Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Staycation @Yats Cocoon Esensi Energi Natural Lereng Merapi

    Yats Cocoon
    Yats Cocoon
    Yats Cocoon
    Yats Cocoon
    Yats Cocoon

    Menghabiskan waktu akhir pekan atau saat sedang libur tidak harus jalan-jalan ke luar kota atau pergi ke tempat-tempat wisata. Terkadang staycation dapat dijadikan pilihan lain yang sangat tepat untuk mengisi waktu liburan, apalagi bersama orang-orang terdekat. Bersantai di sebuah hotel atau villa sambil menikmati berbagai macam fasilitas di dalamnya menjadi salah satu cara ampuh menghilangkan stres bagi sebagian orang. Kegiatan staycation ini tentu saja lebih tepat apabila kita memilih penginapan dengan konsep menarik seperti villa ataupun resort. Salah satu tempat dengan konsep villa di kawasan wisata Kaliurang yang dapat dijadikan pilihan untuk short escape adalah Yats Cocoon.

    Villa yang mulai beroperasi sejak bulan November 2020 tersebut hadir sebagai sebuah tempat menginap dengan perpaduan kenyamanan, ketenangan, serta suasana pedesaan yang begitu kental. Lokasi villa yang berada di kawasan dataran tinggi Jogja Utara ini dibangun benar-benar menyatu dengan alam pedesaan di sekitarnya. Diceritakan oleh Whilda Rolita selaku Sales Marketing Manager Yats Cocoon bahwa penamaan villa tersebut memiliki arti yang cukup menarik. “Nama Yats Cocoon diambil dari kata cocoon yang dalam Bahasa Inggris berarti kepompong atau pupa ulat, dimana saat fase metamorfosa ulat akan mengurung dirinya di dalam kepompong tersebut selama beberapa waktu sebelum akhirnya berubah menjadi kupu-kupu. Diharapkan tempat menginap ini (Yats Cocoon –red) dapat dijadikan 'kepompong' bagi tamu yang menginap untuk menepi dari segala rutinitas sehari-hari. Sedangkan nama Yats sendiri karena villa ini masih tergabung dalam satu manajemen dengan Yats Colony yang sudah lebih dahulu beroperasi,” ujarnya.

    Berlokasi di Jalan Kaliurang Km. 19, Sambirejo, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Yats Cocoon menghadirkan konsep private villa dengan 3 kamar tidur yang dapat digunakan untuk menginap bersama keluarga maupun saudara dan kerabat. Dengan tema stay like a local, Yats Cocoon wajib masuk dalam list tempat staycation yang menenteramkan. Para tamu akan dimanjakan dengan suasana pedesaan yang masih asri. Penginapan ini dikelilingi oleh pepohonan dan hamparan sawah yang luas. Selain itu, lokasinya yang berada di bawah kaki Gunung Merapi membuat hawanya masih sejuk. Nampak pada fasad depan bangunan dua lantai bergaya minimalis modern dengan banyak bukaan kaca berukuran besar serta dipadukan dengan unsur batu bata ekspos yang semakin mempercantik tampilan bangunan. Pada bagian taman depan juga terdapat sebuah kolam berendam air panas yang diberi nama Sendang Pool tepat di bawah pohon perindang sebagai fasilitas bagi tamu. Ditambah dengan view hamparan persawahan nan asri, semakin memberikan pengalaman menginap yang berkesan.

    Memasuki area lantai bawah villa yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 200 m² tersebut, terdapat ruang tamu yang dapat digunakan untuk bersantai atau bercengkerama menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman menginap. Ruangan tersebut tampak lega karena mengaplikasikan atap bangunan yang tinggi dan cahaya matahari yang dapat masuk menerangi ruangan saat siang. Ruang tamu tersebut juga dilengkapi dengan sofa set, kursi, serta televisi. Selain ruang tamu, pada area lantai bawah juga terdapat sebuah ruang makan. Apabila tidak ingin repot menyiapkan makanan, tamu dapat memesan makanan dari villa ini. Yats Cocoon menyuguhkan makanan serta camilan tradisional yang menarik dan jarang ditemui di kota. Bahkan, peralatan makan yang dipakai pun tampak jadul dengan rantang dan gelas enamel seperti di rumah nenek. Namun demikian, apabila tamu ingin masak bersama keluarga, Yats Cocoon juga menyediakan dapur yang estetik. Ruang dapur didominasi dengan warna hitam yang membuatnya nampak elegan.

    Peralatan makan dan masak yang lengkap dapat dimanfaatkan sebagai fasilitas bagi tamu yang menginap. “Dalam menyediakan makanan bagi tamu yang menginap, kami menggandeng warga sekitar sebagai penyedianya. Pilihan menu makanannya juga khas ndeso, jadi menunya juga jarang ditemui di kota. Untuk penyajiannya, kami juga menggunakan rantang serta alat makan bertema klasik agar selaras dengan menu makanannya,” imbuh Whilda.

    Seluruh kamar tidur dari Yats Cocoon berada di lantai atas sebagai area beristirahat. Tema di dalam kamar tidur juga masih senada dengan ruangan lainnya, yakni dengan menonjolkan unsur dinding batu bata ekspos serta furnitur kayu. Masing-masing kamar tidur mempunyai kapasitas untuk 2 orang. Untuk bagian tempat tidur sendiri didominasi dengan warna biru dongker dengan fasilitas king bed pada kamar tidur utama, sebuah kamar dengan queen bed, serta satu kamar lain dengan twin single bed. Selain itu, pada kamar tidur utama terdapat sebuah balkon yang dapat digunakan untuk menikmati view hamparan sawah dengan hembusan angin nan sejuk.

    Fasilitas lainnya yang akan didapatkan tamu saat singgah di Yats Cocoon meliputi akses Wi-Fi, safety box, lemari, dan setrika. Sedangkan untuk kamar mandi sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern di antaranya shower, toilet, wastafel, dan perlengkapan mandi. Warna putih bersih mendominasi bagian interior kamar mandi. Kemudian saat pagi atau sore hari, tamu juga dapat berkeliling pedesaan dengan menggunakan sepeda yang disediakan pihak Yats Cocoon sebagai fasilitas bagi tamu. Untuk dapat menikmati pengalaman menginap di villa ini, pihak Yats Cocoon mematok harga mulai dari 4,5 juta per malam untuk kapasitas normal tamu dewasa 6 orang. Jumlah tersebut dapat ditambah dengan extra bed hingga 8-10 orang, tentunya dengan extra charge. “Walaupun lokasi villa ini berada di kawasan pedesaan serta campaign 'Hidup di Desa' yang kami gaungkan, namun untuk fasilitas yang kami sediakan sudah berstandar hotel berbintang. Hal tersebut tentu saja untuk menjamin kenyamanan bagi tamu yang menginap,” ujar Whilda. Farhan-red

    YATS COCOON
    Jl. Kaliurang Km. 19, Sambirejo,
    Pakembinangun, Pakem, Sleman,
    Yogyakarta

    WhatsApp : 0817 5090 920
    Instagram: yatscocoon

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain