Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Solusi Bunga Rendah, Rumah Murah Non Subsidi dengan KPR BTN HARAPAN

    Solusi Bunga Rendah, Rumah Murah Non Subsidi dengan KPR BTN HARAPAN
    Tim KPR BTN DIY
    Suku Bunga KPR BTN HARAPAN
    Suku Bunga KPR BTN HARAPAN dengan subsidi bunga 1% selama 2 tahun

    Berbagai kebijakan atau stimulus dilakukan oleh sejumlah perbankan nasional, salah satunya PT Bank Tabungan Negara (BTN) khususnya pemberian kredit sektor perumahan. Sebagai langkah mitigasi perlambatan pertumbuhan kreditnya, strategi pertumbuhan KPR di tahun 2020 difokuskan untuk memaksimalkan porsi Bank BTN pada program KPR Subsidi dan mengembangan bisnis KPR non subsidi melalui program KPR BTN Harapan. Adapun tujuan KPR BTN Harapan agar menjadi solusi untuk pembelian rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sekaligus untuk mengantisipasi keterbatasan kuota subsidi dari pemerintah.

    Bank BTN berupaya dengan sungguh-sungguh untuk membantu realisasi kepemilikan rumah bagi masyarakat meski di tengah pandemi yang terjadi sekarang ini, mengingat rumah merupakan kebutuhan primer. “Bank BTN optimis dan berkomitmen bahwa pada 2020 untuk serapan kredit KPR masih tumbuh positif, meski pasar properti ikut terdampak pandemi covid-19. KPR BTN Harapan menjadi solusi penyerapan potensi rumah sederhana yang dimana unitnya telah siap untuk ditempati bagi calon debitur KPR subsidi yang terkendala keterbatasan kuota pemberian KPR subsidi oleh pemerintah, sehingga bisa di realisasikan dengan kredit KPR BTN Harapan" ujar Kurnia Dewi selaku Consumer Loan Sales Bank BTN Kantor Cabang Yogyakarta.

    Adapun beberapa syarat bagi developer untuk bisa menggunakan fasilitas KPR BTN Harapan yang diberikan kepada calon Konsumennya, adalah sama dengan persyaratan untuk perumahan subsidi, diantaranya kondisi rumah yang akan diAkadkan wajib bangunan ready stock yaitu kondisi dimana rumah telah siap untuk dihuni oleh konsumen, kawasan sudah memenuhi syarat minimal infrastruktur dan utilitas kawasan, di antaranya jalan kawasan, instalasi saluran listrik, dan air bersih.

    Kabar Gembira bagi masyarakat yang menginginkan pembelian rumah subsdi dengan adanya KPR BTN Harapan salah satunya terletak pada penghasilan calon nasabah, jika perumahan subsidi konsumen dengan fixed income batasannya adalah gaji maksimal 4 juta, maka untuk KPR Harapan ini penghasilan nasabah minimal 3,5 juta. “Penghasilan nasabah bisa joint income atau gabungan suami-istri. Untuk wilayah DIY dan Jawa Tengah, ada batas minimal penghasilan gaji untuk bisa mengikuti program KPR BTN Harapan ini, yakni minimal mempunyai gaji atau penghasilan paling sedikit 3,5 juta per bulan,” lanjut Kurnia Dewi. Peruntukan program KPR BTN Harapan ini untuk KPR/KPA ready stock dan pembelian rumah lelang dengan harga jual unit rumah maksimal sampai dengan 300 juta rupiah.

    Secara lengkap ini detilnya yaitu :
    1. Peruntukan : Pembelian Rumah, Pembelian Apartemen, dan Pembelian Rumah Lelang.
    2. Syarat dan ketentuan umum :
    • Bangunan wajib ready stock.
    • Developer KPL/KYG dan non KPL/KYG.
    • Kriteria debitur fixed income dan non fixed income.
    • Minimal penghasilan bersifat joint income 3,5 juta.
    • Harga jual unit rumah maksimal 300 Juta.
    3. Ketentuan Uang Muka (DP) :
    • DP 1% = kriteria debitur ASN, TNI,POLRI, BUMN/BUMD, Payroll – fixed Income.
    • DP 2% = kriteria debitur ASN, TNI,POLRI, BUMN/BUMD Payroll, kolektif/potong gaji – fixed income.
    • DP 5% = kriteria debitur Umum fixed income, sesuai kriteria kredit non Subsidi.
    • DP 10% = non fixed income.
    4. Jangka waktu kredit (Tenor) :
    • Tenor 25 tahun untuk rumah tapak.
    • Tenor 15 tahun untuk rumah susun.
    5. Suku Bunga :
    Tahun pertama : 8,99 % untuk fixed income, untuk non fixed income 9,99 %.
    Tahun kedua : 8,99 %, untuk fixed income, untuk non fixed income 9,99 %.
    Tahun ketiga : 9,99 %, untuk fixed income, untuk non fixed income 10,99 %.
    Tahun keempat : 10,99 %, untuk fixed income, untuk non fixed income 12,99 %.

    Kurnia Dewi menambahkan, “Terdapat program subsidi Bunga KPR BTN Harapan, bagi developer yang memiliki fasilitas kredit di BTN (KYG) yang ikut serta memberikan subsidi bunga kepada konsumen sebesar total 2% untuk dua tahun pertama, dan dibagi 2 tahap pemberiannya, yakni 1 % pada tahun pertama dan 1% nya lagi pada tahun kedua, maka BTN akan memberikan kompensasi berupa suku bunga khusus yaitu pengurangan bunga sebesar total 2% untuk dua tahun pertama, sehingga bunga kredit yang di berikan kepada konsumen menjadi 6,99% fix 2 tahun untuk fixed income dan 7,99% fix 2 tahun untuk non fixed income”. Kompensasi berupa suku bunga khusus ini hanya berlaku bagi developer KYG saja, apabila developer non KYG ingin memberikan subsidi bunga, maka bunga yang dikenakan kepada konsumen adalah bunga KPR BTN Harapan yang dikurangi dengan subsidi bunga dari developernya. Sedangkan untuk biaya prarealisasi kredit yang harus disiapkan calon konsumen yakni biaya provisi : 0,25% dari plafond, biaya proses : 0,25% dari plafond, biaya administrasi : 500 ribu, asuransi jiwa dan kebakaran sesuai ketentuan yang berlaku, biaya notaris dan APHT sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta pengendapan dana wajib di-hold satu kali angsuran selama jangka waktu kredit.

    Program ini menjadi alternatif bagi nasabah yang menginginkan fasilitas kredit rumah murah terjangkau pada kategori Kredit non subsidi dengan bunga relatif rendah. Memang cicilannya sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan skema KPR subsidi dari pemerintah. Jika dengan skema subsidi seperti FLPP, BP2BT cicilan masih sekitar 1 jutaan maka dengan KPR BTN Harapan ini cicilan sekitar 1,5 juta -2 jutaan, tergantung kategori konsumen, apakah fixed income atau non fixed income, juga tergantung pada developer, apakah ikut serta pada program Subsidi bunga atau tidak karena kondisi ini mempengaruhi besarnya bunga kredit dan uang muka. Terlepas dari Perbandingan tersebut, KPR BTN Harapan dapat dikatakan sebagai harapan bagi MBR dan juga Developer yang menjual rumah subsidi.

    Selain dalam hal KPR, bank BTN juga memiliki program menarik bagi developer-developer yang bekerjasama dengan Bank BTN. Disampaikan Reza Purba Adhi, selaku Branch Commercial and SME Sales Unit Head BTN Kantor Cabang Yogyakarta “Kami berikan beberapa pilihan program bagi developer-developer yang bekerjasama dengan BTN, yakni Giro Intens, yaitu bagi developer yang melakukan top up saldo minimal 50 juta bisa mendapatkan benefit free biaya administrasi, biaya cetak buku cek BG, serta biaya kliring masuk dimana benefit ini berlaku selama 3 bulan pertama dan benefit tersebut akan dikreditkan pada awal bulan selanjutnya. Selanjutnya Giro Max, yaitu bagi developer-developer yang melakukan top up saldo minimal 150 juta untuk mendapatkan benefit free biaya administrasi, biaya cetak buku cek BG, serta biaya kliring & RTGS. Adapun benefit tersebut berlaku selama jangka waktu penempatan (1 sampai dengan 3 bulan) dan akan dikreditkan pada awal bulan selanjutnya.

    Kemudian Giro Platinum, yaitu bagi developer yang melakukan top up saldo minimal 300 juta, bisa mendapatkan cashback reward 0,14% dari nilai top up, benefit berlaku selama jangka waktu penempatan (1 - 3 bulan) dan akan dikreditkan pada awal bulan selanjutnya. “Dengan demikian, Bank BTN merupakan pilihan yang menarik untuk dijadikan mitra bisnis, baik dari sisi kredit, maupun dana”, pungkasnya. Wahyu Pras-red

    BANK BTN
    Kantor Cabang Yogyakarta
    Jl. Jend. Sudirman No. 71, Yogyakarta 55223
    Telp : (0274) 589898 - Fax : (0274) 561289
    Email :kc.yogyakarta@btn.co.id

    www.btn.co.id
    Hotline Marketing KPR BTN DIY:
    Kurnia Dewi – 0856 1556 070
    Dian Purnama Andhika Putra – 0812 2061 1222
    Reza Purba – 0812 3288 8391

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain