Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Properti 300 - 700 Jutaan Percaya Diri Di Masa Pandemi-bagian 2

    Kawasan rumah tipe 56-hook, area blok F,  Royal Sedayu Residence
    Perspektif kawasan rumah tipe 45 & 50 perumahan Arya Green Kalasan
    Tipe 50 Mukti Sendangtirto Residence

    Royal Sedayu Residence menunjukkan progress pembangunan kawasan yang signifikan. PT Utama Jaya Mekar terus berbenah untuk menghadirkan kawasan yang nyaman, aman, eksklusif, prestisius, serta bernilai investasi tinggi. Keunggulan utamanya terletak di lokasi yang berada di tepi Jalan Provinsi Jogja – Wates km. 12 Argorejo Sedayu Bantul, yang notabene menjadi jalur utama menuju magnet terbaru DIY, yakni keberadaan dan telah resmi beroperasinya Bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo per akhir Maret 2020 lalu. Menawarkan aksesibilitas yang baik untuk menjangkau berbagai sarana pembangkit lingkungan, seperti sangat dekat dengan Universitas Mercubuana Yogyakarta, 8 menit dari kampus Terpadu UMY, 5 menit dari Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, dan ke depan akan sangat dekat dengan infrastrktur baru yakni akses Jogja Outer Ringroad, rencana kawasan Kampus Baru UKDW di wilayah Sedayu, serta tak jauh dari Kampus UIN Terpadu di Pajangan.

    Jogja memiliki magnet luar biasa dari sisi bisnis properti skala nasional. Semakin berkibar dengan predikat kota pendidikan, kota budaya, dan kota wisatanya. “Secara posisi lokasi, perumahan kami ini berada di tengah antara 2 milik DIY, yakni Bandara YIA serta Bandara Adisutjipto yang memiliki waktu tempuh sama yakni sekitar 45 menit dan 20 menit saja dengan titik nol atau pusat kota Jogja. Di yakini area kami akan tumbuh pesat seiring dengan pertumbuhan perekonomian wilayah Sedayu dan Kulon Progo dan dukungan infrastruktur transportasi maupun sarana pendidikan yang menjadi trigger utama perkembangan menuju area sub urban Jogjakarta,” terang Welly Luxza Pradana, Direktur PT Utama Jaya Mekar saat ditemui di lokasi perumahan. Secara umum pasar properti Jogja yang masih banyak demand-nya adalah dengan harga di kisaran 500 - 800 jutaan atau pasar middle.

    Royal Sedayu Residence yang berdiri di atas lahan 1,7 hektar ini menghadirkan berbagai pilihan tipe hunian dengan konsep modern minimalis, sesuai perencanaan akan menawarkan sebanyak 70 unit hunian. Konsumen juga bisa request tata latak ruang dan upgrade spesifikasi bangunan. “Kami tawarkan dengan berbagai tipe, yakni tipe 50, tipe 56 (hook) untuk rumah 1 lantainya serta tipe 75, dan tipe 90 untuk rumah 2 lantainya. Adapun luasan tanahnya mulai 105 m² sampai dengan yang terluas ukuran 155 m². Untuk tahap awal pemasaran, kami buka area blok D, E, F, dan blok G terlebih dahulu. Harga yang kami berikan sekarang dikisaran 700 jutaan untuk tipe 50/108. Harga tersebut sudah include air bersih PDAM, PLN 2200 VA, IMB split, Sertipikat HGB sudah pecah per kavling. Saat ini kami juga berikan opsi 5 unit terbatas di blok D, diberikan alternatif dengan adanya private pool standar bangunan 75, karena memiliki pilihan luas kavling besar mulai 158 – 166 m²,” ungkap Welly.

    Berkonsep one gate system, dengan pos security yang sudah dijaga 24 jam dan dilengkapi dengan CCTV untuk menjamin keamanan kawasan. Fasilitas umum berupa Clubhouse yang dilengkapi dengan swimming pool dan function hall sedang tahap pembangunan. “Untuk rumahnya sendiri, lantai rumahnya akan mempunyai split level 0,5 meter di atas jalan lingkungan, sehingga bebas banjir dan fasad akan lebih gagah dan secara kawasan akan lebih lega dan nyaman. Saat ini kami masih berikan promo yakni untuk KPR bisa hanya dengan DP 10% saja, dan bisa dicicil 6 X, dan untuk cash bertahap bisa diangsur 12 X tanpa bunga plus bonus 2 unit AC dan Waterhater,” tutup Welly.

    Arya Green Kalasan merupakan perumahan terbaru di sisi Timur kota Jogjakarta persembahan salah satu BUMN, PT. Brantas Abipraya (Persero). Letaknya berada Dusun Sumber Tirtomartani Kalasan Sleman atau persis di sisi Timur Bandara International Adisutjipto dan berada di poros Jalan Berbah – Kalasan yang terkoneksi dengan Jalan Solo Km 14.

    Sangat dekat dengan fasilitas publik dan pembangkit lingkungan. Antara lain fasilitas kesehatan juga tak jauh dari Rumah Sakit PDHI, Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit Panti Nugroho, berbagai institusi pendidikan lainnya seperti AAU, kampus STTA, dan dekat dengan beberapa kawasan industri menengah Berbah dan Piyungan. “Dan yang terbaru ialah dekat dengan akses pintu tol Maguwo yang masuk trase tol Trans Jawa Jogja - Solo dan berada di area dalam poros JORR (Jogja Outer Ringroad) yang akan segera direalisasikan pembangunannya di tahun 2021 nanti,” papar Ucok Ridarsyah Noviardi selaku Koordinator Sales Marketing Abipraya Properti Jogja saat ditemui di Marketing Gallery yang berada di ruko depan Polda DIY dan Hartono Mall.

    Arya Green Maguwoharjo dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan hunian dengan sasaran kelas menengah. Range harga di antara 500 – 700 jutaan masih menyimpan potensi yang sangat besar, khususnya di sisi Timur Kota Jogjakarta. “Bahkan pasar lokal diyakini mampu menyerap hunian yang kami hadirkan dengan mengusung gaya tropis minimali dan estetik di fasad rumahnya. Perumahan ini merupakan perpaduan antara hunian dengan desain arsitektur yang memaksimalkan fungsi ruang yang fleksibel dan tata ruang yang ideal untuk memberikan kesempurnaan maksimal bagi yang menempatinya. Dikonsep dengan menghadirkan 52 unit rumah model 1 lantai di atas lahan seluas 7000 m². Saat ini unit rumah kami di tawarkan dengan pilihan tipe 45, tipe 48, dan tipe 50, dengan luas tanah variabel mulai 80 m² - 157 m² mulai range harga 500 sampai 800 jutaan,” lanjut Noviardi.

    Saat ini progress pembangunan infrastruktur dan unit-unit terpesan berlangsung paralel, sehingga calon konsumen bisa melihat sendiri konsep kawasan dan kualitas bangunannya. Sejak diperkenalkan diakhir 2019 lalu, sampai saat ini Arya Green Kalasan mendapat respon yang cukup positif dari konsumen. Terbukti sudah terpesan 28 unit dan 8 unit dipastikan sudah terjual. Kebanyakan konsumen ialah mereka orang asli Jogja yang bekerja diluar kota atau mereka yang pernah punya history di Jogja dahulu, baik itu saat sekolah maupun pernah bekerja di kota wisata dan pendidikan ini. Untuk fasilitas yang dihadirkan di Arya Green Kalasan ialah konsep kawasan one gate system, pos jaga security 24 jam with CCTV, lebar jalan lingkungan 6 meter dan garden area.

    Dalam rangka lebih menggenjot penjualannya, Abipraya Jogja bekerjasama dengan beberapa Agen Properti di Jogjakarta, diantaranya Ray White Jogjakarta, LJ Hooker Jogjakarta, Jogja Realty, dan ERA Irea. Bagi yang tertarik mengambil unit rumah di Arya Green Kalasan, di pertengahan tahun 2020 ini ada beberapa program penawaran untuk cicilan bertahap, spesial diskon untuk cash keras, serta penawaran menarik dari KPR.

    “Untuk mensiasati imbas adanya pandemi covid-19, kami berikan beberapa opsi pilihan promonya. Cukup bayar 1 juta, konsumen bisa pilih unit dan langsung bisa pilih 4 cara bayar suka-suka. Pertama dengan cara cash keras, akan mendapatkan special discount, untuk cash bertahap bisa dengan DP 30%, sisanya flat dicicil selama 1 tahun, kemudian ada program DP suka-suka lanjut KPR yang cukup dengan DP 5% dan DP tersebut bisa dicicil suka-suka. Dan yang terakhir yakni program Libur Bayar sampai 2 tahun, dengan syarat konsumen membayar DP sebesar 50% saja. Untuk fasilitas KPR, kami telah mendapat dukungan penuh dari perbankan kerjasama dengan beberapa perbankan nasional seperti BTN dan BNI,” pungkas Noviardi menutup perbincangan.

    Mukti Sendangtirto Residence menjadi salah satu kawasan hunian berkonsep 1 lantai di sisi Timur kota Jogja tepatnya di dusun Noyokerten, Sendangtirto Berbah Sleman yang menunjukkan progress penjualan positif dan mampu diserap pasar lokal. PT Mugi Mukti Mulia mencoba membangun peluang dengan menyasar kelas middle pasar lokal Jogja dengan menghadirkan kawasan hunian yang berada persis di Selatan Bandara Internasional Adisutjipto. Dengan pertimbangan utamanya ialah potensi pasar rumah kelas middle dan pasar lokal masih punya demand tinggi. Dan bagi investor letak lokasinya sangat berdaya tarik tinggi untuk dijadikan sarana investasi properti.

    Kebutuhan hunian dengan range harga di bawah 600 – 800 jutaan menjadi peluang bagi para pengembang untuk melepaskan produk yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Peluang tersebutlah yang ditangkap oleh developer PT Mugi Mukti Mulia. “Saat ini unit rumah kami di tawarkan mulai harga 600 jutaan untuk tipe 50, dan kisaran harga 750 jutaan untuk tipe 60, harga tersebut sudah include PPN dan biaya IMB. Sampai April 2020 ini, kami sudah berhasil menjual lebih dari 65%, dari total 19 unit yang akan kami hadirkan di lahan seluas 3000 m² ini,” lanjut Benny.

    Fasilitas umum yang sudah disiapkan oleh developer di dalam kawasan hunian tersebut antara lain konsep one gate system yang dilengkapi dengan keamanan satpam 24 jam serta diberikan jalan kawasan dengan lebar 6 meter, serta taman penghijauan yang estetik. “Banyak konsumen kami yang membeli memang untuk sebuah tempat tinggal, namun ada juga yang membeli untuk sebuah investasi. Mereka konsumen keluarga muda atau yang baru pertama membeli rumah, dan terbukti mereka tak sedikit yang melirik ke perumahan ini. Kondisi lingkungan Mukti Sendangtirto sekarang sudah semakin hidup, sudah ada lebih dari 5 unit rumah sudah kami serah terimakan dan banyak yang sudah dihuni. Kami sediakan pula 2 unit ready stock dengan tipe 50, yang salah satunya kami gunakan sebagai marketing gallery,” ungkap Benny.

    Berada di area perkembangan kota Jogja, serta memiliki aksesibilitas sangat mudah menuju pusat kota Jogja karena sudah terkoneksi dengan Ringroad Timur Blok O maupun poros Jalan Jogja Wonosari. Kawasan perumahan tersebut sangat dekat kawasan perkantoran seperti 10 menit menuju Balaikota, TransMart, dan Mall Ambarrukmo. Sangat dekat dengan berbagai institusi pendidikan seperti AAU, Amikom, Atmajaya, serta tersedia berbagai fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit Hardjolukito, dekat pula dengan pusat ekonomi karena tidak jauh dari pasar tradisional, swalayan modern, maupun supermarket atau pusat grosir. Keunggulan lainnya ialah area Sendangtirto Berbah ini ke depan akan dekat dengan akses pintu tol Maguwo yang masuk trase tol Trans Jawa Jogja - Solo dan berada di dalam poros JORR (Jogja Outer Ringroad) yang akan segera direalisasikan pembangunannya.

    Menyikapi kondisi pandemi wabah covid-19 saat ini, pihak developer menyiasatinya dengan konsep pemasaran secara online serta optimalisasi sosial media, misalnya instagram dan facebook. “Untuk pemasaran di tengah wabah Covid-19 ini kami intensifkan penggunaan teknologi yang sudah terkoneksi secara online. Harus diakui makin banyak calon konsumen yang masih wait and see karena faktor Covid-19 ini, namun kami masih cukup yakin dan optimis dengan minat serta potensi pasar middle properti Jogja masih cukup tinggi dan potensial,” tutup Benny semangat. Wahyu Pras-red

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain