Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Dapur

Efisiensi Pengembangan Bangunan Hunian Eksisting

Rumah setelah pengembangan
Rumah eksisting sebelum pengembangan
Interior dapur,ruang makan lantai 1 dan interior master bedroom
Area depan teras rumah eksisting dan lighting pada tangga
Area taman samping dan area selasar penghubung
[block:views=similarterms-block_1]

Bangunan hunian merupakan jenis desain bangunan yang memiliki keterikatan personal dengan pemilik sehingga pada perencanaan bangunan hunian, aspek perspektif pemilik hunian dalam melihat sebuah kebutuhan ruang menjadi titik mulai dalam proses perencanaan dan pengembangan bangunan hunian. Beberapa faktor yang membuat pemilik tetap nyaman tinggal di dalam bangunan hunian yang telah lama berdiri yaitu lokasi lingkungan yang sudah menjadi kebiasaan sehingga menimbulkan rasa kepemilikan, lalu hal yang juga penting adalah aspek historis, dimana setiap bangunan yang dihuni memiliki memori tersendiri bagi pemilik hunian dimana terjadi momen khas secara personal.
Tipikal bangunan hunian pada era 90 an, memiliki taman yang cukup luas sehingga saat ini bangunan tersebut bisa dikembangkan dengan konsep rumah tumbuh.

Mendesain Ruko Nyaman Dihuni

Desain Ruko
Denah ruko standard dan ruko hunian
Diagram Udara
Skema Suplai udara
[block:views=similarterms-block_1]

Merencanakan desain hunian dengan kebutuhan kompleks menimbulkan tantangan tersendiri, terlebih pada saat ini keterbatasan area tanah di area pusat kota menjadi isu yang harus dijawab untuk memenuhi setiap jenis kebutuhan di bidang komersial tanpa mengkesampingkan kenyaman pemilik hunian. Konsep hunian ini, pada dasarnya telah dikembangkan sejak lama, dan dikenal dengan istilah “ruko” tetapi konsep ini lebih mengedepankan kebutuhan untuk ruang komersial saja sehingga pola hunian yang berada di lantai atas nya harus terpaksa terhalang oleh dinding masif dan pada kondisi ruko panjang, kemungkinan beberapa ruang hunian tidak mendapatkan pencahayaan dan pengudaraan yang baik untuk menjaga tingkat kenyamanan penghuni.

Pada umumnya, ruko didesain dengan konsep open plan dan memajang sehingga dapat fleksibel untuk melakukan perubahan layout didalamnya. Saat ini kebanyakan tampak ruko dibuat secara umum tanpa mempertimbangkan kenyamanan penghuni didalamnya, termasuk penataan ruang dalam ruko untuk hunian yang menjadi dirasa sangat dipaksakan dengan mengurangi unsur-unsur nyaman sebuah ruang huni. Realita yang terjadi pada ruang huni di ruko kesulitan mendapatkan suplai udara dan cahaya yang cukup untuk aktifitas keseharian, terlebih pada kenyataannya ruko cenderung berada pada lingkungan yang padat bangunan sehingga akses udara dan Cahaya akan terhalang dari berbagai arah.

Desain Barrier Pada Rumah Tinggal Lahan Terbatas

Pembatas ruang milik rumah dan jalan menggunakan hard materials
Contoh pagar kombinasi tanaman
Pagar yang digunakan sebagai barrier pada rumah tinggal
Contoh desain pembatas ruang dengan menggunakan tanaman perdu
Konsep barrier yang cocok digunakan untuk lingkungan komplek perumahan
[block:views=similarterms-block_1]

Apa itu barrier? Secara terjemahan bahasa barrier adalah penahan, pembatas, rintangan, atau palang. Dalam arsitektur barrier juga memiliki arti yang sama, yaitu pembatas ruang atau pengarah ruang yang biasanya digunakan untuk luar bangunan. Dalam bahasa sehari-hari untuk lingkungan rumah tinggal, biasa kita sebut pagar meskipun bentuk fisiknya tidak harus “pagar”. Pagar sendiri dapat diimplementasikan sebagai bentuk yang jelas secara visual, artinya tampak jelas menghalangi jalan masuk dari luar ke dalam, atau bisa juga secara rasa karena adanya perbedaan tekstur dan warna material. Fungsi lain dari barrier dapat juga sebagai penanda status kepemilikan ruang, misal untuk area parkir mobil dengan area sirkulasi orang dibedakan dengan jenis perkerasan conblock dan rumput hijau atau batuan coral. Lalu bentuk seperti apa saja yang bisa menjadi pembatas ruang luar antara lahan rumah dengan jalan, atau antara ruang-ruang di dalam lahan rumah itu sendiri?

Konsep Membentuk Identitas Masjid

Desain Masjid
Bukaan berupa roster pada dinding masjid
Desain Interior Masjid
Fasad Masjid
Contoh fasad Masjid
[block:views=similarterms-block_1]

Seperti yang sudah kita ketahui bersama masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin (sholat) yang dilakukan secara berjama'ah ataupun dilakukan secara sendiri-sendiri. Selain disebut masjid, sebutan lain untuk rumah ibadah ini di Indonesia ada beberapa sebutan, misal seperti langgar, mushola ataupun surau. Namun bedanya istilah-istilah tersebut diperuntukkan untuk masjid yang tidak dpergunakan untuk sholat Jum'at dan jika dilihat dari ukurannya relatif lebih kecil. Selain digunakan sebagai tempat sholat fardhu, masjid dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan keislaman, misal pengajian, akad pernikahan, sholat hari Raya (jika tidak menggunakan tanah lapang ), sholat tarawih, maupun i'tikaf. Maka jika di simpulkan masjid dapat menjadi pusat aktifitas kaum muslim khususnya di Indonesia.

Desain Hunian Modern Tropis

Desain Rumah Kantor Modern Tropis
Desain Rumah Tinggal 2 Lantai
Desain Rumah Kantor 2 lantai
Desain Rumah Kos 2 Lantai
[block:views=similarterms-block_1]

Hunian dengan konsep modern tropis beberapa tahun belakangan banyak berkembang di Indonesia. Konsep modern dan konsep tropis merupakan dua konsep yang berbeda namun memiliki keselarasan. Konsep modern berawal dari gaya hidup masyarakat kekinian yang menuntut setiap hal serba cepat dan praktis. Arsitektur modern menurut Uniek Praptiningrum W dalam bukunya yang berjudul 'Glosari Arsitektur' menjelaskan bahwa Arsitektur Modern merupakan gaya arsitektur yang lahir karena adanya ketidakpuasan akan adanya bentuk-bentuk dan penggunaan-penggunaan bahan yang terlalu berkesan statis sebagaimana gaya arsitektur klasik pada waktu itu. Arsitektur modern sudah banyak ditandai dengan adanya garis-garis vertikal dan horisontal yang cukup mencolok, tidak tampak adanya ornamen-ornamen, dan sudah mulai menggunakan teknologi baru yang mulai diperkenalkan pada zamannya.

Konsep Rustic pada Desain Café

Konsep Rustic pada Area Komunal
Jenis Material dalam Konsep Rustic
Konsep Rustic pada Dapur atau Mini bar
Penggunaan material bekas unfinish menjadi poin penting
Kursi yang terbuat dari karung goni yang diisi serat sintetis digunakan sebagai
[block:views=similarterms-block_1]

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, café atau dalam bahasa Indonesia ditulis kafe merupakan tempat minum kopi yang pengunjungnya dihibur dengan musik atau tempat makan berkonsep sederhana, biasanya yang disajikan berupa minuman dan makanan ringan. Di era modern saat ini, penggunaan café semakin berkembang, café tidak lagi hanya digunakan sebagai tempat mengobrol atau diskusi saja, melainkan juga digunakan sebagai tempat bekerja baik mahasiswa maupun pegawai freelance yang tidak membutuhkan kantor permanen sebagai naungan bekerja. Mahasiswa mulai memanfaatkan café sebagai sarana atau fasilitas mengerjakan tugas kuliah, suasana café yang dinamis membawa moodbooster tersendiri bagi mereka. Hal yang sama juga dirasakan para pegawai freelance yang cenderung memilih café sebagai area eksekusi pekerjaan mereka. Dari fenomena ini, pengusaha café pun melihat peluang yang cukup besar bagi perkembangan bisnisnya. Café dengan waktu operasional 24 jam dengan konsep desain yang cozy dan hommy pun banyak digunakan oleh perancang interior café. Hal ini bertujuan agar pengunjung yang saat ini didominasi oleh mahasiswa semakin betah dan nyaman berada di café.

Merencanakan Hobi Sehat di Rumah Pensiunan

Contoh lingkungan rumah yang cocok diterapkan untuk pensiunan
Contoh kamar tidur untuk desain rumah
Contoh ruang makan & dapur untuk desain rumah
Contoh pemanfaatan ruang luar untuk area yoga
Contoh Konsep Cafe Terbuka
[block:views=similarterms-block_1]

Suatu keberuntungan dan impian di saat memiliki tanah area hunian yang besar bagi penghuni yang bertujuan untuk menghabiskan masa tua (pensiun) atau tidak produktif. Tetapi melewati keseharian tanpa kegiatan positif pada jangka waktu tertentu akan menimbulkan dampak bosan dan pikun, sehingga disarankan untuk mencari kegiatan yang positif. Tipikal pensiunan akan menekankan pada kesehatan dan kegembiraan.

Merancang sebuah hunian untuk para pensiunan di lingkungan urban harusnya mempertimbangkan aspek yang mempengaruhi psikologi mereka yang menyangkut pikiran positif, aktifitas fisik, spiritual dan sosial, dan bersosialisasi. Secara psikologis menerapkan aspek rekreatif seperti hobi dalam desain bangunan akan menghilangkan rasa kesepian dan akan menstimulus agar berinteraksi dengan baik terhadap lingkungannya.

Fenomena Rumah Menjadi Guest House

Contoh Bangunan Hunian menjadi Guest House
Contoh Kamar Guesthouse
Contoh Guesthouse tema resort
Contoh interior Guesthouse tema resort - doc. RjiImages
Denah Kamar Guesthouse
[block:views=similarterms-block_1]

Saat ini menciptakan bangunan hunian yang bernilai komersial, menjadi fenomena umum dengan perkembangan tren aplikasi dan bisnis. Hal ini menciptakan peluang bagi pemilik bangunan hunian untuk dapat memiliki pemasukan pasif dengan menyewakan kamar secara harian melalui aplikasi. Beberapa aplikasi yang menawarkan kemudahan bagi pemilik hunian untuk memasarkan kamar mereka yaitu Airbnb, traveloka, airy rooms, dan lain-lain.

Harga kamar rata-rata di Yogyakarta di pasarkan pada harga 150.000 – 350.000/ malam pada low season tergantung fasilitas dan lokasi yang ditawarkan. Hal lain yang harus disiapkan oleh pemilik hunian sebelum memasarkan kamar adalah mempersiapkan fisik kamar secara dekorasi dan fungsional untuk memiliki daya tarik dan saing dengan kompetitor sekelas.

Beberapa hal yang perlu di pertimbangkan pemilik bangunan hunian sebelum menjadikan kamar menjadi guesthouse adalah menentukan kelas pelanggan, rentang harga, tema dekorasi disesuaikan pasar dituju. Sebagai contoh jika bangunan hunian berada jauh dari pusat kota, kemungkinan pasar pelanggan yang dituju adalah pelancong yang menghendaki suasana liburan sehingga tema ruang mengacu pada gaya resort sedangkan kamar pada hunian dalam kota memiliki pasar lebih luas untuk pelanggan dengan tujuan bisnis dan liburan sehingga tema kamar dapat bersifat universal, modern juga mudah untuk dibersihkan.

Merencanakan Dapur Efektif Untuk Hunian Urban

Darren and Dee kitchen bar
Kabinet Bawah
Breakfast Bar
Kabinet Atas
Bagian Dapur
[block:views=similarterms-block_1]

Pada saat ini, permintaan hunian di area perkotaan (urban) semakin meningkat seiring perkembangan ekonomi sehingga berdampak pada keterbatasan lahan untuk membangun hunian. Keterbatasan ini menimbulkan efek luasan hunian menjadi relatif kecil sehingga penghuni dihadapkan pada situasi untuk dapat memaksimalkan penggunaan ruang dalam hunian sehingga aktifitas di dalamnya dapat berjalan secara efektif.

Pada umumnya area privat pada bangunan hunian menjadi prioritas sedangkan area servis menjadi hal sekunder termasuk dapur. Dapur merupakan bagian area servis yang memiliki fungsi vital terlebih untuk hunian keluarga, tetapi mendapat porsi yang sedikit dalam pembagian ruang di hunian. Pada layout hunian di perumahan, area dapur yang disediakan kurang dapat mengakomodasi kegiatan memasak sebab keterbatasan lahan dan penghematan budget sehingga pada saat serah terima, penghuni harus berusaha untuk mengembangkan dapur hunian mereka agar dapat difungsikan secara maksimal. Luasan dapur pada hunian perkotaan bervariasi, secara umum berkisar antara 3,6 dan 9 m². Keterbatasan ini harus diatasi dengan merencanakan layout dapur, jenis elektronik, peralatan dapur dan sistem penyimpanan yang sesuai sehingga operasional dapur dapat berjalan efektif.

Inspirasi desain Kitchen Bar

Service Bar
Dome Bar
Service Bar di dapur
Kitchen Bar tema natural
Kitchen Bar sebagai service pada dapur dan meja makan
[block:views=similarterms-block_1]

Sebelum jauh membicarakan mengenai desain, mari Kita sejenak memahami asal usul dan sejarah tentang Bar. Pada mulanya bar dikenal dengan nama atau sebutan tavern. Bar berasal dari kata barrier yang berarti sesuatu yang menghalangi, yaitu kayu pemisah antara pekerja bar (bartender) dengan tamu. Kayu pemisah atau penghalang tersebut dinamakan counter atau dalam bahasa Indonesia disebut konter, konter tersebut mempunyai fungsi lain yang dilengkapi dengan kursi tinggi yang disebut bar stools, dibuat sesuai dengan keinginan dan selera pemilik bar. Di Bar tersebut tamu dapat duduk santai memesan makanan dan minuman yang diinginkannya. Konter juga bertujuan untuk menghindari tamu yang mabuk masuk ke dalam Bar dan mengambil minuman yang ada di bar.

PARTNER
Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain    Holcim Solusi Rumah