika, rumah tingkat ini mempunyai keunggulan, diantaranya fasad rumah menjadi terkesan gagah dan elegan. Faktor keberadaan lokasi di lahan berkontur juga memberi keleluasaan untuk dieksplorasi menjadi rumah 2 lantai. Bagaimana tren model dan konsep yang dihadirkan di Jogja, kami akan informasikan dari sample beberapa titik kawasan perumahan yang menyajikan konsep hunian 2 lantai.

    Hara Residence menjadi mahakarya terbaru developer PT. Cakrawala Metrik untuk terus produktif melahirkan kawasan huniannya. Setelah berpengalaman membuka perumahan di area kotamadya Jogjakarta, awal tahun 2020 ini merambah wilayah Sleman, untuk menjawab tantangan sekaligus meramaikan bisnis properti di wilayah Utara kota. “Sesuai perjalanan pengalaman kami sebagai pengembang dalam menghadirkan perumahan di dalam kota, mengawali tahun ini kami yakin dan optimis terus produktif sekaligus meng-upgrade karya perumahan kami,” papar Septi Ariyani, selaku Project Manager-nya.

    Adapun nama Hara sendiri dipilih mengadopsi dari bahasa Sansekerta, yang mempunyai arti Mutiara. “Secara filosofis kami ingin menghadirkan kawasan hunian layaknya menghadirkan sebuah Mutiara. Dengan segala proses yang sudah kami lewati, mulai dari perumahan pertama, kami meyakini Hara Residence akan menjadi mahakarya terbaik kami, layaknya kerang dalam menghasilkan Mutiara,” lanjut Septi, sapaan akrabnya.

    Pertimbangan membuka di kawasan Jogja Utara ialah faktor magnet yang masih sangat kuat untuk segmen middle up serta dukungan geografisnya masih sangat asri dan nyaman untuk rumah tinggal, dengan potensi investasi yang memberikan capital gain sangat prospektif.

    Lokasinya tepat berada di tepian Jalan raya Tajem, Nomporejo Wedomartani Ngemplak Sleman. Kawasan perumahan ditunjang aksesibilitas prima. Berada di area sarana pendidikan, yakni kampus III USD Maguwo, Instiper, Unriyo, dan Sekolah Budi Mulia. Hanya 5 menit menuju Bandara Internasional Adisucipto, terkoneksi dengan akses Ringroad Timur dan Jalan Raya Jogja – Solo, 10 menit dari pusat hiburan dan perbelanjaan Hartono Mall dan TransMart. Selain itu lokasi Hara Residence ke depan akan berada sangat dekat dengan akses pintu tol trans jawa, yakni tol Jogja – Solo. Dukungan sarana olahraga seperti Stadion Internasional Maguwoharjo dan Wahana Wisata Air Jogja Bay. Dukungan fasilitas kesehatan pun sangat memadai seperti dekat RS. UAD, Medika, Hermina, dan JIH.

    “Hara Residence dikonsep sebagai hunian prestisius, eksklusif nan megah dan gagah ala Mansion. “Project ini sebenarnya hasil dari pemikiran kami yang bermula dari masukan relasi, calon konsumen, dan konsumen produk kami terdahulu. “Hara Residence merupakan perwujudan sebuah karakter hunian premium yang berada di kawasan prestisius dan super strategis. Di rancang sebagai hunian minimalis modern dengan nuansa tropis. Akan terlihat mulai dari fasad sampai lingkungan kawasan yang akan dikemas natural nan estetik. Dukungan fasilitas jalan lingkungan yang lebar semakin memberi menambah nyaman untuk mobilitas penghuninya,” imbuh Andrea Shary, selaku Marketing Executive-nya.

    Menawarkan hunian premium terbatas, yakni 16 unit dengan konsep rumah 2 lantai. Juga akan dihadirkan di area depan yakni commercial area, yang akan mengusung konsep ruang tinggal modern yang cukup unik. Respon pasar cukup antusias dan menunjukkan sinyal positif terhadap konsep hunian yang ditawarkan di lahan seluas 3182 m² ini. “Terbukti sejak kami soft launching dan perkenalkan di pameran REI Expo akhir 2019 lalu, banyak calon konsumen yang serius menanyakan konsep Hara Residence. Standar rumah yang ditawarkan ialah tipe 90 dengan luas tanah mulai 100 – 108 m². Kami masih tawarkan harga perdana, mulai kisaran 1,3 Miliaran. Konsumen awal Hara Residence berkesempatan mendapatkan bonus special discount up to 100 juta,” pungkas Shary.

    Pondok Permai Bandara diyakini menjadi salah satu perumahan andalan developer Sumber Baru Land yang berada di area Sleman Timur. Dari penamaannya, jelas menunjukkan nilai strategis lokasinya, yakni kurang dari 5 menit menuju Bandara International Adisutjipto. Tepatnya berada di Dusun Juwangen Purwomartani Kalasan Sleman. Didukung dengan akses Jalan Raya Jogja - Solo Km. 10 yang terhubung menuju Ringroad Timur yang akan memberi kemudahan aksesibilitas transportasi bagi penghuninya. Dengan masterplan seluas 1 hektar, kawasan ini terhubung langsung jalur bisnis penghubung kota Jogja dan Solo serta dua provinsi Jawa Tengah dan DIY yakni jalan provinsi Jogja - Solo Km. 9. Dan ke depan aksesibilitasnya akan dipermudah dengan kehadiran pintu tol trase tol Trans Jawa yakni tol Jogja – Solo, yang berada di wilayah Kalasan, yang hanya berjarak tempuh 10 menit saja dari lokasi kami,” tutur Maria SE, Marketing Manager-nya.

    Pondok Permai Bandara menghadirkan 39 unit hunian berkonsep 2 lantai, yang didesain dengan konsep one gate system, 24 hours, security control dan cctv. Harmonisasi ini terlihat melalui penataan lansekap yang teduh dan asri, serta infrastruktur modern yang dilengkapi fiber-optic untuk layanan data dan multimedia. “Untuk progress di area Pondok Permai Bandara, saat ini sudah diselesaikan area maingate, tembok keliling kawasan, serta pembangunan jalan utama lingkungan dengan lebar 7 – 9 meter kawasan sudah 100 % selesai dibangun serta beberapa unit-unit terpesannya,” papar Maria.

    Berbagai sarana umum penunjang kehidupan masyarakat modern sudah hadir di kiri kanan perumahan. Dekat dari berbagai kampus ternama, seperti Sekolah Budi Mulia, Universitas Kristen Emmanuel (Ukrim), Universitas Respati, dan Unriyo. Tak jauh pula dengan pasar modern maupun tradisional, yakni supermarket Lotte Grosir, TransMart, serta berbagai fasilitas kesehatan seperti hanya 5 menit ke Rumah Sakit Bhayangkara atau Rumah Sakit Panti Rini dan Rumah Sakit Hermina. Terdukung pula dengan kedekatan dengan berbagai kawasan wisata budaya dan sejarah kelas internasional yakni Candi Prambanan, dan Ratu Boko.

    “Kami hadirkan 2 tipe rumah standarnya , yakni tipe 110 dan tipe 125 (hook), dengan luas kavling variabel mulai 125 - 281 m². Konsep bangunan disajikan gaya minimalis modern yang selaras dengan nuansa tropis. Spesifikasi standarnya berupa 3 kamar tidur, ruang tamu, ruang makan dan keluarga, dapur, 2 kamar mandi. Setiap kavling hunian akan kami desain memiliki taman sebagai open space area yang cukup luas. Penggunaan kaca sudut memberi aksen minimalis dan modern. Diberikan banyak bukaan di setiap ruangnya untuk sirkulasi udara dan cahaya alami lebih maksimal, sekaligus menambah kesan lega dan luas. Tiap unit diberikan fasilitas balkon di lantai 2, yang terhubung dengan master bedroom. Fasilitas carport-nya pun mampu menampung 2 city car,” terang Maria.

    ” Untuk legalitas, kami jamin kelengkapannya, baik untuk pecah sertipikat serta IMB nya. Dengan booking fee 10 juta, konsumen sudah bisa melakukan pemilihan kavling serta memproses pola pembayaran selanjutnya, apakah memakai KPR ataupun cash bertahap,” ungkap Maria. Untuk cash bertahap, konsumen bisa mengangsur selama 9 kali. Untuk KPR, kami bisa layani dengan DP 10 % dengan hampir semua perbankan yang sudah Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Sumber Baru Land . Untuk harganya sendiri kami tawarkan mulai kisaran 1,6 miliaran, sudah termasuk PPN, biaya IMB, listrik, dan PDAM,” tutup Maria semangat.

    Vasana Residence garapan Damai Putra Group menjelma menjadi salah satu kawasan hunian eksklusif dan premium pilihan di Jogja Utara, yang terkoneksi langsung dengan Jalan Kaliurang Km. 7 Kayen Condongcatur Sleman. Setelah sukses menghadirkan berbagai model hunian sebelumnya, yakni tipe Marbella, Andara, Siena, Navara, dan Vicenza. “Untuk awal tahun 2020 ini, Damai Putra Group Yogyakarta masih meneruskan penjualan varian terbaru tipe huniannya yakni tipe Avila dan tipe Calvia,” papar Aziz Rahadian selaku Marketing Communication Damai Putra Group Region Yogyakarta.

    “Kami juga berhasil memenuhi target dari sisi penjualan maupun progress pembangunan kawasan secara keseluruhan. Kawasan hunian sudah semakin hidup dengan dukungan infrastruktur dan fasilitas yang telah tersedia semua. Mulai dari fasilitas umum seperti maingate dengan konsep one gate system, dengan security 24 jam dilengkapi CCTV, area Club House yang lengkap dengan swimming pool serta function hall sudah bisa digunakan. Dan kawasan rumah di cluster Marbella, Andara, Siena sudah banyak dihuni, sehingga atmosfer kawasan Vasana Residence sudah sangat hidup,” terang Aziz.

    Saat ini Vasana Residence masih menggenjot penjualan 2 tipe rumahnya yaitu tipe Avila dan Calvia. Untuk tipe Calvia, diberikan 2 opsi yakni Calvia deluxe bangunannya berukuran 110 m² dan Calvia premium berukuran 150 m² dengan luasan kavling 8 x 15 meter atau 120 m². Untuk tipe Avila deluxe diberikan standar luas bangunan 100 m² atau Avila premium dengan luas bangunan 135 m², dengan luas ukuran kavling seluas 110 m² dengan dimensi 8,5 x 13 meter.

    Konsep desain yang ditawarkan dari tipe Avila adalah konsep rumah tumbuh yang dikembangkan menjadi tipe 115. Rumah dua lantai ini dilengkapi carport untuk 2 mobil dengan konsep canopy kaca yang menyatu dengan bangunan inti, senada dan selaras dari estetika fasad bangunan. Material bangunan masih tetap mempertahankan bahan material alami seperti batu alam dengan bentuk atap pelana dan diberikan balkon pada lantai duanya yang memberikan privasi bagi penghuni untuk bersantai menikmati segarnya udara serta matahari pagi maupun sore hari, semakin memberikan kesan elegan bangunan.

    Tipe Calvia didesain lebih menonjolkan sisi unsur minimalis yang tampak jelas di fasad bangunannya. Konsep desain yang ditawarkan dari tipe Calvia adalah konsep rumah tumbuh untuk memberikan pilihan bagi calon konsumen keluarga muda,khususnya era generasi milenial yang dinamis yang sesuai dengan gaya hidup mereka yang modern.

    Untuk tipe Vicenza didesain dengan konsep etnik modern tropis. Material bangunan tetap mempertahankan bahan material alami seperti batu alam, marmer, serta bentuk atap limasan dan pilar utama berwarna putih berukuran besar untuk memberikan kesan megah pada bangunan. Memiliki balkon serta atap tritisan yang lebar memberikan privasi bagi penghuni untuk bersantai menikmati segarnya udara serta matahari pagi maupun sore hari. Desain jendela yang cukup lebar menghadirkan pencahayaan serta sirkulasi udara yang baik ke dalam ruangan. Konsep desain yang ditawarkan dari tipe Vicenza adalah konsep rumah tumbuh untuk memberikan pilihan bagi calon konsumen dengan tujuan untuk menghasilkan atmosfer ruang yang lega. Rumah dua lantai tipe Vicenza ditawarkan mulai dari tipe 155 dan opsi pengembangan tipe 200 dengan lebar bangunan 12 meter. Rumah ini dilengkapi dengan dua area taman dan carport untuk 2 mobil serta opsi dilakukan pengembangan fungsi sebagai garasi.

    “Kami juga membuka stand pameran di Hartono Mall mulai 14 – 23 Februari 2020. “Program promo yang kami hadirkan di awal Tahun 2020 ini, untuk pembelian rumah di Vasana Residence serta perumahan kami lainnya seperti Green Hills Residence dan tentu saja CasaGrande. Untuk pembelian rumah di Green Hills Residence, konsumen pertama yang melakukan transaksi di pameran, akan mendapatkan free iPhone 11 Pro. Konsumen juga akan mendapatkan cashback up to 200 juta. Khusus konsumen yang mengambil unit di Vasana Residence, diberikan “Banjir Bonus” selama pameran tersebut berlangsung, diantaranya Solar Water Heater, Panic Button Alarm, dan Canopy. Sedangkan untuk CasaGrande terdapat promo Beli kavling gratis bangunan dan interior,” lanjut Aziz.

    Untuk memudahkan konsumen memiliki hunian eksklusif Vasana Residence, saat ini dapat menikmati fasilitas berupa kemudahan pembayaran DP 30 % untuk unit rumah standar.“Untuk harga, kami berikan penawaran mulai 1,9 miliaran, konsumen sudah bisa memiliki rumah tipe Calvia (80/120) di Vasana Residence,” imbuhnya.

    Kami juga telah mencatat lebih dari 70 unit rumah yang di jual dari tahap 1 sampai tahap 3 yang berada di atas lahan seluas 3 hektar ini sudah terjual lebih dari 70 %. Dari sudut pandang investasi, harga sudah tumbuh kurang lebih 25 – 30 % sejak awal pemasaran. Melihat potensi investasi tersebut dan minat konsumen, kami membuka cluster baru lagi, yang berada di sisi Utara boulevard mainroad Vasana Residence dengan estimasi lahan seluas 4 hektar lagi," pungkas Aziz tegas.

    Tjokro Heritage muncul sebagai salah satu kawasan hunian baru tahun 2020 yang berada di pusat Kota Jogja. PT. Adisukma Land Development menjadi salah satu developer yang berhasil dan mampu produktif menghadirkan perumahan di tengah Kotamadya Jogjakarta. Tjokro Heritage sendiri terletak di area di kawasan Tompeyan Tegalrejo, yang terkoneksi langsung dengan Jalan HOS Cokroaminoto, atau hanya berjarak 1 km sisi Barat kawasan Tugu dan Malioboro sebagai landmark kota Jogjakarta.

    Direktur Utama PT. Adisukma Land Development, Vendy Adi Sukma, mengatakan cukup yakin dan optimis dalam menghadirkan kawasan Tjokro Heritage, seiring suksesnya proyek sebelumnya yakni Tjokro Riverview yang mampu diserap pasar properti Jogjakarta. “Secara resmi Tjokro Heritage ini kami perkenalkan di Pameran REI Expo akhir Desember 2019 lalu. Respon pasar cukup antusias, dan tak dipungkiri banyak yang berminat karena faktor perumahan kami sebelumnya Tjokro Riverview yang hanya berada 1 km di Selatan dari Tjokro Heritage ini.”

    Dari total 31 unit hunian Tjokro Heritage yang kami tawarkan, sejak resmi kami launching akhir Desember 2019 lalu, sampai Januari 2020 ini kami sudah berhasil terjual 3 unit. “Respon pasar kelas middle up masih sangat bagus, khususnya yang mencari rumah di ring 1 perkotaan Jogjakarta. Konsumen yang terserap pun rata-rata berimbang antara masyarakat Jogja dan pendatang. Kami targetkan serah terima tahap pertama di akhir 2020 ini,” papar Vendy, panggilan akrabnya.

    Berdiri di lahan ± 3300 m² Tjokro Heritage menawarkan konsep rumah 2 lantai ala townhouse. Dengan unit standar mempunyai tipe 84 dengan luas lahannya mulai 71 - 119 m², lebar depan rumah 7,5 meter, kecuali rumah posisi hook. “Saat ini kami tawarkan masih dengan harga perdana mulai kisaran 1 Miliaran. Harga tersebut sudah termasuk IMB, biaya penyambungan PLN, dan jaringan air bersih,” lanjut Vendy. Tjokro Heritage juga akan didukung fasilitas yang memenuhi kebutuhan kawasan berkelas premium. Konsep semua hunian didukung dengan jalan lingkungan selebar 6 - 7 meter, berkonsep one gate system dengan pos keamanan 24 jam with CCTV, public wifi, dan fasilitas IndiHome.

    Dari siteplan, unit rumah Tjokro Heritage dirancang dengan opsi menghadap Utara dan Selatan dalam balutan arsitektur tropis minimalis. Secara estetika fasad, diberikan aksen bata ekspos dan batu paras, serta kaca sudut untuk memberikan pencahayaan yang alami. “Untuk layout tata ruang huniannya, lantai satu kami konsep sebagai area publik dengan ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. Desain carport pun cukup unik, bisa menampung 2 mobil dengan rancangan 75% berada dilayaknya di dalam garasi. Sedangkan untuk area yang lebih private, pihaknya menyajikannya di lantai dua dengan penataan ruang berupa dua kamar tidur yang salah satunya bisa disetting sebagai master bedroom-nya, serta keberadaan ruang keluarga yang terkoneksi dengan balkon dengan view depan hunian,” tambahnya semangat.

    Vendy menambahkan, “Bagi calon konsumen yang berminat mengambil unit rumah di Tjokro Heritage, kami menyediakan beberapa cara bayar beserta program promonya. Untuk cash keras akan mendapatkan discount up to 200 juta, sedangkan untuk cash bertahap konsumen cukup membayar DP 20% dan sisanya bisa diangsur 12 X tanpa bunga, serta diberikan promo discount up to 100 juta. Untuk KPR, saat ini kami juga sedang proses PKS dengan beberapa rekanan perbankan, beberapa diantara perbankan nasional, yakni BNI dan BTN,” pungkasnya. Wahyu Pras – red

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain