Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Tren Hunian Modern Di Sleman, Kelas Apartemen Sampai Rumah Premium-bagian 1

    Kawasan hunian di cluster Andara tipe 120 dan tipe 150, Vasana Residence
    Perspektif bird view dari sisi Barat, Tana Babarsari Millenial Student Apartment
    Kawasan mixed use Mataram City

    Selain sebagai wilayah wisata dan edukasi, perkembangan wilayah di sekitar Jogjakarta semakin pesat. Hunian di sekitar Jogjakarta memiliki harga bervariasi, tergantung dari lokasi, tipe bangunan, dan luas tanah. Wilayah Utara kota masih menjadi primadona bagi pencari rumah. Namun seiring berjalannya waktu, wilayah Sleman semakin terkendala dengan semakin terbatasnya lahan yang bisa diolah dan dikembangkan sebagai kawasan hunian oleh para pengembang.

    Strategi dengan mengubah konsep ke arah hunian vertikal adalah sebuah keniscayaan, dalam rangka memenuhi kebutuhan hunian, khususnya bagi generasi dengan gaya hidup urban modern dan milenial. Keberadaan kampus perguruan tinggi negeri maupun swasta di Sleman Jogjakarta semakin memperkuat image kota ini sebagai kota pelajar dan menjadi stimulus bagi pengembang properti. Didukung pula dengan keberadaan pusat perbelanjaan modern berupa Mall, semakin mendongkrak gairah perekonomian serta gaya hidup masyarakatnya. Kondisi inipun seolah menjadi tambang emas bagi developer properti untuk membangun apartemen, yang dilengkapi berbagai fasilitas pendukung mahasiswa generasi milenial. Dan untuk yang berkonsep landed house, terlihat semakin marak keberadaannya di area Utara Jogja,kawasan yang dikemas untuk sasaran pasar kelas middle up dan premium.

    Kali ini kami, di edisi ke 83 bulan April 2019 ini, diinformasikan beberapa progress pembangunan serta rapor penjualan beberapa kawasan apartemen maupun perumahan landed terbaru khususnya kelas premium yang berada di wilayah Sleman Jogjakarta.

    Vasana Residence secara meyakinkan menjelma menjadi sebuah kawasan perumahan kelas premium yang menampilkan nuansa eksklusif dengan sentuhan seni modern tropis di Jogja Utara, tepatnya di jalan Kaliurang Km 7. Memiliki aksesibilitas yang baik untuk menjangkau berbagai sarana penunjang kehidupan. Memiliki akses mudah untuk mencapai kampus ternama di Jogjakarta seperti UGM, UII, UTY, UPN, Atmajaya, dan USD. Juga relatif dekat dengan berbagai pusat perbelanjaan Hartono Mall, Jogja City Mall, dan Sleman City Hall, klinik dan rumah sakit, dekat dengan area wisata kuliner, dan berada di jalur wisata alam Merapi.

    Di kuartal pertama tahun 2019 ini, Damai Putra Group Yogyakarta terus menggenjot penjualan tipe hunian terbarunya, yakni unit rumah tipe Vicenza. Keberadaan kavlingnya tepat berada di tepian boulevard utama kawasan yang mempunyai ROW 12 meter. “Kami hadirkan beberapa unit kavling super strategis ini dengan jumlah terbatas, yakni 10 kavling saja. Unit rumahnya akan dibangun dengan pilihan mulai tipe 155 dan tipe 200 dengan luasan tanah variabel, mulai 203 m² sampai luasan terbesarnya 377 m²,” ungkap Adi Krisnawan, Sales Manager Damai Putra Group Region Yogyakarta. Harga yang ditawarkan untuk tipe Vicenza ini untuk tipe 155 di tawarkan mulai kisaran 3,8 miliaran untuk tipe di atasnya mulai harga kisaran 4,2 miliaran. Harga tersebut sudah termasuk PPN, IMB, sambungan listrik, PDAM, dan biaya balik nama sertifikat HGB.

    Tipe Vicenza didesain dengan konsep etnik modern tropis. Konsep desain yang ditawarkan dari tipe Vicenza adalah konsep rumah tumbuh untuk memberikan pilihan bagi calon konsumen dengan tujuan untuk memaksimalkan ruang yang luas. Rumah dua lantai ini dilengkapi dengan dua area taman dan carport untuk parkir 2 mobil serta memungkinkan dilakukan pengembangan garasi. Material bangunan tetap mempertahankan bahan material alami seperti batu alam, marmer, serta bentuk atap limasan dan pilar utama berwarna putih berukuran besar untuk memberikan kesan gagah pada bangunan. Memiliki balkon serta atap tritisan yang lebar memberikan privasi bagi penghuni untuk bersantai menikmati segarnya udara serta matahari pagi maupun sore hari. Desain jendela yang cukup lebar menghadirkan pencahayaan serta sirkulasi udara yang baik ke dalam ruangan.

    Untuk memudahkan konsumen memiliki hunian eksklusif Vasana Residence, saat ini dapat menikmati fasilitas promo berupa kemudahan pembayaran DP 30 % nya. Untuk rumah ready stock tipe Andara pembayaran uang muka (DP) dapat diangsur 12 X. Sedangkan untuk kavling siap bangun untuk tipe Siena dan Vicenza pembayaran DP nya bisa diangsur 24 X.

    Progress Vasana Residence saat ini sudah sangat signifikan. Jaringan listrik dan air bersih sudah siap, begitu pula dengan fasilitas umum kawasan seperti club house dengan swimming pool, hall, fitnes center, dan playground sudah bisa digunakan para penghuni. “Konsep yang kami usung bertujuan memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi penghuni, sesuai gaya hidup masyarakat urban. Terbukti banyak unit rumah di cluster awal yakni cluster Marbela, kawasannya sudah jadi dan tertata rapi serta kehidupan warga sudah sangat terasa hangat.

    Dari sudut pandang investasi, harga sudah tumbuh kurang lebih 25 – 30 % sejak awal pemasaran. Kami lakukan review per tiga bulan, seiring pembangunan kawasan kami semakin sempurna dan lengkap, sehingga percepatan kenaikan nilai investasi tentu sudah saja semakin melambung dan menguntungkan konsumen,” tegas Adi, sapaan akrabnya.

    Saat ini telah dibangun Rumah Contoh tipe Siena untuk memberikan kemudahan bagi calon konsumen melihat sendiri kualitas bangunan kami. Rumah bertipe Siena fully furnished dengan luas bangunan 150 m² serta kavling berukuran 10 x 17,5 meter. Arsitektur dengan atap limasan memberi kesan modern tropis sangat kuat. Fasadnya, aksen minimalis yang tegas akan diberi pemanis berupa dinding marmer di lantai 2-nya. Pada area carport pun dapat menampung 2 mobil serta diberikan canopy modern dengan material tiang besi dan penutup transparan berupa kaca tempered glass yang estetik menyatu dengan bangunan. “Secara layout, kami berikan terobosan dalam penataan antar ruangnya. Di lantai 1, kami berikan ruang tamu yang terhubung langsung dengan ruang keluarga dan ruang makan, 1 kamar tidur serta master bedroom dengan kamar mandi dalam yang di desain modern yang memperoleh view backyard, dan dapur bersih. Untuk lantai 2, diberikan 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi, dengan salah satu kamarnya terhubung dengan balkon lantai dengan view menghadap taman depan,” lanjut Adi.

    "Melihat minat konsumen untuk daerah Vasana terbilang cukup tinggi sejak akhir 2018 lalu sampai saat ini. Kami mencatat dari 107 unit rumah yang di jual dari tahap 1 sampai tahap 3 yang berada di atas lahan seluas 3 hektar ini sudah terjual lebih dari 80 %. Kami juga sedang merencanakan membuka cluster baru lagi, dengan estimasi lahan seluas 4 hektar lagi," tutup Adi Krisnawan.

    Tana Babarsari merupakan apartemen yang hadir di kawasan pendidikan wilayah Sleman, tepatnya di wilayah Babarsari, Tambakbayan Caturtunggal Depok Sleman DIY. Kawasan hunian modern ini merupakan persembahan dari PP Properti, yang merupakan anak perusahaan BUMN PT. PP Persero Tbk (PPRO). Keberadaan kampus perguruan tinggi negeri maupun swasta di Yogyakarta semakin memperkuat image kota Yogyakarta sebagai kota pelajar dan menjadi stimulus bagi pengembang properti seperti PP Properti Tbk anak usaha dari PT. PP Persero Tbk ini untuk mengembangkan bisnisnya.

    Seperti disampaikan Rudi Wahyu P.W, selaku Project Director-nya, bahwa ada sebuah keunikan sekaligus visi terobosan dalam menghadirkan hunian modern ini. “Tana Babarsari merupakan apartemen pertama di Yogyakarta dengan konsep Anti Narkoba yang dikontrol langsung oleh BNN RI. Secara lokasi, Tana Babarsari dikelilingi oleh Universitas Atmajaya Yogyakarta, Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta, STTNAS, STIE YKPN, UII dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Apartemen Tana Babarsari sepenuhnya memberikan dukungan terhadap upaya bisnis start up dilakukan mahasiswa. Sehingga apartemen menyediakan co- working space bagi mahasiswa yang hobi berbisnis terutama digital. Selain itu, juga telah bekerjasama dengan kelompok usaha Kompas Gramedia kelak menyediakan lebih dari 7.000 judul buku yang dapat di-download gratis oleh para penghuninya.”

    Lebih lanjut dijelaskan Rudi, sapaan akrabnya, bahwa PPRO punya konsep apartemen dengan diferensiasi tinggi yang telah dikembangkan di beberapa kota di Indonesia. Usai mengakuisisi salah satu pengembang swasta di Jogjakarta, PP Properti berkomitmen mengembangkan hunian kalangan mahasiswa di Jogjakarta dengan konsep apartemen bersih narkoba, seperti di Apartemen Evenciio Depok. Kemudian dilanjutkan Apartemen The Alton Semarang, Apartemen Begawan Malang, Louvin Jatinangor, Bandung, Apartemen Mazhoji Depok.

    Kawasan Tana Babarsari juga akan dilengkapi berbagai fasilitas modern yang dibutuhkan penghuni, khususnya untuk memenuhi kebutuhan kaum muda modern milenial. “Kami akan hadirkan beberapa fasilitas premium seperti, sky garden, swimming pool, jogging track, mountain bike track, gym, education park, commercial area, free wifi in public area, amphitheathre, co-working space, dan e-library. Untuk keunggulan lainnya, yakni di sisi desain tata ruang dan sisi konstruksi jaringan. Layout ruangnya, diberikan penggunaan pintu transisi berupa sliding door, yang berfungsi sebagai pembagi antar ruang sehingga memberikan batas antara ruang publik dan ruang pribadi. Inovasi indirect system juga diterapkan, untuk menjamin saluran pembuangan air kotor tidak menembus plat lantai, sehingga tidak bocor ke unit lantai di bawahnya, ” terang Rudi menjelaskan.

    “Angka penjualannya meningkat karena konsep ini. Sejak resmi diperkenalkan ke khalayak pada November 2018 lalu, banyak orang tua yang membeli unit untuk ditempati sendiri oleh putra-putrinya maupun disewakan ke mahasiswa lain,” kata Triana Prasasti, selaku Marketing Manager. Mengusung tagline 'Millenial Student Apartment’ Tana Babarsari tidak sekadar menciptakan konsep arsitektur dan desain ruang bagi sebuah hunian mahasiswa yang selaras dengan gaya hidup urban modern. “Kami berusaha agar setiap bangunan diciptakan dapat menjadi tempat yang nyaman, menyelaraskan kehidupan mahasiswa saat sedang belajar dengan memberikan fasilitas-fasilitas penunjang. Tana Babarsari berupa menstimulus para mahasiswa untuk pintar dan cerdas serta sehat, bebas dari pengaruh narkoba,” papar Triana Prasasti.

    Meski masih baru diluncurkan, namun antusias masyarakat Jogja dan kota sekitarnya cukup positif. Terbukti puluhan unit dari dua tipe yang ditawarkan yakni tipe 1 BR dengan luas 21 m² serta 2 BR dengan ukuran sangat luas yakni 44,75 m² telah dipesan. “Tak sedikit konsumen yang datang langsung ke site proyek dan marketing office guna memesan unit-unit apartemen Tana Babarsari. Kami juga rajin ikut pameran, kami juga sering adakan open table di beberapa kampus, instansi pemerintah, dan perbankan. Kami optimistis dalam waktu dekat, unit-unit di menara pertama Tana Babarsari akan terserap habis dari total 262 unit yang kami tawarkan. Untuk harga jualnya, saat ini kami tawarkan di kisaran 457 jutaan, sudah ada kenaikan dibandingkan saat pre launching akhir 2018 lalu yang dijual diangka 395 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk PPN, IMB, dan pemecahan sertipikat (strata tittle), penyambungan listrik, jaringan instalasi air dan elektrikal. Dan sampai Maret 2019 ini, kami sudah berhasil menjual sekitar 80 unit apartemen,” imbuh Ana, panggilan akrabnya.

    “Bahwa secara perijinan dan legalitasnya, Tana Babarsari sudah memiliki ijin pembangunan dengan terbitnya IMB No. 503/005022.54.15/1189/IMB/2017 tertanggal 17 Juli 2017. Rencana, kami akan hadirkan tiga tower dengan nama Abiyasa, Abinawa, dan Abiseka untuk dikembangkan menjadi 700 unit apartemen yang berada di atas lahan seluas 8020 m², dengan 2 pilihan City view dan Merapi view. Progress pembangunan tower dengan level 10 lantai + 3 basement ini sudah dimulai dengan pembangunan pondasi dasar. Supaya target topping off di tahun 2020 bisa tercapai, serta planning serah terima unit ke konsumen sesuai rencana di tahun 2021.”

    Untuk menggenjot penjualan, kami berikan beberapa penawaran menarik, baik dari pemberian bonus hadiah maupun kemudahan pembayaran. Konsumen yang melakukan pembelian unit, berhak mengikuti undian dengan Grand Prize sebuah mobil BMW, yang akan dilakukan pengundian di Desember 2019 nanti. Untuk pembayarannya, kami berikan beberapa opsi, yakni lewat KPA dengan DP 20%, atau cash keras yang bisa diangsur selama 4 X, serta metode cash bertahap dengan berbagai pilihan tenornya, yakni 24 X atau 36 X angsuran tanpa bunga,” papar Dikky Ristiawan, selaku Marketing Communication Tana Babarsari.

    Mataram City merupakan pionner sebuah kawasan hunian modern berkonsep highrise building di kota Jogja. Sebuah kawasan superblock, berupa bangunan dua buah tower dengan 19 level lantai. Difungsikan sebagai hunian berupa Apartemen, Commercial Area, serta Hotel dengan fasilitas lengkap dan berkelas seperti ballroom & convention hall, city walk, swimming pool, gymnasium & fitness, executive lounge, green park, terrace café, mini market, coffee shop, game room, laundry service, dan parking area yang memadai.

    Dibangun di atas tanah seluas 2,5 hektar yang berada di tepi Jalan Palagan Km. 7 Sleman Jogjakarta. Dengan menggabungkan konsep tempat tinggal modern dan sentuhan kearifan budaya lokal, diharapkan kawasan Mataram City akan menjadi icon baru di Jogja, khususnya sisi Utara kota Pendidikan dan Pariwisata ini.

    Seperti disampaikan Mita Ratri, selaku Project Director dari PT. Saraswanti Indoland Development, bahwa “Saat ini kami sedang fokus menggenjot penjualan Yudhistira Tower, apartemen terbaru kami. Kelanjutan dari kesuksesan menghadirkan tower Sadewa Apartment yang menghadirkan 204 unit apartemen. Kawasan kami ini masih tetap memegang predikat menjadi apartemen yang tertinggi dan kawasan hunian highrise building terbesar di Jogja, sesuai tagline kami 'the first, the biggest, and the tallest'.”

    “Tipe Studio mempunyai luasan kamar yang bisa dikatakan tipe studio terluas dibandingkan beberapa apartemen lainnya di kota Jogja. Desain interiornya mengadopsi gaya modern yang menonjolkan sentuhan estetika tinggi, memaksimalkan fungsi ruang agar bisa mengakomodir kebutuhan kaum milenial maupun keluarga urban modern. Terhitung mulai sejak akhir tahun 2016 lalu mulai diperkenalkan sebagai pilihan kawasan hunian berkonsep vertical housing. “Lokasi apartemen ini tepatnya berada di sisi timur Ballroom MICE kami,” papar Mita, sapaan akrabnya.

    Lebih lanjut Mita menjelaskan bahwa “Di tower Yudhistira, progress penjualannya sudah mencapai 70 %, atau sekitar 211 unit dari total 420 unit yang kami tawarkan. Kita juga mempunyai 80 unit yang masih kita hold. Kita lihat respon pasar terhadap kebutuhan unit apartemen ke depannya, dan kemungkinan besar unit yang akan dihadirkan dengan konsep service apartment.”

    Yang membedakan dengan tower apartement terdahulu yang hanya membuka tipe Studio, kali ini dibuka beberapa tipe, mulai dari tipe standar Studio tipe 34 dan tipe 36 semigross, lalu kemudian tipe 1 BR dengan tipe 48 dan tipe 57 semigross dan yang terakhir adalah tipe 2 BR dengan tipe 69 m². Untuk tipe 1 BR dan tipe 2 BR di tiap lantainya sangatlah terbatas yaitu hanya 2 unit per lantai untuk masing-masing tipe. “Respon konsumen terhadap produk terbaru kami sangat menggembirakan. Sampai awal tahun 2019 ini, kami menyisakan view pool dan view city saja. Terbukti untuk tipe 2 BR view Merapi sold out, 1 BR tipe 48, dan Studio tipe 36-hook juga habis sudah terjual habis. Dapat disimpulkan kedua tipe tersebut masih favorit di kelasnya baik untuk hunian maupun untuk disewakan kembali. Dari data, konsumen Yudhistira banyak yang repeat order, hampir 50 % dari pemilik unit apartemen di tower Sadewa. Mereka puas dan antusias dengan respon dari hasil investasi penyewaan apartemennya. Bahkan dalam 3 bulan terakhir ini, kami berhasil menjual 75 unit. Dan yang sangat menggembirakan, pasar lokal Jogja mulai banyak yang mengambil unit kami di Yudhistira ini,” papar Mita semangat.

    “Sebagai ilustrasi, harga perdana kami berada di kisaran 450 jutaan, saat ini sudah berada dikisaran 675 jutaan untuk tipe yang sama. Untuk konsumen yang ingin menyewakan unit apartemennya, kami juga sudah siapkan management operator-nya. Penyewa bisa mendapatkan keuntungan investasi dari penyewaan unit apartemennya tiap bulan. Untuk range sewa di tower Sadewa saja, sekarang rata-rata mulai 5,5 juta per bulan untuk kelas mahasiswa (tipe Studio) dan kisaran 6,5 jutaan untuk kalangan profesional (tipe 1 BR). Jadi dengan investasi 600 juta, setahunnya untung bisa 50 jutaan atau mencapai 10 % per tahun,” paparnya.

    Untuk mendukung kenyamanan, keleluasaan, ketenangan serta privasi, hampir semua kebutuhan dan layanan bisa diperoleh di kompleks tower Yudhistira. Dilengkapi dengan campus club & hotspot area, salon & spa, citywalk & entertainment, gymnasium & fitness center, swiming pool, terrace café, restaurant, mini market, coffee shop, green park, laundry service, 24 hours security, private lift access card, serta ballroom & convention hall. . Tak hanya itu, kami juga menyediakan 3 lantai dengan 2 basement hanya untuk dipergunakan sebagai area parkir penghuni dengan perbandingan 1 : 1. Jadi untuk area parkir, total kita sediakan 5 lantai,” lanjut Mita semangat.

    Untuk menarik calon konsumen, pihaknya menawarkan promo berupa free service charge 5 tahun, free holy trip atau umroh, free AJB, dan cashback 50 juta. Untuk metode pembayarannya, diberikan opsi kemudahan, yakni opsi tanpa uang muka, dengan DP 10 %, DP 20 %, DP 30 % atau DP 50 %, serta metode instalment dengan cicilan pembayaran dari 36 kali, 48 kali, dan 60 kali, fleksibel sesuai keinginan konsumen. Untuk KPA, Mataram City juga sudah PKS dengan hampir semua perbankan swasta maupun nasional.

    “Untuk legalitasnya, kami jamin seluruh aspek legalitasnya komplit seperti tower kami terdahulu Sadewa, yakni dengan terbitnya Strata Tittle bagi setiap pemilik unit kamarnya. Parameter sederhananya ialah perbankan support KPA kita, hal tersebut menunjukkan legalitas kita telah lengkap. Dan tower Yudhistira ini sudah mengantongi IMB No. 503/000192.54.18/1424/IMB/2018,” pungkas Mita Ratri tegas. Wahyu Pras – red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain