Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Ornamen Klasik & Antik Olahan Cor Logam Tridodo Jaya

    Ornamen Klasik olahan Cor Logam Widodo Jaya
    Kursi taman outdoor
    Ornamen Klasik olahan Cor Logam Widodo Jaya
    Ornamen Klasik olahan Cor Logam Widodo Jaya
    Ornamen Klasik olahan Cor Logam Widodo Jaya

    Industri kecil dan industri rumah tangga yang ada di pedesaan merupakan salah satu bentuk kegiatan non pertanian yang mempunyai peran penting dalam menopang kehidupan masyarakat desa. Industri semacam ini selain sebagai sumber nafkah saat pekerjaan pertanian sedang luang, juga merupakan jalan keluar untuk mengatasi para pengangguran sementara di pedesaan. Industri pedesaan mempunyai kelebihan yang terletak pada kemajuan yang cepat dalam memberikan penghasilan dibanding usaha di bidang pertanian. Apabila industri pedesaan ini sudah berkembang, artinya mampu memberikan jaminan hidup bagi masyarakat pedesaan, maka struktur ekonomi pertanian akan tergeser oleh peran industri. Seperti yang terjadi di Batur Ceper ketika industri pengecoran logam mulai berkembang, maka sektor pertanian lambat laun akan ditinggalkan oleh masyarakatnya. Cor logam merupakan salah satu industri andalan kabupaten Klaten yang sudah terkenal hingga ke luar pulau Jawa. Bahkan bila nama cor logam disebut, masyarakat akan langsung mengingat Desa Batur Kecamatan Ceper Klaten yaitu tempat sebagian besar pengusaha cor logam berada.

    Pengecoran logam merupakan proses pembuatan benda dengan mencairkan logam dan menuangkan ke dalam rongga cetakan. Proses ini dapat digunakan untuk membuat benda-benda dengan bentuk rumit. Benda berlubang yang sangat besar yang sangat sulit atau sangat mahal jika dibuat dengan metode lain, dapat diproduksi masal secara ekonomis menggunakan teknik pengecoran yang tepat. Pengecoran logam dapat dilakukan untuk bermacam-macam logam seperti, besi, baja, paduan tembaga (perunggu, kuningan, perunggu aluminium dan lain sebagainya), paduan logam ringan (paduan aluminium, paduan magnesium, dan sebagainya), serta paduan lain, semisal paduan seng, monel (paduan nikel dengan sedikit tembaga), hasteloy (paduan yang mengandung molibdenum, krom, dan silikon), dan sebagainya.

    Salah satu industri pengecoran logam yang berada di daerah Ceper yaitu CV. Tridodo Jaya. Tridodo Jaya merupakan perusahaan di bidang pengecoran logam yang didirikan oleh Widodo Miftah di daerah sentra industri pengecoran logam Klaten, tepatnya di Kurung Baru, Ceper, Klaten sejak tahun 2002. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut adalah produk yang berbahan baku Fero Casting (fc), Fero Casting Dactile (fcd) dan juga alumunium. Tridodo Jaya sendiri berfokus pada produksi antique furniture, wrought iron,pagar besi, lampu dan kursi taman antik baik untuk interior maupun eksterior, serta berbagai macam produk cor berbahan logam dan alumunium. “Kalau perusahaan ini (Tridodo Jaya –red) sendiri memang baru berdiri sejak tahun 2002. Namun dalam berkecimpung di bidang pengecoran logam, sudah sejak tahun 1994 saya ikut membantu usaha milik orang tua dulu,” buka Widodo, sapaan akrabnya.

    Langkah pertama dalam proses produksi cor logam yaitu pembuatan cetakan sesuai dengan desain yang akan dibuat. Cetakan biasanya dibuat dengan cara memadatkan pasir. Pasir yang digunakan terkadang pasir alam atau pasir buatan yang mengandung tanah liat. Terkadang juga dicampur dengan pengikat khusus seperti semen, resin furan, resin fenol, atau minyak pengering. Pengikat khusus tersebut dapat memperkuat cetakan dan mempermudah proses pembuatan cetakan. Selain cetakan pasir, ada juga cetakan logam. Ketika proses penuangan, logam cair akan masuk melalui pintu cetakan (saluran masuk) sehingga pintu cetakan harus dibuat sedemikian rupa supaya aliran logam cair tidak terganggu.

    Langkah selanjutnya adalah mencairkan logam. Logam yang akan dijadikan sebagai material bahan baku produk yang ingin dibuat dicairkan terlebih dahulu. Untuk mencairkan logam, tanur atau tungku yang digunakan sendiri bermacam-macam. Umumnya, tanur induksi frekuensi rendah digunakan untuk besi cor, tanur busur listrik atau tanur induksi frekuensi tinggi digunakan untuk baja tuang, dan tanur krus untuk paduan tembaga atau coran paduan ringan. Setelah cetakan dan logam cair sudah siap, selanjutnya yaitu proses menuangkan logam cair tersebut ke dalam cetakan. Pada umumnya, logam cair dituangkan dengan pengaruh gaya berat (gravitasi). Tapi terkadang, digunakan tekanan pada logam cair selama atau setelah penuangan.

    Setelah dituang dan logam telah mendingin dan mengeras, hasil pengecoran dikeluarkan dari cetakan dan dibersihkan dan diproses lebih lanjut. Mudah tidaknya membuat coran tergantung dari bentuk yang diinginkan. Semakin rumit bentuknya, semakin sulit membuat cetakannya. Workshop Tridodo Jaya sendiri dapat mengerjakan hingga 50 unit lampu taman berukuran besar dalam waktu satu bulan, dan lampu gantung untuk interior hingga 100 unit. “Untuk pesanan selama ini sebagian besar dari proyek Dinas Pekerjaan Umum, perumahan, hingga hotel dan kafe. Namun ada juga beberapa konsumen berasal dari perorangan yang memesan lampu gantung dan railing tangga untuk mempercantik dekorasi rumah mereka. Bukan hanya dari wilayah Klaten, customer Tridodo Jaya juga banyak yang berasal dari kota-kota besar lain seperti Jogja hingga Aceh, bahkan kami juga sempat menerima pesanan dari Brunei,” papar Widodo.

    Harga yang ditawarkan untuk produk dari workshop Tridodo Jaya berkisar antara 450 ribu hingga 1,5 jutaan untuk produk lampu gantung. Kemudian untuk produk-produk berukuran besar seperti lampu dan kursi taman hingga railing tangga berkisar antara harga 1,5 juta hingga lebih dari 10 jutaan, tergantung ukuran, bahan baku produk, serta tingkat kerumitannya. Demi memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya, Tridodo Jaya juga memberikan jasa pemasangan dengan biaya diluar harga produk tersebut. “Selain mengakomodasi custom design dari konsumen, workshop kami juga berinovasi dengan mengkombinasikan bahan cor logam dengan material kayu yang akan membuat produk kami semakin variatif dan menarik,” pungkas Widodo mengakhiri perbincangan. Farhan-red

    TRIDODO JAYA
    Cast Iron & Antique Craft Industry

    Jl. Batur-Kurung Baru, Ceper, Batur,
    Tegalrejo, Klaten, Jawa Tengah 57465
    Telp./Fax. (0272) 551444
    Hotline : 0813 2790 9313 - 0857 4607 3333
    www.tridodojaya.com
    E-mail : art.widodo@yahoo.com
    Whatsapp : 0878 8880 8968
    Instagram : CV.TRIDODO JAYA Wiwid Poer tridodojaya

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain