Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Nongkrong Ala Koboi Di D'Stable Bar & Resto Solo

    D'Stable Bar & Resto Solo
    Table set industrial area lantai atas dan Seni lukis layaknya kandang kuda
    Area belakang resto dengan konsep semi outdoor
    VIP Room bernuansa klasik
    Aneka Menu D'Stable Bar & Resto Solo

    Bisnis kuliner di kawasan Solo semakin semarak dengan hadirnya berbagai macam resto maupun kafe yang menawarkan berbagai variasi menu hidangan maupun konsep bangunan yang menarik. Persaingan di dunia kuliner khususnya di kota Solo menuntut inovasi para pelakunya untuk menghadirkan konsep yang berbeda, unik, serta segar untuk dapat diterima oleh berbagai kalangan terutama segmen anak muda yang menjadi salah satu segmentasi pasar paling potensial saat ini. Tak hanya menu yang menarik, namun penataan interior yang nyaman untuk bersantap dan berinteraksi saat ini menjadi hal yang dicari oleh penikmat kuliner di Solo.

    Salah satu resto yang menawarkan konsep tata interior menarik dan nyaman adalah D'Stable Bar & Resto. Bar & resto yang beralamat di Jalan Abdul Muis No. 30, Setabelan, Surakarta tersebut mencoba mengusung konsep klasik minimalis dengan sentuhan industrial yang juga nampak pada pemilihan furniturnya. “Di D'Stable sendiri sebenarnya yang ingin kita kedepankan yaitu pengunjung dapat menikmati sajian di sini, dengan konsep dekorasi bangunan yang menarik serta nyaman. Dengan perpaduan interior bergaya industrial dan sentuhan unsur klasik di dalamnya, diharapkan dapat menghadirkan suasana yang membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sini,” ungkap Budi Hirawan, salah satu owner D'Stable Bar & Resto.

    Dikatakannya lebih lanjut, nama resto yang mulai beroperasi sejak 11 Juni 2017 tersebut diambil dari nama dusun dimana resto tersebut berada yaitu Setabelan. Pada sejarahnya daerah Setabelan merupakan kawasan kandang kuda-kuda milik pasukan kavaleri kraton Mangkunegaran. Dalam bahasa Inggris, kata stable juga mempunyai arti kandang kuda yang juga menjadi tema dari resto ini. “Awalnya kami berlima (para pemilik resto –red) sempat bingung memilih nama yang tepat untuk resto ini. Akhirnya terpikirkan mengenai sejarah daerah Setabelan sebagai kandang kuda kraton Mangkunegaran. Kemudian dipilih nama stable sekaligus juga menjadi tema resto ini, yaitu bertema ala koboi yang identik dengan kuda,” tambah Budi.

    Resto yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 500 m² tersebut mempunyai sisi desain arsitektur yang unik dan berkarakter. Bagian fasad depan bangunan resto simpel dengan aplikasi bukaan kaca berukuran besar dipadukan sentuhan batu bata ekspos pada dindingnya. Unsur alami juga nampak dengan adanya tanaman hias yang menjuntai dari bagian lantai atas, memberikan nuansa sejuk pada bagian depan resto. Memasuki bagian dalam bangunan D'Stable, terdapat sebuah meja kasir dengan background dinding batu bata ekspos yang mendominasi. Tepat di sisi kiri meja kasir, terdapat sebuah area bar lengkap dengan bar table bergaya minimalis modern. Gaya industrial ditunjukan oleh rak minuman yang terdapat pada sisi dinding belakang meja bar dengan material besi bernuansa hitam. Aplikasi lantai tegel kuno pada sisi depan meja bar memberikan kesan klasik di dalamnya.

    Tepat pada sisi depan area bar, terdapat sebuah tangga menuju area lantai atas resto yang buka mulai pukul 11.00 hingga 02.00 WIB tersebut. Dekorasi pada area tangga menampilkan tema stable yang cukup kental. Sebuah roda kereta kuda kuno nampak terpajang pada dinding batu bata ekspos, berpadu dengan dekorasi tali lasso khas koboi yang terdapat pada sisi atas tangga minimalis. Pada area lantai atas bergaya mezzanine tersebut bernuansa lebih santai dengan table set simpel. Meja dan kursi sebagai tempat duduk pengunjung didominasi oleh unsur besi dan kayu yang menampilkan kesan industrial yang cukup kental. Pada salah satu sudut area makan lantai atas, terdapat sebuah kursi memanjang berbahan kayu lawas bekas kandang kuda dengan desain yang unik. Untuk semakin memperkuat konsep resto yang diusung, pada sisi dinding area lantai atas dihiasi dengan seni lukis bergambar beberapa kuda di dalam kandang. Pada area lantai atas juga terdapat sebuah meeting room dengan kapasitas 10-15 orang sebagai fasilitas bagi pengunjung resto. Desain interior berkarakter dengan dinding bermotif kayu serta lantai tegel motif kuno menjadikan kesan klasik begitu terasa. Sebuah table set kayu bergaya natural yang berukuran cukup besar nampak pada tengah ruangan, lengkap dengan lampu penerangan yang tergantung di atasnya memanfaatkan roda kereta kuda memberikan kesan unik.

    Beralih memasuki area lebih dalam resto yang menghabiskan waktu kurang lebih 6 bulan dalam masa pembangunannya tersebut, terdapat sebuah meeting room lain pada lantai bawah dengan kapasitas 8-10 orang. Pada sisi depan meeting room, juga tersedia sebuah area makan layaknya sebuah teras rumah. Beberapa table set kayu bergaya klasik nampak tertata rapi di area tersebut. Beberapa tanaman hias dalam pot juga nampak menghiasi dekorasi area lantai bawah, menghadirkan nuansa hijau nan sejuk. Sebuah kolam ikan berukuran kecil pada sisi area teras semakin memperkuat kesan alami di dalamnya “Kalau tema dari resto ini memang didominasi koboi dan kuda ala american style, namun kami juga berusaha memasukkan unsur Jawa klasik dan alami agar kesannya tidak terlalu kaku dan gersang. Jadi pengunjung yang datang merasa lebih nyaman dan betah untuk berlama-lama di sini,” tambah Hari Murti, salah satu owner D'stable Bar & Resto.

    Beralih menuju sisi belakang resto yang menghadirkan hiburan live music setiap hari Kamis-Sabtu tersebut, terdapat sebuah area terbuka dengan sentuhan Jawa yang cukup kental. Pada sudut area outdoor, terdapat sebuah gazebo kayu sebagai tempat makan bagi pengunjung. Di sudut lain juga terdapat area makan dengan bangunan kayu bekas bongkaran kandang kuda yang cukup unik. Kayu-kayunya tetap dipertahankan berbentuk seperti aslinya. Dindingnya memanfaatkan gebyok kayu kuno. Kursi dan meja lawasan yang tertata di dalamnya semakin memperkuat konsep Jawa klasik. “Untuk material seperti kayu-kayu dan furniturnya, sebagian besar kami menggunakan material bekas bongkaran rumah. Selain kualitas kayu yang lebih kuat namun juga untuk menghadirkan nuansa Jawa pada resto ini,” imbuh Budi.

    Dari sisi menu hidangan yang ditawarkan, D'Stable Bar & Resto menyediakan perpaduan menu western dan nusantara. Beberapa menu western food yang layak untuk dicoba, misalnya Wagyu Meltique Steak dengan citarasa yang empuk dan bumbu khas yang begitu nikmat. Kemudian ada juga pilihan menu House Special Salad, yaitu sajian salad dengan toping berupa potongan telur rebus dan daging yang menggugah selera. Kemudian untuk menu Indonesian food, terdapat menu Nasi Campur dan juga Iga Bakar dengan citarasanya yang khas. Untuk menu minuman, D'Stable memiliki beberapa menu andalan seperti Vietnam Drip, Sunrise Mocktail, Lychee Earthquake, dan Es Tetap Segar. Dari segi harga yang ditawarkan untuk menu-menu yang ada di D'Stable juga cukup terjangkau, sebanding dengan citarasa yang disajikan. “Kalau untuk menu yang kami tawarkan terbilang lengkap ya, mulai dari menu western hingga hidangan nusantara. Karena segmen pasar kami juga untuk semua kalangan, mulai dari family, officer, hingga anak muda yang gemar nongkrong. Oleh karena itu kami juga menyediakan beberapa varian minuman beralkohol seperti beer, cocktail, dan soju. Kami pun sudah mengantongi ijin resmi untuk menjual produk-produk tersebut sehingga konsumen juga merasa aman dan nyaman,” pungkas Budi. Farhan-red

    D'Stable Bar & Resto
    Jl. Abdul Muis No. 30,
    Setabelan, Surakarta

    Telp . (0271) 2932643 / 081393915821
    IG. dstable_bar_and_resto

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain