Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Rumah Model 1 Lantai Harga 200 - 700 Jutaan - bagian 1

    Model rumah tipe 60-hook, Pondok Permai Tamantirta 2 cluster 3
    Deretan model rumah tipe 45, Villa Gardenia yang siap serah terima
    Perspektif kawasan hunian Grand Residence Adisutjipto dengan pilihan tipe 40, ti
    Deretan hunian tipe 60, Adara Citra @Purwomartani

    Pertumbuhan pasar properti 2018 masih mencatatkan grafik yang positif. Walaupun banyak developer yang menganggap tantangan menjual properti makin berat, namun mereka masih yakin dan optimis terhadap pasar Jogjakarta. Menjelang periode akhir tahun, respon pasar menunjukkan grafik meningkat yang signifikan. Beberapa pengakuan dari developer bisa dilihat dari antusiasme konsumen di pameran properti maupun yang mencari informasi via online serta yang berkunjung survey di lokasi.

    Pemetaan segmen perumahan makin jelas bergeser arah geografisnya. Untuk segmen rumah 1 lantai, alternatif pengembangannya menuju ke sisi arah perkembangan perkotaan, khususnya dari area -1 dengan parameter batasan Ringroad, yakni yang berada di wilayah kotamadya Jogja dan ring-2 meliputi Kabupaten Sleman yang berdekatan dengan kotamadya Jogja dan daerah pinggiran luar Ringroad.

    Alternatif awalnya berada di pemekaran daerah menuju ke area ring-3 yakni menuju area Kabupaten Bantul dan Kulon Progo. Ketersediaan akan lahan yang masih memadai serta dukungan harga dasar tanah yang masih bisa dijangkau, membuat pasar rumah 1 lantai dipaksa berdamai dengan keadaan dan realita, bahwa di daerah arah perkembangan kota inilah konsumen bisa memiliki rumah 1 lantai dengan harga yang masih terjangkau. Ulasan rumah 1 lantai kali ini, kami berikan beberapa progress perumahan dan beberapa lokasi baru di kawasan pengembangan arah perkotaan Jogja, baik di Kabupaten Sleman, Bantul, maupun Kulon Progo.

    Pondok Permai Tamantirta 2 cluster 3 menunjukkan progress penjualan yang sangat signifikan. Dengan infrastruktur kawasan yang sudah tersedia semuanya, membuat penjualan rumah berkonsep 1 lantai ini terbilang sangat pesat. Kawasan hunian seluas total 3 hektar ini sudah sangat hidup dan menjadi ikon hunian terbesar dan modern di sisi Barat Daya kota Jogjakarta.

    Brand Pondok Permai TamanTirta merupakan produk fenomenal dari Sumber Baru Land. “Sejak 2010, kami membuat gebrakan dengan menghadirkan kawasan hunian yang relatif terjangkau namun didukung oleh fasilitas serta infrastruktur kawasan yang modern dan lengkap sekaligus memberikan prestis bagi yang tinggal di dalamnya. Kami sampai saat ini sudah berhasil menghadirkan lebih dari 400 unit hunian di 3 lokasi dengan mengusung brand product Pondok Permai Tamantirta,” ungkap Maria, SE selaku Marketing Manager PT. Sumber Baru Land.

    Sejak dibuka tahun 2015, dari 3 cluster yang dihadirkan, 2 cluster terdahulu juga terbukti terserap pasar dan sudah sold out. “Bahkan di cluster 1, kondisi lingkungan kawasan sudah 80% terhuni, baik dihuni pemilik rumah maupun pengontrak rumah. Di cluster 2 pun sudah sold out dan 50% sudah dihuni. Ini membuktikan bahwa unit-unit rumah di kawasan yang kami ciptakan memang nyaman untuk hunian dan mempunyai nilai investasi yang positif,” papar Maria.

    Faktor lokasi yang strategis dan berada di area pengembangan perkotaan Jogja serta dukungan kedekatan dengan berbagai kampus ternama di sisi Barat maupun Selatan kota Jogjakarta, yakni Kampus UMY Terpadu, Universitas A Yani, Alma Ata, UPY, serta Kampus Terpadu ISI. “Kedekatan dengan pusat pendidikan, khususnya kampus tak dipungkiri menjadi faktor pendukung larisnya hunian kami di seluruh kawasan Pondok Permai Tamantirta. Bahkan keberadaan kawasannya berada di poros akses jalur alternatif menuju kota Bantul maupun wilayah Kabupaten Kulonprogo,” lanjut Maria.

    “Seluruh pembangunan infrastruktur yang berupa fasum dan fasos sudah selesai di bangun, dan faktor kelengkapan fasilitas yang lengkap dan eksklusif yang dihadirkan di sebuah kawasan hunian berkonsep 1 lantai, membuat konsumen semakin antusias untuk memiliki rumah tinggal di dalam Pondok Permai Tamantirta 2 ini,” terang Maria.

    Banyak konsumen yang membeli di cluster 3 ini yang mengatakan, faktor sudah hidupnya lingkungan kawasan di 2 cluster terdahulu serta infrastruktur kawasan sudah komplit, baik listrik maupun line telephone, serta fasilitas clubhouse dengan fasilitas swimming pool, mini hall, dan open space garden yang estetis. Untuk menambah kenyamanan seluruh penghuni, perumahan ini memiliki mainroad dengan jalan aspal selebar 12 meter serta jalan lingkungan dengan conblock selebar 9 meter dan dilengkapi pula jogging track dan taman penghijauan yang menambah kesejukan dan keasrian kawasan.

    “Secara posisi, cluster 3 ini berada di sisi Timur cluster 1 atau sisi Selatan cluster 2. Dan untuk cluster 3 tahap awal ini, kami buka 45 unit dari total 85 unit rumah yang akan dihadirkan. Dengan konsep kawasan hunian 1 lantai yang mengusung arsitektur bangunan bergaya modern mininalis dengan aksen tropis, dengan dukungan penggunaan material yang digunakan berkualitas prima. Untuk cluster 3 ini, kami berikan new design di fasadnya, sesuai masukan dari konsumen serta tren model bangunan saat ini. Kami hadirkan fasad yang aura tropisnya lebih kental terasa, yakni dengan memberi semua unit rumahnya dengan atap limasan,” ungkap Maria.

    “Kami berikan opsi rumah tinggal yang lebih kecil dari cluster 2 sebelumnya, yakni tipe 45. Banyak konsumen kami yang merupakan pengusaha muda sekaligus keluarga muda ataupun pengusaha skala lokal dengan range usia 25 – 35 tahun. Tipe kecil inilah yang ingin kami optimalkan potensinya. Banyak dari konsumen memiliki motivasi pembelian rumahnya untuk segera dihuni atau untuk dikontrakkan, sesuai dengan prinsip investasi sebuah aset properti,” imbuhnya.

    Tipe yang ditawarkan pada cluster 3 ini adalah tipe 45 dan tipe 60 (hook) dengan luas tanah yang beragam, mulai dari 103 m² hingga 177 m². Saat ini untuk tipe 45 ditawarkan dikisaran harga 730 jutaan, dan tipe 60 (hook) diangka 950 jutaan. “Dengan harga yang ditawarkan tersebut, pada cluster 3 ini kami telah mengalami kenaikan sebanyak 2 kali.

    Dan saat ini, untuk menambah kenyamanan penghuni perumahan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dalam kawasan tersebut dihadirkan juga berbagai fasilitas umum dan bisnis untuk menunjang kegiatan perniagaan maupun pemenuhan kebutuhan penghuni Pondok Permai Tamantirta 2 ini. Jumlah ruko totalnya 20 unit dengan tipe bangunan 160 m² dengan luas tanah variabel mulai 115 - 137 m² dan ditawarkan mulai kisaran harga 1,15 Miliaran,” tambah Maria.

    Saat ini sudah terjual 26 unit rumah di cluster 3 ini. “Pola pembayaran didominasi dengan model KPR, yakni 70% sedangkan sisanya menggunakan metode cash bertahap. Untuk KPR, kami sudah PKS hampir ke semua perbankan, namun saat ini kami sedang ada promo Xtravaganza Goes to Beijing, hasil kolaborasi kami dengan Maybank dan BNI. Untuk pembayaran cash bertahap, dengan DP 30%, dan sisanya bisa konsumen cicil sampai 6 X tanpa bunga.

    Kami juga berikan garansi bangunan selama 3 bulan setelah serah terima rumah kepada konsumen. Dan konsumen juga akan terus diberikan layanan tentang konsultasi dan pendampingan, termasuk apabila terjadi rencana pengembangan bangunan oleh konsumen, jadi layanan purna jual juga terus kami lakukan,” pungkas Maria berpromosi.

    Villa Gardenia menunjukkan progress penjualan yang terbilang sangat positif menjelang tutup tahun 2018 ini. Kawasan Villa Gardenia akan menghadirkan total 266 unit rumah tinggal. Dengan pembagian blok kawasan, yakni depan untuk hunian 2 lantai berjumlah total 306 unit hunian. Diungkapkan oleh Andy Dwi Wahyudi, selaku Marketing Manager-nya, secara lokasi, Villa Gardenia berada di atas lahan total 6,7 hektar kawasan perbukitan Sempu yang berjarak 1 km di selatan Ringroad Selatan, atau 10 menit dari Malioboro dan 5 menit dari Kampus Terpadu UMY. Tepatnya berada di tepian poros jalan Bibis Raya, yang terhubung dengan berbagai akses jalan menuju ke berbagai arah. Semua fasilitas umum terjangkau, dekat dengan kawasan kampus di Barat dan Selatan kota Jogja, fasilitas kesehatan yakni rumah sakit PKU Muhammadiyah Gamping dan RSUD Wirosaban , pusat perbelanjaan, dan kawasan wisata Kasongan dan Krebet.

    Untuk hunian berkonsep 1 lantai, Villa Gardenia menawarkan 226 unit rumah dengan beberapa tipe rumah, yakni tipe 36 (Anyelir), tipe 45 (Camelia), tipe 54 (Tulip), tipe 63 (Iris), tipe 70 (Edelwies) dengan luasan tanah mulai 76 m² sampai yang terluas 237 m². “Kami masih menahan harga Villa Gardenia ini di kisaran 380 jutaan saja, harga yang relatif masih terjangkau untuk pasar lokal Jogja. Sampai saat Oktober 2018 lalu, unit rumahnya sudah laku 65 unit, yang didominasi tipe 36, tipe 45, dan tipe 54. Ini membuktikan bahwa respon terhadap Villa Gardenia sangatlah antusias dan positif,” lanjut Andy sapaan akrabnya.

    Hunian Villa Gardenia di desain dengan gaya tropis modern, sebagai upaya responsibilitas terhadap kondisi alam cuaca tropis, kesan tropis sangat terlihat pada bentukan pada atap yang serta tritisan yang dapat melindungi bangunan. Sedang suasana modern sebagai karakter perkembangan desain masa kini yang lebih elegan, terlihat dari dinding–dinding transparan serta bukaan jendela yang cukup besar sehingga sirkulasi udara dan pencahayaan yang keluar masuk bangunan lebih maksimal.

    Villa Gardenia menempati lokasi yang unik, yakni berada di sebuah area perbukitan dengan kontur dan view yang menawan dan didukung dengan kondisi udara yang masih segar. Lahan kawasan dengan bentuk topografi berbukit, memberi nilai keindahan tersendiri, view kawasan menjadi semakin eksotis, kawasan perumahan yang berada di atas dapat melihat pemandangan sekitar yang hijau & penuh nuansa alami. “Kontur kawasan yang unik inilah yang kita optimalkan, tentu saja dengan sentuhan khas Karya Sehati Utama, yang selalu menorehkan muatan filosofi kehidupan dalam setiap karya kawasannya. Konsumen tidak hanya sebagai kawasan rumah tinggal saja, namun konsumen akan mendapati konsep rumah ala sebuah villa,” lanjut Andy.

    Untuk menggenjot penjualan, PT. Karya Sehati Utama masih memberikan program DP mulai 0%. “Konsumen cukup menyediakan dana untuk booking fee 5 juta serta akan mendapatkan tambahan bonus berupa free biaya provisi dan administrasi untuk mengunci kavling pilihannya. Kami untuk KPR bekerjasama dengan perbankan nasional antara lain BNI. Konsumen bisa mendapatkan keuntungan apabila mengambil KPR, tentunya dengan promo bunga sesuai perbankannya masing-masing dan mendapatkan bonus yakni bebas biaya provisi, biaya administrasi, dan bebas asuransi kebakaran. “Dan promo terbaru kami, yakni setiap konsumen yang melakukan booking fee, akan mendapatkan free merchandise spesial. Sedangkan untuk cara bayar cash bertahap, kami berikan kemudahan dengan DP 40%, sisa angsurannya bisa diangsur sampai 12 X tanpa bunga.

    Terbukti cara bayar KPR ini cukup mendominasi pembelian unit rumah di Villa Gardenia ini, dan banyak konsumen yang berasal dari lokal Jogja. Alasan utamanya ialah untuk rumah tinggal dan membelikan anaknya yang sedang bersekolah ataupun kuliah di kota Pendidikan ini. Andy menjelaskan bahwa saat ini progress di lapangan, sudah menunjukkan cukup banyak rumah yang sudah jadi dan siap dihuni. Bulan November 2018 ini, kami rencana akan lakukan serah terima beberapa rumah yang kesemuanya berkonsep 1 lantai, baik tipe 36, tipe 45, dan tipe 54. Kawasan terbaru dan terluas di Selatan kota Jogja ini, akan di dukung pula oleh beberapa fasilitas dengan desain khusus yang menyesuaikan kebutuhan para penghuni, seperti pos jaga 24 jam, kolam renang beserta playground dan pendopo berupa bangunan Joglo yang berfungsi sebagai balai warga, serta sarana tempat ibadah berupa Masjid. Dengan mengedepankan kenyamanan pada kawasan, area jalan masuk kawanan di buat lebih lebar 7,5 meter yang akan makin mengesankan gagah dan elegan. Untuk jalan kawasan selebar 6 meter dengan kekuatan cor dengan finishing conblock motif di semua jalan lingkungan tiap blok yang saling terhubung, untuk memudahkan sirkulasi lalu lintas antar hunian dalam kawasan.

    “Untuk lebih menunjang kenyamanan dan lebih meyakinkan ke calon konsumen, seluruh infrastruktur pendukung kawasan sedang dikerjakan. Maingate yang megah dan estetik dengan icon patung 4 patung kuda beserta kereta kencana juga telah selesai dibangun, jalan utama dan jalan lingkungan sudah mencapai 50% pembangunan, serta listrik PLN dan aliran air PDAM sedang disiapkan jaringannya, dan bisa digunakan konsumen yang rumahnya sudah diserah terimakan,” tutup Andy berpromosi.

    Grand Residence Adisutjipto merupakan salah satu kawasan di area perkembangan Kota Jogja, garapan pengembang PT. Rizki Rahmad Manunggal, tepatnya berada di sisi Timur Kota Jogja. Seolah belajar dari kesuksesan beberapa produk sebelumnya di wilayah Kalimantan, developer yang tergabung dalam Etika Group tersebut membuka kawasan hunian di lokasi yang elite. Dengan brand “Hunian Eksklusif Mandiri”, pengembang mencoba menghadirkan hunian prestisius dan strategis bagi customer bermobilitas tinggi.

    Secara lokasi dari sisi aksesibilitas, perumahan tersebut juga berada pada lokasi yang sangat strategis. Dekat dengan jalan utama Jogja-Solo yang menghubungkan kota Jogja dengan kota-kota di Jawa Tengah, dekat dengan Ringroad, Rumah Sakit Hermina, sarana pendidikan kampus UPN, Atmajaya, dan beberapa kampus lainnya, serta dekat pusat perbelanjaan Ambarukmo Plaza, Hartono Mall, Transmart, dan berbagai sarana umum lainnya. Hal tersebut didukung dengan kedekatan akses “Selangkah” menuju Bandara Internasional Adisutjipto.

    Berdiri di atas lahan seluas 3900 m², Grand Residence Adisutjipto menawarkan total 18 unit hunian eksklusif. Di dalam kawasan perumahan ini nantinya juga akan dilengkapi beberapa fasilitas guna mendukung kenyamanan penghuninya. Taman untuk penghijauan disetting berapa pada area depan. Sistem jalan dengan one gate system, pos keamanan, dan CCTV 24 jam. Jalan lingkungan dengan lebar 6 meter didesain untuk memberikan kenyamanan sirkulasi di dalam kawasan.

    Sejak resmi dipasarkan pada awal Juli 2018, ternyata mendapat respon pasar yang cukup antusias dengan bukti penjualannya telah mencapai kurang lebih 25% dari total unit rumah yang ditawarkan sejak awal launching. “ Potensi pasar wilayah Timur Jogja masih cukup bagus, ini terlihat dari penjualan 4 unit rumah dalam tempo kurang lebih 4 bulan ini,” tutur Chintya Revita, Executive Marketing PT. Rizki Rahmad Manunggal. Lebih lanjut Chintya, panggilan akrabnya, menuturkan bahwa animo masyarakat tentang daerah tersebut tergolong cukup tinggi. Konsumennya pun beragam, mayoritas dari lokal namun ada beberapa konsumen dari luar Jogja. Ikatan emosional mereka yang pernah merasakan atmosfer kehangatan kota Jogja menjadi salah satu alasannya.

    Konsep bangunan Grand Residence Adisutjipto mengadopsi gaya bangunan berlanggam modern minimalis dengan tema nude pastel. Permainan garis-garis pada fasad bangunan membuat hunian rumah tersebut nampak gagah dan berkarakter. “ Gaya minimalis masih diminati oleh banyak konsumen, modelnya yang simpel dan tidak banyak 'mainan' membuat model ini lebih mudah dalam hal perawatannya,” ungkap Chintya. Sentuhan modern dihadirkan dengan penggunaan material seperti kusen jendela alumunium, dan ornamen batu alam pada fasad bangunan. Perumahan Grand Residence Adisutjipto menawarkan tiga tipe rumah yakni tipe 40, tipe 50, dan tipe 60 dengan luasan tanah variabel mulai 120 m². Pada tipe-tipe tersebut konsumen akan mendapatkan denah ruang berupa, 2 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, 2 kamar mandi, dapur, teras dan dilengkapi sebuah carport. Pihak developer menawarkan hunian satu lantai tersebut dengan harga bervariasi, mulai dari 780 jutaan untuk tipe 40, 850 jutaan untuk tipe 50, dan 975 jutaan untuk tipe 60.

    Untuk lebih menarik calon konsumennya, pengembang juga menawarkan promo berupa free biaya KPR, biaya SHM, pajak dan AJB. Pihak developer juga memberikan hadiah langsung berupa air conditioner untuk kamar tidur utama dan kamar tidur anak. Untuk mempermudah calon konsumennya, pengembang memberikan beberapa pilihan metode pembayaran, diantaranya hard cash selama masa pembangunan unit, kemudian Installment to Developer dengan DP 30% dan dapat dicicil hingga 24 kali. Untuk metode pembayaran dengan KPR, pihak developer telah bekerja sama dengan bank BTN dan juga BNI. Bahkan bank BTN menyediakan fasilitas DP hingga 0%, tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. “Intinya kami melihat kawasan Timur Jogja ini masih menyimpan pasar yang bagus, di sekitar lokasi juga banyak tumbuh perumahan-perumahan baru, dan kami ingin meramaikannya dengan produk yang prima dikelasnya”, pungkas Chintya.

    Adara Citra menunjukkan progress penjualan yang tergolong cepat, saat ini menyisakan penjualan unit-unit terakhirnya. Sejak mulai di pasarkan di Maret 2017 lalu, kawasan yang berlokasi di 300 meter sisi Timur Candi Sambisari, daerah Purwomartani Kalasan Sleman ini menjadi salah satu pionner konsep baru sebuah rumah tinggal dalam kawasan hunian, yang mengedepankan ruang terbuka yang cukup dominan.

    Mempunyai desain cukup unik dari kebanyakan perumahan umumnya, yang menawarkan fasad 2 muka untuk setiap rumahnya. “Kita bikin detached house - bigger open space, sehingga setiap rumah yang dihadirkan di Adara Citra kesannya tidak berhimpitan karena semua unit rumahnya memiliki halaman samping, atau bisa dikatakan, bahwa semua unit rumahnya memiliki 2 muka, layaknya rumah yang berada di posisi hook. “Pertimbangan kami mengeluarkan konsep ini bahwa halaman rumah merupakan satu kebutuhan dalam hunian. Halaman yang dibutuhkan tak melulu halaman depan dan belakang ini bisa dimanfaatkan untuk area bermain anak maupun untuk memberi ruang sirkulasi udara yang lebih maksimal, selaras dengan konsep green living,” papar Jusan selaku Marketing PT. Citra Kedaton.

    “Adara Citra ini total berada di atas lahan 5000 m² dengan menyediakan 28 unit rumah tinggal dengan model 3 tipe rumah, yakni tipe 50, tipe 60, dan tipe 65 dengan luasan tanah 125 m². Untuk segmentasi pasar, kami lebih menyasar pada keluarga muda yang memiliki keperluan membeli rumah pertama. Jusan mengungkapkan, segmentasi lebih mengarah pada kalangan menengah. “Sampai akhir Oktober 2018, Adara Citra tinggal menyisakan 5 unit untuk semua tipenya. Yakni tipe 50/125 masih tersedia 3 unit serta dua unit untuk tipe 60/125. Bahkan sudah terdapat beberapa rumah yang sudah serah terima dan langsung dihuni. Kami juga siapkan unit ready stock tipe 50 dengan luas kavling 125 m², sebagai sarana bagi konsumen untuk melihat secara langsung hasil kinerja kami dalam membangun rumah serta menjamin spesifikasi teknis memenuhi syarat keamanan dan estetika,” imbuh Winarsih, Marketing Executive PT. Citra Kedaton.

    Untuk skema pembayaran ada dua pilihan yang diberikan yakni tunai bertahap dan KPR. Untuk pembayaran tunai bertahap, ada pilihan cash keras yang melunasi dalam waktu tiga bulan, ada pula dalam 12 bulan, dan 24 bulan. Jusan mengungkapkan, terdapat fenomena baru, bahwa kebanyakan konsumen yang mengambil rumah di Adara Citra, memakai cara bayar secara cash bertahap yang mencapai angka 70% daripada cara KPR sekitar 30%. Untuk pembayaran tunai bertahap dengan angsuran 12 bulan atau 24 bulan dengan DP sebesar 30%. Ada juga pilihan cash keras yang melunasi dalam waktu 3 bulan. Untuk KPR, kami juga berikan kemudahan dengan DP 10% dengan perbankan yang sudah bekerjasama dengan kami.

    Untuk nilai investasinya, Adara Citra memberi bukti bahwa kenaikan harga properti sangatlah signifikan. Sebagai contoh saat harga perdana, kami masih tawarkan di harga 540 jutaan, dan dalam perjalanan pembangunan sampai serah terima ke konsumen, harganya sudah bergerak naik dikisaran 660 jutaan, ada kenaikan 100 jutaan lebih dalam tempo 12 bulan saja. “Kami juga sudah selesaikan total 13 unit rumah dan 10 unit dalam proses pembangunan maupun finishing rumah tinggal yang berlanggam arsitektur modern-indische style dengan berbagai tipenya, dan siap kita serah terimakan ke konsumen. Untuk infrastrukturnya, kami sudah menyelesaikan semua fasilitas umum, yakni berupa pagar keliling kawasan, pintu gerbang dengan pos keamanan 24 jam, serta perkerasan jalan lingkungan selebar 8 meter dengan memakai conblock, “ papar Jusan menutup perbincangan. Wahyu Pras & Farhan -red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain