Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


7 Tips Ide Interior Ruang Keluarga Agar Tampak Hidup

    7 Tips Ide Interior Ruang Keluarga Agar Tampak Hidup
    7 Tips Ide Interior Ruang Keluarga Agar Tampak Hidup
    7 Tips Ide Interior Ruang Keluarga Agar Tampak Hidup
    7 Tips Ide Interior Ruang Keluarga Agar Tampak Hidup
    7 Tips Ide Interior Ruang Keluarga Agar Tampak Hidup

    Rumah tak hanya menjadi hunian atau sebuah bangunan untuk ditinggali, melainkan juga tempat untuk mencari kenyamanan. Dalam sebuah rumah, setiap ruangan itu penting. Namun ada ruangan yang sangat krusial dan menjadi center point bagi keluarga, yaitu ruang keluarga. Fungsi utama ruangan ini adalah untuk dijadikan tempat berkumpul bagi seluruh penghuni rumah, entah untuk menonton televisi, bercengkrama, berbagi keluh kesah, atau sekadar menikmati senja ditemani kepulan uap dari secangkir teh dan kopi. Inilah alasan pentingnya memiliki desain ruang keluarga yang tidak hanya menarik mata, tetapi juga nyaman dan hidup.

    Simak ulasan 7 tips ide interior ruang keluarga dari kami dalam artikel berikut ini.

    1. Menggunakan Perabotan Bertekstur
    Sebuah ruangan akan terlihat semakin hidup apabila perabotan atau ornamen di dalamnya memiliki teksur yang bisa dirasakan secara langsung oleh indera peraba. Seperti bantal berbulu, selimut sofa berjahit kasar, atau meja dan kursi yang terbuat dari kayu yang tidak dihaluskan. Jadi ketika Anda memegang atau meraba permukaan perabotan tersebut, sensasinya lebih terasa nyata. Hal ini menambah kesan hangat pada ruangan. Selain itu, material dinding dan lantai yang bertekstur juga dapat membantu membuat suasana ruangan menjadi semakin hidup.

    2. Menonjolkan Unsur Kayu
    Bagaimana jika dinding ruang keluarga Anda dilapisi dengan elemen material kayu? Ruang keluarga berdinding cat sudah terlalu umum dan membosankan. Unsur kayu dapat menjadi salah satu alternatif untuk mempermanis ruangan. Ornamen kayu yang dipakai bisa berupa wall panel atau pelapis dinding yang diterapkan untuk backdrop area TV. Selain itu, Anda juga bisa membuat kisi-kisi kayu untuk mempercantik dinding. Material kayu sendiri membawa kesan hangat pada ruangan sehingga membuat acara kumpul keluarga Anda terasa lebih akrab.

    3. Menambahkan Rak Buku sebagai Pojok Baca
    Sejatinya, ruang keluarga adalah ruangan milik semua penghuni rumah. Jadi ruangan ini harus dapat memikat masing-masing individu di dalam rumah. Jika Anda ingin memberikan sesuatu yang disukai semua orang, tentu yang wajib dimiliki adalah rak buku. Anda bisa meminta anak, pasangan, atau keluarga Anda yang lain untuk meletakkan buku favorite mereka di rak tersebut. Rak buku ini bisa Anda posisikan di pojok ruangan sebagai spot tersendiri untuk membaca.

    Material yang dipakai dapat berupa kayu jati dengan warna gelap yang sudah difinishing mengkilap sehingga tampak lebih menawan. Namun perlu diingat, jika pembuatan rak ini harus memperhatikan ukuran yang sesuai dengan penghuni rumah. Sebaiknya tidak terlalu tinggi agar anak-anak mudah menjangkaunya. Lalu demi kenyamanan, Anda bisa menambahkan coffee table sebagai meja untuk menaruh camilan dan kopi. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kursi santai dan bean bag sebagai pendukung suasana santai di ruang keluarga Anda.

    4. Mix and Match Warna
    Agar elok dipandang mata, kami sarankan untuk memadukan warna dalam ruang keluarga Anda. Misalnya dinding yang dicat warna hijau mint dikombinasikan dengan warna putih, atau menggunakan warna-warna pastel lain yang membuat suasana ruang keluarga menjadi lebih riang dan indah. Anda juga bisa menggunakan furniture yang tidak terlalu kaku seperti nook chair yang dipadukan dengan cushion dan bantal warna-warni.
    Mix and match warna tidak hanya bisa Anda terapkan pada cat dinding, tetapi juga dapat Anda aplikasikan pada pemilihan jenis material dan warna kain dari sofa yang akan Anda letakan di ruang keluarga.

    5. Memasang Jendela Besar
    Menggunakan jendela besar cukup disarankan apabila Anda memiliki ruang keluarga yang menghadap langsung ke luar rumah atau taman. Di pagi hari, Anda bisa menyingkap gorden dan membangun mood dengan memandang jauh ke luar jendela, pun saat malam, mengajak anak-anak menghitung bintang dari balik ruang keluarga akan menjadi aktifitas sederhana namun tetap bermakna. Dengan jendela besar, Anda dapat menghemat energi karena tidak perlu menyalakan lampu untuk menerangi satu ruangan saat siang hari.

    6. Menggunakan Lilin Aromaterapi
    Lilin adalah aksesori rumah yang tidak hanya berfungsi sebagai penerang ruangan, tetapi juga dapat digunakan sebagai penenang pikiran. Lilin yang dipakai tentunya bukan lilin biasa, melainkan lilin aromaterapi yang ketika dinyalakan mengeluarkan aroma-aroma pilihan yang dapat membantu tubuh merasa relaks, segar, dan tenang. Menyalakan lilin saat hujan atau suhu sedang dingin dapat memberikan kehangatan dalam ruang keluarga. Apalagi, dewasa ini banyak lilin aromaterapi memiliki desain unik sehingga cocok dijadikan pajangan. Namun perlu diingat, peletakannya harus jauh dari jangkauan anak-anak. Jenis aromaterapi lain selain lilin yang bisa digunakan yaitu diffuser. Fungsi diffuser hampir sama seperti lilin aromaterapi, hanya saja terlihat lebih modern dan dapat membantu memperbaiki kualitas udara ruangan Anda.

    7. Menambahkan Seni pada Dinding
    Ruang keluarga tidak akan lengkap tanpa hiasan dan pajangan dinding. Tujuan dari peletakan elemen dekorasi pada dinding yaitu agar ruang keluarga terasa lebih hidup. Anda bisa memajang lukisan-lukisan karya sendiri atau karya seniman favorite Anda, atau jika ada si kecil di rumah yang hobi menggambar, Anda bisa mencoba memajang karya buah hati Anda di dinding ruangan. Selain dapat menjadi bentuk apresiasi pada anak, memajang karya si kecil juga dapat membantu membuat ruangan menjadi semakin artistik.

    Itu dia 7 tips ide interior ruang keluarga agar tampak hidup yang dapat Anda coba. Siapa tahu usai mengubah desain ruang keluarga, kehidupan dalam rumah Anda menjadi semakin hangat, nyaman, dan menyenangkan. -Rancang Reka Ruang Studio

    Studio Rancang Reka Ruang
    Office : Mertosanan Kulon RT 02,
    Potorono, Banguntapan, Bantul

    Email : rancangrekaruang@gmail.com
    Hotline : 0811 2955 484
    Instagram: rancangrekaruang
    Facebook: Rancang Reka Ruang
    Youtube : Rancang Reka Ruang
    www.rancangrekaruang.com

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain