Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Progress & Lokasi Baru Utara-Tengah-Barat – bagian 1

    Kuantan Townhouse Giwangan tipe 75
    Rumah contoh tipe 100 Villa Bougenville
    Model rumah tipe 50 Adara Citra
    Perspektif kawasan rumah tipe 125, Tjokroningrat Residence
    Perspektif kawasan The Palace Apartment & Condotel

    Perkembangan Jogja yang semakin pesat pada akhirnya memang mengubah pola pengembangan investasi properti di wilayah tersebut. Jogjakarta hingga kini masih menyimpan potensi besar di sektor properti khususnya rumah tapak. Pasalnya, Jogja adalah kawasan wisata dan pusat pendidikan yang selalu memiliki daya tarik bagi pendatang untuk tinggal. Potensi tersebut membuat bisnis properti di Jogjakarta prospektif. Bahkan, pembeli dari luar kota ini diperkirakan lebih dari 70 %.

    Salah satu faktor yang menyebabkan harga rumah tapak naik secara konsisten adalah karena daerah tersebut merupakan tujuan wisata utama di Indonesia selain Bandung, dan Bali. Tren positif dari sektor pariwisata ini turut menyumbang terhadap pertumbuhan ekonomi DIY. Area Sleman masih menjadi primadona, sehingga harga jualnya masuk kategori premium, wilayah kota mulai bergeser ke arah vertical housing dan konsep townhouse, nah sisi Timur dan Barat mulai dilirik pelaku properti. Berikut kami hadirkan beberapa lokasi baru, baik rumah tapak dan hunian berkonsep apartemen serta progress terkini lokasi perumahan di beberapa titik strategis, khususnya area Jogja dan Sleman.

    Kuantan Townhouse Giwangan merupakan kawasan garapan PT. Merapi Arsita Graha yang berada di area dalam Ringroad Jogjakarta yang cocok bagi kaum urban modern, yakni rumah berkonsep townhouse. Rumah minimalis tropis berpadu padan dengan konsep modern menjadi salah satu pertimbangan utama bagi kaum generasi milenial saat memilih rumah tinggalnya. Oleh karena itu, banyak orang yang menjatuhkan pilihan pada townhouse.

    “Penataan kawasan yang rapi, senada, dan menyuguhkan deret bangunan nan mewah menjadi ciri khas perumahan kami ini dengan langgam arsitektur minimalis tropis. Setiap bangunan dua lantai akan menampilkan garis-garis tegas sebagai simbol minimalis, sedangkan konsep tropis akan kami hadirkan dalam bentuk taman-taman penghijauan di area perumahan dan di setiap unit kavling rumah,” ujar Adoram Arthanto, Manajer Marketing, PT. Merapi Arsita Graha.

    Kuantan Townhouse Giwangan menawarkan 26 rumah, dengan konsep hunian 2 lantai dengan pilihan tipe 62 dan tipe 75 dengan luas lahan yang beragam. Lantai 1 dikonsep sebagai area publik, dimana kegiatan bersama tamu akan lebih banyak terjadi di lantai tersebut. Sedangkan untuk area yang lebih private, pihaknya menyajikan di lantai 2, dengan penataan ruang berupa 2 kamar tidur di lantai tersebut. “Secara desain ruang tidak berbeda jauh, hanya saja untuk tipe 75 dapat dikembangkan menjadi tipe 78 dengan kamar tidur utama memiliki kamar mandi sendiri. Carport tipe 75 dapat menampung dua mobil, tipe 62 hanya satu mobil saja. Bahkan saat ini kami juga menawarkan beberapa tipe alternatif kepada konsumen, mulai dari tipe 82 hingga tipe 96 dengan luas tanah mencapai 120 m²,” terang Ado, panggilan sehari-harinya.

    Kuantan Townhouse Giwangan juga menyajikan beragam fasilitas dalam kawasan. Dikatakan Ado, fasilitas tersebut dihadirkan untuk mengakomodasi dan menambah kenyamanan penghuni. "Fasilitas clubhouse, jalan lingkungan yang cukup lebar, one gate system, sistem keamanan 24 jam dengan CCTV lingkungan, CCTV setiap unit rumah, dan jaringan IndiHome di setiap rumahnya,” katanya.

    Hingga awal tahun 2018 ini tercatat potensi penjualan unit Kuantan Townhouse Giwangan yang terus meningkat. Peningkatan potensi penjualan tersebut juga tidak lepas dari perkembangan pembangunan sarana dan fasum di kawasan perumahan yang sudah terbangun, diantaranya jalan lingkungan, main gate, serta taman. Untuk memudahkan calon konsumen yang ingin membeli unit rumah di Kuantan Townhouse Giwangan, pihak developer juga menyediakan beberapa unit rumah ready stock sekaligus sebagai rumah contoh fully furnished. “Dengan adanya rumah contoh tersebut, calon konsumen akan dibantu cara menata interior yang estetik dan fungsional,” lanjutnya.

    Lebih lanjut, Ado menambahkan jika saat ini, satu unit hunian dengan konsep ala apartemen tersebut ditawarkan pada kisaran harga mulai dari Rp. 900 jutaan. “Harga yang ditawarkan untuk unit rumah di Kuantan Townhouse Giwangan tersebut bisa dibilang harga yang relatif murah untuk lokasi, konsep bangunan, dan kualitas yang prima untuk hunian dan investasi,” tambahnya. Harga tersebut semakin menarik dengan aksesibilitas yang ditawarkan perumahan Kuantan Townhouse Giwangan.

    Beberapa pilihan cara bayar pun ditawarkan pengembang tersebut untuk memberikan kemudahan bagi para calon konsumennya. “Kami tawarkan cara bayar tunai bertahap 18 X dengan DP yang dapat dicicil sebanyak 4 X, serta fasilitas pembayaran melalui KPR dari bank terkemuka yang telah bekerjasama dengan PT. Merapi Arsita Graha.” ucapnya. Sebagai jaminan produk yang ditawarkan berkualitas tak hanya segi bangunan, pihaknya sudah mengurus legalitas dan perijinan. “Legalitas kami sudah sampai tahap pecah per kavling,” terangnya. Dengan jaminan legalitas yang komplit dan kualitas bangunan, pihaknya mentargetkan Kuantan Townhouse Giwangan akan habis terserap selama 2 tahun dengan kenaikan investasi di kisaran 15% – 20% per tahun.

    Villa Bougenville hasil besutan developer PT. Tunggal Putra Bahagia Sejahtera ini terus berupaya mengikuti kesuksesan penjualan perumahan sebelumnya di sisi Timur kota Jogjakarta, yakni Villa Estetika. Pengembang yang mempunyai kantor pemasaran di Jl. Suroto No. 10, Kota Baru, Jogjakarta kembali meluncurkan produk bernuansa Villa yang berada di kawasan Jogja Utara yang masih asri dan nyaman untuk dijadikan sebuah rumah tinggal. “Perumahan dengan konsep Villa ini sebenarnya bermula dari masukan-masukan yang diberikan oleh konsumen perumahan terdahulu kepada kami. Demi mewujudkan permintaan konsumen dan demi kepuasan konsumen yang seolah-olah tinggal di villa, maka produk kami selalu menggunakan konsep tersebut, tak terkecuali pada Villa Bougenville. Villa Bougenville merupakan perwujudan sebuah karakter hunian premium dengan berbagai kemudahan akses yang berada di kawasan prestisius,” papar Danny dan Sita selaku Marketing PT. Tunggal Putera Bahagia Sejahtera.

    Respon pasar di tahun 2018 kami yakini semakin baik, hal tersebut terbukti dengan banyaknya calon konsumen yang berdatangan ke lokasi untuk berkonsultasi sekaligus survey lokasi. “Untuk semakin menunjang minat pasar, kami juga menghadirkan unit rumah contoh, baik rumah 1 lantai maupun rumah 2 lantai. Selain itu, beberapa infrastruktur pendukung seperti pagar keliling kawasan, jalan lingkungan, dan maingate kawasan yang lengkap dengan pos security nya pun sudah selesai kami bangun. Saat ini rumah contoh 2 lantai juga sudah selesai pembangunannya dan akan segera full furnished, selanjutnya akan diikuti kehadiran rumah contoh untuk tipe 1 lantainya,” imbuh Sita.

    Secara konsep, Villa Bougenville di rancang sebagai hunian minimalis modern dengan nuansa tropis. Konsep hunian tropis akan terlihat dalam denah ruang rumah serta dari bahan material yang digunakan pada setiap rumah. Area asri dari hijaunya tumbuhan akan dirasakan oleh para penghuni komplek perumahan di Villa Bougenville, mulai dari bagian depan, samping, hingga belakang rumah. Fasilitas jalan lingkungan selebar 7 meter pun akan memberi kenyamanan serta keleluasaan aktifitas penghuni di kawasan perumahan.

    Villa Bougenville berada di lokasi yang strategis dan cerah akan nilai investasi. Lokasi tersebut tepatnya berada di Jl. Raya Tajem, Sleman dengan total lahan ± 1 Hektar. Kawasan perumahan ditunjang dengan berbagai akses kemudahan, seperti sarana pendidikan kampus USD Maguwo, Instiper, Unriyo, Sekolah Budi Mulia , serta hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit menuju Bandara Internasional Adisucipto, terkoneksi dengan akses Ringroad Timur dan Jalan Raya Jogja – Solo, 10 menit dari pusat hiburan dan perbelanjaan TransMart dan kawasan kampus STIE YKPN-UPN Veteran-Atmajaya-UII Ekonomi. Selain itu lokasi Villa Bougenville juga dekat dengan sarana olahraga seperti Stadion Internasional Maguwoharjo dan Wahana Wisata Air Jogja Bay dan Hartono Mall. Dan terdukung pula dengan berbagai fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit Medika, Rumah Sakit Hermina, dan tak jauh dari Rumah Sakit JIH.

    Kawasan Villa Bougenville menawarkan hunian sebanyak 57 unit yang terbagi menjadi hunian satu lantai dan dua lantai. Hunian satu lantai yang ditawarkan adalah tipe bangunan 62, sedangkan untuk hunian dua lantai ditawarkan pada tipe bangunan 100 dengan luasan tanah mulai 125 m² sampai yang terbesar seluas 156 m². “Untuk harga, kami tawarkan mulai kisaran 800 jutaan untuk rumah 1 lantainya serta kisaran harga 1 miliaran untuk rumah 2 lantainya. Harga tersebut sudah termasuk PPN, IMB, biaya pemasangan listrik, dan air bersih. Konsumen yang mengambil unit rumah di Villa Bougenville berkesempatan pula mendapatkan bonus tambahan, berupa paket tour wisata ke Bangkok dan Malaysia,” kata Danny dan Sita menutup perbincangan.

    Adara Citra merupakan wujud konsep baru sebuah tinggal dalam kawasan hunian yang mengedepankan ruang terbuka yang cukup dominan. Sebagai perumahan terbaru garapan PT. Citra Kedaton, menghadirkan nuansa yang berbeda dalam penyajian sebuah cluster perumahan, khususnya yang berada di Timur Laut Kota Jogjakarta. “Adara Citra ini berada di atas lahan 5000 m2 dengan menyediakan 29 unit rumah tinggal dengan model 2 tipe rumah, yakni tipe 50, tipe 60, dan tipe 65 dengan luasan tanah 125 m2, “ papar Jusan, Marketing PT. Citra Kedaton.

    Adara Citra mempunyai desain cukup unik dari kebanyakan perumahan umumnya. Dengan desain yang menawarkan fasad 2 muka untuk setiap rumahnya. “Kita bikin detached house - bigger open space, sehingga setiap rumah yang dihadirkan di Adara Citra kesannya tidak berhimpitan karena semua unit rumahnya memiliki halaman samping, atau bisa dikatakan, bahwa semua unit rumahnya memiliki 2 muka, layaknya rumah yang berada di posisi hook. Selain itu, dengan rumah yang berdiri sendiri dan tidak berhimpitan, penghuni akan merasa lebih nyaman dan antusias melihat tanah kavlingnya lebih luas.

    “Pertimbangan kami mengeluarkan konsep ini bahwa halaman rumah merupakan satu kebutuhan dalam hunian. Halaman yang dibutuhkan tak melulu halaman depan dan belakang. Halaman samping juga dirasa perlu sehingga perumahan yang dibangun tidak terkesan berhimpitan. Area halaman samping ini bisa dimanfaatkan untuk area bermain anak maupun untuk memberi ruang sirkulasi udara yang lebih maksimal, selaras dengan konsep Green Living,” papar Jusan.

    Lokasi Adara Citra berada di sisi Timur Candi Sambisari, daerah Purwomartani Kalasan Sleman, yang berada di area pengembangan perkotaan Kabupaten Sleman. Perumahan ini sangat dekat dengan berbagai fasilitas penunjang, terhubung dengan akses jalan Raya Jogja – Solo km. 11 maupun ringroad Timur, dekat dengan Bandara Internasional Adisucipto yang berjarak 2 km, beberapa kampus pendidikan Unriyo, USD Kampus III Maguwoharjo, Ukrim Kalasan, serta kawasan pendidikan Budi Mulia. Untuk fasilitas kesehatan, juga dekat dengan rumah sakit Hermina, rumah sakit Bhayangkara dan pusat perbelanjaan LotteMart serta TransMart.

    Dalam perjalanan hampir setahun pemasaran, progress penjualannya menunjukkan angka yang cukup signifikan. PT. Citra Kedaton menyebutkan, sekarang harga jualnya berada di kisaran 617 jutaan untuk tipe 50, serta kisaran 669 jutaan untuk tipe 60 serta 695 jutaan untuk tipe terbesarnya, yakni tipe 65. Harga tersebut sudah include PPN dan IMB.Adapun segmentasi pasar, lebih menyasar pada keluarga muda yang memiliki keperluan membeli rumah pertama.

    Jusan mengungkapkan, terdapat fenomena baru, bahwa kebanyakan konsumen yang mengambil rumah di Adara Citra, memakai cara bayar secara cash bertahap daripada cara KPR. Untuk pembayaran tunai bertahap, ada pilihan cash keras yang melunasi dalam waktu tiga bulan, ada pula dalam 12 bulan, dan 24 bulan dengan DP sebesar 30%.

    “Kami juga sudah selesaikan 6 unit rumah berlanggam arsitektur modern-indische style dengan berbagai tipenya, dan siap kita serah terimakan ke konsumen. Untuk infrastrukturnya, kami sedang on progress menyelesaikan semua fasilitas umum, yakni berupa pagar keliling kawasan, pintu gerbang dengan pos keamanan 24 jam, serta perkerasan jalan lingkungan selebar 8 meter dengan memakai conblock. Sampai awal tahun 2018 ini, Adara Citra sudah terjual sekitar 65 % dan menyisakan 12 unit rumah. “Kami optimis, tahun 2018 seluruh unit rumah Adara Citra bisa terserap pasar properti,yang diprediksi akan lebih meningkat dibandingkan tahun 2017 lalu,” pungkas Jusan optimis.

    Tjokroningrat Residence menjadi salah satu dari semakin sedikitnya kawasan hunian yang bisa dihadirkan di pusat kota Jogjakarta. Perumahan yang terletak di Jalan Menteri Supeno, Jogjakarta tersebut hadir bagi konsumen kelas middle up, yang hadir dengan konsep mini cluster.

    “Tjokroningrat Residence ini letaknya strategis untuk menjangkau pusat kota maupun berbagai sarana pemenuhan hidup sehari-hari. Konsep bangunan dua lantai dengan sentuhan etnik klasik. Sentuhan ornamen-ornamen pemanis, dan atap limasan kami yakin akan memberikan karakter yang kuat bangunan yang nyaman untuk tempat tinggal. Sentuhan konsep Jawa yang kental dalam ruangan akan kami berikan pada ruang keluarga yang kami berikan lantai bermaterial tegel,” tutur Sary.

    Andrea Sary, Marketing PT. Cakrawala Metrik tersebut menuturkan pihaknya hadir untuk menjawab permintaan pasar kelas premium di Jogja yang masih cukup baik. Konsep bangunan yang ditawarkannya pun cukup mewakili keberadaan perumahan yang berada di Jogja. Dalam kawasan tersebut saat ini sedang dalam masa pembangunan beberapa unit yang terpesan, fasilitas maingate dan jalan lingkungan selebar 7 meter.

    Memasuki tahun 2018 ini, perumahan tersebut mendapat respon pasar makin positif. Hampir 70% berasal dari luar kota Jogja. “Hingga Januari 2018, Tjokroningrat Residence sudah terjual 7 unit dari total 22 rumah yang kami tawarkan. Respon pasar cukup baik, banyak yang sudah datang ke lokasi dan bertanya-tanya untuk mendapatkan informasi, rata-rata mereka suka dengan konsep bangunan yang kami tawarkan,” ucapnya.

    Dipaparkan Sary dengan luas tanah rata-rata di atas 100 m² hunian Tjokroningrat Residence ditawarkan mulai dari kisaran harga 1,3 miliaran. Harga tersebut sudah termasuk IMB, PPN, PPH, dan biaya pecah sertipikat. Menurutnya harga tersebut berbanding dengan konsep dan lokasi yang disajikan Tjokroningrat Residence. Lokasi tersebut memiliki waktu tempuh yang cukup menarik, seperti 5 menit untuk menjangkau Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Islam Indonesia Tamansiswa, 15 menit menuju Superindo, 20 menit menuju Stasiun Tugu Jogja, Mall Galeria, Malioboro, dan Rumah Sakit.

    Desain bangunan yang disajikannya pun kini semakin disempurnakan. Dikatakan Sary, penyempurnaan desain ini atas masukan dari beberapa calon konsumen serta beberapa konsumen loyal kami, yang ikut tertarik mengambil kembali unit rumah di Tjokroningrat Residence ini. Rumah standar kami, yang ditawarkan mulai tipe 125, sudah mengcover kebutuhan ruang penghuninya. Memiliki denah ruang berupa garasi, carport, taman depan belakang rumah, ruang tamu, ruang makan, dapur, ruang keluarga, dan satu kamar tidur di lantai satu. Lantai dua ditata dengan dua kamar tidur standar, kamar mandi dan satu kamar tidur utama yang cukup luas.

    “Desain bangunan kami rasa sudah cukup komplit. Setiap rumah akan kami berikan pagar dan canopy carport. Hal tersebut kami berikan berdasar pengalaman kami di perumahan sebelumnya, banyak konsumen yang menambahkan pagar dan canopy, sehingga dengan satu paket tersebut fasad bangunan akan tetap seragam dan rapi. Kesan eksklusif kawasan juga tentunya akan terbentuk,” ujar Sary saat di temui di kantornya.

    Diungkapkan Sary, pihaknya tengah menawarkan diskon khusus untuk pembelian di awal tahun 2018 ini dengan cara bayar cash keras dan bertahap, yakni mendapatkan diskon sampai 100 juta. Untuk keamanan produk, Sary menegaskan bahwa perijinan dan legalitas Tjokroningrat sudah beres. “Keamanan produk terjamin, sehingga cocok bagi konsumen yang mau mencari tempat tinggal maupun investasi. Letaknya di tengah kota, sangat potensial untuk difungsikan sebagai guesthouse atau homestay. Harga sewa harian guesthouse di daerah tersebut sudah menyentuh 1,5 hingga 2,5 juta, tentu saja potensi untuk investasi sangat menggiurkan.”

    The Palace Apartment & Condotel sangat tahu keinginan orang untuk kembali ke Jogja, sekaligus memberikan kesempatan buat siapa saja untuk sama-sama berinvestasi di kota pendidikan, budaya, dan wisata ini. Pilihan investasi yang nyaman karena terletak di tepi Jalan Kaliurang km. 11 yang merupakan jalur utama wisata Jogja yang diapit oleh kampus-kampus besar (UGM dan UII). Dibangun untuk menjadi salah satu icon hunian highrise building di sisi Utara kota Jogja. Selaku developernya, PT. Funaru Berkah yang tergabung dalam brand Agung Development yang merupakan developer nasional yang mempunyai beberapa proyek baik landed house maupun highrise building di beberapa kota di Indonesia. “Pilihan tepat dan aman karena The Palace adalah proyek properti yang sudah mengantongi syarat dan izin pemerintah daerah kabupaten Sleman, yakni Izin Amdal : 004/SKKU/KEP.KDH/A/2015 dan Izin IMB : 503/013861.54.14/0100IMB/2016. ,” ungkap Asyikin, selaku General Manager Marketing PT. Funaru Berkah.

    “The Palace sangat berterima kasih kepada para konsumen perdana yang telah percaya untuk membeli waktu awal peluncuran. Dengan telah mengantongi izin-izin, kami semakin mantab memberikan yang terbaik kepada konsumen. Saat ini sudah dilakukan pembangunan konstruksi gedungnya, yang didukung oleh kontraktor berpengalaman di bangunan tinggi, apartemen dan hotel di Indonesia, yaitu kontraktor TATA BUMI RAYA, bahkan di Jogja sudah ada beberapa proyek yang juga telah dikerjakan dan diselesaikan,” lanjut Kinkin, sapaan akrabnya.

    Fasilitas yang ditawarkan meliputi lifestyle center berupa cafe,shopping arcade, family karaoke, restoran, dan butik. Selain itu juga terdapat panoramic sky ballroom dengan kapasitas hingga 700 orang. “Fasilitas kami cukup lengkap, parkir kami memiliki dua basement yang dapat menampung hingga lebih dari 200 kendaraan,” ungkap Ike Prasetyani, selaku Marketing Managernya. Dengan kelengkapan yang dimilikinya The Palace Apartment-Condotel kini sudah dipasarkan mulai dari 500 jutaan untuk apartemen dan 900 jutaan untuk kondotel.

    The Palace Apartment menawarkan sekitar 353 unit kamar dengan beragam tipe. Tipe Apartemen terdiri dari 3 tipe yaitu tipe Studio (24,41 m² semi gross), tipe Studio + (25,16 m² semi gross), tipe 1 BR (37,8 m² semi gross) dan tipe 2 BR (53,24 m²) semi gross, dan tipe 2 BR + (60,68 m2 semi gross). “Kami lebih banyak menawarkan tipe Studio sebagai pilihannya sesuai minat pasar Apartemen sekarang. Tipe Studio paling banyak diminati dan sudah banyak yang terjual”, sambung Ike. Dengan show unit tipe Studio 24,54 m² semigross yang sudah dibangunnya, konsumen tak perlu susah membayangkan penataan interior yang dapat dimilikinya. Konsumen dapat menata interior berupa, kamar mandi, dapur bersih, ruang utama sebagai tempat tidur yang cukup luas, dan balkon untuk bersantai.

    Sedang untuk Condotelnya menyajikan tipe standar yang terdiri dari tipe deluxe (23,44 m²) semigross, twin (23,44 m²) semigross dan tipe superior (31,22 m²) semi gross. Condotel juga sudah ditawarkan dengan konsep fully furnish dan dikelola oleh operator berkelas bintang 4. “Untuk Hotel management kami percayakan kepada Golden Tulip Essential yang telah terkenal sebagai operator banyak hotel, dengan pengalaman yang dimilikinya kami yakin Condotel ini akan terjaga kenyamanannya”, ucapnya lagi.

    The Palace akan memberikan beberapa skema kemudahan cara bayar cukup beragam. Ada beberapa cara pembayaran yang ditawarkan, mulai dari cash keras, installment dan KPA serta juga bisa 500 ribu...Oke! Langsung Akad. Dikatakan Ike bagi konsumen yang ingin Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), kami siap membantu. “ Bank BRI, Bank BNI, dan BTN Syariah sudah bekerjasama, siap membantu pembayaran dengan KPA. Wahyu pras&Farhan – red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain