Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Pertegas Konsep Industrial Ide Ornamen Karya Besi Cantik

    Ornamen Besi Cantik Jogja
    Meja Diamond Black & White
    Meja Industrial Chevron dan Wall Triangel Gold
    Proses pembentukan besi sesuai desain produk
    Proses Welding

    Industrial adalah gaya interior yang awalnya muncul dan mulai populer di Eropa saat banyak bangunan bekas pabrik yang tidak lagi digunakan. Dari bangunan-bangunan tak terpakai itulah kemudian muncul ide untuk merenovasi kembali tanpa menghilangkan karakter aslinya. Bangunan bekas pabrik ini pun banyak dijadikan hunian dan kemudian dikenal dengan nama loft. Industrial merupakan gaya yang muncul dari ide mendekorasi bangunan bekas pabrik bergaya ekspos yang khas. Gaya ini identik dengan tampilan yang maskulin, unfinished, dan menitik beratkan pada penggunaan warna gelap serta monokrom. Gaya industrial kini banyak digemari sebagai gaya desain interior yang banyak diterapkan untuk cafe, barbershop, hingga rumah tinggal. Sentuhan industrial pun kini banyak digemari sebagai salah satu gaya interior paling populer yang diterapkan pada hunian-hunian modern. Banyak cara untuk mendekorasi ruangan agar memiliki tampilan ala industrial yang unik. Di antaranya dengan menggunakan berbagai perabotan atau furnitur yang sesuai.

    Salah satu workshop yang menyediakan berbagai macam furnitur dan home decor bergaya industrial hingga scandinavian di kawasan Yogyakarta adalah Besi Cantik. Berawal ketika owner, Rima Setyowati pergi ke Jakarta kemudian masuk ke IKEA untuk melihat perabot-perabot rumah tangga. Dari sana timbul ide untuk mendesain dan membuat dekorasi rumahnya sendiri yang kemudian berlanjut hingga menjadi bisnisnya hingga kini. “Jadi karena dulu memutuskan untuk keluar dari pekerjaan dan memulai usaha. Sempat beberapa kali mencoba berbagai jenis usaha, tapi kok belum ketemu yang klik di hati saya. Lalu iseng bikin dekorasi rumah sendiri yang banyak terinspirasi ketika saya melihat-melihat barang yang dijual di IKEA. Ternyata seru dan respon pasar juga baik, akhirnya berlanjut hingga sekarang,” ujar Rima, sapaan akrabnya.

    Workshop yang fokus memproduksi barang-barang home decor seperti meja, rak, hingga kursi dengan desain minimalis bernuansa industrial dan scandinavian tersebut mulai beroperasi sejak tahun 2017. Berawal dari berpindah-pindah bengkel las untuk mendapatkan hasil yang benar-benar memenuhi kriterianya, hingga kemudian saat ini workshop tersebut telah mempunyai 5 orang karyawan yang mengerjakan proses produksinya. Bahkan dari yang awalnya hanya mengerjakan standing pot bunga berukuran kecil, saat ini telah berkembang hingga produk-produk berukuran besar seperti meja dan rak.

    Seluruh proses produksi workshop Besi Cantik dilakukan secara rumahan yang berlokasi di Cokro Gedok, Sidoarum, Godean, Sleman, Yogyakarta. Bahan baku besi yang digunakan yaitu besi bulat/besi cor, besi hollow, dan besi nako dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Untuk material kayu yang digunakan sebagai kombinasinya, Besi Cantik menggunakan beberapa bahan seperti kayu Pinus, Mahoni, Damar, hingga Jati Belanda. Bahan baku tersebut dipilih karena kualitasnya yang cukup baik serta ketersediaannya yang cukup banyak di pasaran. “Untuk menjaga kualitas produk kami, bahan baku yang digunakan juga tidak sembarangan. Untuk material besi kami menggunakan besi berstandar SNI. Untuk material kayunya kami memilih menggunakan jenis kayu solid daripada kayu olahan yang tentu saja memiliki daya tahan yang lebih baik,” papar Rima.

    Proses produksi dimulai dari mendesain produk yang akan dibuat, baik untuk barang ready stock, pre order, maupun custom order dari pelanggan. Setelah mendapat desain, kemudian dilanjutkan dengan persiapan bahan yang dibutuhkan. Bahan baku yang telah disiapkan lalu dipotong dan dibentuk sesuai ukuran dan pola yang telah dibuat. Untuk bahan baku besi, selanjutnya akan melalui proses welding hingga membentuk produk yang diinginkan. Sementara bahan baku kayu terlebih dulu akan melalui proses pemotongan sesuai dengan desain, kemudian potongan kayu akan masuk pada proses pengamplasan untuk memperoleh permukaan yang lebih halus sebelum dicat sesuai warna yang diinginkan. Setelah kedua bahan baku jadi kemudian dirakit hingga terbentuk produk setengah jadi yang siap masuk proses pengecatan dan finishing untuk mendapatkan tampilan yang lebih cantik. Workshop Besi Cantik juga selalu mengikuti trend yang sedang berkembang saat ini dengan menggunakan warna-warna pastel dan soft bernuansa scandinavian untuk produk-produknya.

    Saat ini konsumen Besi Cantik bukan hanya dari Yogyakarta, namun telah merambah hingga kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Hal tersebut tidak terlepas dari strategi pemasaran melalui media sosial Instagram yang dilakukan owner untuk mendongkrak penjualan produknya. Rima mengakui jika hampir setiap bulan dirinya mempromosikan produk dari Besi Cantik dengan melakukan endorsement pada beberapa akun-akun selebgram yang memiliki cukup banyak followers. Dengan begitu workshop tersebut akan lebih dikenal oleh masyarakat. “Biasanya memang tiap bulan saya endorse selebgram-selebgram untuk mempromosikan produk Besi Cantik lewat akun media sosial mereka. Terkadang saya juga memberikan promosi berupa giveaway yang berhadiah produk-produk kami kepada followers Besi Cantik. Dan ternyata dampaknya juga cukup signifikan untuk mendongkrak promosi yang berpengaruh juga terhadap penjualan produk kami,” imbuh Rima.

    Dari segi harga yang ditawarkan untuk produk dari workshop Besi Cantik terbilang beragam dan cukup terjangkau, sesuai dengan kualitas dan nilai estetika dari barang yang dihasilkan. Mulai dari 40 ribu untuk produk berukuran kecil seperti Triangle Planter. Untuk meja dan rak industrial ditawarkan mulai dari harga 485 ribu hingga 510 ribu rupiah. Untuk produk termahal yaitu rak custom berukuran besar dihargai 850 ribu rupiah. “Kalau untuk harga produk kami cukup beragam ya, karena produk kami juga jenisnya banyak. Mulai dari yang berukuran kecil hingga produk custom berukuran besar. Kemudian untuk custom order sendiri harganya menyesuaikan dengan tingkat kesulitan serta ukuran dari produk tersebut,” tambah Rima.

    Hingga saat ini, kapasitas produksi dari workshop Besi Cantik mencapai 80 hingga 100 item per bulannya dengan kurang lebih 30 desain produk yang tersedia. Untuk lebih melebarkan sayap penjualannya, Besi Cantik juga sering mengikuti pameran-pameran yang diadakan oleh pemerintah untuk mempromosikan UMKM yang ada di daerah Yogyakarta. “Akhir-akhir ini sering mengikuti pameran-pameran yang diadakan oleh dinas pemerintah. Hal tersebut tentu saja untuk lebih mempromosikan hasil karya kami kepada masyarakat luas. Harapan kami nantinya produk-produk dari Besi Cantik dapat menembus pasar ekspor juga,” pungkas Rima. Farhan-red

    Besi Cantik Jogja
    Cokro Gedok, Sidoarum,
    Godean, Sleman, Yogyakarta
    Telp : 08988959558
    Instagram : besicantik_jogja

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain