Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Nostalgia Atmosfer Kaki Gunung Travelmie Puncaknya Jogja

    Travelmie Puncaknya Jogja
    Fasad ruko dengan sentuhan etnik
    Ruang makan lantai atas bernuansa laut
    Ibrahim Nur Hidayat beserta Ricky Zaenal
    Aneka menu Travelmie Puncaknya Jogja

    Setiap tempat makan memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Apalagi jika tempat makan itu adalah tempat baru, tentunya akan menampilkan sesuatu yang berbeda dari tempat makan lain yang sudah ada. Hal tersebut tentu akan membuat setiap tempat makan baru untuk berlomba-lomba menampilkan cirinya tersendiri yang menarik.

    Salah satu tempat makan dengan konsep ala area perkemahan yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu Travelmie dengan brand location “Puncaknya Jogja 0223 MDPL”. Travelmie adalah salah satu tempat makan baru yang berdiri di beberapa kota di Indonesia, diantaranya berada di Tangerang, Jakarta, Surabaya, Malang, dan terakhir berada di kota Yogyakarta yang mulai beroperasi pada tanggal 19 September 2017 yang lalu. Resto keren dan yang pertama membawa tema petualangan ini sangatlah sayang untuk dilewatkan, karena desainnya dan konsep tempat ini yang cukup menarik. Maka tak heran Travelmie ini segera menjadi tempat makan pilihan dan banyak dikunjungi terutama anak muda dan keluarga.

    Konsep yang diusung oleh Travelmie adalah urban camping dimana sensasi suasana perkemahan di gunung di bawa ke tengah kota. Pengelola menyulap sebuah lokasi ruko dan kebun belakang menjadi sebuah camping ground lengkap dengan deretan tenda dan tempat duduk dari kayu juga sebuah api unggun buatan. Segala hal ditata sedemikian rupa agar siapa saja yang datang bisa merasakan sensasi makan yang berbeda. Menikmati api unggun, hingga makan di wadah besi (nesting) yang biasa digunakan oleh para pendaki dan pecinta alam tentu akan menjadi pengalaman menarik bagi pengunjung. “Jadi memang awalnya dulu kita (pengelola Travelmie –red) waktu kuliah sering sekali mendaki gunung dan camping. Dari pengalaman semasa kuliah itu akhirnya tercetus ide untuk membuka tempat makan dengan konsep dan suasana layaknya saat berkemahan di gunung, yang kebetulan juga sudah ada franchise di beberapa kota lain. Akhirnya saya bekerja sama dengan teman saya, Ricky Zaenal, untuk mengelola Travelmie Puncaknya Jogja ini”, cerita Ibrahim Nur Hidayat, owner Travelmie Puncaknya Jogja.

    Jika dilihat dari fasad depan tempat makan ini berupa ruko dua lantai bertuliskan “Urban Camping” pada dinding lantai atasnya, dengan sebuah tenda dome berwarna kuning dan beberapa hammock yang tergantung di area depan bangunan sekaligus menjadi ikon penanda bagi pengunjung yang mencari lokasi Travelmie. Masuk menuju area di lantai pertama, pengunjung akan langsung disambut oleh karyawan dengan sapaan akrab yang lazim dijumpai saat mendaki gunung dan berpapasan dengan pendaki lain. Suasana ala perkemahan cukup terasa di area makan lantai bawah tersebut. Beberapa tenda dome yang dapat digunakan pengunjung sebagai tempat makan, serta kursi dan meja makan dari kayu cukup memberikan suasana alam di area ini. Background berupa gambar padang savana lengkap dengan pohon dan rerumputan pada dinding semakin memperkuat konsep yang ingin ditampilkan oleh Travelmie.

    Beranjak menuju area makan di lantai atas, nuansa alam yang berbeda di tampilkan pada sisi ruangan yang disediakan bagi pengunjung yang tidak begitu menyukai suasana pegunungan. Suasana laut dan pantai begitu mendominasi ruang makan di lantai atas. Beberapa bean bag beraneka warna sebagai tempat duduk pengunjung memberikan kesan santai dan nyaman. Meja kayu pendek berbentuk papan surfing ditambah dengan dekorasi dinding bergambar laut dan pantai akan memberikan sensasi berbeda saat menikmati hidangan yang disajikan. Sebuah akuarium berukuran besar dengan seekor baby shark yang hidup di dalamnya menjadi pemanis dekorasi yang sekaligus berfungsi sebagai pembatas antar ruang.

    Puas mengelilingi tempat makan di bagian dalam bangunan ruko, terdapat satu area yang benar-benar akan membawa pengunjung merasakan sensasi makan di area perkemahan alam bebas. Letaknya berada di balik bangunan ruko yang sekilas tidak akan nampak jika hanya dilihat dari depan resto tersebut. “Area hutan yang di belakang ini sebenarnya kami juga cukup beruntung bisa dapetnya. Awal mulanya dulu hanya sewa bangunan ruko ini, ternyata di area belakang terdapat sebuah kebun yang ditanami pohon sengon dan sudah besar-besar. Karena dianggap sesuai dengan konsep tempat makan yang ingin kami tampilkan, akhirnya ya sekalian saja lahan belakang ini kami sewa juga”, ujar Ricky Zaenal, pengelola Travelmie Puncaknya Jogja yang sekaligus partner dari Boim, sapaan akrab owner.

    Pada area outdoor seluas 1200 m2 ini pengunjung benar-benar akan diberikan nuansa pegunungan yang begitu alami. Suasana sejuk dan rindang yang dihasilkan oleh pohon-pohon sengon semakin membuat suasana santai sehingga pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Dekorasi berupa tenda-tenda dome yang berdiri di beberapa sudut area ini dapat digunakan pengunjung sebagai tempat menyantap hidangan yang disajikan. Meja dan kursi makan yang sebagian besar berbahan kayu nampak senada dengan konsep yang diusung. Beberapa sengaja di tempatkan di pinggir sungai kecil yang juga berbatasan langsung dengan area outdoor, sehingga nuansa alam dapat begitu dirasakan oleh pengunjung. Beberapa hammock yang tergantung di antara batang pohon sengon dapat digunakan pengunjung untuk bersantai dan menikmati kesejukan udara yang ada di area ini. Pada sisi sebelah utara area outdoor terdapat sebuah bangunan unik dengan material bambu dan atap daun tebu yang difungsikan sebagai grill serving area, dimana pesanan menu hidangan grill disiapkan dan disajikan dari sini. Bangunan dengan arsitektur etnik tersebut nampak berdiri di atas sebuah cerukan cukup besar yang disiapkan untuk nantinya akan dibuat sebuah kolam.

    Waktu yang paling tepat untuk menikmati area outdoor di Travelmie adalah saat senja menjelang petang tiba. Dimana sekeliling area tersebut dihiasi dengan cahaya lampu-lampu di setiap sudutnya, sehingga menampilkan nuansa romantis dan hangat. Pada sisi tengah dari area ini terdapat sebuah api unggun buatan yang pada saat petang akan menyala dan mengeluarkan asap buatan layaknya pada saat berkemah sungguhan, berjajar dengan sebuah plakat bertuliskan “Congratulation, You Are Now At Puncaknya Jogja 0223 MDPL” layaknya di beberapa puncak gunung di Indonesia yang sekaligus menjadi brand location resto ini.

    Meski mengambil konsep perkemahan ala pegunungan, makanan yang disajikan di resto yang terletak di Jalan Kaliurang KM 10 (selatan pasar Gentan), Sardonohardjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta ini cukup bervariasi. Ada aneka olahan mie yang dimasak dengan sempurna, olahan nasi, hingga makanan pencuci mulut yang disajikan di dalam wadah logam besar. Salah satu menu andalan dari Travelmie adalah hidangan self grill yang dapat dipilih oleh pengunjung, diantaranya Roast Beef, Roast Chicken, dan Chicken Wings. Daging-daging yang telah dibumbui tersebut dihidangkan lengkap dengan alat panggangnya sehingga pengunjung dapat memanggang sendiri dan merasakan sensasi barbeque party di hutan bersama sahabat dan keluarga.

    Menu lain yang tak kalah nikmat yaitu Nasi Bakar dengan berbagai macam topping, diantaranya Nasi Bakar Tuna Pedas Manja, Nasi Bakar Gurami Telur Asin, Nasi Bakar Ayam Ala Dayak, dan Nasi Bakar Rendang Telur. Nasi yang dicampur dengan aneka macam rempah, dibungkus dengan daun pisang ditambah dengan berbagai topping pilihan lalu dibakar di atas bara api sehingga menghasilkan cita rasa yang menggugah selera. Ada juga menu lain yang diberi nama Ayam Kepruk dengan berbagai macam campuran, diantaranya Ayam Kepruk Sari Kelapa, Ayam Kepruk Shanghai Jeruk, Ayam Kepruk Rempah Rawit, dan Ayam Kepruk Bulir Keju.

    Selain menu makanan berat, resto yang beroperasi setiap harinya mulai pukul 11.00 – 24.00 tersebut juga menyediakan beberapa menu makanan ringan. Seperti menu ketan modern dengan berbagai macam topping dan juga roti bakar beraneka rasa yang cocok dinikmati sembari bersantai di resto ini. Kemudian untuk menu minuman, Travelmie juga memiliki beraneka ragam menu. Bagi pecinta cokelat dapat memilih menu minuman yang diberi nama Chocogres Kawahan. Paduan es cokelat ditambah dengan chocoball, serta wafer Timtam, Pocky stick, dan Oreo di atasnya membuat menu ini patut untuk dicoba.

    “Untuk konsep dari Travelmie sendiri, sampai saat ini masih akan terus dilakukan pengembangan. Entah dari segi menu makanan maupun dari fasilitas tempat yang ada, pokoknya akan terus ada hal-hal baru yang akan selalu kita update. Yang pasti akan membuat suasana makan Anda semakin seru dan berkesan”, pungkas Boim. Farhan-red

    TRAVELMIE PUNCAKNYA JOGJA
    Jl. Kaliurang Km.10 , Sardonoharjo, Ngaglik,
    Sleman, Yogyakarta
    Telp. 08139545881
    Instagram : @puncaknyajogja

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain