Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Properti Jogja Awal 2019, Kawasan Terbaru & Berbagai Promo Baru-bagian 1

    Perspektif rumah Kuantan Regency Kwarasan
    Progress pembangunan kawasan cluster Ruby Perumahan Permata Bangunjiwo Regency
    Perspektif unit rumah tipe 42, Pesanggrahan Kasuari
    Perspektif deretan rumah tipe 37, Arkatama Residence Banguntapan

    Selain sebagai wilayah wisata dan edukasi, perkembangan wilayah di sekitar Jogjakarta semakin pesat. Hunian di sekitar Jogjakarta memiliki harga bervariasi, tergantung dari lokasi, tipe bangunan, dan luas tanah. Perekonomian DIY mulai membaik signifikan sejak semester II 2018 lalu. Ini akan mendorong bisnis properti lebih bergairah. Saat ini bisnis properti Jogjakarta didominasi oleh rumah tapak (landed house) yang berada di angka 500 jutaan, sedangkan untuk apartemen di bawah 700 juta.

    Sejumlah kebijakan Pemerintah lainnya seperti pelonggaran Loan To Value (LTV), serta Program Sejuta Rumah membantu memudahkan masyarakat, terutama kelas menengah dan bawah untuk memiliki hunian. Pertumbuhan KPR/ KPA yang positif sebagai buah hasil dari pelonggaran LTV diprediksi akan semakin mendorong penjual menjadi agresif memasuki pasar dan memperbanyak suplai.

    Untuk tahun 2019 ini, banyak pengamat mengatakan pasar properti terus bergerak, walaupun akan terpengaruh dengan iklim politik yakni perhelatan pilpres maupun pileg di akhir semester 1 tahun 2019 ini. Hal ini, tetap dipandang positif oleh beberapa developer lokal Jogja. Di lapangan membuktikan, lokasi perumahan baru muncul cukup signifikan, khususnya menjelang akhir tahun 2018, walaupun masih segmen pasar properti kelas menengah.

    Berbagai strategi promo baru terus di tawarkan sejak awal tahun 2019 ini, baik perumahan lama yang mentargetkan 'tutup buku' proyeknya maupun kawasan baru yang ingin 'pecah telur' di penjualannya. Mengawali tahun 2019 ini, kami berikan beberapa informasi baru dari kawasan-kawasan baru di Jogja serta promo terbaru di awal tahun 2019 dari beberapa kawasan lainnya.

    Kuantan Regency Kwarasan diluncurkan saat momentum pameran REI Expo yang digelar pada tanggal 19 - 25 Desember 2018 lalu di Atrium Ambarukmo Plaza, Merapi Arsita Graha kembali meluncurkan produk perumahan terbarunya dengan brand Kuantan Regency Kwarasan. Perumahan tersebut terletak di lokasi yang sangat strategis di dalam kawasan Ringroad Barat, yaitu di Jalan Kabupaten, Kwarasan, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta.

    “Perumahan terbaru kami berada di salah satu kawasan yang sangat berkembang di Jogja Barat, yaitu jalan Kabupaten, dengan menyediakan 41 unit rumah dua lantai bertipe 72 hingga 85 yang memiliki luas tanah mulai dari 108 - 177 m²,” papar Adoram Arthanto, Marketing Manager Merapi Arsita Graha.

    Dilihat dari sisi lokasi, Kuantan Regency Kwarasan berada di area Jalan Godean yang sangat strategis dan perkembangannya begitu pesat. Perumahan ini juga sangat dekat dengan fasilitas penunjang seperti berbagai kampus ternama, misalnya Universitas Aisyiyah Yogyakarta, STPN Yogyakarta, UTY, Universitas Jenderal Ahmad Yani Yogyakarta, dan UMY. Jarak yang harus ditempuh untuk menuju kawasan pusat kota seperti Tugu Jogja hanya 15 menit, begitu juga dengan berbagai pusat perbelanjaan yang tersebar di kawasan ini seperti Giant, Mirota Godean, Superindo, dan Pasar Tlogorejo.

    Perumahan Kuantan Regency Kwarasan mengusung konsep perumahan minimalis tropis yang dibangun di atas lahan seluas ± 7.383 m². Dengan sentuhan Mediterania pada fasad bangunan dipilih untuk memenuhi permintaan pasar akan tersedianya hunian dekat kota yang mengutamakan efisiensi lahan serta bangunan. Perumahan di kawasan Jogja Barat ini juga mengedepankan hunian hijau berkonsep green building dengan pencahayaan dan penghawaan yang cukup optimal sesuai dengan iklim tropis di Indonesia, sehingga dapat membuat rumah menjadi nyaman dan aman untuk ditempati. Elevasi bangunan yang didesain setinggi 80 cm dari permukaan jalan membuat bangunan rumah terkesan gagah dan berkarakter. Tata ruang juga sangat diperhatikan oleh pengembang, efisien dan semaksimal mungkin sehingga dapat menghasilkan bangunan rumah yang indah dan fungsional.

    “Saat ini tahap pembangunan sudah sampai pada penyiapan lahan. Perihal sisi legalitas dan perijinan dalam proses. Sebagai bentuk komitmen kami untuk menghadirkan kawasan hijau nan sejuk, nantinya akan dibangun taman lingkungan yang asri dan berkelas sebagai fasilitas bagi penghuni. Selain itu, di bagian entrance area dan sisi-sisi jalan lingkungan juga akan diberikan nuansa hijau sebagai perindang. Untuk fasilitas lingkungan, nantinya akan dibangun dikonsep one gate system yang dilengkapi pos security 24 jam. “Jalan utama kawasan akan dibangun selebar 8 meter dan jalan lingkungan selebar 6 hingga 7 meter,” ujar Ado, sapaan akrabnya.

    Ado menambahkan bahwa Konsep perumahan yang menarik dengan lokasi strategis, tentunya harus dibarengi juga dengan kemudahan pilihan metode pembayaran bagi konsumen. Pihak developer menyediakan dua pilihan metode pembayaran, yaitu cash bertahap yang dapat diangsur hingga 18 kali tanpa bunga. Selain itu bagi konsumen yang memilih metode pembayaran dengan fasilitas KPR, Merapi Arsita Graha juga telah didukung oleh beberapa bank terkemuka dengan penawaran suku bunga yang menarik. Bagi calon konsumen yang menginginkan memiliki rumah di lokasi strategis dalam Ringroad, segera melakukan booking dan berkesempatan mendapatkan harga perdana yang spesial.

    Permata Bangunjiwo Regency membuktikan bahwa pasar kelas menengah Jogja memiliki kuota potensi yang masih sangat besar. Setelah berhasil membuka cluster perdananya, yakni cluster Ruby, saat ini pihak PT. Pasma Realty Group selaku pengembangnya, sedang menggenjot penjualan cluster keduanya, yakni cluster Amethys. “Kami sejak Februari 2018 sudah melakukan pre sale untuk unit rumah di cluster Amethys ini. Pertimbangan utama kami membuka cluster ini, ialah animo masyarakat akan kebutuhan rumah minimalis yang aman, asri di lokasi yang strategis dengan harga terjangkau masih sangat tinggi, terbukti sampai akhir tahun 2018 lalu, sudah terjual 40%” terang Lusiana Prayogo, Sales & Promotion Manager Pasma Realty Group.

    Cluster Amethys merupakan bagian dari masterplan kawasan Permata Bangunjiwo Regency yang mempunyai total luasan 3,8 hektar. “Di cluster kedua kami ini, akan menghadirkan total 55 unit rumah yang dibangun di atas lahan seluas + 7.200 m². Untuk tipe rumahnya, kami hadirkan standar tipe 36, dengan luasan tanah variabel, mulai 72 m² (6 x 12 meter) hingga 130 m². Konsumen akan diberikan 2 kamar tidur + 1 kamar mandi dan masih ada sisa tanah di belakang untuk perluasan dapur + jemuran. Kami sengaja menghadirkan wujud rumah tinggal yang modern dan sangat cocok bagi keluarga muda yang dinamis.

    Berada di tepi jalan raya Bibis sebagai akses Bangunjiwo – Pajangan, merupakan alternatif menuju kota Bantul maupun arah Kulon Progo, yang ke depannya akan terkoneksi menuju jalur Bandara New Yogyakarta Internasional Airport.

    Kedekatan akses lokasi perumahan dengan pusat pendidikan seperti kampus UMY,Stikes Alma Ata, Stikes Ahmad Yani dan kampus Bina Sarana Informatika dan sangat dekat dengan area pengembangan kampus terpadu UIN, serta terkoneksi dengan berbagai jalur transportasi yang memadai dan secara jarak tempuh tidak terlalu jauh yakni sekitar 5 menit dengan pusat kota Jogja, 10 menit menuju pusat kota Bantul, dan 5 menit menuju sentra industri Kasongan, menjadi salah satu keunggulannya.

    Dengan konsep arsitektur modern minimalis, setiap unit didesain tanpa pagar dengan model atap pelana untuk memberikan aksen tropis, sesuai minat masyarakat saat ini. Cluster Amethys juga akan dilengkapi dengan beragam fasilitas. Untuk cluster kedua ini, kami mencoba mengakomodasi perkembangan kebutuhan para konsumen perumahan pada saat sekarang.
    Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah one gate system dengan jalan utama selebar 7 meter, garden area, playground, dengan keamanan security yang dilengkapi dengan CCTV 24 hours,” imbuh Lusi. Saat ini progress pengerjaan fasilitas pendukung berupa rumah contoh dan infrastruktur jalan lingkungan dan pagar keliling setinggi 2 meter sudah selesai pembangunannya. Secara keseluruhan ke depan akan diberikan fasilitas lainnya berupa tempat ibadah berupa Mushola.

    Untuk harga, kawasan cluster Amethys saat ini dipasarkan mulai 300 jutaan rupiah, dan harga sudah include PPN. “Untuk saat ini kami berikan program promo berupa cashback 10 juta, hanya untuk 4 pembeli pertama. Untuk konsumen yang tertarik dengan cara bayar cash bertahap, diberikan kemudahan yakni cicilan 10 x tanpa DP serta tanpa bunga. Bagi yang ingin tunai keras, bisa dibayar 3 X dan mendapatkan tambahan diskon 5 %,” lanjut Lusi.

    “Untuk progress penjualan di cluster Ruby, sampai akhir tahun 2018 sudah terjual hampir 80% dan beberapa unitnya sudah kami serah terimakan ke konsumen. Kami juga berikan garansi pemeliharaan bangunan rumah selama 2 bulan setelah serah terima. Dari sisi legal, semua hunian di cluster Ruby maupun Amethys perumahan Permata Bangunjiwo Regency sudah lengkap dan komplit, sertipikat induk SHGB siap pecah dan IMB sudah ready.”, terang Lusi menutup perbincangan.

    Pesanggrahan Kasuari menjadi salah satu yang terbaru, pilihan kawasan hunian yang terletak di sisi Tenggara kota Jogjakarta. Berpengalaman mengembangkan perumahan sebelumnya di kawasan Banguntapan, yakni Pesanggrahan Potorono dan Pesanggrahan Kalimaya, developer PT. Karya Indah Pratama kembali menghadirkan kawasan hunian yang tepat berada di sisi Selatan Kelurahan Jambidan, Banguntapan Bantul. Pesanggrahan Kasuari tepatnya di poros jalan Raya Pleret, yang juga terkoneksi dengan Ringroad Timur maupun Jalan Imogiri Barat. Kawasan perumahan tersebut memiliki keunggulan dari sisi aksesibilitas menuju pusat kota dan fasilitas pendukung seperti perkantoran dan perniagaan.

    Berbagai fasilitas yang telah terparkir di sekitar perumahan tersebut antara lain hanya memerlukan jarak tempuh sekitar 2 menit untuk menuju ke Terminal Giwangan dan hanya memerlukan waktu sekitar 3 menit menuju SPBU terdekat dan area bermain Balong Water Park. Selain itu, lokasi perumahan juga dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Pasar Ngipik dan Pasar Kota Gede. Dekat dengan rumah sakit Rajawali Citra dan Permata Husada. “Kebutuhan hunian dengan harga di range harga 300 - 500 jutaan, saat ini terbukti menjadi peluang terbesar bagi para pengembang untuk melepaskan produk yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat lokal Jogjakarta,” terang Harum Wijayanti, selaku Marketing Staff dari BIG MARKETING, salah satu agen properti ternama di Jogjakarta yang dipercaya developer PT. Karya Indah Pratama untuk memasarkan unit propertinya.

    “Kami sudah pre launching pada acara customer gathering, pada 9 Desember 2018, serta soft launching saat Pameran REI Expo akhir Desember 2018 lalu. Saat ini kami sedang persiapkan pematangan lahan dan pembangunan infrastruktur. “Kami yakin Pesanggrahan Kasuari ini akan ramai diburu konsumen, harganya yang relatif terjangkau, berada di kawasan perkembangan perkotaan, serta potensi kenaikan nilai investasinya sangat menarik. Yang menggembirakan, saat acara customer gathering, unit rumah Pesanggrahan Kasuari ini berhasil melakukan 10 transaksi, yakni booking kavling, dengan harga perdananya pre launching masih 310 jutaan,“ lanjutnya.

    Pesanggrahan Kasuari akan menghadirkan total 20 unit hunian. “Kami berikan opsi untuk konsumen, yakni rumah 1 lantai dan 2 lantai. Untuk rumah 1 lantainya, kami sediakan tipe 36 dan tipe 42, kemudian untuk rumah 2 lantainya kami berikan model tipe 70 dengan luas kavling mulai 66 – 112 m². Untuk awal tahun 2019 ini, kisaran harga Pesanggrahan Kasuari ini ditawarkan 360 jutaan untuk tipe 36,dan 800 jutaan untuk tipe 70 nya,” terang Arum.

    Fasilitas umum yang disiapkan oleh PT. Karya Indah Pratama di dalam kawasan hunian tersebut antara lain konsep one gate system yang dilengkapi dengan keamanan satpam 24 jam serta diberikan jalan kawasan dengan lebar 5,5 meter, serta taman kawasan untuk mendukung penghijauan dan estetika kawasan. Spesifikasi bangunan yang di tawarkan pada konsumen adalah tropis minimalis dengan tampilan yang elegan dengan aksen material batu alam di fasad rumah serta dukungan kualitas konstruksi bangunan yang terjamin.

    Untuk makin menarik minat konsumen mengambil unit rumah di Pesanggrahan Kasuari, pihak developer dan agen pemasaran memberikan beberapa program promo soft launching. “Untuk masa promo ini, kami berikan kemudahan pembayaran cash bertahap maupun KPR. Untuk cash bertahap, konsumen cukup membayar DP 40%, dan sisa bayarnya bisa diangsur 12 X tanpa bunga. Sedangkan untuk metode pembayaran melalui KPR, saat ini kami sudah bekerjasama dengan beberapa perbankan, yaitu BTN Syariah dan BNI Syariah. Konsumen bisa mendapatkan unit rumah di Pesanggrahan Kasuari ini, hanya dengan membayar DP 20% saja, dan DP tersebut bisa dicicil 6 X. Sedangkan untuk cash keras, akan diberikan diskon harga spesial,” ungkap Arum berpromosi.

    Arkatama Residence Banguntapan menjadi salah satu pilihan hunian baru di Selatan Kota Jogja. Perumahan garapan developer PT. Amarta Jaya Properti ini, hadir dengan luasan lahan 1438 m² terletak diakses Jalan Raya Pleret Jambidan dan terhubung poros Jalan Imogiri Timur Km. 7, Tamanan Banguntapan Bantul, terbukti menjadi salah satu basis pertumbuhan perumahan menengah di Kabupaten Bantul.

    Lokasi perumahan ini memiliki kedekatan dengan terminal Giwangan, kawasan Kotagede, 30 menit menuju Bandara Internasional Adi Sucipto dan Mall Ambarukkmo Plaza, karena akses jalan Imogiri Timur didukung akses Ringroad Selatan Jogjakarta. Dekat juga dengan beberapa kampus ternama, seperti Kampus terpadu UAD, Stikes Surya Global, Kampus ISI. Fasilitas umum seperti swalayan, pasar tradisional Pleret, rumah sakit Rajawali Citra dan Permata Husada, SPBU, perbankan, dan berada di poros jalur wisata budaya Makam Raja Imogiri serta destinasi wisata alam baru Jogja, yakni kawasan hutan pinus dan kebun buah Mangunan.

    Dituturkan Andario Dwi Wardana, yang akrab dipanggil Rio, selaku Marketing Manager Arion Primera Property Consultant, agen pemasaran yang dipercaya PT. Amarta Jaya Properti, dengan berbagai pertumbuhan ekonomi dan kawasan hunian menjadi daya tarik besar bagi para pelaku bisnis perumahan. Menurut Rio, pertumbuhan perumahan di sekitar daerah tersebut memang tergolong cukup pesat. “Harga yang kami tawarkan masih relatif terjangkau, pertumbuhannya juga masih baik, untuk kepentingan investasi maupun rumah tinggal yang langsung dihuni”, ucapnya.

    Di Arkatama Residence Banguntapan ini akan menghadirkan sebuah hunian dalam konsep cluster aman dan nyaman yang bersinergi dengan lingkungan. Secara konsep bangunan, pihaknya mengusung gaya bangunan modern tropis. Konsep ini dipilihnya dengan pertimbangan masih banyak diminati pasar lokal Jogja. “Fasilitas untuk memenuhi kenyamanan penghuni perumahan akan kami berikan dengan konsep one gate system, jalan lingkungan yang memadai dengan lebar 6 meter dengan akses masuk gerbang kawasan selebar 9 meter, taman lingkungan, dan pos satpam 24 jam,” terang Rio.

    Arkatama Residence Banguntapan ini, untuk tahap awal ini menawarkan 14 unit rumah tinggal dengan tipe standar tipe 37, dengan pilihan luasan kavlingnya mulai 72 m² sampai yang terbesar 101 m². “Saat ini kami tawarkan mulai kisaran 395 jutaan. Respon masyarakat cukup baik, dengan sudah terjualnya 5 unit rumah di Arkatama Residence Banguntapan ini. Konsumen lokal kelas menengah menjadi sasaran utama kami. Bahkan ke depan kami juga akan mengembangkan kawasan dengan membuka tahap selanjutnya dengan luasan dan jumlah unit rumah yang hampir sama dengan tahap awal ini,“ terangnya lagi.

    Untuk makin meningkatkan penjualannya, Rio menjelaskan, untuk pola pembayarannya diberikan beberapa kemudahan dan dukungan berbagai promo awal tahun 2019. Untuk cash keras, konsumen akan kami berikan bonus berupa liburan ke Singapura. Selanjutnya untuk pembayaran cash bertahap ataupun KPR, konsumen cukup membayar DP 10% saja, dan DP tersebut pun masih bisa diangsur 6 X. Untuk legalitasnya, saat ini masih proses pecah sertipikat, namun pihaknya menjamin sertipikat per kavlingnya akan terbit beserta kelengkapan IMB rumahnya,” papar Rio tegas. Wahyu Pras - red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain