Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Rumah Harga 200 - 800 Jutaan Tenggara-Selatan-Barat Kota Jogja-bagian 1

    Kawasan hunian tipe 55 Pondok Permai Tamantirta 3
    Perspektif kawasan hunian Nadiwa Student Castle
    Perspektif tipe 70 (Eidelweis) Villa Gardenia
    Rumah Contoh tipe 36, Permata Bangunjiwo Regency

    Kelas menengah menjadi semakin gendut demand-nya untuk pasar properti Jogjakarta ditahun 2018 ini. Melihat perkembangan harga dasar tanah di tengah kota Jogja dengan parameter akses dalam Ringroad dan sisi Utara yakni kawasan Kabupaten Sleman yang notabene sering disebut ring-1 semakin meningkat sangat tajam, membuat developer, khususnya pemain lokal makin banyak berinvasi ke area ring-2 perkembangan kota Jogja. Salah satunya bergeser ke arah Tenggara, Selatan, Barat Daya dan sisi Barat kota Jogjakarta.

    Kebutuhan akan rumah tinggal yang terus meningkat, membuat konsumen pun berdamai dengan keadaan tersebut. Mereka tanpa sadar sudah menaikkan parameter harga sebuah rumah, dari istilah rumah murah terjangkau yang dulu berada dikisaran 200 - 300 jutaan, saat sekarang sudah mereka naikkan menjadi range harganya 300 - 400 jutaan. Hal ini ikut menggeser segmen harga properti di Jogja untuk kelas menegahnya. Harga 400 - 700 jutaan menjadi kisaran harga yang masuk dikelas menengah Jogja sekarang.

    Kali ini, kami memberikan perkembangan informasi beberapa titik kawasan yang baru serta beberapa progress penjualan kawasan hunian dari rumah murah terjangkau sampai kelas rumah menengah, dari sisi Tenggara sampai Barat kota Jogja .

    Pondok Permai Tamantirta 3 merupakan salah satu wujud kesuksesan PT. Sumber Baru Land sebagai pengembang yang mengusung hunian 1 lantai, khususnya di area Selatan – Barat Daya kota Jogja. Dengan Kampus Terpadu UMY sebagai magnet utamanya, pengembang tersebut berusaha mengoptimalkan peluang pasar properti di daerah yang sedang berkembang sangat pesat di Kabupaten Bantul, yakni Kecamatan Kasihan.

    Secara geografis Pondok Permai Tamantirta 3 berada di tepi jalan raya Bangunjiwo – Pajangan yang terkoneksi dengan akses Ringroad Selatan, perumahan tersebut menyuguhkan aksesibilitas yang baik untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dekat dengan berbagai pembangkit lingkungan serta fasilitas publik lainnya, misalnya minimarket, pasar tradisonal, dan beberapa klinik kesehatan. "Lokasi ini tetap menyuguhkan kenyamanan untuk sebuah tempat tinggal maupun investasi ke depannya, kedekatan dengan berbagai sarana dan perkembangan daerah akan terus mendongkrak pertumbuhan perumahan. Sangat dekat pula dengan beberapa kampus lainnya, seperti kampus UPY, Stikes A. Yani, dan Stiekes Alma Ata. Selain itu di sekitar daerah tersebut dalam waktu dekat akan segera di bangun kawasan kampus UIN Terpadu," terang Maria, SE selaku Marketing Manager Sumber Baru Land sangat yakin.

    Dikatakan Maria SE, pihaknya melihat pasar daerah tersebut masih potensial untuk dipenuhi. "Kami hadirkan sebuah lokasi baru yang diiringi dengan inovasi dan konsep yang baru sesuai tren yang sedang digandrungi pasar. Dengan mengusung bangunan bergaya mininalis, desain yang simpel namun elegan serta didukung material yang digunakan berkualitas prima, tak heran membuat rumah di Pondok Permai Tamantirta 3 ini laris manis.

    Hadir dengan total 74 unit rumah dalam masterplan-nya dengan dua pilihan tipe standar, yakni tipe 43 dan tipe 55 (hook), Maria mengatakan, sekarang sudah tinggal unit-unit terakhirnya saja, yakni masih terdapat 10 unit terakhir dan kesemuanya berada di posisi hook, dengan luasan kavling tanahnya bervariasi, mulai 112 m² sampai 168 m².

    “Kenaikan investasi di area ini terbukti sangat berkembang signifikan, dulu harga perdana kira-kira 1 tahun yang lalu (September 2016-red) masih berada di angka 380 jutaan dan sekarang sudah berada dikisaran harga 700 jutaan. Secara berkala kami lakukan penyesuaian harga, hal ini sekaligus memberikan apresiasi terhadap pembeli pertama yang telah yakin dan percaya, bahwa investasi properti mereka terbukti naik dan menguntungkan. Ini bukti, bahwa komitmen kami terhadap apa yang kami sampaikan di awal transaksi dengan konsumen. Konsumen akan dipastikan mendapatkan penataan kawasan yang rapi, kualitas bangunan yang prima, legalitas komplit, dan lokasi strategis.

    Respon pasar terhadap kehadiran Pondok Permai Tamantirta 3 ini terbukti mendapat tanggapan yang positif dan antusias oleh pasar," tegasnya. Sudah ada sekitar 50 an unit rumah yang sudah selesai di bangun dan sudah banyak yang ditinggali, sehingga kawasan sudah semakin hidup. Secara data, konsumen di Pondok Permai Tamantirta 3 ini didominasi oleh para keluarga muda, baik dari jogja maupun luar kota. Generasi milenial ini semakin cerdas dan kritis membaca peluang pasar properti untuk dijadikan sebuah target lifestyle mereka," ujar Maria lagi.

    Untuk mendukung kenyamanan dan konsep lokasi yang baik, saat ini pihaknya sudah menyelesaikan berbagai sarana lingkungan yang ada serta beberapa rumah yang dipesan konsumen. Maingate kawasan yang megah dan elegan, Jalan lingkungan yang lebar dan rapi, saluran air dan listrik sudah terbangun dan berfungsi, serta beberapa taman lingkungan dan playground yang semakin mendukung estetika kawasan seluas 1 hektar ini.

    Untuk cara pembayaran, Pondok Permai Tamantirta 3 ini, 60% nya melalui fasilitas KPR dan sisanya dengan cara cash keras, maupun cash bertahap. “Untuk KPR, konsumen bisa menggunakan fasilitas DP 10% saja. Untuk cara cash bertahap, dengan DP 30% konsumen bisa mencicil pembayaran rumahnya selama 6 X tanpa bunga. Dengan semakin terwujudnya lingkungan dan semakin lengkapnya infrastruktur, kami optimis kawasan hunian berkonsep 1 lantai di Pondok Permai Tamantirta 3 tak lama lagi akan segera sold out,” tutup Maria optimis.

    Nadiwa Student Castle merupakan pioneer kawasan hunian berkonsep vertical housing di area Bantul. Diungkapkan Widiyal Fitri Zulkarnaen selaku Direksi PT. Topaz Jogyakarta Indonesia, bahwa magnet pendidikan masih menjadi daya tarik utama bagi calon pelajar/mahasiswa dari berbagai kota Indonesia. “Kabupaten Bantul makin terbukti dilirik institusi pendidikan ternama di DIY. Berawal dari kampus terpadu ISI di kecamatan Sewon, kemudian UMY Terpadu di kecamatan Kasihan, UAD Terpadu di kecamatan Banguntapan, dan ke depan akan hadir pula UIN Terpadu di kecamatan Pajangan. Tentunya membuat kebutuhan akan ruang hunian, khususnya seputaran area yang dekat institusi pendidikan semakin meningkat, yang saat ini makin terkendala dengan keterbatasan lahan. Salah satu solusinya ialah menghadirkan hunian modern berkonsep vertikal ini,” terangnya.

    “Sejak pertengahan 2017 lalu, kami hadir memberikan pilihan konsep hunian vertikal bernama Nadiwa Student Castle yang memiliki 5 lantai + 1 basement, yang berdiri di atas lahan seluas ± 750 m² yang menghadirkan 100 unit ruang hunian,” terangnya. Berlokasi tepat persis di sisi Barat Kampus UMY Terpadu, yakni di desa Ngebel, Tamantirto, Kasihan Bantul. Lokasinya juga berdekatan dengan beberapa kampus pendidikan terkemuka lainnya di sisi Jogja Barat, yakni Stiekes A. Yani, Stiekes Alma Ata, BSI, Stiekes Aisyiyah, dan UPY. Lokasinya juga dekat berbagai fasilitas umum, yakni dekat dengan SPBU, minimarket modern, pasar tradisional gamping, dekat fasilitas kesehatan seperti 10 menit Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping. Kawasan ini memiliki aksesibilitas yang cukup ideal, dengan terkoneksi dengan poros Jalan Ringroad Selatan dan poros Jalan Jogja Wates km.5 dan hanya 15 menit menuju Malioboro sebagai jantung kotanya. Hal tersebut menjadikan Nadiwa Student Castle memiliki prospek yang potensial untuk tempat tinggal bagi para mahasiswa untuk melanjutkan studi maupun sebagai tempat untuk berinvestasi”, lanjut Widi, sapaan akrabnya.

    Nadiwa Student Castle dirancang sebagai hunian apartemen yang nyaman, aman dan dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti security 24 hours with cctv, basement parking area, serta fasilitas pendukung berupa indoor swimming pool, fitness center, musholla, dan function room. Pada lantai dasar digunakan sebagai commersial area seperti lobby, atm centre, foodcourt, dan mini market. Adapun roof top didesain sebagai sky garden lengkap dengan cafe. “Kami juga akan berikan free shuttle car menuju Kampus UMY Terpadu, layanan premium student accomodation ini selaras dengan investment concept,” imbuhnya.

    “Desain interior setiap kamar dirancang sesuai dengan jiwa anak muda yaitu dengan berkonsep mezzanin style, didukung warna-warna pastel, dan bedroom dengan nuansa cozy. Fasilitas yang didapatkan pada setiap kamar yaitu Wi Fi, service lift, TV Cable, dan private access card. Dengan konsep mezzanin style ini, kebutuhan akan ruang kamar layaknya tipe Studio akan mampu terpenuhi,” terang Widi. Untuk tipe kamar yang ditawarkan terdiri dari 3 tipe kamar yaitu tipe Mezzanin 21, tipe Mezzanin 24 yang ditawarkan mulai dari kisaran harga 330 jutaan hingga 390 jutaan, serta beberapa unit terbatas tipe Gold 21 yang ditawarkan dikisaran 425 jutaan. Untuk masa promo soft launching ini, semua unit yang dijual sudah termasuk full furnish.

    Untuk lebih menggenjot penjualannya, diberikan beberapa metode pembayaran bagi calon konsumen, yakni program cash bertahap 24 X tanpa bunga, program cicilan 2 jutaan per bulan, serta kemudahan dipembayaran uang mukanya, yakni DP bisa dicicil 6 X tanpa bunga. Hanya dengan booking fee 5 juta rupiah, konsumen akan mendapatkan hadiah langsung yakni tiket liburan, TV LED, serta AC. Bahkan konsumen berhak mendapatkan undian dengan hadiah utama Sepeda Motor. “Kami juga berikan penawaran khusus 50 unit eksklusif di Tower lantai 1 dan lantai 2,” papar Widi mantab.

    Dari sisi proses perijinannya, Nadiwa Student Castle ini sudah mengantongi Ijin Prinsip No. 648/05320/Dispetaru dan keluarnya IPPT No. 11/019-34.02/III/2018. “Saat ini kami konsen untuk mewujudkan komitmen terhadap kelengkapan legalitas, dengan target sampai terbitnya IMB pertengahan tahun 2018 ini, sehingga langkah selanjutnya akan segera kami lakukan ialah Ground Breaking Nadiwa Student Castle. Yang selanjutnya akan dilakukan proses penerbitan pertelaan tiap unit ruang hunian kami, yakni Sertipikat Hak Milik Satuan Rumah Susun (SHM Sarusun) dari BPN, yang akrab disebut stratta tittle,” pungkas Widi tegas.

    Villa Gardenia merupakan perumahan yang hanya 10 menit dari pusat kota Jogja yang menempati lokasi yang unik, yakni berada di sebuah area perbukitan Sempu dengan kontur dan view yang menawan dan didukung dengan kondisi udara yang masih segar. Dengan udara yang sejuk, pepohonan yang rindang ,serta kesan jauh dari kebisingan kota sangat menunjang penciptaan suasana kawasan.Lahan kawasan dengan bentuk topografi berbukit, memberi nilai keindahan tersendiri, view kawasan menjadi semakin eksotis. Menjadi salah satu perumahan kelas menengah terbesar dengan kemudahan akses dan jarak tempuh dalam pencapaian menuju fasilitas pembangkit lingkungan kota Jogja. Konsumen tidak hanya sebagai kawasan rumah tinggal saja, namun konsumen akan mendapati konsep rumah ala sebuah villa.

    Diungkapkan oleh Andy Dwi Wahyudi, selaku Marketing Manager-nya, secara lokasi, Villa Gardenia berada di atas lahan total 6,7 hektar kawasan perbukitan Sempu, dusun Jagan dan dusun Kledokan, Bangunjiwo Kasihan Bantul, yang berada 1 km dari poros Ringroad Selatan. Tepatnya berada di tepian poros jalan Bibis Raya, yang terhubung dengan berbagai akses jalan menuju ke berbagai arah. Semua fasilitas umum terjangkau, dekat dengan kawasan kampus yakni UMY Terpadu, ISI, Stikes A Yani, UPY, dekat dengan fasilitas kesehatan PKU Muhammadiyah Gamping serta RSUD Kota Wirosaban, pusat perbelanjaan, dan kawasan wisata Kasongan dan desa wisata Krebet.

    Kawasan Villa Gardenia akan menghadirkan total 266 unit rumah tinggal. Dengan pembagian blok kawasan, yakni depan untuk hunian 2 lantai berjumlah 40 unit dan 226 unit hunian 1 lantai. “Kawasannya dikonsep dengan tetap mengakomodasi eksisting kawasan perbukitan dengan perbedaan elevasi yang cukup tinggi. Masterplan ini dibuat dengan konsep grid dengan mengambil sumbu dominan kawasan, sehingga akan efektif dalam mengoptimalkan kavling efektif sekaligus memudahkan pembuatan sistem terasiring keseluruhan kavling,” lanjut Andy, sapaannya.

    Villa Gardenia disetting berdesain modern tropis yang akan menampilkan karakter bangunan yang elegan, kasual, dan juga responable terhadap kondisi cuaca tropis serta mampu memaksimalkan sirkulasi udara dan terdukung pencahayaan alami dengan sudut ketinggian bangunan yang optimal, sehingga responsif terhadap suhu saat musim kemarau. Villa Gardenia menawarkan 6 tipe rumah, yakni tipe 36 (Anyelir), tipe 45 (Camelia), tipe 54 (Tulip), tipe 63 (Iris), tipe 70 (Edelwies), dan tipe 85 (Kamboja) dengan luasan tanah mulai 76 m2 sampai yang terluas 255 m2. “Kami buka Villa Gardenia ini mulai kisaran 380 jutaan saja, harga yang relatif masih sangat terjangkau pasar properti Jogja. Sampai saat April 2018 lalu, unit rumahnya sudah laku 20 unit, yang didominasi tipe 36, tipe 45, dan tipe 54,” lanjut Andy.

    Dengan mengedepankan kenyamanan pada kawasan, area jalan masuk kawanan di buat lebih lebar 7,5 meter dengan icon patung 4 patung kuda yang akan makin mengesankan gagah dan elegan. Untuk jalan kawasan selebar 6 meter dengan blok-blok jalan yang saling terhubung memudahkan sirkulasi pencapain dalam hunian.Di dukung pula oleh beberapa fasilitas dengan desain khusus yang menyesuaikan kebutuhan para penghuni, seperti pos jaga 24 jam, kolam renang beserta playground dan pendopo berupa bangunan Joglo yang berfungsi sebagai balai warga, serta sarana tempat ibadah berupa Masjid.

    Untuk menggenjot penjualan, PT. Karya Sehati memberikan promo program DP mulai 0%. “Konsumen cukup menyediakan dana untuk booking fee 5 juta serta akan mendapatkan tambahan bonus berupa free biaya provisi dan administrasi untuk mengunci kavling pilihannya. Untuk informasi, bahwa suku bunga KPR berada diangka 5,55% fixed 2 tahun. Untuk opsi lainnya, konsumen mendapatkan suku bunga 6,55% fixed 3 tahun. Program bunga murah ini memang menyasar bagi calon konsumen yang memakai payroll di bank Mandiri. Sedangkan untuk cara cicilan berupa cash bertahap, konsumen diberikan kemudahan mengangsur selama 12 X tanpa bunga,” terang Andi berpromosi.

    Permata Bangunjiwo Regency menunjukkan progress penjualan yang cukup signifikan sejak awal launching Agustus 2017 lalu. Sejak resmi dibuka, respon pasar properti Jogja, khususnya area Selatan kawasan Kampus Terpadu UMY ini menunjukkan atensi yang positif terhadap kawasan seluas 3,8 hektar ini. “Respon masyarakat Jogja baik sekali, mengingat lokasi Bangunjiwo sudah ramai perumahan dan strategis dekat sekolah, kampus dan lokasi kami tergolong mudah dicapai karena tidak jauh dari Ringroad Selatan, yakni hanya berjarak 1,75 km dari perempatan Ringroad Kasihan. Kedekatan akses lokasi perumahan dengan pusat pendidikan seperti kampus UMY,Stikes Alma Ata, Stikes Ahmad Yani, kampus Bina Sarana Informatika (BSI), serta UTY, dan ke depan juga akan dekat dengan area pengembangan kampus terpadu UIN di Pajangan,” papar Lusiana Prayogo, Sales & Promotion Manager Pasma Realty Group.

    Permata Bangunjiwo Regency merupakan cluster yang dipagar tinggi mengelilingi perumahan dengan konsep one gate system yang dijaga security with CCTV 24 hours. Konsep ini merupakan konsep kawasan hunian yang dicari masyarakat yang saat ini mengutamakan keamanan dan kenyamanan. Adapun progress pembangunan infrastruktur di kawasan Permata Bangunjiwo Regency, khususnya di cluster Ruby sudah dibangunnya pintu gerbang cluster, taman kawasan sudah rapi, jalan lingkungan yang selesai perkerasannya dengan menggunakan paving conblok. “Rumah contoh kami juga sudah ready sehingga calon pembeli bisa melihat kualitas bangunan rumahnya dan unit-unit rumah yang sudah terjual juga sudah mulai dibangun,” lanjut Lusi, sapaan akrabnya.

    Untuk metode pembayarannya diberikan beberapa opsi untuk memudahkan konsumen bertransaksi. “Untuk metode pembayaran cash, kami berikan kemudahan dengan 3 X bayar, ingin membayar cash bertahap, diberikan kemudahan yakni bisa tanpa DP untuk selanjutnya konsumen mengangsur pembayaran sebanyak 10 X tanpa bunga. Selanjutnya bagi yang sedangkan bagi yang ingin menggunakan fasilitas KPR, diberikan metode dengan DP 10 % saja, dan uang muka tersebut bisa konsumen angsur 4 X seperti apa yang konsumen pakai untuk membeli unit rumah di Permata Bangunjiwo Regency sampai saat ini,” paparnya.

    Untuk masa pembangunan rumah standar 1 lantai, memerlukan waktu ± selama 5 bulan. “Sedangkan acara serah terima unit-unit awal yang sudah terpesan, rencana akan kami lakukan sebelum akhir tahun 2018. Kami juga akan berikan garansi 2 bulan setelah serah terima, untuk perawatan unit rumahnya. Dalam rangka lebih menggenjot penjualan Permata Bangunjiwo Regency saat ini, developer sudah PKS dengan beberapa perbankan nasional. Adapun kerja sama ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat membeli rumah yang diinginkan.

    “Dari data, para konsumen yang mengambil unit rumah mempunyai pertimbangan utama, dari sudut pandang lokasi yang strategis, keamanan terjamin, kenyamanan, dan kualitas bangunan. Hingga awal April 2018, cluster Ruby sudah terjual 15 unit dari total 35 unit atau mencapai prosentasi penjualan sudah laku 42%. Untuk saat ini kami masih fokus memasarkan 2 cluster yaitu cluster Ruby yang menghadirkan rumah standar tipe 37, yang kami tawarkan mulai kisaran 400 jutaan dengan tiap kavling memiliki luasan tanah 96 m² dan kavling hook 112,3 m² dengan lebar jalan 7 meter. Rumah minimalis bisa dikembangkan lagi dengan memanfaatkan sisa tanahnya.

    Selanjutnya kami sudah buka juga cluster Amethys dengan total 55 unit hunian, saat ini sudah terjual 15 unit (27% dari total) dengan rumah tipe 36 yang kami jual dengan harga mulai Rp 275 jutaan,” lanjut Lusi menjelaskan. Luas tanah mulai 72 m², 75 m² hingga paling besar 138 m². Luas bangunan bisa dikembangkan lagi sesuai sisa tanah yang ada.

    Tipe minimalis dua kamar tidur dan dilengkapi dengan ruang tamu, ruang keluarga, dapur, carport, dan sebuah kamar mandi. Setiap unit didesain tanpa pagar dengan model atap limasan yang memberikan aksen tropis. Fasilitas perumahan Permata Bangunjiwo Regency diantaranya taman, taman bermain anak (playground), Musholla sesuai kebutuhan penghuni. Pras&Farhan-red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain