Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Pengejawantahan Goresan Karya Ardhyasa Fabrian Gusma, ST. M.sc

    Pengejawantahan Goresan Karya Ardhyasa Fabrian Gusma, ST. M.sc#1
    Pengejawantahan Goresan Karya Ardhyasa Fabrian Gusma, ST. M.sc#2
    Pengejawantahan Goresan Karya Ardhyasa Fabrian Gusma, ST. M.sc#3
    Pengejawantahan Goresan Karya Ardhyasa Fabrian Gusma, ST. M.sc#4
    Pengejawantahan Goresan Karya Ardhyasa Fabrian Gusma, ST. M.sc#5

    Jasa konsultan perencanaan dan desain arsitektur akan selalu dibutuhkan terutama di daerah perkotaan yang cukup besar. Bisa dikatakan pendirian bangunan baik untuk rumah tinggal, perkantoran ataupun gedung lainnya hampir setiap hari ada yang baru. Memang pembangunan seperti itu tidak dapat dipungkiri sebagai dampak dari kemajuan zaman dan modernisasi saat ini.

    Di tahun 2014, Ardhyasa Fabrian Gusma, ST. M.sc. bersama kedua rekannya mulai merintis sebuah bisnis di bidang architect & urban design studio bernama A+A Studio. Di awal kemunculannya, A+A Studio merupakan studio desain arsitektur pribadi milik pria lulusan Universitas Gadjah Mada tersebut yang menangani proyek-proyek dengan skala kecil saja. Bisnis tersebut pun dijalankan Gusma sembari menyelesaikan pendidikan S2. Kemudian bisnis tersebut mulai berkembang dengan rajin mengikuti berbagai sayembara desain proyek-proyek pemerintahan.

    “Berawal dari sikap kritis sekaligus keprihatinan saya terhadap kondisi tata perkotaan Jogja yang notabene penuh dengan area peninggalan instalasi karya arsitektur penuh filosofi. Jogja kok stagnan aja ya rasanya, sudah saatnya Jogja berinvestasi ke infrastruktur, untuk mendukung predikat kota ini sebagai kota pariwisata, budaya, dan pendidikan. Kemudian saya berkolaborasi dengan team mencoba menuangkan ide dan kreasi dalam rangka memperkuat karakter beberapa area sudut kota Jogja dengan konsep yang selaras dengan konsep multifungsi yang sarat filosofi,” paparnya Gusma, sapaan akrabnya.

    Desain-desain garapan pria kelahiran 22 Februari 1989 ini bersama tim A+A Studio sendiri telah banyak memenangkan sayembara desain yang diselenggarakan oleh pemerintah, bukan hanya di daerah Jogja namun juga proyek pemerintahan di berbagai kota besar lain. Prestasi pertama yang diperoleh yaitu berhasil memenangkan sayembara desain pedestrian kawasan Malioboro pada tahun 2014. Mulai area Tugu Pal Putih sepanjang Jalan Margo Mulyo (atau Jalan Mangkubumi-red) kemudian Jalan Malioboro sampai Titik Nol dan Kraton (Alun-Alun Utara).

    Gusma memberi contoh aplikasi, misalnya untuk pedestrian menawarkan konsep penanaman vegetasi khusus di sumbu filosofi Jogjakarta, mulai Tugu Pal Putih sampai dengan Kraton. Selain gradasi vegetasi sepanjang sumbu filosofi tersebut, diberikan pula gradasi atraksi. Di Tugu Pal Putih atraksi kesenian cenderung kontemporer, dan semakin mendekati Kraton atraksi budaya yang bisa disajikan akan semakin kental nuansa Jawanya. Ini akan memberi kesan atmosfer bagi pengunjung yang akan menyusuri Tugu sampai Kraton melewati Jalan Margo Mulyo sampai Jalan Malioboro akan terbawa dalam atmosfer filosofinya. Totalnya kami memberikan kurang lebih 30 konsep poin utama untuk di garap di pedestrian Malioboro tersebut, mulai dari vegetasi, atraksi budaya, area parkir, instalasi sanitasi, jalur pesepeda, jalur disabilitas, fasad bangunan kolonial-indisch di area Malioboro, sampai ruang street art-nya. “Pedestrian Malioboro harus melihat sisi filosofisnya dulu, fungsi, teknis, baru estetikanya,” paparnya.

    Keberhasilan tersebut seolah menjadi trigger dari prestasi-prestasi lain yang sukses didapatkan Gusma. Dengan prestasi yang telah ditorehkan dengan bendera A+A Sudio tersebut, akhirnya Gusma dipercaya sebagai Principal Architect PT. Tri Patra Konsultan sejak tahun 2017. Dengan bendera PT. Tri Patra Konsultan tersebut, Gusma juga telah berhasil menyelesaikan berbagai proyek dengan skala yang jauh lebih besar. Seperti Landscape Entrance dan Interior Gate Taman Pintar, West Gate Entrance Kepatihan Yogyakarta, Masterplan Design Bioskop Ex Indra, Halte Tranjogja Malioboro, Masterplan Design Kawasan Penanda Keistimewaan Yogyakarta, Planning Pedestrian and Toilet underground Taman Pintar Malioboro, dan masih banyak lagi beberapa karya Gusma beserta PT Tri Patra Konsultan. “Untuk saat ini, saya bersama PT Tri Patra Konsultan sedang menyiapkan konsep area Gedung DPRD Provinsi DIY serta Taman Pintar 2,” papar Gusma.

    Gusma menceritakan rahasia suksesnya menjalankan bisnis A+A Studio sekaligus menjadi Principal Architect di PT. Tri Patra Konsultan. Dikatakan bahwa A+A Studio sendiri merupakan bentuk idealisme dan kreatifitas desain yang ingin dituangkannya bersama tim, dimana tidak akan dibatasi oleh regulasi hingga anggaran terbatas yang biasanya terdapat pada proyek-proyek pemerintahan. Sedangkan di PT. Tri Patra Konsultan, desain yang diciptakan harus menyesuaikan dengan berbagai faktor yang ada dimana Gusma harus sedikit meredam idealismenya. Kedua hal tersebut seakan menjadi penyeimbang bagi karirnya di bidang desain arsitektur. Serta memberikan fungsi sosial yakni berusaha semaksimal mungkin memberdayakan potensi warga lokal dan seniman lokal dalam mengejawantahkan sebuah karya.

    Hingga saat ini, A+A Studio telah berkembang dan memiiki total 20 orang tim. Selain itu, A+A Studio juga selalu menjadi tempat bagi mahasiswa magang yang sedang menyelesaikan pendidikannya maupun fresh graduate yang ingin menambah portofolio di CV mereka dengan berbagai proyek-proyek bergengsi garapan studio konsultan desain arsitektur tersebut. Tak heran apabila A+A Studio dipercaya untuk bekerjasama dengan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dalam Program Profesi Arsitektur (PP. Ars.). Jadi setelah lulus, mahasiswa jurusan arsitek akan menjalani program kerjasama tersebut untuk memperoleh sertifikasi Profesi Arsitektur. Wahyu Pras & Farhan

    Ardhyasa Fabrian Gusma, ST. M.sc
    (Founder A+A Studio & Principal Architect PT. Tri Patra Konsultan)

    A+A Studio, Yogyakarta, Indonesia
    Architects, Interior & Urban Design

    Phone : 0856 4002 5773
    Email: aa.studio.indonesia@gmail.com

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain