Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Landscape Hunian Makin Rupawan Garapan Berkah Tanaman

    Berkah Tanaman
    Berkah Tanaman
    Berkah Tanaman
    Berkah Tanaman
    Berkah Tanaman

    Desain taman depan rumah dapat mempengaruhi tampilan fasad secara keseluruhan dan tentunya dapat menjadi daya tarik sebuah hunian. Taman merupakan area yang dapat memberikan kesejukan pada lingkungan di sekitarnya. Penataan taman yang rapi serta pemilihan jenis tanaman yang menawan mampu menyulap rumah menjadi cantik dan segar. Untuk persoalan desain taman rumah, banyak orang masih beranggapan bahwa pembuatan taman membutuhkan lahan yang luas. Padahal, di lahan terbatas pada rumah pun dapat dimanfaatkan secara maksimal asalkan dikerjakan dengan desain yang matang.

    Bagi pemilik rumah yang memiliki kesibukan pekerjaan dan tidak mempunyai waktu untuk menata atau merawat taman, saat ini telah banyak jasa yang menawarkan pembuatan hingga perawatan taman. Salah satu perusahaan penyedia jasa pembuatan, perawatan, hingga penjualan kebutuhan agrobisnis yaitu Berkah Tanaman. Berdiri kurang lebih sejak 7 tahun yang lalu tepatnya di tahun 2014, dengan awal usaha membuka kios tanaman di daerah Pakem. Dengan produk yang dijual adalah tanaman buah, hias, pot, pupuk, dan sarana pertanian lainnya. “Dulunya merintis usaha di bidang tanaman hias ini sejak 2014. Kemudian mulai 2016, Berkah Tanaman pindah ke tempat sekarang yang berjalan hingga saat ini,” buka Bangun Prima Satya, owner Berkah Tanaman.

    Berkah Tanaman yang beralamat di Jalan Raya Tajem, Dusun Wonosari, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta tersebut berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 2000 m² dengan konsep display taman terbuka yang cukup menarik. Galeri tanaman tersebut juga melayani jasa pembuatan taman, mengerjakan pembuatan dan perawatannya, dengan desain-desain yang up to date sesuai dengan minat pasar, meliputi taman minimalis, tropis, dan lain sebagainya. Berbicara mengenai jenis-jenis taman yang dapat diaplikasikan pada hunian, Berkah Tanaman membaginya menjadi 3 macam yaitu landscape, taman kering, dan taman semi kering. “Kami mempunyai 3 klasifikasi untuk jenis taman yang dapat diaplikasikan konsumen pada huniannya. Pertama yaitu landscape yang lebih banyak unsur rumput hias di dalamnya. Kemudian ada juga jenis taman kering yang biasanya dikonsep tanpa adanya rumput hias. Untuk jenis taman semi kering sendiri merupakan perpaduan dari kedua jenis taman sebelumnya tersebut,” papar Prima, sapaan akrab owner.

    Berbagai jenis tanaman tersedia di Berkah Tanaman yang dapat mengakomodasi segala keinginan dari konsumennya. Dilihat dari jenis tanamannya, terdapat juga 3 jenis tanaman yang dibagi sesuai dengan kegunaannya. Jenis pertama yaitu tanaman koleksi yang lazim dimanfaatkan sebagai penghias dekorasi sisi interior maupun eksterior hunian. Jenis tanaman tersebut juga biasanya bersifat musiman. Beberapa contoh jenis tanaman koleksi yang cukup diminati yaitu Aglonema, Philodendron, hingga Singonium. Selanjutnya terdapat jenis tanaman perdu, yaitu jenis pepohonan yang tumbuh dekat dengan permukaan tanah dengan ketinggian tidak lebih dari 5-6 meter pada umumnya. Struktur tanaman perdu juga lebih kecil dari pepohonan dan dapat dijadikan solusi tanaman rias untuk halaman rumah, baik yang mungil ataupun luas seperti jenis Rembosa Mini, Bunga Soka, Bromelia, Lili Paris, Ekor Tupai, dan lain sebagainya.

    Kemudian untuk jenis tanaman terakhir yaitu tanaman perindang yang pada umumnya berjenis pohon, dimana manfaatnya selain untuk meneduhkan lingkungan sekitar yang panas juga dapat menyerap karbondioksida. Disebut tanaman perindang karena biasanya jenis tanaman ini berdaun lebar sehingga lingkungan di sekitar tanaman itu menjadi terasa sejuk dan teduh. Beberapa jenis tanaman perindang yang sangat diminati oleh masyarakat saat ini diantaranya Pakis Brazil, pohon Serut, dan tentu saja pohon Pule. “Secara garis besar kami mempunyai beberapa jenis tanaman hias yang disesuaikan menurut kegunaannya. Dari ketiga jenis tanaman tersebut juga nantinya akan menentukan konsep taman seperti apa yang akan ditampilkan oleh konsumen. Biasanya kami juga akan memberikan konsultasi serta pengetahuan kepada konsumen sebelum mereka memutuskan untuk membeli tanaman di sini,” imbuh pria asli Malang tersebut.

    Dari sisi harga yang ditawarkan, tanaman paling murah yang dijual Berkah Tanaman mulai dari harga 5000 rupiah. Untuk jenis tanaman perindang berukuran besar dipatok dengan harga yang beragam mengikuti diameter batang serta keunikan bentuk serta karakteristik pohonnya, mulai dari 1,5 juta hingga 25 juta. Harga tersebut sudah termasuk ongkos kirim, jasa tanam, dan garansi selama 2 bulan untuk jenis tanaman koleksi dan perdu dengan minimal pembelian 500.000, serta garansi hingga pohon hidup untuk jenis tanaman perindang. “Sejak awal berdirinya Berkah Tanaman hingga sekarang, segmen pasar yang diserap cukup beragam. Mulai dari konsumen pribadi, developer perumahan, resto, instansi pemerintahan, hingga universitas di Jogja dan sekitarnya. Tentu saja dengan service yang akan tetap kami pertahankan sehingga harapannya Berkah Tanaman ini akan semakin berkembang,” pungkas Prima. Farhan –red

    BERKAH TANAMAN
    Jl. Raya Tajem, Dusun Wonosari,
    Wedomartani, Ngemplak, Sleman,
    Yogyakarta

    WhatsApp : 0856 0435 5539
    Instagram: tanamanhias_yogyakarta

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain