Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Sinyal Properti Jogja Kembali Bergairah Lagi - bagian 1

    Perspektif hunian tipe Sierra 120, Vasana Residence
    Progress pembangunan hunian tipe 45 yang dikembangkan menjadi tipe 58 di Orizya
    Progress pembangunan Tower Cornell, Barsa City Yogyakarta, target topping off Ok

    Properti dinilai masih tetap menjadi instrumen investasi yang menarik di tengah pandemi covid-19. Banyak developer yang tetap percaya bahwa ketika periode lesunya iklim bisnis di masa pandemi ini terlewati, sektor properti akan lekas pulih seperti sedia kala. Pasalnya, investasi di properti memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan investasi lain berupa emas, reksadana, atau obligasi.

    Bagaimana pengembang bisa beradaptasi dengan kondisi ini dengan memberikan nilai lebih kepada masyarakat dan konsumen. Salah satu cara ialah melalui teknologi berbasis internet seperti website dan sosial media. Untuk itu, tentu saja dibutuhkan inovasi dan kreativitas. Ini memberikan peluang bagi pelaku bisnis properti untuk menjangkau pasar yang memanfaatkan digital marketing.

    Kali ini, kami sampaikan update dan progress pasar properti berbagai kelas pasar properti, di beberapa titik di kota Jogja, Sleman, Bantul, bahkan Kulon Progo.

    Vasana Residence berada poros Jalan Kaliurang Km. 7 Kayen Condongcatur Sleman. Lokasi strategis dan geografis yang natural dikemas dalam kawasan hunian premium. Mampu menciptakan aksesibilitas yang prima, kenyamanan yang sempurna, berfasilitas modern dengan desain menawan, tanpa meninggalkan etnik lokal serta mampu mengikuti kehidupan masyarakat modern perkotaan. Fasilitas umum seperti maingate dengan konsep one gate system, security 24 jam yang dilengkapi CCTV, Club House lengkap dengan swimming pool, function hall, serta fitness center sudah bisa digunakan.

    Memasuki semester kedua 2020 ini, Damai Putra Group Yogyakarta kembali menghadirkan varian tipe hunian terbaru dengan nama Sierra. “Tipe terbaru Sierra ini menjadi bukti komitmen kami, untuk terus kreatif dalam menghadirkan berbagai model hunian. Sebelumnya, kami sudah berhasil menghadirkan beberapa konsep hunian premium dalam berbagai tipenya, seperti tipe Marbella, tipe Navara, tipe Andara, tipe Siena, tipe Vicenza, tipe Avila, dan tipe Calvia,” terang Aziz Rahadian selaku Marketing Communication Damai Putra Group Region Yogyakarta.

    Tipe Sierra dalam masterplan akan berada di cluster terbaru di sisi Utara mainroad dan boulevard kawasan. Tipe terbaru ini kami tawarkan dalam wujud hunian dua lantai dengan tipe 120 dengan luas tanah 120 m², yang kami tawarkan dikisaran harga mulai 2,5 miliaran,” papar Aziz menjelaskan. Sebelumnya di awal tahun 2020 ini, sudah dipasarkankan 2 tipe rumah yaitu Avila (tipe 100 dan tipe 135) dan Calvia (tipe 80) dengan luas tanah variabel 100 – 120 m².

    Konsep desain yang ditawarkan dari tipe Sierra ini adalah konsep modern. Unsur minimalisnya kentara di karakter tegas fasad rumahnya dengan aksen klasik berupa etnik ala batik. Penggunaan material alami seperti batu alam bali green serta marmer, hingga bentuk atap pelana disertai keberadaan balkon pada lantai duanya yang terhubung di kamar tidurnya untuk memberikan privasi bagi penghuni sekaligus menambah kesan elegan.

    Denah ruang yang ditawarkan pun terbilang cukup mengakomodir kebutuhan ruang di unit dengan lebar depan 8 meter ini. Di lantai 1 disajikan denah ruang tamu, ruang keluarga yang terkoneksi dengan ruang makan dan dapur bersih dengan view taman belakang dan carport yang mampu menampung 2 mobil. Naik ke lantai 2 akan ditemui 1 master bedroom dengan kamar mandi dalam dan 2 kamar tidur + kamar mandi serta terdapat void yang digunakan untuk optimalisasi sirkulasi udara sekaligus pencahayaan alami.

    Walaupun situasi perekonomian masih ada dalam masa pandemi-covid19 seperti sekarang ini, namun respon pasar ternyata cukup besar, terbukti terjadi transaksi pembeli unit properti di Vasana Residence. Secara keseluruhan, kami sudah mampu menjual lebih dari 76 unit rumah dan sekitar 75 % sudah proses serah terima dan banyak dihuni. Dari sudut pandang investasi, harga sudah tumbuh kurang lebih 25 – 30 % sejak awal pemasaran,” terangnya.

    Untuk menggenjot penjualan masuk di semester 2 tahun 2020 ini, diberikan program promo New Normal di Vasana Residence. “Terdapat promo bagi masyarakat yang ingin berinvestasi di Jogja Utara. Promo “New Normal” yakni 'Makin Cepat Belinya Makin Besar Dibayarinnya'. Terdapat bonus Cut Price up to 15 % periode 15 Agustus – 15 Oktober 2020 serta Cut Price up to 10 % untuk periode pembelian 15 Oktober 2020 – 15 Desember 2020 nanti. Kami berikan kemudahan pembayaran secara installment, yakni program angsuran 16 X, dengan DP 30 % yang bisa diangsur 15 X tanpa bunga dan sisa pelunasannya dibayarkan di bulan ke 16 tanpa bunga serta cukup 10 juta saja untuk tanda jadi booking kavling,” tutup Aziz berpromosi.

    Orizya Village Kaliurang 2 menunjukkan progress angka penjualan yang sangat signifikan di semester awal tahun 2020 ini. Walaupun iklim investasi properti sempat down karena pandemi covid-19, namun khusus Orizya Kaliurang mengalami anomali dan banyak transaksi terjadi setelah masa awal pandemi. “Kami sangat bersyukur atas kepercayaan konsumen yang tetap mempercayai beberapa produk perumahan kami, khususnya di Orizya Village Kaliurang 2 ini. Banyak konsumen kami merupakan calon konsumen lama yang tertarik di project terdahulu Orizya Village Kaliurang,” ungkap FX Kristanto Utomo, Direktur PT Citra Anugerah Berkat Utama selaku developernya.

    Sisi geografis Jogja Utara masih menjadi alasan dominan para konsumen. Karena di anggap masih berada di lingkungan yang relatif lebih alami dengan dukungan view Gunung Merapi. Serta terdapat trigger lainnya, yakni berada tak jauh dari berbagai kampus pendidikan favorit Jogjakarta, seperti kampus UII Terpadu, Kampus 3 USD Maguwoharjo, Instiper, UPN Veteran, STIE YKPN, dan Universitas Mercu Buana serta tergolong tidak jauh dari UGM dan UNY. Berada di poros jalur alternatif jalan Kaliurang Km. 9 ke arah Timur, tepatnya di Terung Karangmojo Wedomartani, Sleman.

    Kawasan hunian seluas 4500 m² ini, memiliki aksesibilitas yang cukup baik. Persisnya di Utara Stadion Internasional Maguwoharjo yang terhubung dengan poros jalan Kaliurang Km 9 serta jalan raya Tajem serta relatif dekat dengan pusat perbelanjaan LotteMart, Trans Mart, Hartono Mall “Apalagi dalam waktu 2 tahun mendatang, kami akan memperoleh dukungan dengan keberadaan entry-exit tol Jogja – Solo yang hanya berjarak tempuh 15 menit saja dari lokasi kami ini. Saat masa pandemi atau setelah bulan Mei 2020 lalu, banyak calon konsumen merespon dengan waktu yang relatif singkat untuk memutuskan mengambil unit rumah di Orizya Village Kaliurang 2 ini. Dan waktu itu kami juga masih menahan harga serta memberikan beberapa program 'new normal' yang terbukti menarik calon konsumen,” lanjut Kristanto.

    Fasilitas umum yang diberikan Orizya Village Kaliurang 2 diantaranya konsep one gate system, garden area, pos security yang dilengkapi CCTV 24 jam serta mempunyai jalan lingkungan dengan lebar 7 meter. “Di Orizya Village Kaliurang 2 ini kami sediakan total 21 unit rumah, terbagi menjadi tipe 45, tipe 60, dan tipe 85 (2 lantai), dengan variasi luas kavlingnya mulai 120 - 240 m². Sampai Agustus 2020 kemarin, kami sudah berhasil menjual lebih dari 50 % dari total unit rumah, serta kami targetkan segera proses serah terima rumah kepada konsumen awal kami di bulan September 2020 ini. Harga yang kami tawarkan dibandrol saat ini masih dikisaran mulai 900 jutaan, sudah termasuk PPN dan biaya pecah sertipikat dan IMB,” lanjut pria berhobi olahraga sepeda ini.

    Secara konsep bangunan serta layout tata ruangnya cukup inspiratif dan sesuai dengan minat masyarakat sub urban yang modern dan dinamis. Memiliki pitch roof dengan tinggi ± 5 - 7 meter yang tepat di center building-nya, menjadi ciri khas tersendiri. Kristanto mengatakan bahwa “Banyak konsumen Orizya Village Kaliurang 2 yang menambah jumlah ruangannya dengan penambahan mezanine, yang bisa dihubungkan di area fasad depan sebagai balkonnya.“ Ada yang menambah ruang tidur atau ruang kerja di lantai 2 mezanine-nya. Sentuhan natural dengan aksen ornamen bata eskpos dan batu alam serta aksen kayu jati di area teras rumahnya semakin mendukung estetika ala tropis.

    “Adapun metode pembayaran yang kami sediakan sangat membantu calon konsumen. Untuk metode bayar cash bertahap, dengan DP 20%, sisanya bisa dicicil 12 X kali angsuran tanpa bunga. Untuk KPR, kami juga sudah PKS dengan beberapa perbankan nasional seperti Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, BTN, dan CIMB Niaga,” tutup FX Kristanto Utomo.

    Barsa City menjadi salah satu solusi cerdas, visioner, dan prestisius bagi investor dalam memilih apartemen strategis garapan Ciputra Grup di Jogjakarta. Jogja semakin istimewa, fakta tersebut juga berlaku di dunia properti. Tidak dipungkiri bahwa harga properti di Jogjakarta memang cukup cepat meningkat serta sangat kompetitif dibanding dengan kota-kota lain di Indonesia, sehingga banyak investor yang melirik kota Jogja untuk berinvestasi properti di kota pendidikan dan pariwisata ini.

    Di era modern dan milenial ini, tinggal di perkotaan merupakan dambaan masyarakat sub urban di jaman yang sangat dinamis dan up to date ini. Yhonas Oktavian, Marketing Manager Barsa City menyampaikan, "Ada perubahan gaya hidup masyarakat. Mayoritas anak muda kini (milenial-red) tidak terlalu berminat dengan rumah berhalaman besar karena alasan kepraktisan. Mereka lebih memilih rumah dengan lahan minimal namun berkonsep smart home serta memiliki fasilitas komplit.”

    Magnet kampus pendidikan menjadi faktor utama properti Jogja tumbuh pesat. Notabene keberadaan kampus pendidikan, berada di ring 1 dari pusat kota Jogja. Akan tetapi ketersediaan hunian yang tepat di tengah kota sangatlah minim, kalaupun tersedia harganya sudah selangit. Oleh karena itu memilih membeli apartemen menjadi opsi yang menarik untuk dilakukan. Terbukti sejak 2015 terdapat beberapa pengembang yang menyediakan hunian apartemen di Yogya dengan berbagai pilihan. Mulai dari apartemen standar hingga berkelas eksklusif yang hadir dengan berbagai keunggulannya.

    “Lokasi menjadi faktor utama dalam memilih hunian apartemen. Akses transportasi, lingkungan yang dekat dengan kampus pendidikan atau tempat bekerja, sampai ketersediaan tempat bersosialisasi serta pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari merupakan poin penting konsumen memilih apartemen sebagai solusi hunian modern. Fasilitas yang memadai dituntut pula melengkapi keberadaan sebuah apartemen. Pertimbangan fasilitas meliputi fasilitas umum dan fasilitas sosial di dalam area pengembangan apartemen dan di sekitar apartemen. Keamanan juga menjadi faktor yang tak kalah pentingnya. Faktor keamanan di sini tidak terbatas pada keamanan lingkungan apartemen saja, namun termasuk keamanan gedung dan legalitas, jangan sampai menyisakan masalah di kemudian hari,” tambah pria penyuka Thiwul ini.

    “Apartemen kami ini ditawarkan mulai 500 jutaan ini terletak di jalur utama kota Jogjakarta di Jl. Laksda Adisutjipto Km 7 tepat di Utara Flyover Janti atau Selatan persis Kampus Atmajaya Babarsari ini. Hanya 2 menit perjalanan menuju Kampus Universitas Atmajaya. Selain itu, kawasan sisi Utara yang berbatasan langsung dengan Jalan Dirgantara III memudahkan akses menuju beberapa kampus di daerah Babarsari, seperti STTN Batan, Universitas Proklamasi 45, STT Nasional serta Politeknik API, UPN Veteran dan STIE YKPN, dan Universitas Sanata Dharma,” terangnya.

    Lokasi apartemen yang berada di jalan utama Jogjakarta memudahan akses ke berbagai pusat perbelanjaan lainnya, sebut saja Hartono Mall, Lippo Plaza, dan Transmart Carrefour. Memanjakan kebutuhan modern lifestyle, Apartemen Barsa City hanya berjarak 1 kilometer dari Plaza Ambarrukmo, mall paling popular di Jogja. Apalagi ke depan, lokasi Barsa City menjadi semakin strategis karena tak jauh dari entry-exit tol trase Jogja - Solo yang terhubung ke depannya dengan jalur Tol Jogja – Bawen, maupun tol Jogja – Cilacap yang terkoneksi dengan akses menuju Bandara YIA Kulon Progo yang menjadi bagian tol trans jawa serta tak jauh dari beberapa stasiun Kereta Api yang akan dilalui Kereta KRL Jogja – Solo di 2021 mendatang. Infrastruktur strategis nasional ini diklaim dapat menarik wisatawan karena mereka lebih banyak menjangkau destinasi-destinasi lain di sekitar Jogja, selain menekan laju kepadatan di wilayah perkotaan.

    Progress pembangunan tower pertama apartemen ini, yakni Cornell diawasi dengan cermat untuk menjaga kualitas produknya sebagai kawasan hunian milenial modern di Jogjakarta. Sejak dilakukan groundbreaking akhir 2018 lalu, secara bertahap terus dikerjakan oleh kontraktor BUMN kenamaan, yakni Wijaya Karya (WIKA). Setelah uji teknis dilanjutkan pemasangan pondasi, pembangunan basement 2, basement 1, serta berlanjut sampai akhir Agustus 2020 sudah memasuki konstruksi dan pengecoran lantai 8. “Dan tidak lupa sebagai langkah pencegahan dimasa pandemik COVID-19 ini, kami secara maksimal disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan corona virus, dari sebelum bekerja, saat bekerja, serta saat meninggalkan area kerja, diwajibkan untuk memakai masker, social distancing, serta mencuci tangan,” lanjut Yhonas.

    Progress penjualannya saat ini sudah lebih dari 55 % dari total unit yang dihadirkan di Cornell Tower. Dan yang menggembirakan, saat masa pandemi ini, terjadi peningkatan penjualan, khususnya dari transaksi dan jual beli via internet (website) maupun aplikasi online. Untuk area komersial berupa Shop House berupa ruko 3 lantai di sisi Timur Tower Cornell, saat ini Utara, menyisakan 3 unit ready stock dan 4 unit siap bangun dari total 15 unit,” lanjut Yhonas.

    Untuk makin menggenjot penjualan di semester 2 tahun 2020 ini Barsa City makin gencar memberikan promo menarik sekaligus memberikan spesial promo. “Kami mencoba mengikuti pameran kembali dengan konsep 'new normal' serta mengoptimalkan pergerakan perekonomian Jogja, khususnya kembali bergairahnya iklim positif di sektor wisata di Jogjakarta. Diberikan berbagai penawaran menarik dengan harga masih di angka 500 jutaan include BPHTB, opsi DP mulai 2,5 jutaan, pilihan angsuran mulai 2,5 jutaan per bulan, serta mendapatkan bonus fully furnished.

    Apartemen Barsa City merupakan apartemen yang berkonsep Mixed Use Building, dimana kawasan tersebut akan merangkum shopping gallery, apartemen 8 lantai dilengkapi 2 basement, dan area shophouse. Ruang-ruang komersial akan diisi sejumlah penyewa yang mengakomodir gaya hidup millennial dan pengusaha muda seperti coffee shop, restoran kekinian dan co-working space. Juga bakal dilengkapi fasilitas yang menunjang gaya hidup masa kini seperti kolam renang, gym center, sky garden dan lounge untuk bersosialisasi antar penghuni. “Kawasan bisnis di Barsa City dilengkapi dengan shophouses yang dapat mendukung aktivitas bisnis dan komersial kawasan, dapat pula meningkatkan nilai investasi serta prospek yang luar biasa. Selaras dengan tagline kami, yakni 'Urban Millenial Living',” pungkas Yhonas. Wahyu Pras -red

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain