Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Temukan Ide & Solusi Home Décor di INSPIRA PADMA JAYA

    Table set kayu roda
    Bar Stole Set dan Meja kantor bergaya vintage
    Kursi santai rotan
    Anjing dengan plat dan Karya seni patung logam
    Pernak-pernik dekorasi ruangan

    Kenyamanan, kiranya hal tersebutlah yang banyak dicari oleh setiap orang dalam mendesain ruang. Merencanakan desain interior rumah tentang perencanaan furnitur pengisi dan organisasi antar ruang menjadi hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan kenyamanan tersebut. Pemilihan dan penempatan furnitur atau perabot dalam ruangan sebaiknya memiliki keselarasan dalam warna, bentuk maupun fungsi, agar menghindari kesan berantakan dan bertabrakan atau tidak fungsional. Pemilihan tema dalam satu ruangan dapat dijadikan garis besar untuk mengusung konsep yang diinginkan. Kenyamanan penataan ruang akan terwujud apabila sang pemilik rumah mampu menyeimbangkan komponen-komponen yang ada di dalam rumah sesuai dengan fungsi dan estetikanya, termasuk memasukkan unsur seni dalam dekorasi interior ruangan.

    Desa Kasongan yang terkenal dengan produksi gerabah bernilai seni tinggi tak ubahnya sebuah etalase tanpa ujung. Di tiap halaman rumah warga di kanan-kiri jalan, berbagai produk gerabah dengan beragam ukuran berebut menarik perhatian wisatawan yang datang. Tapi, yang terbesar dan terlengkap berada di dekat gerbang selamat datang. Semua ada di Inspira Padma Jaya, demikian nama galeri di desa di Jalan Bantul, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, tersebut. Mulai patung, vas, guci, sampai hiasan dinding. Dari produk untuk souvenir pernikahan hingga karya setinggi 3 meter. Menonjolnya Inspira bila dibandingkan dengan semua etalase lain di Kasongan sekaligus menggambarkan buah pergulatan panjang pemilik, Timboel Raharjo dan Ani Faiqoh.

    Diceritakan Ani Faiqoh bahwa awal berdirinya galeri Inspira Padma Jaya tersebut dapat dikatakan merupakan proyek emosional dirinya dan suami. “Jadi memang dulunya tanah ini sudah dibeli oleh pengembang yang rencananya akan dibangun komplek ruko. Kemudian atas dasar keprihatinan kami karena bisa dibilang di sini kan gerbangnya Kasongan, akan tidak relevan lagi kalau nantinya dibangun ruko-ruko dan disewakan kepada bisnis-bisnis yang tidak ada kaitannya dengan kawasan seni Kasongan itu sendiri. Akhirnya tanah ini kami beli dari pengembang tersebut dengan harga yang terbilang cukup tinggi, kemudian kami bangun galeri Inspira ini. Paling tidak dengan adanya Inspira ini dapat menjadi refleksi wajah Kasongan pada sisi gerbang masuk kawasan ini,” cerita Ani.

    Galeri yang berdiri sejak Oktober 2013 tersebut memiliki berbagai macam koleksi kerajinan seni mulai dari yang berbahan kayu hingga besi, jenis nya pun beragam ada guci, patung, bingkai, pajangan, furnitur, hingga produk home decor dijual di sana. Semua koleksinya disusun sangat rapi dan penuh estetika, penempatan koleksi yang indah ini seakan-akan membuat wisatawan berada di dalam museum atau sebuah art exhibition. Hal tersebut membuat galeri ini sangat cocok untuk berswafoto. Selain itu, salah satu misi owner dalam mendirikan galeri Inspira ini adalah untuk memasarkan dan menunjukkan bahwa barang-barang hasil karya seniman-seniman lokal juga mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan barang impor. Begitu pula hasil kerajinan lokal dengan kualitas bagus tersebut tidak melulu hanya dipasarkan ke mancanegara, masyarakat lokal pun dapat memiliki dan menikmati barang dan furnitur dengan kualitas serupa dengan produk ekspor. “Untuk Inspira ini memang fokus melayani penjualan pasar dalam negeri, berbeda dengan galeri kami yang lain, Timboel Art Gallery, yang memang fokus untuk pasar ekspor. Misi saya dan suami (Timboel Raharjo –red) memang untuk membuktikan bahwa masyarakat kita juga bisa memiliki furnitur cantik dengan kualitas baik serupa dengan produk yang diekspor. Mindset orang selama ini kan berpikir kalau barang ekspor adalah barang pilihan dengan kualitas terbaik, sementara untuk pasar dalam negeri hanya produk dengan kualitas di bawahnya,” imbuh Ani.

    Di galeri yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 1035 m² tersebut menyediakan berbagai mix product, mulai dari furnitur, barang kerajinan, hingga produk home decor dengan macam-macam bentuk dan ukuran. Hampir seluruh desain dari produk di galeri Inspira merupakan hasil pemikiran dari Timboel Raharjo yang notabene telah berkecimpung di dunia seni sejak 25 tahun yang lalu. Timboel juga tidak jarang mendatangi berbagai pameran seni di luar negeri untuk semakin memperluas wawasannya dalam menciptakan desain-desain untuk produknya. Dalam memproduksi produk-produknya, selain dari workshop Inspira sendiri, showroom tersebut juga sudah bekerja sama dengan beberapa sub contractor sebagai produsen. Hingga saat ini serapan pasar terbanyak berasal dari konsumen rumah pribadi yang didominasi oleh pasangan-pasangan muda dengan rumah barunya. Beberapa konsumen juga berasal dari hotel-hotel dan kafe-kafe bergaya kekinian. Selain dari kota Jogja sendiri, pembeli produk-produk galeri Inspira juga banyak berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, hingga Malang.

    Selain menyediakan berbagai macam produk ready stock, galeri yang beroperasi mulai pukul 08.00 – 19.00 setiap harinya tersebut juga melayani pemesanan produk custom. Jadi apabila konsumen memiliki desain dan ukuran sendiri yang telah disesuaikan dengan huniannya, dapat memesan custom design di galeri Inspira Padma Jaya. “Untuk mengakomodasi keinginan dan selera konsumen, Inspira juga melayani untuk pemesanan custom design. Mau bentuk seperti apapun kami siap merealisasikannya. Untuk waktu pengerjaan produk custom biasanya hingga 2 bulan pengerjaan. Kemudian untuk harga-harga produk kami memang bermacam-macam, tergantung dari ukuran, bahan dasar, hingga tingkat kerumitan kerajinan tersebut. Yang paling murah mulai dari 100 ribuan untuk pernak-pernik kecil, untuk furnitur mulai dari harga ratusan ribu per piece hingga jutaan untuk satu set, hingga puluhan juta untuk karya seni berbahan logam dengan ukuran besar. Harga tersebut tentunya juga sebanding dengan kualitas dan eksklusifitas produk kami, karena kepuasan dari konsumen merupakan hal yang sangat kami utamakan,” pungkas Ani berpromosi. Farhan-red

    INSPIRA PADMA JAYA
    Jalan Bantul, Tirtonirmolo,
    Kasihan, Bantul, Yogyakarta.
    Telp. : 0822 2652 9940
    Instagram : inspirapadmajaya67

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain