Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Temukan Hawa Lereng Merapi dari Rumah Teras Guesthouse

    Teras Guesthouse
    Lobby Teras Guesthouse
    Interior Lobby
    Kamar tidur tipe Deluxe
    Kamar tidur

    Menghabiskan masa liburan di Yogyakarta merupakan pilihan tepat. Pasalnya, kawasan ini menghadirkan beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata kota, sejarah, pantai, hingga pegunungannya. Tidak satu pun wilayahnya yang luput dari keindahan. Yogyakarta terutama sisi Utaranya terkenal dengan keindahan wisata alamnya dengan atmosfer lingkungan udara sejuk nan asri, lokasi wisata Kaliurang salah satu yang menawarkan keindahan alam ala pegunungan. Suasana kota Jogja bagian utara dengan alam pegunungan di sekelilingnya serta udara yang masih sejuk tentu saja cocok sebagai tempat refreshing dan bersantai di akhir pekan maupun saat liburan. Belum lagi perkembangan kawasan Jalan Kaliurang yang cukup pesat sebagai pusat wisata kuliner dan pastinya patut untuk dicoba jika berkunjung ke kota ini. Tempat yang sesuai untuk bersantai dengan kerabat dan keluarga tentu saja tempat penginapan yang memiliki suasana kekeluargaan dan nyaman seperti rumah sendiri. Hal tersebutlah yang ditawarkan oleh Rumah Teras Guest House yang memiliki slogan “you feel at home” ini.

    Rumah Teras adalah sebuah penginapan berkonsep guest house yang beralamat di Jalan Belakang Pasar Rejodani, Prumpung, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, dan hanya berjarak sekitar 13 kilometer dari lokasi Taman Wisata Kaliurang. Penginapan ini juga menyuguhkan konsep kekeluargaan sehingga tamu merasa seperti berada di rumah sendiri. Suasana tenang, tempat yang nyaman dan bersih serta pelayanan yang ramah membuat liburan Anda untuk menikmati kota Jogja dan sekitarnya semakin menyenangkan.

    Rumah Teras Guest House yang mulai beroperasi sejak tahun 2011 ini menyediakan 9 kamar, yaitu 8 kamar tipe deluxe dan satu buah kamar dengan tipe super deluxe dengan kapasitas maksimal per kamar 3 orang. Tipe kamar yang disediakan menyesuaikan dengan kebutuhan tamu yang akan menginap dengan rate mulai dari Rp 300.000 untuk tipe kamar deluxe, dan Rp 450.000 untuk tipe kamar super deluxe, sudah termasuk breakfast untuk 2 orang. Fasilitas kamar yang diberikan juga cukup lengkap diantaranya televisi dengan saluran berbayar, air conditioner, shower, dan wifi. Sedangkan untuk fasilitas di luar kamar berupa room service 24 jam, lounge area, wifi di seluruh area penginapan, serta swimming pool. “Harga yang ditawarkan oleh Rumah Teras tersebut memang flat. Jadi tidak ada perubahan harga sepanjang tahun, saat weekend maupun hari libur besar harganya tetap sama saja. Lalu untuk kebutuhan extra bed dapat dilayani dengan tambahan harga sebesar Rp 75.000 rupiah per orangnya,” papar Prayugo selaku Staff Operasional Rumah Teras Guest House.

    Begitu memasuki area penginapan seluas kurang lebih 900 m² tersebut, sentuhan arsitektur Jawa klasik langsung terasa dengan adanya sebuah bangunan Joglo pada sisi depan yang juga berfungsi sebagai lobby and lounge area untuk para tamu yang datang. Penginapan ini berusaha menampilkan sisi tradisonal Jawa kepada para tamu, sehingga atmosfer Jogja tetap terasa. Bangunan dengan dominasi material kayu tersebut cukup ikonik sebagai penanda lokasi dari Rumah Teras, karena letaknya tepat di tepi jalan. Adanya pohon dan beberapa tanaman hias di area depan, semakin menambah nuansa sejuk penginapan tersebut. “Rumah Teras sendiri sebenarnya telah lebih dulu ada di beberapa kota besar lain, namun untuk bangunan Joglo ini hanya ada di branch Jogja. Ya karena lokasinya di kota Jogja, jadi biar terasa nuansa Jogjanya,” ungkap Iran, sapaan akrabnya.

    Sebuah entrance dengan konsep blocking wall akan mengantarkan kita menuju area dalam guest house, sekaligus menjadi pemisah dengan area parkir. Hal tersebut dimaksudkan agar area dalam tidak langsung terlihat dari sisi depan dan lebih menjaga privasi tamu yang menginap di rumah Teras. Kamar-kamar yang ada di penginapan ini sendiri terbagi menjadi 3 bangunan utama dengan konsep minimalis layaknya bangunan rumah biasa. Pada sisi paling dalam, terdapat bangunan dengan kamar tipe super deluxe dan dua buah kamar tipe deluxe. Kamar tipe super deluxe mempunyai desain yang cukup sederhana layaknya kamar pribadi, namun dengan kenyamanan yang tetap diutamakan. Nuansa dinding berwarna putih, serasi dengan material kayu yang diaplikasikan pada furnitur kamar seperti tempat tidur, meja, dan kursinya. Beberapa lukisan yang tergantung di dindingnya memberikan kesan artistik di kamar ini. Kamar mandi dengan konsep modern minimalis berada di sudut kamar sebagai fasilitas penunjang yang cukup penting bagi para tamu yang menginap. Ruang tamu dan dapur layaknya rumah pribadi juga disediakan sebagai fasilitas tamu kamar tipe super deluxe.

    Bersebelahan dengan kamar tipe super deluxe juga terdapat dua buah kamar dengan tipe deluxe. Terletak dalam satu bangunan, kamar tipe deluxe mempunyai desain dan luasan yang kurang lebih sama dengan tipe di atasnya. Yang membedakan dari kedua tipe tersebut hanyalah fasilitas yang diperoleh, kamar mandi pada tipe deluxe yang letaknya berada di luar kamar serta tidak disediakannya ruang tamu dan dapur. Dengan tata ruang layaknya rumah, guest house ini tentunya dapat menjadi pilihan menginap bagi keluarga besar karena dapat tinggal dalam satu bangunan rumah. Lengkap dengan teras kecil dan halaman nan sejuk dan asri pada masing-masing kamar yang semakin membuat betah tamu saat menginap di Rumah Teras. “Untuk kamar tipe super deluxe dan deluxe memang letaknya menjadi satu dalam satu bangunan. Bisa disewa secara bersamaan namun bisa juga disewa secara terpisah untuk masing-masing tipenya. Jadi pada saat ada tamu yang menyewa kamar tipe super deluxe, ya akses dari kamar tipe deluxe menuju ruang tamu dan dapur akan kita tutup,” papar Iran.

    Melangkah keluar melewati step stone dengan rumput hias di sekelilingnya, kita akan menuju pada sebuah fasilitas berupa kolam renang outdoor yang letaknya diapit antara dua bangunan kamar tipe deluxe. Fasilitas tersebut dapat digunakan oleh tamu yang menginap di Rumah Teras Guest House. Dari area kolam renang ini tamu juga dapat bersantai di tepian kolam sembari memanjakan mata dengan menikmati keindahan view Gunung Merapi yang nampak sangat jelas, terutama pada saat cuaca cerah ketika pagi maupun sore hari. Suasana yang tenang dan nyaman jauh dari hiruk pikuk yang tentu saja sangat cocok untuk refresh pikiran. Iran menambahkan untuk tamu dari Rumah Teras Guest House kebanyakan adalah dari luar kota, seperti Jakarta, Bandung, dan beberapa kota lain. “Kota Jogja sekarang ini sudah jadi kota wisata yang tidak ada habisnya. Bahkan untuk tamu yang menginap di sini (Rumah Teras –red) sebagian besar adalah tamu dari luar kota yang berwisata ke Jogja saat weekend maupun hari libur. Hal tersebut juga terbukti dari okupansi guest house sendiri yang selalu full saat waktu-waktu tersebut,” pungkas Iran. Farhan-red

    Rumah Teras Guesthouse
    Jl. Belakang Pasar Rejodani,
    Prumpung,
    Sardonoharjo, Ngaglik,
    Sleman, Yogyakarta
    Telp. 0877 2866 6765

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain    Holcim Solusi Rumah