Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Sentuhan Tropis Aditya di Hunian Elegan Nan Estetik

    Aditya Agung Santosa
    Ruang tengah bernuansa minimalis dengan furnitur modern
    Ruang makan dengan dekorasi unsur kayu
    Area backyard dengan unsur hijau & batu alam bernuansa alami
    Kamar tidur tamu bernuansa gold

    Rumah berkualitas adalah sebuah hunian yang mampu menampung kebutuhan dan mengekspresikan keinginan pemilik dalam setiap detail rumah tersebut. Mereka yang peduli akan kenyamanan saat berada di dalam rumah akan begitu teliti dalam membangun setiap detail sudut rumahnya. Rumah yang berkualitas akan memiliki nyawa, sehingga mereka yang tinggal di dalamnya akan betah berlama-lama untuk berinteraksi di dalamnya. Pada prinsipnya, gaya desain apapun yang dipilih, harus mampu untuk memberikan kenyamanan, fungsi yang optimal, serta dapat mengadopsi keadaan alam sekitarnya. Untuk itu, perpaduan antara gaya arsitektur minimalis dengan konsep rumah tropis dapat menjadi pilihan yang cocok diaplikasikan pada hunian di kawasan seperti Indonesia.

    Rupanya hal tersebut yang menginspirasi seorang Aditya Agung Santosa dalam menentukan desain hunian bagi keluarganya. Sejatinya rumah yang berada di komplek perumahan Tjokroningrat Residence garapan developer Cakrawala Metrik yang beralamat di Jalan Sidokabul, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta tersebut nampak mirip dengan jajaran hunian lain di sekitarnya. Namun apabila diamati lebih dalam, terdapat detail-detail yang membedakan dengan rumah lain di sekitarnya. “Kalau untuk fasad depan rumah memang jika dilihat sekilas nampak mirip dengan rumah-rumah lain di sini. Namun untuk detail-detail baik aksen maupun material yang dipakai sengaja saya pilih sesuai dengan keinginan saya,” cerita Adit, sapaan akrabnya.

    Selain dari sisi kenyamanannya, faktor fungsional dari bangunan juga menjadi perhatian utama dalam pembangunan rumah yang berdiri di atas lahan seluas 120 m² tersebut. Maka dari itu, konsep rumah minimalis modern menjadi pilihan utama. Dampak pemilihan konsep rumah tersebut, jika dilihat dari bentuk bangunan dua lantai tersebut cenderung menjadi persegi dan terkesan kaku. Oleh karenanya, sentuhan tropis turut dihadirkan pada sisi halaman depan dan teras rumah. Pada bagian halaman rumah dan area carport diberikan sentuhan taman hijau untuk memberikan nuansa alam nan sejuk. Sementara bagian teras rumah juga diberikan sentuhan kayu pada table set dan batu alam untuk menetralisir kesan kaku pada bangunan utama. “Karena memang konsep awal bangunan adalah minimalis modern, jadi kesannya kaku, dingin, dan kurang homy. Makanya area depan dan teras rumah dibuat dengan sentuhan kayu dan batuan alam serta beberapa tanaman hijau. Ya bisa dibilang sebagai penyeimbang agar kesan rumah ini menjadi lebih hangat dan friendly,” papar pria asli Jogja tersebut.

    Nuansa interior dengan sentuhan mewah langsung nampak ketika memasuki ruang tengah hunian yang membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun dalam pembangunannya tersebut. Pemilihan furnitur bergaya minimalis modern berupa sofa set berwarna hitam, berpadu serasi dengan dinding dan karpet bulu bernuansa monokrom. Sebuah rak kayu minimalis pada sudut ruangan dengan berbagai pernak-pernik yang tertata rapi di dalamnya semakin menambah kesan cantik di area ruangan tersebut. Ruangan ini memang diperuntukkan untuk ruang berkumpul bagi keluarga dan saudara dekat. Sementara untuk tamu yang berjumlah sedikit dan biasanya hanya singgah dalam waktu yang singkat, disediakan tempat duduk di area teras depan rumah karena memang desain ruangan yang tidak terlalu luas. Untuk mempercantik ruangan ini, Adit juga menambahkan beberapa dekorasi interior yang dapat menambah hidup suasana ruang tersebut.

    Bersanding dengan ruang tengah juga terdapat sebuah ruangan yang difungsikan sebagai area ruang makan. Sebuah meja kaca berbentuk bulat dengan dikelilingi beberapa kursi makan bergaya klasik semakin menjadikan saat makan bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan. Berlatarkan sebuah area terbuka pada halaman belakang dengan akses pintu kaca berukuran besar, memberikan kesan natural serta sejuk di dalam ruangan tersebut. Pada sisi samping ruang makan juga terdapat sebuah dapur bersih yang bergaya lebih minimalis dengan sentuhan panel vintage. Kitchen set berwarna putih dan hitam nampak bersanding serasi dengan sebuah refrigenerator berukuran besar dengan warna senada. Tidak lupa Adit juga menambahkan beberapa hiasan agar suasana di area dapur dan ruang makan menjadi lebih hidup.

    Rumah yang memiliki total 4 kamar tidur tersebut terbagi pada lantai bawah dan lantai atas, dimana pada lantai bawah terdapat satu kamar tidur tamu sementara 3 kamar tidur lain terletak di lantai atas yang lebih private. Menuju lantai atas, terdapat sebuah tangga dengan desain railing bergaya vintage berpadu dengan pegangan berbahan kayu berwarna natural senada. Space di bawah tangga sengaja dimanfaatkan sebagai gudang untuk menyimpan beberapa barang yang berukuran kecil. Di bagian lantai atas terdapat sebuah kamar anak lengkap dengan bathroom modern dengan sentuhan klasik bernuansa putih. Sebuah kabinet kayu bergaya klasik, berpadu dengan sebuah cermin serta sebuah lampu gantung antik menjadi dekorasi pelengkap ruangan lantai atas.

    Salah satu sudut yang paling menarik dari rumah yang mulai dihuni sejak awal tahun 2021 tersebut terletak pada kamar tidur utamanya. Kamar utama yang berada di area lantai atas tersebut tetap mengusung konsep vintage dengan nuansa mewah yang lebih kental. Set tempat tidur king size bernuansa putih dengan hiasan lampu tidur di sisi sampingnya tampil mewah dengan balutan wallcovering bermotif klasik pada sekeliling dindingnya. Kabinet TV dengan pemilihan warna senada dengan furnitur lain berpadu cantik dengan sebuah sofa single sebagai tempat bersantai di sudut kamar yang memiliki view langsung menuju keluar rumah. Kamar tidur utama tersebut dilengkapi dengan sebuah kamar mandi dalam yang begitu nyaman dengan konsep modern, lengkap dengan bathtub dan shower. Bathroom tersebut tampil cantik dengan perpaduan warna hitam dan motif batu alam di dalamnya. “Mungkin bisa dibilang saya paling banyak menghabiskan waktu di kamar tidur ini. Oleh karena itu saya ingin membuat ruangan ini senyaman mungkin. Dengan adanya bukaan kaca yang cukup besar sehingga bisa melihat suasana di luar rumah juga. Jadi tidak merasa bosan berada di dalam kamar tidur,” pungkas Adit mengakhiri perbincangan. Farhan-red

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain