Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Rumah Tampil Cantik dan Unik dengan Roaster

    Rumah Tampil Cantik dan Unik dengan Roaster#1
    Rumah Tampil Cantik dan Unik dengan Roaster#2
    Rumah Tampil Cantik dan Unik dengan Roaster#3
    Rumah Tampil Cantik dan Unik dengan Roaster#4
    Rumah Tampil Cantik dan Unik dengan Roaster#5

    Rumah tinggal yang baik dan ideal tentunya memiliki sirkulasi dan juga pencahayaan yang baik. Dalam kriteria rumah sehat menurut Kepmenkes No.829/Menkes/SK/VII/1999, rumah tinggal juga harus mempunyai pertukaran udara yang berjalan lancar dan membuat rumah tidak lembab ataupun pengap. Salah satu solusi yang tepat yaitu penggunaan roster atau lubang angin dalam bangunan.

    Roster sudah banyak diterapkan dari zaman dulu dan masih eksis sampai sekarang. Roster merupakan partisi serupa dengan dinding, namun memiliki lubang angin, yang berfungsi untuk meminimalisir cahaya sinar matahari yang masuk namun tetap menghasilkan udara alami yang sejuk. Roster cocok sekali digunakan dan diterapkan di wilayah daerah tropis, seperti di Indonesia. Pada umumnya ukuran roster yaitu 20x20 cm.

    Kelebihan dari roster yaitu udara dalam rumah ataupun ruang menjadi sejuk karena sirkulasi udara berjalan dengan baik; cahaya matahari dapat masuk sesuai dengan motif roster yang digunakan; memiliki dinding yang sekaligus berfungsi sebagai ventilasi udara dan bisa diterapkan di semua bangunan, eksterior maupun interior.

    Adapun kekurangan dari roster yaitu kurang bisa menjaga privasi karena memang terdapat lubangnya kurang kuat menahan beban dan juga tidak dapat menjadi dinding utama karena tidak terdapat penguncian diantara susunannya, pemasangannya harus hati-hati dan jika dipasang dibagian luar, dapat membawa debu masuk dalam rumah.

    Roster Beton
    Roster yang terbuat dari beton yang memilihi bagian tengah berlubang untuk meminimalisir cahaya panas matahari yang masuk, namun tetap dapat menyalurkan udara dengan baik. Lubang tersebut, apabila terkena sinar matahari akan menghasilkan visual bayangan yang unik. Dapat diterapkan di desain eksterior dan interior bangunan sebagai partisi.

    Roster Batako
    Roster Batako merupakan roster yang paling ekonomis dibanding roster bahan lain. Cocok digunakan untuk kalangan yang memiliki anggaran dana terbatas. Roster ini juga bisa diterapkan di eksterior dan interior bangunan. Dapat memberikan kesan modern dan industrial dalam bangunan.

    Roster Keramik
    Roster dengan finishing yang mengkilap, namun rentan pecah dan tergores benda tajam. Lebih sering digunakan dalan interior bangunan, namun ada juga yang menerapkannya sebagai bahan untuk eksterior bangunan.

    Roster Tanah Liat
    Roster dengan warna tanah liat yang eksostis, coklat sedikit pucat. Roster ini biasanya dimanfaatkan sebagian orang untuk bahan material pagar bangunan. Bisa digunakan untuk eksterior maupun interior bangunan.

    Roster Kayu
    Tentunya bahan yang digunakan yaitu bahan kayu yang menghasilkan gaya desain yang tradisional. Anda bisa memilih jenis kayu dengan ukuran dan juga pola/motif yang Anda kehendaki. Kekurangan roster jenis ini yaitu rentan terjadi pelapukan akibat rayap kayu.

    Roster GRC
    Terbuat dari GRC yang merupakan roster modern yang dapat dibentuk dalam berbagai motif dan pola karena pengerjaannya memanfaatkan mesin. Roster jenis ini memiliki karakter kukuh, ringan, dan tahan lama. -Rancang Reka Ruang-

    RANCANG REKA RUANG
    Email : rancangrekaruang@gmail.com
    Hotline : 0811 2955 484
    Instagram: rancangrekaruang
    Facebook: Rancang Reka Ruang
    Youtube : Rancang Reka Ruang
    www.rancangrekaruang.com

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain